Tujuan Pembelajaran 1. Menyebutkan pegertian masa Praaksara 2. Membedakan sejarah dan Praaksara 3.

Mengidentifikasikasikan masuknya suatu bangsa ke dalam zaman sejarah 4. Mengklasifikasikan pembagian zaman berdasarkan geologi sesuai dengan perkembangan alam 5. Mendeskripsikan jenis- jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia.

Masa praaksara dimulai sejak manusia ada di muka bumi sampai dengan saat manusia mengenal tulisan.Pengertian Praaksara y Masa praaksara atau masa prasejarah adalah zaman manusia belum mengenal tulisan. yang berarti zaman ketika tulisan belum ditemukan (nir=tidak. Masa praaksara juga disebut zaman nirleka. leka=tulisan/aksara). .

. sedangkan masa praaksara meninggalkan bukti bukti yang tidak menorehkan tulisan.Sejarah dan masa praaksara berbicara mengenai peristiwa atau kejadian yang berlangsung pada masa lalu. Perbedaannya. sejarah meninggalkan bukti bukti tertulis.

000 Sebelum masehi (SM). dan sebagainya. Mesopotamia pada pertengahan tahun 3. sedangkan India pada sekitar tahun 2. Hal itu dapat dilihat dari angka tahun pada catatan tertulis tersebut. Mesir memulai sejarahnya kira ² kira tahun 4.Setiap bangsa tidak sama dalam meninggalkan masa praaksaranya. Masuknya suatu bangsa ke dalam zaman sejarah bergantung dari adanya penemuan tertulis pertama.000 SM memasuki zaman sejarah.500 SM. .

Berita tertulis yang mengawali sejarah Indonesia bercerita tentang Kerajaan Kutai dan para penguasanya.Indonesia memasuki zaman sejarah kira ² kira pada awal abad ke-5 M. . Catatan angka tahun tertua diketahui dari batu ² batu tertulis yang terdapat di sekitar aliran Sungai Mahakam di daerah Kalimantan Timur.

2.2 Kerangka Manusia Pithecanthropus Pithecanthropus adalah manusia kera yang berdiri tegak dari Trinil.Zaman Paleozoikum c.Pembagian zaman berdasarkan Geologi sesuai dengan perkembangan Alam a. Zaman Neozoikum terbagi 2 yaitu : 1. Zaman Mesozoikum d. Zaman Tertair 2. Zaman Quartair Gb. .Zaman Arkhaikum b. Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dobuis pada tahun 1890.

Setiap tahap umur bumi memakan waktu yang panjang sekali. perhatikan tahap-tahap perkembangan keadaan alam yang dibagi atas zamanzaman berikut ini.Masa perkembangan alam kehidupan di bumi berjalan dalam beberapa tahun. Agar lebih jelas. yakni jutaan tahun. .

Zaman Arkhaikum y Yaitu zaman tertua yang berlangsung kira-kira 2.Zaman ini belum ada kehidupan. . b. dan reptil.dimulai adanya binatang kecil yg tidak bertulang belakang .amfibi.Zaman ini telah ada kehidupan .karena kulit bumi masih panas sekali.jenis ikan.a.500 juta tahun. Zaman Paleozoikum Yaitu zaman hidup tertua yang berlangsung Kira-kira 340 juta tahun.

seperti Dinosaurus (panjangnya 12meter ) dan Atlanta saurus (panjangnya 30 meter).Zaman hidup pertengahan yang berlang mesozoikum yaitu zaman sung kira-kira 140 juta tahun .Zaman ini ditandai dengan munculnya jenis reftil raksasa. Selain itu .c. jenis burung dan binatang menyusuipun berkembang. .

d. Zaman neozoikum(koinozoikum) yaitu zaman hidup baru yang berlangsung kira kira 60 juta tahun yang lalu sampai kini . zaman ini terbagi kedalam zaman tertair dan zaman quartair. .

Jenis kera dan kera-manusia sudah ada pada akhir zaman ini.` Zaman tertair. yaitu zaman adanya manusia di atas permukaan bumi. ` Zaman quartair. yaitu zaman semakin berkembangnya binatang menyusui.000 tahun dan zaman holosen berlangsung kira-kira 20. sedangkan reptil besar mulai punah. Zaman ini dibagi ke dalam pleistosen yang berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang lalu hingga sekarang. .

sedangkan di bagian timur bersatu dengan daratan Australia. . Muka air laut turun beberapa puluh meter sehingga ada beberapa laut dangkal yang berubah menjadi daratan. Hal seperti itu antara lain terjadi di kepulauan Nusantara. Karena itulah nenek moyang bangsa Indonesia memiliki beberapa kesamaan fisik dan budaya dengan bangsa-bangsa di kedua daratan tersebut. suhu bumi makin dingin. Saat itu berlangsung zaman glasial. Bagian barat Nusantara menjadi bersatu dengan daratan Asia. sebagian besar belahan bumi utara dan selatan tertutup oleh lapisan es tebal.Pada masa pleistosen telah terjadi beberapa kali zaman glasial (zaman es) dan zaman interglasial (zaman mencairnya es).

Nama Pithecantropus erectus yang berarti manusia kera-kera yang berjalan tegak. seorang geologi Belanda bernama B. y Pithecantropus Pada tahun 1889.Eugene Dubois di Belanda.Fosil-fosil manusia purba di Indonesia. .D. dekat Tulungagung (Jawa Timur). van Rietschoten menemukan tengkorak manusia di daerah Wajak. Fosil ini dikenal pula dengan sebutan Manusia Jawa. yaitu sebagai berikut. Hasil temuan itu kemudian dikirimkan kepada temannya yang bernama Dr.

daerah Surakarta (Jawa Tengah). .y Megantropus Penemuan fosil manusia purba lain yang agak tua usianya di Indonesia ialah Megantropus paleojavanicus (manusia besar tua dari Jawa). Fragmen-fragmen fosil megantropus ditemukan oleh Von Koenigswald antara tahun 19361941 di Sangiran. Jenis manusia purba ini diperkirakan hidup pada 1. Fragmen pertama yang ditemukan berupa rahang bawah dan rahang atas.6 juta tahun yang lalu.

yaitu antara 130-210 cm. Adapun fosil homo yang ditemukan di Indonesia adalah Homo soloensis dan Homo wajakensis.000-2.y Homo Jenis fosil homo memiliki ciri yang berbeda dengan pithecantropus dan megantropus. Isi tengkorak jenis fosil homo diperkirakan antara 1. Berat badannya diperkirakan 30-150 kg. .000 cc. Fosil homo memiliki tinggi badan yang bervariasi.

Berdasarkan penelitian.000 sebelum Masehi (SM). Dubois menemukan fosil sejenis yang diberi nama Homo wajakensis II pada tahun 1920. Homo soloensis diperkirakan telah hidup antara tahun 35. tiga orang peneliti. Jenis manusia purba ini menurunkan penduduk asli Pulau Papua dan sekitarnya. van Rietschoten di daerah Wajak.dekat Blora (Jawa Tengah). Menurut perkiraan para ahli. yaitu Ter Haar.Oppenoorth. Jenis penemuan ini dinamakan Homo soloensis.000-15. dan Von koenigswald berhasil menemukan satu seri tengkorak yang jumlahnya sangat besar.D. Tulungagung (Jawa Timur) dan diberi nama Homo wajakensis (manusia dari wajak). fosil manusia purba ini menempatkan diri pada tingkatan yang lebih tinggi daripada Pithecantropus erectus. y Homo wajakensis Fosil purba ini ditemukan pada tahun 1889 oleh B. Homo wajakensis merupakan bentuk perubahan langsung dari Homo soloensis. . Di tempat yang sama.y Homo soloensis Pada tahun 1931-1993. Tengkorak-tengkorak itu ditemukan di daerah Ngandong. artinya manusia dari Solo.

Di antara semua jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia.530 cc dan 1.Tengkorak Homo wajakensis mempunyai daya tampung volume otak kira-kira 1. . Homo wajakensis merupakan jenis manusia purba terakhir yang memiliki tingkat kecerdasan dan peradaban paling tinggi dibanding yang lainnya.650 cc.

` Coba tunjukkan hasil-hasil kebudayaan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang sangat penting untuk kehidupannya! .Tugas Kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa): ` Mengapa masyarakat pra-aksara selalu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain? ` Mengapa masyarakat pra-aksara hidup di sekitar sungai dan daerah lembah? ` Coba tunjukkan ciri-ciri kehidupan sosial yang masih dipertahankan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful