Contoh Kutipan Langsung

Pengisian kandung empedu difasilitasi oleh kontraksi tonik dari Sphincter Oddi. Sebagai respon terhadap makanan, pengosongan kandung empedu terjadi karena respon motorik yang terkoordinasi dari kontraksi kandung empedu dan relaksasi Sphincter Oddi. Stimuli utama dari pengosongan kandung empedu adalah hormon cholecystokinin (CCK). CCK dilepaskan secara endogen oleh mukosa duodenum sebagai respon terhadap makanan. Pengosongan kandung empedu mencapai 50-70% dalam 30-40 menit. 60-90 menit kemudian kandung empedu scara gradual terisi kembali. Hal ini berhubungan dengan pengurangan kadar CCK (Brunicardi, 2007).

Definisi & Cara Menulis Kutipan

Definisi & Cara Menulis Kutipan - Lama juga kami vakum nggak menulis apa apa ^_^, ahirnya setelah melihat stok ebook bse eh masih banyak yang belum tertulis He3x... judul artikel kali ini " Definisi & Cara Menulis Kutipan " apa sih kutipan itu?? bagaimana cara menulis kutipan ?? silahkan simak uraian berikut ini. I. Gambaran Awal Kutipan Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya. ( Definisi Kutipan ) Penulisan sumber kutipan ada yang menggunakan pola Harvard, ada pula yang menggunakan pola konvensional atau catatan kaki (footnote). Sekarang Anda akan mempelajari pencantuman kutipan dengan pola Harvard. ( Pola Penulisan Kutipan )

tahun terbit. Disebut kutipan tidak langsung jika mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya.a Contoh kutipan Langsung Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. ( Contoh kutipan Langsung 2# ) -------------------------------------------------------Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Kutipan langsung adalah mengutip sesuai dengan sumber aslinya. dan sumber tersebut .b Contoh kutipan Tidak Langsung Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yangdikatakan penulis. 1983:3). Seperti contoh di atas menyebutkan bahwa sumber diambil dari buku karangan Gorys Keraf. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 3# ) Seperti halnya penulisan data. Cara Menulis Kutipan Dengan Benar Penulisan dan pencantuman kutipan dengan pola Harvard ditandai dengan menuliskan nama belakang pengarang. dan halaman buku yang dikutip di awal atau di akhir kutipan. 1983: 3). Ada dua cara dalam mengutip. yang terbit pada tahun 1983. artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah. argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. penulisan kutipan (referensi) ini juga harus menyebutkan sumber kutipan tersebut. ( Contoh kutipan Langsung 1# ) ------------------------------------------------------Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3). ( Contoh kutipan Tidak Langsung 2# ) ------------------------------------------------------Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis1). ( Contoh kutipan Tidak Langsung 1# ) ------------------------------------------------------Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara 1 ( Contoh kutipan Langsung 3# ) II. namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumber tersebut. Data lengkap sumber yang dikutip itu dicantumkan pada daftar pustaka. II. yakni langsung dan tidak langsung. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf.II.

Inc. Jadi. New York: Rodolt Company. Oracle Corporation. Ketiga hal tersebut merupakan sumber referensi atau acuan dalam penulisan ilmiah). Demikian artikel ini saya susun. Pada contoh terakhir hanya ditulis angka 1. Informasi mengenai penerbit dan judul buku dapat dilihat di Daftar Pustaka atau Bibliografi.E Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Beriut : Dae al-Kutub al Ilmiyah. tahun dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang berfungsi untuk memperjelas pembaca agar dapat melihat sumber asli pembuat penulisan tersebut. Introduction to ORACLE : SQL and PL/SQL Student Guide. 1410 H b. menyatakan bahwa keterangan sumber dicantumkan di bawah halaman yang disebut dengan catatan kaki. Kutipan . Jelaskan tujuan pembuatan ke tiga hal tersebut di atas. tempat penerbitan. antara lain mengenai sumber dan penulis asli dari buku tersebut.1980 c. and Robert A. Sugiarti. Dengan seorang pengarang Abdullah al-Jaziri.. Alexander Sosa [ Terimakasih Yang Sebesar Besarnya ] Daftar Pustaka. Kutipan. Dengan dua atau tiga pengarang Xena. judul. Neena et. dan Catatan Kaki. semoga Definisi & Cara Menulis Kutipan ini dapat berguna bagi saudara saudara semua ^_^ Sumber : BS . dan Catatan Kaki Dengan membaca bahan dan materi kuliah tentang Daftar Pustaka. al-Fiqhu a'la Madzahib al-Arba'ah. John. Suroto. karangan Sri Utami. Time Is Money. didalam Daftar Pustaka terdapat diskripsi yang penting mengenai suatu buku.terdapat di halaman 3. USA. dan buat evaluasi tentang perbedaan antara ke 3 sumber penulisan di atas ? Daftar Pustaka Daftar Pustaka atau biasa juga disebut dengan Bibliografi adalah sebuah daftar yang didalamnya berisi nama pengarang. Contoh Daftar Pustaka : a.. Sinagar. Dengan dengan banyak pengarang Kochtar.all. Volume I. artikel. Kutipan. 1998. Tujuan pembuatan Daftar Pustaka : Dalam Daftar Pustaka dalam pembuatannya bertujuan agar pembaca dapat mengetahui keterangan yang lengkap mengenai buku tersebut. novel dsb.

Kutipan langsung adalah suatu kutipan dimana seseorang mengutip suatu gagasan. tetapi si pengutip tersebut memasukkannya dalam tulisan dengan kata-kata yang dibuat sendiri atau tidak sama persis dengan yang ada pada sumber kutipan hal ini dilakukan agar gagasan tersebut lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca. Hal yang membedakan keduanya adalah kejujuran dan ketulusannya. Dalam kutipan dibagi menjadi dua cara. 21:2). tulisan orang lain. Hal yang membedakan keduanya adalah kejujuran dan ketulusannya. Hakikat dari kejujuran dan keikhlasan adalah menyatakan keimanan dan keislaman. buku. karena dasar dari kemunafikan adalah kebohongan. biasanya bahan-bahan tersebut digunakan dalam penulisan karya ilmiah. ide atau kalimat sesuai dengan sumber aslinya. (Contoh kutipan Langsung 1#) Menurut Ibnu Taimiyah dalam bukunya Amalan Hati (21:2). karena sesungguhnya orang yang menampakan keislam terbagi menjadi dua. novel. gagasan. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 2# ) Catatan Kaki Catatan kaki atau dalam bahasa inggris : foot note adalah sebuah keterangan yang ditulis dibagian belakang kutipan. 21: 2). dibagian bawah setiap lembaran atau pada akhir bab pada sebuah karangan ilmiah. Contoh kutipan langsung : Hakikat dari kejujuran dan keikhlasan adalah menyatakan keimanan dan keislaman. yakni kutipan langsung dantidak langsung. novel dll. ide yang diambil seseorang berdasarkan pada hasil pemikiran orang lain atau suatu sumber misalnya artikel. yaitu orang mukmin dan munafik. (Contoh kutipan Langsung 2#) Kutipan tidak langsung adalah suatu kutipan dimana seseorang mengutip pokok pikiran yang terkandung dalam buku. (Taimiyah. Catatan kaki biasa digunakan untuk menjelasan tentang sumber kutipan dan juga digunakan memberikan komentar dan keterangan lainya. yaitu orang mukmin dan munafik. Tujuan dari pembuatan catatan kaki antara lain : . Bahan yang biasa dikutip biasanya adalah hasil penelitian terbaru dan suatu pendapat yang belum menjadi pendapat dikalangan umum.Kutipan merupakan sebuah pendapat. Contoh Kutipan Tidak Langsung Seperti dikatakan oleh Ibnu Taimiyah (21:2) bahwa perbedaan antara seorang mukmin dan munafik itu terletak pada kejujuran dan ketulusannya karena dasar dari kemunafikan adalah kebohongan. Kata atau kalimat yang dikutip sama persis seperti sumber aslinya tanpa ada kata atau kalimat yang diubah. karena sesungguhnya orang yang menampakan keislam terbagi menjadi dua. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 1# ) bahwa perbedaan antara seorang mukmin dan munafik itu terletak pada kejujuran dan ketulusannya karena dasar dari kemunafikan adalah kebohongan (Taimiyah. karena dasar dari kemunafikan adalah kebohongan.

maka sumber dirilis dari buku yang lebih dahulu terbit. karya ilmiah dari orang tersebut.3. Apabila digunakan dua sumber pustaka atau lebih yang sama pengarangnya. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alfabet. . Kutipan dan Catatan Kaki adalah dalam hal cara penulisan dan letak penulisan dari masing-masing sumber penulisan tesebut. . Kutipan dan Catatan Kaki di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan dari dibuatnya Daftar Isi. Diantara kedua bagian itu diberi tanda titik dua (:). Perbedaan dari Daftar Isi.y Sebagai penghargaan terhadap gagasan. Cara penulisan daftar pustaka sebagai berikut: a. baru nama depan) b. y Sebagai tempat untuk memperluas suatu bahasan yang diperlukan. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (. Tulis nama pengarang (nama pengarang bagian belakang ditulis terlebih dahulu. Tulislah judul buku (dengan diberi garis bawah atau cetak miring). Setelah judul buku diberi tanda titik (. dan seterusnya). y Sebagai pentunjuk pada halaman berapa dan bagian mana materi yang sama pembahasannya didalam suatu penulisan atau juga bisa disebut sebagai referensi silang. karena dengan adanya daftar pustaka pembaca dapat melihat kembali pada sumber asli yang membuat tulisan tersebut . berturut-turut dari atas ke bawah. y Sebagai pentunjuk darimana sumber dari beberapa kutipan dalam suatu penulisan ilmiah dan pendukung keabsahan dalam suatu penulisan.Daftar Pustaka Daftar Pustaka atau Bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul . Setelah nama penerbit diberi tanda titik e.buku-buku artikel-artikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya. 1963. Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. New York: The Mac Millan Company.).) c. ide dan karya orang lain atau pemenuhan kode etik (balas budi). Dalam menulis daftar pustaka terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu: 1. Charles F.2. Di antara kedua sumber pustaka itu dibutuhkan tanda garis panjang. baru buku yang terbit kemudian. ide atau karya orang lain yang telah diambil oleh seseorang yang kemudian dimasukan kedalam tulisan. Daftar pustaka memiliki arti penting. Tulislah tahun terbit buku. Kutipan dan Catatan Kaki adalah sebagai pemenuhan kode etik (balas budi) kepada pemilik gagasan. Kesimpulan : Berdasar pada uraian mengenai Daftar Isi. A Course in Modern Linguistics. 1. Contoh dari Daftar Pustaka : a. Seorang pengarang Hockett. tanpa menggunakan angka arab (1. d.

Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar. Inc. 5 vols. berikan keterangan op.Catatan Kaki Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. dan kegiatan bisnis. Cortright. Banyak pengarang Morris.cit. Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3. tetapi nama pengarang tidak dibalik. Kutai Barat. 11.. al. Robert T. jumlah kabupaten/kota meningkat dratis menjadi 13 (Paser. 6. Dalam penulisan Catatan kaki terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu : 1. Pertambahan ini tentu punya implikasi terhadap meluasnya pemanfaatan lahan untuk perkantoran. 5.. 7. 4. New York : Harcourt. et. Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri). lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya. Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri. dan baru-baru ini ada penambahan satu kabupaten lagi. Contoh Catatan Kaki berisi penjelasan: Jumlah kabupaten / kota yang ada di Kalimantan Timur terus bertambah. yakni Kabupaten Tanah Tidung. Alton C. Washington: English Language Service. kabupaten/ kotamadya di Kaltim berjumlah enam buah (Balikpapan. cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki. 3. gunakan loc.Kutipan - . . sehingga sekarang terdapat 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Besar font catakan kaki adalah lebih kecil dari teks utama. Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan. Diberi nomor. 9. 1964. inc. Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki. Bontang. yakni biasanya dengan besar font 10 dengan asumsi ukuran teks utama 12. Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu. Kutai. 1964 d. Pada pasca Orde Baru. Berau. the First Year. Bulungan. Malinau. Samarinda. Kutai Timur. Catatan kaki diketik berspasi satu. Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Berau. Dalam rentang waktu yang cukup lama (era Orde Baru). 2. Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks. 12. Kutai Kartanegara. Brace & World. Dua atau tiga pengarang Oliver. menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi. Bulungan. . Balikpapan. New York: Henry Holt and Company.. Inc. 8. perumahan. Buku yang terdiri dari dua jilid atau lebih Intensive Course in English. Tarakan. Pasir). College English.. 10. penulisannya mirip daftar pustaka. Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.1958 c. New Training for Effective Speech. and Rupert L.cit.b. Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel. Nunukan). Penajam Paser Utara. Samarinda..

laporan. tuliskan nama akhir pengarang pertama diikuti dkk. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. 2. 6. dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya. Mengutip dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh pengarang berbeda. argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.Kutipan tidak langsung yaitu mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya. Penulisan nama pengarang menggunakan nama akhir disertai tahun. internet. Gagasan itu bisa diambil dari kamus. nama pengarang yang dituliskan adalah nama pengarang asli. 3. ensiklopedi. 4. dan lain sebagainya. Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. buku. majalah. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. ditulis nama akhir kedua pengarang tersebut. pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Jika pengarangnya dua orang. Contoh kutipan Langsung: Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3). .Kutipan adalah gagasan. Penulisan sumber kutipan ada yang menggunakan pola Harvard. nama dokumen yang diterbitkan atau nama koran. . Jika nama pengarangnya tidak ada. artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah. Jika pengarangnya lebih dari 2 orang. Untuk karya terjemahan. Contoh kutipan Tidak Langsung: Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis. Dalam penulisan Kutipan terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu : 1. yang dicantumkan adalah nama lembaga yang menerbitkan. Ada 2 macam kutipan yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. 5. ide.Kutipan langsung adalah mengutip sesuai dengan sumber aslinya. ada pula yang menggunakan pola konvensional atau catatan kaki (footnote). artikel. namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumber tersebut. .

. Kutipan dibedakan menjadi dua yakni.org/wiki/Daftar_pustaka http://www. Referensi : http://id. 2009 ² juzz71 Kaidah Penulisan Kutipan-(Kutipan Langsung) Definisi Kutipan Kutipan merupakan pendapat atau pernyataan dari seorang pengarang yang diambil dari teks acuan yang berfungsi untuk memperkuat pendapat sehingga memiliki dasar yang dapat dipertanggungjawabkan. A.org/wiki/Catatan_kaki http://id. Pada bagian ini akan dibahas kutipan langsung beserta teknik penulisannya.html Kutipan October 12. Kutipan Langsung Panjang Dinamakan kutipan langsung panjang jika kata lebih dari 40 kata atau lebih dari tiga baris ketikan.com/2009/10/definisi-cara-menulis-kutipan. Dan perbedaan dari ketiga sumber tersebut adalah dari segi penempatan dan cara penulisan sumber referensi di dalam penulisan karya ilmiah. Kaidah penulisannya: (1)Teks diketik dalam spasi tunggal.Dapat disimpulkan bahwa ketiga sumber tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang sama yaitu penulisan sebagai penghormatan/penghargaan kepada orang yang pendapatnya telah dikutip di dalam karya ilmiah serta sebagai pembuktian akan kebenaran dari kutipan tersebut. Kutipan Langsung Kutipan langsung merupakan pinjaman pendapat seorang pengarang dengan mengambil teks secara lengkap dari sebuah teks asli dan ditulis apa adanya.wikipedia.sentra-edukasi. yakni kutipan langsung panjang. Kutipan langsung dibagi menjadi dua bagian. tetapi ditempatkan pada tempat tersendiri. (2)Teks kutipan tidak dimasukkan dalam teks.wikipedia. dan kutipan tidak langsung pendek. (3)Pengetikan dibuat menjorok ke dalam dari teks dengan ketentuan dimulai pada ketukan ke-5 dari garis tepi sebelah kiri. kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

dan bahan-bahan lainnya yang berhasil dikumpulkan demi meningkatkan pemahaman Anda dan memudahkan Anda untuk mengkomunikasikan temuan penelitian Anda kepada pihak lain´. dan halaman sumber diketik dalam kurung. Kutipan ini dapat ditulis integral dalam teks. B. Contoh : Simbol yang tergantung pada tujuan mulia ataupun sakral dari benda itu seperti yang dikemukakan oleh Ricoeur (1988:2). Bila sumber kutipan ditulis di belakang. catatan-catatan lapangan. Kutipan Langsung Pendek Dinamakan kutipan langsung pendek jika kutipan tersebut kurang dari 40 kata kurang dari 3 baris. (5)Sumber kutipan berupa nama pengarang. Contoh: Mengenai pemakaian bahasa logika. tahun terbit. 1997:7)« Tambahan Penggunaan kutipan langsung sebaiknya diminimalkan. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikemukakan oleh Bodgan & Biklen (1982:145) yang berbunyi.(4)Kutipan langsung panjang tidak diapit dengan tanda petik. senada dengan pernyataan yang berbunyi ³pemakaian alat bahasa seperti kata. serta halaman dari sumber rujukan tidak dimasukkan ke dalam teks kutipan. sedangkan tahun tebit dan nomor halaman ditulis dalam kurung. maka nama sumber ditulis di luar tanda kurung. karena kutipan langsung yang bersifat langsung ini tidak dapat dimodifikasi. kalimat secara tepat sehingga setiap kata hanya mempunyai satu fungsi tertentu saja dan setiap kalimat hanya mewakili satu keadaan factual saja´ (Wicoyo. Contoh: Penganalisisan data ditujukan untuk mengupayakan pemahaman pembaca terhadap hakikat penelitian yang dilakukan. its dependence on the sacred glimpsed in its eschatology. sedangkan suatu karya ilmiah merupakan . abd eschatology that reflection it self as reflection. It is an the work of interpretation that this philosophy discovers the multiple modalities of dependence of the self-its depence on desire glimpsed in an archaelogy of the subject. ³Analisis data adalah sebuah proses sistematis dalam mencari dan menata transkripsi wawancara. tahun. maka nama. (3)Sumber kutipan dapat diletakkan di awal atau dibelakang. It is by developing on archaeology. (2)Diapit dengan tanda petik. Jika peletakan sumber kutipan di awal. Kaidah penulisannya: (1)Ditulis dalam teks dengan mengikuti jarak spasi teks yang diikuti.

sebaiknya meminimalkan penggunaan kutipan langsung. terdiri dari nama akhir pengarang (ditulis di luar tanda kurung). A. Kutipan Tidak Langsung Pendek Dinamakan kutipan tidak langsung pendek jika kutipan hanya satu paragraf atau hanya berupa kalimat saja. atau hubungan kausal. Di dalam analogi. Kutipan Tidak Langsung Kutipan Tidak Langsung merupakan pinjaman pendapat seorang pengarang yang dikemukakan dengan gaya penulis. Kaidah Penulisannya: (1)Tulis nama sumber kutipan untuk memulai sebuah kutipan (tanpa tahun dan nomor halaman) kemudian tulis sumber kutipan di akhir kalimat kutipan ( nama. inferensi tentang kebenaran suatu gejala khusus ditarik berdasarkan kebenaran gejala khusus yang bersamaan. B. yakni kutipan tidak langsung panjang. analogi. tahun. Bila sumber kutipan diakhiri teks kutipan maka pengarang. berupa inti sari pendapat tersebut dan ditulis tanpa tanda kutip serta terpadu dengan teks. sikap atau pemikiran penulis. atau akibat-akibat (Shurter & Pierce. karena integral dalam teks. nomor. Generalisasi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala dengan sifat-sifat tertentu untuk menarik simpulan mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa itu. Hubungan kausal adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab-akibat. tahun terbit. dan kutipan tidak langsung pendek. tahun dan nomor halaman (ditulis di dalam tanda kurung). (2)Tidak ditulis diantara tanda petik. halaman dalam tanda kurung). (3)Sumber kutipan dapat diletakkan di awal dan di akhir. Kutipan Tidak Langsung Panjang Dinamakan kutipan tidak langsung panjang jika kutipan lebih dari satu paragraf. Bila .cerminan. pandangan. Contoh : Wujud penalaran ilmiah dalam pelaksanaanya sesuai dengan buah pikiran Shurter dan Pierce yang menyatakan bahwa penalaran induktif merupakan proses penalaran untuk menarik suatu prinsip / sikap yang berlaku umum atau suatu simpulan yang bersifat khusus berdasarkan atas fakta-fakta khusus. Cukup 30% penggunaan kutipan langsung dari seluruh kutipan yang ada. (3)Ketentuan spasi dan margin. sma dengan teks yang lain. akibat-sebab. Sumber kutipan di awal teks kutipan. dan nomor halaman ditulis di dalam kurung. Penalaran induktif mugkin merupakan generalisasi. (2)Tidak ditulis dalam tanda petik. Oleh karena itu. 1997: 8). Kaidah Penulisannya: (1)Ditulis integral dalam teks. Kutipan tidak langsung dibagi menjadi dua bagian.

Sumber di belakang Tanda dengan simbol dianggap berada pada dua bidang pembahasan berbeda. diantaranya. karena dianggap keduanya berada pada dua bidang pembahasan yang berbeda. A. ) dan dkk Contoh : Sumber kutipan di awal teks Pemahaman manusia terhadap simbol-simbol yang digunakan membutuhkan manusia untuk berfikir secara jernih dengan merumuskan simbol. Tanda adalah bagian dari dunia fisik. sebutkan nama akhir pengarang pertama dan nama awal pengarang ke dua. . Satu orang pengarang Sumber di depan Cassirer (1979: 31-32) membedakan tanda dengan simbol. 1982:31). sedang symbol adalah bagian dari dunia makna manusiawi. Sumber di belakang Bentuk data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan reflektif (Boglan & BIklen. Cassirer ( 1979:31-32) membedakan tanda dengan simbol. 1975 : 429421). Tanda adalah bagian dari dunia fisik.pengarangnya dua orang. cukup menulis nama akhir pengarang pertama lalu diikuti tanda koma ( . selain dikaitkan dengan estetika dan pemahaman yang historikal (Gadamer. Dua orang pengarang Sumber di depan Boglan & Beklen (1982: 31) mengatakan bahwa bentuk data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan reflektif. bukan suatu proses subjektif manusia yang dihadapkan kepada suatu objek. Sumber kutipan di belakang teks Pemahaman baginya adalah sebagai modus eksistensi manusia. sedang simbol adalah bagian dari dunia makna manusiawi. Gadmer pulalah yang mengupayakan bahwa hermeuneutik perlu ditingkatkan menjadi masalah kebahasaan. sedang simbol adalah bagian dari dunia makna manusiawi (Cassirer 1979: 31-32). Tanda adalah bagian dari dunia fisik. Pada bagian ini akan ditunjukkan beberapa contoh kutipan tidak langung dari beberapapengarang.karena dianggap keduanya berada pada dua bidang pembahasan berbeda. Bila pengarang lebih dari dua orang. B.

perhelatan. Hal ini ditegaskan oleh Esten. kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. tahun terbit. 1981:115). tetapi ditempatkan pada tempat tersendiri. Tiga orang pengarang atau lebih Sumber di depan Sebagai hiburan. (5)Sumber kutipan berupa nama pengarang. Kutipan Langsung Panjang Dinamakan kutipan langsung panjang jika kata lebih dari 40 kata atau lebih dari tiga baris ketikan. atau bentuk-bentuk pesta lainnya di dalam masyarakat Minangkabau (Esten. yakni kutipan langsung panjang.C. serta halaman dari sumber rujukan tidak dimasukkan ke dalam teks kutipan. Kutipan Langsung Kutipan langsung merupakan pinjaman pendapat seorang pengarang dengan mengambil teks secara lengkap dari sebuah teks asli dan ditulis apa adanya. (3)Pengetikan dibuat menjorok ke dalam dari teks dengan ketentuan dimulai pada ketukan ke-5 dari garis tepi sebelah kiri. It is an the work of interpretation that this philosophy discovers the multiple modalities . dkk. Pada bagian ini akan dibahas kutipan langsung beserta teknik penulisannya. atau bentuk-bentuk pesta lainnya di dalam masyarakat Minangkabau. dkk (1981:115) yang menyatakan bahwa permainan randai adalah bagian-bagian dari acara-acara kegembiraan. perhelatan. Contoh : Simbol yang tergantung pada tujuan mulia ataupun sakral dari benda itu seperti yang dikemukakan oleh Ricoeur (1988:2). Sumber di belakang Pemainan randai adalah bagian-bagian dari acara-acara kegembiraan. Kaidah penulisannya: (1)Teks diketik dalam spasi tunggal. dan kutipan tidak langsung pendek. A. randai kerap kali dilaksanakan untuk mengiringi acara-acara adat dan perhelatan (kenduri). (2)Teks kutipan tidak dimasukkan dalam teks. (4)Kutipan langsung panjang tidak diapit dengan tanda petik. Kutipan langsung dibagi menjadi dua bagian. Kaidah Penulisan Kutipan-(Kutipan Langsung) Definisi Kutipan Kutipan merupakan pendapat atau pernyataan dari seorang pengarang yang diambil dari teks acuan yang berfungsi untuk memperkuat pendapat sehingga memiliki dasar yang dapat dipertanggungjawabkan. Kutipan dibedakan menjadi dua yakni.

Kaidah penulisannya: (1)Ditulis dalam teks dengan mengikuti jarak spasi teks yang diikuti. abd eschatology that reflection it self as reflection. (2)Diapit dengan tanda petik. B. Cukup 30% penggunaan kutipan langsung dari seluruh kutipan yang ada. (3)Sumber kutipan dapat diletakkan di awal atau dibelakang. Contoh: Penganalisisan data ditujukan untuk mengupayakan pemahaman pembaca terhadap hakikat penelitian yang dilakukan. Jika peletakan sumber kutipan di awal.of dependence of the self-its depence on desire glimpsed in an archaelogy of the subject. sedangkan suatu karya ilmiah merupakan cerminan. Oleh karena itu. Contoh: Mengenai pemakaian bahasa logika. . maka nama. dan bahan-bahan lainnya yang berhasil dikumpulkan demi meningkatkan pemahaman Anda dan memudahkan Anda untuk mengkomunikasikan temuan penelitian Anda kepada pihak lain´. its dependence on the sacred glimpsed in its eschatology. It is by developing on archaeology. ³Analisis data adalah sebuah proses sistematis dalam mencari dan menata transkripsi wawancara. sikap atau pemikiran penulis. 1997:7)« Tambahan Penggunaan kutipan langsung sebaiknya diminimalkan. dan halaman sumber diketik dalam kurung. sebaiknya meminimalkan penggunaan kutipan langsung. kalimat secara tepat sehingga setiap kata hanya mempunyai satu fungsi tertentu saja dan setiap kalimat hanya mewakili satu keadaan factual saja´ (Wicoyo. Bila sumber kutipan ditulis di belakang. Kutipan ini dapat ditulis integral dalam teks. Kutipan Langsung Pendek Dinamakan kutipan langsung pendek jika kutipan tersebut kurang dari 40 kata kurang dari 3 baris. karena kutipan langsung yang bersifat langsung ini tidak dapat dimodifikasi. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikemukakan oleh Bodgan & Biklen (1982:145) yang berbunyi. pandangan. maka nama sumber ditulis di luar tanda kurung. sedangkan tahun tebit dan nomor halaman ditulis dalam kurung. senada dengan pernyataan yang berbunyi ³pemakaian alat bahasa seperti kata. tahun. catatan-catatan lapangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful