P. 1
Karakter Building ( Kak Sidik )

Karakter Building ( Kak Sidik )

|Views: 504|Likes:
Published by Syam Surya Dharma

More info:

Published by: Syam Surya Dharma on Jan 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2012

pdf

text

original

Nama : Drs. Siddik,Sp, M.Pd Ka. Pusdiklatda.

Gerakan Pramuka Sumatera Utara Hp : 081396211158

Motto Aku Dengar, Aku Lupa Aku Lihat, Aku Ingat Aku Kerjakan, Aku Bisa

CARAKTER BUILDING
Fakta apapun yang ada dihadapan kita, tidaklah sepenting yang kita
* NORMAN VINCENT PEALE*

sikap

kita

terhadapnya, karena itulah menentukan kesuksesan atau kegagalan

MENERJEMAHKAN DUNIA ANDA
langkah pertama membangun sikap positip adalah menyadari sifat alami pribadi kita sendiri saat ini. Cara kita bereaksi atas situasi situasi yang berbeda dapat menunjukan sikap dasar kita sendiri. Supaya berhasil dalam setiap usaha yang kita lakukan, kita harus melakukan pendekatan terhadap situasi situasi tersebut dengan sikap positip.

NILAILAH SIKAP ANDA TERHADAP DIRI SENDIRI
Jika secara fisik anda sehat, kualitas kehidupan anda sebahagian besar dan tergantung pada sikap anda. Oleh karena itu penting untuk repleksikan baik ke dalam maupun keluar. Ajukan pertanyaan pada diri anda, untuk menentukan apakah anda bisa bersikap positip pada diri anda sendiri. Jawabannya : ya tidak tidak diputuskan.

EVALUASI SIKAP ANDA TERHADAP ORANG LAIN
Sikap adalah hal kecil yang membuat perubahan besar Apakah anda : selalu bersikap positip terhadap orang lain? Apakah anda : menunjukan keterikatan cara tulus? Apakah anda : berbicara kebutuhan dan masalah mereka? ( Ketulusan tidak dapat di palsukan ) Apa yang mereka rasakan, mengapa mereka merasakan seperti itu? Mengapa mereka berfikir dan bertindak seperti yang mereka lakukan. Apa anda mempelajari itu semua? Apa anda pendengar yang baik?

SIKAP MENCERMINKAN SECARA POSITIF DAN NEGATIF
Sikap mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan pekerjaan anda. Sikap : ___ , dapat menimbulkan : 1. kecerobohan 4. kemalasan 2. ketidaktauan 5. kenekatan 3. sinisme 6. terlalu percaya diri Sikap : + , menentukan : 1. perencanaan ke depan keseksamaan 2. menyemangati yang lain kesungguhan 3. menunjukan apresiasi

4. 5. 6. kesiagaan

Kesuksesan memerlukan lebih sekedar bakat, dan pengetahuan tapi kunci yang membuka ke dua hal tersebut adalah pikiran anda. Bersikap positif membuat anda lebih dapat di andalkan. Ketika anda bersikap positif, anda akan mendapati bahwa secara naluriah anda menghargai orang lain dan anda memiliki kebanggaan atas pekerjaan anda. Anda akan memberikan penghargaan pada orang lain pada saatnya. Kenalilah musuh yang biasanya ada di dalam diri anda, langkah pertama untuk menganalisis sikap anda memulainya dari diri anda sendiri.

PUTUSKAN UNTUK BERSIKAP POSITIP
Semua orang dapat mengubah kehidupannya dengan mengubah sikapnya. menemukan kesenangan dalam hal hal sederhana. ‡ ambil yang terbaik dalam situasi yang buruk. ‡ tak seorang pun memiliki segalanya. Setiap orang mempunyai Kelemahan, kepedihan yang bercampur dengan kebahagian dalam hidup mereka. Triknya : buatlah tawa melebihi air mata. Terima Kasih..... Selamat Mencoba.
‡ belajarlah

MARI KITA LIHAT KECERDASAN SIKAP POSITIF ANDA

Mari kita gunakan ini untuk mengetahui seberapa sering anda menunjukan prilaku khusus tersebut. Tulis 1 : jika tidak pernah Tulis 2 : jika jarang Tulis 3 : jika kadang kadang Tulis 4 : jika biasanya Tulis 5 : jika hampir selalu Ingat. . . . . . Jujurlah pada diri sendiri.

Pertanyaan : 1. Apakah saya mampu bangkit dari kegagalan dengan cepat? 2. Apakah saya memiliki tujuan pribadi yang sedang saya kejar? 3. Apakah saya terus mengikuti perkembangan tujuan saya, dan membuat perubahan yang diperlukan? 4. Apakah saya lambat dalam memutuskan, apakah saya akan menyukai orang baru yang saya temui? 5. Apakah saya mendapat banyak ide bagus dari orang lain? 6. Apakah saya menemukan apa yang saya butuhkan tanpa banyak bantuan?

7. Apakah saya tidak perlu di ingatkan, untuk melakukan hal yang telah saya setujui untuk dikerjakan? 8. Apakah saya dapat dengan cepat mendeteksi orang yang posimitis? 9. Apakah saya menikmati, mendengarkan penjelasan orang, miskipun secara pribadi tidak menyukai mereka? 10. Apakah saya sabar terhadap orang yang tidak sependapat dengan saya? Total =...............,

Mari kita diskusikan implikasi bila nilai anda :
40 atau lebih : Anda memiliki sikap positip yang kuat, sikap ini memberikan kredibilitas sebagai seorang pemimpin dan kesesuaian sebagai seorang rekan kerja. 30 39 : Sikap positip anda normal, sikap ini membantu anda dan merupakan pengaruh yang positip bagi orang lain. 20 29 : Sikap anda tidak terduga dan akan menimbulkan kebingungan serta ketidak pastian dalam hubungan di rumah dan tempat kerja. Jika 19 : Anda memiliki sikap negatip, yang akan menekan kepercayaan diri dalam hubungan dirumah dan tempat kerja.

Pergunakan ini untuk membantu anda Bahagian mana yang harus di benahi Untuk meningkatkan sikap dan pengaruh Positip anda. Trim s

Siddik, Sp

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->