MANFAAT TIK UNTUK KOMUNITAS SEKOLAH Manfaat TIK Bagi Guru Efisiendan efektif, memperkecil kesalahan persepsi, mengatasi

kekurangan alat, Mengembangkan kemampuan tik dengan belajar mandiriBerinisiatif Inovatif Kreatif dan bertanggung jawab. Berkomunikasi dengan sesama guru secara regional, nasional maupuninternasional, Memperoleh materi ajar secara cepat dan murah dalam upayamengembangkan bahan ajar. Manfaat TIK Bagi Siswa Interaksi siswa dan guru melaluie-mail, Interaksi siswa dengan siswa melalui millis, Interaksi siswa dengan siswa danguru bersama-sama., Interaksi siswa dengan siswa dan guru bersama-sama, Interaksisiswa dengan siswa dan guru bersama-sama. Manfaat tik untuk tenaga adminstrasi Datainduk, Data guru, Data siswa, Keuangan, Psb, Adm akademik( absensi pelanggaran,nilai/tugas dll), Fasek, Data lain-lain. Manfaat TIK untuk perpustakaan Data buku, Data peminjam, Data pengunjung, E-book, Dll. Manfaat TIK untuk orang tua siswa WebKehadiran siswa, Jenis aktivitas siswa, Jadwal belajar, Nilai, Informasi umum.Terhadap Pembelajaran di sekolahKita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudahdibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatanTIK dalam pembelajaran,diantaranya :-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalamkelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat apalagidalam hal negatif oleh siswa karena pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat makamengarahkan pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehinggasiswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengirimantugas(PR) melalui e-mailDan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang terkontrol seperti disekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol.Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :

-Presentasi-Demonstrasi-Kelas VirtualBlog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehariharinya.Dengan menulis di Blog kitadapat :-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadaptulisan kita,-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut kita terjun dalamteknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasamenggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua sangat menunjang sekali terhadap proses belajar disekolah.

video. Tapi tahukah anda apa yang kita akan pelajari dari Mata Pelajaran tersebut ?. Informasi adalah sesuatu yang disampaikan dalam bentuk apapun dengan tujuan membuat seseorang mengetahui sesuatu. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Teknologi Informasi dan komunikasi terbagi menjadi 3 bahasa yaitu : 1. gambar.Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Pernah belajar TIK di SMP. Tidak akan terjadi sebuah komunikasi jika informasi hanya disampaikan tanpa ada yang menerima dan memberi balasan berupa informasi juga. Teknologi Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Jadi didalam proses komunikasi terdapat informasi. Berdasarkan tata bahasa Indonesia. alat. 3. Komunikasi Komunikasi adalah saling memberi dan saling menerima informasi. Nah dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah mempelajari segala sesuatu. ide”. . tulisan. yang dibuat oleh manusia dan untuk mempermudah pekerjaan manusia. proses yang berhubungan dengan penyampaian informasi serta proses komunikasi yang didukung oleh teknologi. 2. bahasa isyarat. konsep. Baiklah disini saya akan coba sedikit menjelaskan mengapa kita harus belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Informasi bisa berbentuk suara. Informasi Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar. SMA ? Sudah pasti pernah bukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful