LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN BIOPORI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Disusun Oleh: Nama Kelas No : Ovianne Angela .D : XI IPS 4 : 29

SMA MARSUDIRINI BEKASI Jl. Raya Narogong 202 Kemang Pratama Rawa Lumbu Bekasi 17116 Jawa Barat Tahun Ajaran 2010-2011
1

perakaran tanaman. Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan. 2 . meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahanperubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut. rayap dan fauna tanah lainnya. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0. Bila lubang-lubang seperti ini dapat dibuat dengan jumlah banyak. pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Pemanasan Global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100.BAB I LATAR BELAKANG Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitas organisme di dalamnya. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian. maka kemampuan dari sebidang tanah untuk meresapkan air akan diharapkan semakin meningkat. seperti cacing. Meningkatnya kemampuan tanah dalam meresapkan air akan memperkecil peluang terjadinya aliran air di permukaan tanah. dan daratan Bumi. Dengan kata lain akan dapat mengurangi bahaya banjir yang mungkin terjadi.74 selama seratus tahun terakhir. serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. laut.

Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa. dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. sampah oraganik rumah tangga seperti sisa potongan sayur. jika ada. Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan. tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. sisa makanan dan lain sebagainya.hilangnya gletser. Salah satu dampak yang dapat kita rasakan yaitu banjir . Khususnya banjir di daerah perkotaan untuk mengatasi atau mengurangi hal tersebut kita dapat menggunakan metode Biopori . 3 . Berdasarkan fakta dan opini diatas hal pemanasan global dapat menimbulkan dampak yang besar bagi kelangsungan hidup organisme . Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem . Contoh daripada sampah organik yang dapat diurai oleh Biopori adalah : daun. dan punahnya berbagai jenis hewan.

Kehadiran lubang resapan biopori secara langsung akan menambah bidang resapan air. Sampah ini akan dijadikan sebagai sumber energi bagi organisme tanah untuk melakukan kegiatannya melalui proses dekomposisi.BAB II TUJUAN Adapun keunggulan dan manfaat dari biopori. Meningkatkan daya resap air.5 cm 2 setelah dibuat lubang resapan biopori dengan kedalaman 100 cm. Dengan melalui proses seperti itu maka lubang resapan 4 .. setidaknya sebesar luas kolom/dinding lubang. Sebagai contoh bila lubang dibuat dengan diameter 10 cm dan dalam 100 cm maka luas bidang resapan akan bertambah sebanyak 3140 cm 2 atau hampir 1/3 m 2. dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria. yang semula mempunyai bidang resapan 78. Dengan kata lain suatu permukaan tanah berbentuk lingkaran dengan diamater 10 cm. yaitu sebagai tekhnologi lubang resapan tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resapan air. mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan). dan memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah dan akar tanaman. luas bidang resapannya menjadi 3218 cm 2. Dapat mengubah sampah organik menjadi kompos lubang resapan biopori "diaktifkan" dengan memberikan sampah organik kedalamnya. Sampah yang telah didekompoisi ini dikenal sebagai kompos.

Meningkatkan daya resap air 5. Mencegah terjadinya erosi atau penurunan permukaan tanah 5 . sayuran. seperti tanaman hias. Kompos dapat dipanen pada setiap periode tertentu dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik pada berbagai jenis tanaman. 7. Selain itu tujuan dan manfaat dari pembuatan biopori ialah: 1. Mengurangi dampak Pemanasan Global 3. Mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gasrumah kaca (CO2 dan metan) 6. Memberikan pengetahuan cara memanfaatkan pupuk kompos 2. Bagi mereka yang senang dengan budidaya tanaman/sayuran organik maka kompos dari LRB adalah alternatif yang dapat digunakan sebagai pupuk sayurannya. Memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah dan akar tanaman. Mengurangi banjir di daerah perkotaan 4. dan jenis tanaman lainnya.biopori selain berfungsi sebagai bidang peresap air juga sekaligus berfungsi sebagai "pabrik" pembuat kompos. dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria .

Semen dan pasir untuk memperkokoh mulut lubang biopori. 5. Linggis dan sekop tanah untuk mengeluarkan tanah dari mata bor 3. 2. 6 .hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat biopori 1. Pipa PVC (bila diperlukan) untuk menghindari longsoran tanah pada lubang biopori. Bor tanah (bor biopori) atau alat lain yang dapat membuat lubang vertikal. 4. Pengaman dari besi untuk menutupi permukaan lubang biopori.BAB III ALAT DAN BAHAN Hal.

Timbun lubang dengan sampah organik seperti dedaunan dan rumput ± rumputan. dsb. Beri pengaman pada mulut lubang agar tidak ada orang yang terperosok ke dalam lubang. Tempat yang dapat dibuat / dipasang lubang biopori resapan air : 1. Di sekeliling pohon. Gunakan alat bantu linggis untuk mengeluarkan dan membersihkan tanah dari lubang yang di buat. berikan pelapisan dengan menggunakan semen dan pasir agar kokoh. Pada tanah kosong antar tanaman / batas tanaman. 2. Pilih lokasi yang tempat untuk pembuatan lubang biopori. Pada alas saluran air hujan di sekitar rumah. sekolah. 6. Masukkan pipa PVC (bila diperlukan) sesuai diameter lubang.LANGKAH PEMBUATAN Proses pembuatan : 1. Buat lubang silinder dengan menggunakan bor biopori. lalu siram tanah dengan air agar lebih mudah untuk dilubangi.BAB IV LANGKAH. lalu pada mulut lubang. kantor. 3. lakukan secara vertikal hingga kedalaman 100cm 3. 5. 7 . 4. 2.

Dalam pembuatan biopori disarankan sebelum sampah organik dimasukan ke dalam lubang. sekolah. rumh sakit. Untuk mendapatkan hasil kompos yang maksimal berikan cacing tanah di dalam biopori dan menyimpan dalam jangka waktu yang lama. sebaiknya di cincang atau dicacah sampai halus agar mudanh terurai. perkantoran dan tempat lainnya. 8 . Agar kegitan praktik pembuatan lubang resapan biopori ini dapat bermanfaat positif bagi lingkungan dan sekitarnya makan para penyusun menyarankan masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan mempelajari lebih jauh tentang pemanfaatan lubang resapan biopori dan diimbangi dengan melakukan penghijauan tentu akan menjaga lingkungan kita dari bahaya banjir dan gejala-gejala global warming lainnya yang akan merusakan lingkungan alam.BAB V PENUTUP Kiranya pembuatan lubang resapan biopori ini dapat bermanfaat bagi rumah tangga.

Selain untuk pencegah banjir di lapangan atau tanah terbuka. Dengan dibuatnya makalah ini. penulis mendapatkan banyak sekali pelajaran ± pelajaran baru yang berguna bagi penulis. dapat disimpulkan bahwa lubang biopori dapat dibuat oleh seluruh masyarakat. Kesimpulan Setelah penulis membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan biopori.Penulis menyadari bahwa Fungsi dan kegunaan dari biopori sangatlah besar. Apabila seluruh masyarakat mau dan mampu untuk melakukannya. Selain itu kita pun juga harus turut menghijaukan bumi kita agar musibah banjir tidak mengancam kita dan bumi kita dapat teteap hijau lestari selalu. masalah banjir dan penurunan tanah di Jakarta dapat berkurang. 9 . fungsi lain biopori adalah kita dapat membuat sebuah pupuk kompos yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh tanaman. Dengan alat dan bahan serta proses pembuatan seperti di atas.BAB IV LAMPIRAN A. dibagian penutup inilah penulis menyelesaikan makalahnya. Dengan melakukan penelitian dengan praktik membuat biopori. Sehingga bila air hujan datang dan masuk ke dalam biopori. diharapkan masyarakat luas dapat membuat sendiri biopori di halaman depan rumah mereka sebagai pencegah banjir. tanaman di sekitarnya dapat tumbuh subur dengan air hujan yang mengisi biopori tersebut dan dengan zat ± zat penyubur tanah dari pupuk kompos tersebut.

Foto Pelaksanaan Praktikum Biopori 10 .B.

11 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful