P. 1
Proses Pembuatan Alkali Tanah

Proses Pembuatan Alkali Tanah

|Views: 4,870|Likes:
Published by irnasuhaena

More info:

Published by: irnasuhaena on Jan 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2015

pdf

text

original

A. Proses Pembuatan Alkali Tanah Ekstraksi adalah pemisahan suatu unsur dari suatu senyawa.

Logam alkali tanah dapat di ekstraksi dari senyawanya. Untuk mengekstraksinya kita dapat menggunakan dua cara, yaitu metode reduksi dan metode elektrolisis.

y

Magnesium diperoleh dengan proses Down. Langkahnya pertama mengendapkan sebagai Mg(OH)2 kemudian diubah menjadi MgCl2 dan dikristalkan sebagai MgCl2.6H2O. Leburan kristal dielektrolisis.

y

Dengan elektrolisis leburan garamnya.

Contoh: CaCl2(l) p Ca2+ (l) + 2Cl- (l) Katoda : Ca2+ (l) + 2 ep Ca (s) Anoda : 2Cl2 (g) --------------------------------------------------Ca2+ (l) + 2Cl- (l) p Ca (s)

+ 2 e+ Cl2 (l)

y

Isolasi berilium

Berilium sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Namun, keberadaan berilium dialam tidak dapat ditemukan dalam bentuk murninya. Berilium tersebut ditemukan dialam dalam bentuk bersenyawa sehingga untuk mendapatkannya perlu dilakukan isolasi. Isolasi berilium dapat dilakukan dengan 2 metode (Indri M.N. 2009): 1. Metode reduksi BeF2 2. Metode elektrolisis BeCl2 Metode Reduksi Pada metode ini diperlukan berilium dalam bentuk BeF2 yang dapat diperoleh dengan cara memanaskan beryl dengan Na2SiF6 pada suhu 700-750oC. Setelah itu dilakukan leaching (ekstraksi cair-padat) terhadap flour dengan air kemudian dilakukan presipitasi (pengendapan) dengan Ba(OH)2 pada PH 12 (Greenwood N.N and Earnshaw A , 1997). Reaksi yang terjadi adalah (Indri M.N. 2009): BeF2 + Mg Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan berilium juga dapat dilakukan dengan cara elektrolisis dari lelehan BeCl2 yang telah ditambah NaCl. Karena BeCl2 tidak dapat mengahantarkan listrik dengan baik, MgF2 + Be

dipanaskan dengan FeSi sehingga menhasilkan Mg.N. Dolomite dipanaskan sehingga terbentuk MgO.à Mg(OH)2 Selanjutnya Mg(OH)2 direaksikan dengan HCl Untuk membentuk MgCl2 Mg(OH)2 + 2HCl à MgCl2 + 2H2O Setelah mendapatkan lelehan MgCl2 kita dapat mengelektrolisisnya untuk mendapatkan magnesium Katode : Mg2+ + 2e.à Cl2 + 2e2.à Mg Anode : 2Cl. Ekstraksi Berilium (Be) ‡ Metode reduksi Untuk mendapatkan Berilium. Reaksi yang terjadi adalah (Indri M. bisa didapatkan dengan mereduksi BeF2.à Be Anode : 2Cl. sehingga ditambahkan NaCl. Untuk mendapatkan kalsium.CaO] + FeSi à 2Mg + Ca2SiO4 + Fe ‡ Metode Elektrolisis Selain dengan ekstraksi dolomite magnesium juga bisa didapatkan dengan mereaksikan air alut dengan CaO. Karena BeCl2 tidak dapat mengahantarkan listrik dengan baik. Ekstraksi Magnesium (Mg) ‡ Metode Reduksi Untuk mendapatkan magnesium kita dapat mengekstraksinya dari dolomit [MgCa(CO3)2] karena dolomite merupakan salah satu sumber yang dapat menhasilkan magnesium.CaO. Reaksi yang terjadi : CaO + H2O à Ca2+ + 2OHMg2+ + 2OH. kita dapat mereaksikan CaCO3 dengan HCl agar terbentuk senyawa CaCl2. 2[ MgO. Ekstraksi Kalsium (Ca) y Metode Elektrolisis Batu kapur (CaCO3) adalah sumber utama untuk mendapatkan kalsium (Ca). BeCl2 tidak dapat menghantarkan listrik karena BeCl2 bukan merupakan larutan elektrolit.CaO. Karena beril adalah sumber utama berilium BeF2 + Mg à MgF2 + Be ‡ Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan berilium juga kita dapat mengekstraksi dari lelehan BeCl2 yang telah ditambah NaCl.à Cl2 + 2e3.Be Anode : 2Cl.Cl2 + 2e1. 2009): Katoda : Be2+ + 2e.sehingga ditambahkan NaCl. kita harus memanaskan beril [Be3Al2(SiO6)3] dengan Na2SiF6 hingga 700 0C. Reaksi yang terjadi : . lalu MgO. Sebelum mendapatkan BeF2. Reaksi yang terjadi adalah Katoda : Be2+ + 2e.

2Cl. kita dapat mengelektrolisisnya agar mendapatkan kalsium (Ca). barium bisa kita peroleh dengan mereduksi BaO oleh Al. Lelehan SrCl2 bisa didapatkan dari senyawa selesit [SrSO4]. Rumah tiram . Reaksi yang terjadi .CaCO3 + 2HCl à CaCl2 + H2O + CO2 Setelah mendapatkan CaCl2. Magnesium diproduksi melalui elektrolisis lelehan MgCl2. Air laut mengandung sumber ion Mg2+ yang tidak pernah habis. Reaksi yang terjadi : katode .à Sr anoda . Kita bisa mendapatkannya dengan elektrolisis lelehan SrCl2. Ba2+ +2e. Sr2+ +2e.à Cl2 + 2ey Metode Reduksi Selain dengan elektrolisis. Reduksi CaO oleh Al 6CaO + 2Al à 3 Ca + Ca3Al2O6 Reduksi CaCl2 oleh Na CaCl2 + 2 Na à Ca + 2NaCl 4.à Ba anoda . Pembuatan dan Kegunaan Unsur Logam Alkali Tanah Logam-logam alkali tanah diproduksi melalui proses elektrolisis lelehan garam halida (biasanya klorida) atau melalui reduksi halida atau oksida. 2Cl.à Cl2 + 2e5. Reaksi yang terjadi : Katoda . Reaksi yang terjadi : 6BaO + 2Al à 3Ba + Ba 3. Ca2+ + 2e. Karena Senyawa selesit merupakan sumber utama Strontium (Sr).à Ca Anoda .à Cl2 + 2ey Metode Reduksi Logam kalsium (Ca) juga dapat dihasilkan dengan mereduksi CaO oleh Al atau dengan mereduksi CaCl2 oleh Na. katode . Ekstraksi Strontium (Sr) y Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan Strontium (Sr). Ekstraksi Barium (Ba) y Metode Elektrolisis Barit (BaSO4) adalah sumber utama untuk memperoleh Barium (Ba). 2Cl. Setelah diproses menjadi BaCl2 barium bisa diperoleh dari elektrolisis lelehan BaCl2.

700 Kulit kerang/tiram merupakan sumber kalsium. digunakan sebagai elektrode pada accu. Mg(OH)2 disaring dan diolah dengan asam klorida menjadi magnesium klorida. MgCl2(aq) + 2H2O( )Mg(OH)2(s) + 2HCl(aq) Setelah kering. Magnesium dapat juga diperoleh dari penguraian magnesit dan dolomit membentuk MgO. Kemudian. Kalsium juga digunakan sebagai zat pereduksi dalam pembuatan beberapa logam yang kurang umum. Pembuatan logam magnesium dari air laut telah dikembangkan oleh berbagai industri kimia seperti ditunjukkan pada gambar berikut Pembuatan logam magnesium dari air laut Jika rumah tiram dipanaskan. garam MgCl2 dilelehkan dan dielektrolisis: Mg( ) + Cl2(g) rMgCl2( ) E lek troli sis 1 . CaCO3 terurai membentuk oksida: CaO(s) + CO2(g)†CaCO3(s) Penambahan CaO ke dalam air laut dapat mengendapkan magnesium menjadi hidroksidanya: Mg(OH)2(s) + Ca2+(aq)Mg2+(aq) + CaO(s) + H2O( ) Selanjutnya. Kalsium yang dihasilkan dalam bentuk uap sehingga dapat dipisahkan. juga dapat dibuat melalui reduksi CaO oleh aluminium dalam udara vakum. Lampu blitz pada kamera analog menggunakan kawat magnesium berisi gas oksigen menghasilkan kilat cahaya putih ketika logam tersebut terbakar. 2MgO(s) + Cahaya2Mg(s) + O2(g) Kalsium dibuat melalui elektrolisis lelehan CaCl2. seperti thorium. Logam magnesium banyak digunakan sebagai paduan dengan aluminium. direduksi dengan ferosilikon (paduan besi dan silikon). bertujuan untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahan terhadap korosi.yang banyak terdapat di laut mengandung kalsium karbonat sebagai sumber kalsium.200 Jika logam kalsium dipadukan dengan timbel akan menghasilkan paduan yang cukup keras. sehingga accu dapat diperbarui. 3Ca(g) + Al2O3(s)r3CaO(s) + 2Al( ) 1 . . seperti berilium dan uranium. Elektrode ini tahan terhadap elektrolisis air selama proses isi-ulang. Oleh karena massa jenis paduan Mg±Al ringan maka paduan tersebut sering digunakan untuk membuat kerangka pesawat terbang atau beberapa bagian kendaraan. Sejumlah kecil magnesium digunakan sebagai reduktor untuk membuat logam lain.

Ini disebabkan manfaatnya tinggi. 4.400°C. Kapur tohor digunakan pada pembuatan baja. semua ion kalsium diendapkan sebagai kalsium karbonat. Jika MgO dibuat pada suhu lebih sekitar 700°C. Senyawa ini digunakan pada penggilingan minyak dalam bentuk bubur. barium dihasilkan melalui reduksi oksidanya oleh aluminium. dan untuk membuat gigi buatan bersama-sama senyawa fluorin. berfungsi sebagai perekat gurdi penggilingan. Jika sejumlah kecil tembaga ditambahkan ke dalam berilium.000 Berilium diperoleh dari elektrolisis berilium klorida. karbonat terurai melepaskan karbon dioksida dan menghasilkan kalsium oksida. Pembuatan dan Kegunaan Senyawa Alkali Tanah Senyawa logam alkali tanah dengan beberapa aplikasinya dalam industri dan rumah tangga dipaparkan dalam Tabel berikut Manfaat Senyawa Logam Alkali Tanah Mineral kalsium karbonat dan kulit kerang adalah sumberkomersial sangat murah dan melimpah di alam. Jika air sadah yang mengandung Ca(HCO3)2 diolah dengan Ca(OH)2. Ca(OH)2 digunakan sebagai bahan pengisi pada pembuatan kertas. Natrium klorida ditambahkan untuk meningkatkan daya hantar listrik lelehan BeCl2. MgO digunakan untuk membuat bata tahan api (tungku pirolisis).Th(s) + 2CaO(s)rThO2(s) + 2Ca( ) 1 . stronsium dapat diproduksi melalui proses yang serupa. Selain itu. C MgF2( ) + Be(s)rBeF2( ) + Mg( ) 9 50 Berilium merupakan logam mahal. Ca2+(aq) + 2HCO3(aq) + Ca(OH)2(aq) 2CaCO3(s)+ 2H2O( ) Senyawa MgCO3 jika dipanaskan di atas 1. merupakan sumber ion Mg2+ dalam nutrien. Reaksinya tergolong asam-basa Lewis: oksida basa oksida asam ampas kalsium silikat Kalsium hidroksida. Senyawa penting dari barium adalah BaSO4. berilium juga dapat dibuat melalui reduksi garam fluoridanya oleh logam magnesium. yang secara komersial dikenal sebagai kapur tohor. BeCl2. Adapun. akan menjadi MgO yang bersifat agak inert. Senyawa CaO dan Ca(OH)2 digunakan untuk melunakkan air sadah. BaSO4 juga tidak dapat di tembus sinar-X sehingga senyawa ini digunakan untuk diagnosa sinar-X Fotografi sinar-X pada usus manusia menggunakan senyawa BaSO4 . Walaupun stronsium sangat sedikit digunakan secara komersial. akan menghasilkan paduan yang kerasnya sama dengan baja. Jika dipanaskan hingga 900°C. Penambahan zat tersebut ke dalam lelehan besi yang mengandung silikat akan bereaksi dengan silikat membentuk ampas yang mengapung pada permukaan lelehan besi. akan diperoleh serbuk oksida yang larut dalam asam dan digunakan sebagai aditif makanan hewan.

racunnya dapat diabaikan. tetapi suspensi BaSO4 yang terdapat sebagai ion barium.Senyawa barium yang larut dalam air tidak dapat digunakan sebab bersifat racun. Daftar Kelarutan Senyawa Alkali Tanah di Dalam Air Kegunaan Logam Alkali dan Alkali Tanah .

.

.

.

.

.

.

Metode Elektrolisis Batu kapur (CaCO3) adalah sumber utama untuk mendapatkan kalsium (Ca). Sebelum mendapatkan BeF2.CaO. Reaksi yang terjadi adalah : Katoda : Be2+ + 2e. Ekstraksi Magnesium (Mg) a. Reaksi yang terjadi : CaCO3 + 2HCl à CaCl2 + H2O + CO2 . bisa didapatkan dengan mereduksi BeF2. kita dapat mereaksikan CaCO3 dengan HCl agar terbentuk senyawa CaCl2.à Cl2 + 2e2. Metode Elektrolisis Selain dengan ekstraksi dolomite magnesium juga bisa didapatkan dengan mereaksikan air alut dengan CaO. sehingga ditambahkan NaCl. dipanaskan dengan FeSi sehingga menghasilkan Mg.à Cl2 + 2e3. Untuk mendapatkan kalsium.Cara Memperoleh Logam Alkali Tanah 1. 2[ MgO. Reaksi yang terjadi : CaO + H2O à Ca2+ + 2OHMg2+ + 2OH. Ekstraksi Kalsium (Ca) a.CaO] + FeSi à 2Mg + Ca2SiO4 + Fe b. BeF2 + Mg à MgF2 + Be b.CaO.à Mg(OH)2 Selanjutnya Mg(OH)2 direaksikan dengan HCl Untuk membentuk MgCl2 Mg(OH)2 + 2HCl à MgCl2 + 2H2O Setelah mendapatkan lelehan MgCl2 kita dapat mengelektrolisisnya untuk mendapatkan magnesium Katode : Mg2+ + 2e. Dolomite dipanaskan sehingga terbentuk MgO.à Be Anode : 2Cl. kita harus memanaskan beril [Be3Al2(SiO6)3] dengan Na2SiF6 hingga 700 0C. Karena beril adalah sumber utama berilium. Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan berilium juga kita dapat mengekstraksi dari lelehan BeCl2 yang telah ditambah NaCl.à Mg Anode : 2Cl.Metode Reduksi Untuk mendapatkan magnesium kita dapat mengekstraksinya dari dolomit [MgCa(CO3)2] karena dolomite merupakan salah satu sumber yang dapat menhasilkan magnesium. Karena BeCl2 tidak dapat mengahantarkan listrik dengan baik. Ekstraksi Berilium (Be) a. Metode reduksi Untuk mendapatkan Berilium. lalu MgO.

2Cl. Reaksi yang terjadi . 2Cl. Karena Senyawa selesit merupakan sumber utama Strontium (Sr). Ca2+ + 2e. Reaksi yang terjadi : katode . Berilium digunakan untuk mengontrol reaksi fisi pada reaktor nuklir 4. Reduksi CaO oleh Al 6CaO + 2Al à 3 Ca + Ca3Al2O6 Reduksi CaCl2 oleh Na CaCl2 + 2 Na à Ca + 2NaCl 4. karena senyawa MgO memiliki titik leleh yang tinggi.à Ba anoda . Ekstraksi Strontium (Sr) Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan Strontium (Sr). Berilium digunakan untuk memadukan logam agar lebih kuat. maka Berilium sangat penting sebagai komponen televisi. Magnesium digunakan untuk memberi warna putih terang pada kembang api dan pada lampu Blitz. 2Cl. Kegunaan Logam Alkali Tanah Berilium (Be) 1. Berilium digunakan pada kaca dari sinar X. Reaksi yang terjadi : Katoda .à Cl2 + 2e5. 2. akan tetapi bermasa lebih ringan. kita dapat mengelektrolisisnya agar mendapatkan kalsium (Ca). katode .Setelah mendapatkan CaCl2. Senyawa MgO dapat digunakan untuk melapisi tungku. 3.à Cl2 + 2eb. Setelah diproses menjadi BaCl2 barium bisa diperoleh dari elektrolisis lelehan BaCl2. Senyawa Mg(OH)2 digunakan dalam pasta gigi untuk mengurangi asam yang terdapat di mulut dan mencagah terjadinnya kerusakan gigi. 2. Sr2+ +2e. Metode Reduksi Logam kalsium (Ca) juga dapat dihasilkan dengan mereduksi CaO oleh Al atau dengan mereduksi CaCl2 oleh Na. Campuran berilium dan tembaga banyak dipakai pada alat listrik. Magnesium (Mg) 1. Biasanya paduan ini digunakan pada kemudi pesawat Zet. Metode Reduksi Selain dengan elektrolisis. Ekstraksi Barium (Ba) a.à Cl2 + 2eb. sekaligus sebagai pencegah maag . Kita bisa mendapatkannya dengan elektrolisis lelehan SrCl2. barium bisa kita peroleh dengan mereduksi BaO oleh Al.à Ca Anoda . 3. Metode Elektrolisis Barit (BaSO4) adalah sumber utama untuk memperoleh Barium (Ba). Lelehan SrCl2 bisa didapatkan dari senyawa selesit [SrSO4]. Ba2+ +2e.à Sr anoda . Reaksi yang terjadi : 6BaO + 2Al à 3Ba + Ba3Al2O6.

BaSO4 digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan karena mampu menyerap sinar X 2. 7. manis).Selain itu digunakan untuk membuat kapur tulis dan gelas. Berilium Berilium berasal dari kata dalam bahasa Yunani beryllos. Kalsium Karbida (CaC2) disaebut juga batu karbit merupakan bahan untuk pembuatan gas asetilena (C2H2) yang digunakan untuk pengelasan. beril. unsur-unsur yang termasuk dalam golongan ini adalah: 1. Stronsium sebagai senyawa karbonat biasa digunakan dalam pembuatan kaca televisi berwarna dan komputer.dapat juga mengeringkan gas dan mengikat Karbondioksida pada cerobong asap. 2. Ca(OH)2 digunakan sebagai pengatur pH air limbah dan juga sebagai sumber basa yang harganya relatif murah 6. Barium (Ba) 1. Kalsium Oksida (CaO) dapat mengikat air pada Etanol karena bersifat dehidrator. 3. -Kesadahan Air dapat menciptakan biuh logam pada kamar mandi shower danbathtubs. BaSO4 digunakan sebagai pewarna pada plastic karena memiliki kerapatan yang tinggi dan warna terang. Berilium pernah dinamakan glucinium (dari Yunani glykys. Dampak Pada Kehidupan Dapat menimbulkan terjadinya air sadah -Kesadahan Air dapat menurunkan efisiensi dari deterjen dan sabun.4. Mirip dengan Berilium yang membuat campuran logam semakin kuat dan ringan sehingga biasa digunakan pada alat alat rumah tangga. 5. Kalsium (Ca) 1. 4. . karena rasa manis garamnya. Kalsium banyak terdapat pada susu dan ikan teri yang berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. bubuk pengembang kue dan plastik. 2. 3. Ba(NO3)2 digunakan untuk memberikan warna hijau pada kembang api. Unsur ini ditemukan oleh Louis Vauquelin pada tahun 1798 dalam bentuk oksida dalam beril dan dalam zamrud. Stronsium dalam senyawa Sr(NO3)2 memberikan warna merah apabila digunakan untuk bahan kembang api. Stronsium (Sr) 1. Kalsium digunakan pada obat obatan. -Kesadahan Air dapat menyebabkan bahan linen berubah pucat. -Mineral Kesadahan Air dapat menyumbat semburan pembilas dan saluran air. -Residu Kesadahan Air dapat melapisi elemen pemanas dan menurunkan efisiensi panas. Senyawa CaCO3 biasa digunakan untuk bahan bangunan seperti komponen semen dan cat tembok. Logam alkali tanah adalah unsur-unsur yang berada pada golongan IIA(2)dalam sistem periodik unsur. -Kesadahan Air dapat menyebabkan noda pada bahan pecah belah dan bahan flat. Senyawa CaSO4 digunakan untuk membuat Gips yang berfungsi untuk membalut tulang yang patah.

dengan warna abu-abu baja. peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik 3. serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut.31. pegas. Manfaat Berilium 1. yang kegunaan utamanya adalah sebagai bahan penguat dalam aloy (khususnya.tak magnetik dan tahan karat asam nitrat 5. 2.modulus kekenyalannya kurang lebih 1/3 lebih besar daripada besi baja 3.mempunyai konduktivitas panas yang sangat baik 4. Dolomit dan Senyawa Epsomit. Magnesium merupakan elemen terbanyak kedelapan yang membentuk 2% berat kulit bumi. Senyawa Karbonat. kukuh.Digunakan sebagai bahan penstrukturan ringan dalam pesawat berkecepatan tinggi. seterusnya bertindak sebagai perintang listrik.Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai kegunaan yang memerlukan konduktor panas yang baik. peluru berpandu. berilium tak teroksidasi apabila terpapar udara (kemampuannya untuk menggores kaca kemungkinan disebabkan oleh pembentukan lapisan tipis oksidasi). berbagai alat komputer. dan neutron dibebaskan apabila ia dihantam oleh partikel alfa. Magnesium bisa bersenyawa menjadi Magnesium klorida. dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi.mempunyai titik lebur tertinggi di kalangan logam-logam ringan 2. pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan. tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis. Bussy masing-masing berhasil mengasingkan logam pada tahun 1828 dengan memberi tindak balas antara kalium dengan berilium klorida. tembaga berilium). Manfaat Magnesium 1. Di alam. Berilium termasuk dalam golongan IA yang biasa disebut dengan logam alkali tanah.Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinar-X untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi dan dapat digunakan untuk pembuatan litar bersepadu mikroskopik.Campuran berilium dahulu digunakan dalam lampu floresen. bervalensi 2.Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop. 5.mudah ditembus sinar-X. Sifat Berilium 1. Magnesium Magnesium merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Mg dan nomor atom 12 serta berat atom 24. (seperti radium dan polonium [lebih kurang 30 neutron-neutron/juta partikel alfa]) 6.Dapat digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium 2. ketegaran dan kestabilan dimensi. kapal terbang dan satelit komunikasi 4. Berilium merupakan unsur yang beracun.Magnesium dapat digunakan untuk memberi warna putih terang pada kembang api dan pada lampu Blitz .Dapat digunakan untuk pembuatan: elektroda pengelasan bintik. 1. 2. A.Friedrich Wöhler dan A. dan juga titik lebur yang tinggi. ringan tetapi mudah pecah.pada suhu dan tekanan ruang. Berilium merupakan unsur kimia dengan simbol Be dan nomor atom 4.

Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium. berak-berak.Mencegah osteoporosis (keropos tulang) 8.Mengatasi kram.Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan 15.Melancarkan peredaran darah 3. karena senyawa MgO memiliki titik leleh yang tinggi 3.Senyawa Magnesim Hidroksida diguakan dalam pasta gigi untuk mengurangi asam yang terdapat di mulut dan mencegah terjadinya kerusakan gigi. kerja jantung. bahkan menjadi nomor 5 terbanyak yang terdaat di kerak bumi dengan 3. Di alam. Kalsium Kalsium merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20.Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi 14. stronsium dapat membentuk senyawa Mineral Selesit dan Srontianit Manfaat Stronsium .Melenturkan otot 4.Mengatasi keluhan saat haid dan menopause 12. sakit pinggang. sembelit.Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah 16. dan sebagainya. Dan setelah umur 50 tahun.Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui 13. insomnia.2. tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. banyak keringat. 4. jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. antara lain bagi metabolisme tubuh. kram. gelisah. Manfaat Kalsium 1. kurang nafsu makan.Membuat campuran logam semakin kuat dan ringan sehingga biasa digunakan pada alatalat rumah tangga 3.Menurunkan resiko kanker usus 10.Menormalkan tekanan darah 5.Menjaga keseimbangan cairan tubuh 7. menurunnya daya tahan tubuh. dan reumatik 11. Gejala awal kekurangan kalsium adalah seperti lesu. Kalsium adalah logam alkali yang paling banyak terdapat dalam kerak bumi. Kalsium merupakan mineral yang amat penting bagi manusia.Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas) Setelah umur 20 tahun. sekaligus sebagai pancegah maag 4.Mencegah penyakit jantung 9. sesak napas. dan pergerakan otot.4% keberadaannya.03%. Stronsium berada di kerak bumi dengan jumlah 0.Senyawa MgO dapat digunakan untuk melapisi tungku. wasir. Stronsium Stronsium merupakan sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Sr dan nomor atom 38. penghubung antar saraf.Mengaktifkan saraf 2.Menyeimbangkan tingkat keasaman darah 6.

Ra-226. namun akan teroksidasi jika terekspos kepada udara dan berubah menjadi hitam.Barium Sulfat digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan karena mampu menyerap sinar X meskipun beracun 2.04%. Radium Radium merupakan sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Ra dan nomor atom 88. Radium berwarna hampir putih bersih.Dapat memberi warna merah apabila digunakan untuk bahan kembang api 2. Radium mempunyai tingkat radioaktivitas yang tinggi.Untuk pengoperasian mercusuar yang mengubah energi panas menjadi listrik dalam baterei nuklir RTG (Radioisotop Thermoelectric Generator) 5. Di alam. Isotopnya yang paling stabil. .1. barium dapat membentuk senyawa Mineral Baritin dan Mineral Witerit Manfaat Barium 1. Barium berada di kerak bumi dengan jumlah 0.Stronsium sebagai senyawa karbonat biasa digunakan dalam pembuatan kaca televisi berwarna dan komputer 3. Barium Barium merupakan sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Ba dan nomor atom 56.Barium Nitrat digunakan untuk memberikan warna hijau pada kembang api 6.Barium Sulfat digunakan sebagai pewarna pada plastik karena memiliki kerapatan yang tinggi dan warna terang 3. mempunyai waktu paruh selama 1602 tahun dan kemudian berubah menjadi gas radon.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->