1.

Telegraf

Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Telegraf mengirim sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel tembaga Kode untuk mengirim pesan melalui telegraf menggunakan kode Morse. Kode Morse adalah sebuah sistem pengiriman pesan yang menggunakan kombinasi suara panjang dan pendek dalam berbagai cara yang bervariasi untuk mengkodekan huruf-huruf, bilanganbilangan, dan karakter-karakter lain. Dengan pertolongan teman-teman, Morse mengajukan hak paten untuk telegraf barunya pada 1837, yang diberi penjelasan termasuk sebuah sandi yang terdiri dari titik dan garis untuk mewakili angka-angka, sebuah kamus untuk mengubah angka-angka tersebut menjadi kata-kata, dan seperangkat jenis gigi gergaji untuk mengirim sinyal. Morse yang tidak puas dengan karier seninya, telah memberikan seluruh waktunya bagi telegraf. Keberhasilan telegrafi mendatangkan ketenaran bagi Morse dan akhirnya juga perbaikan keuangan. Namun, sukses ini juga mengundang banyak orang culas untuk mengaku bahwa merekalah penemu telegrafi. Ada juga yang hanya ingin membangun telegrafi tanpa harus membayar Morse untuk memperoleh hak itu. Akhirnya, tuntutan pengadilan ini sampai di Mahkamah Agung Amerika Serikat. Mahkamah memutuskan bahwa ³hanya Morse, tahun 1837, yang telah mencapai hasil paling sempurna, yang bisa digunakan untuk keperluan praktis dan keperluan masyarakat. Telegrafi tidak pernah diciptakan, disempurnakan atau dipakai untuk kegunaan praktis sebelum dilakukan oleh Morse´. Mengenai bantuan yang diperoleh Morse dari orang lain, hakim berkata, ³Kenyataan bahwa Morse mencari dan memeroleh informasi yang diperlukan dari sumber-sumber yang terbaik dan bekerja atas dasar informasi ini, tidak mengurangi haknya sebagai penemu, juga tidak mengurangi jasanya.´ Morse meninggal karena penyakit pneumonia di New York, pada 2 April 1872 di usianya yang ke-80. Dia dimakamkan di pemakaman Greenwood, Brooklyn.

.

telepon berasal dari bahasa Yunani yaitu tele yang berarti JAUH dan phone berarti SUARA. kemudian mengirimkan dokumen ke nomor faks yang ingin dituju. 3. Sesuai dengan namanya. Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirim. Mesin faks merupakan peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon. Telepon Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon. 4. Televisi .2. Mesin faks memungkinkan orang-orang mengirim dokumen-dokumen bisnis dan dokumen cetak lainnya ke tempat yang jauh dalam hitungan menit. Faksimile (Faks) Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya.

Telepon Bergerak . 6. yaitu dengan menggunakan gelombang elektromagnetik 5. Radio Radio adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.Televisi adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik.

Kedua teknologi itu digabungkan dan jadilah telepon dengan sinyal suara yang dilewatkan melalui gelombang radio. Ada 2 macam teknologi telepon bergerak yang umum digunakan saat ini yaitu. maka telepon tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi bergerak. Telepon bergerak merupakan gabungan dari teknologi telepon hasil penemuan Alexander Graham Bell (1876) dengan teknologi radio hasil penemuan Guglielmo Marconi (1894). GSM dan CDMA. . Karena bersifat nirkabel (wireless). GSM (Global System for Mobile Communication) bekerja dengan cara mengkompresi suara yang masuk ke jaringan GSM ke dalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang kecil.Telepon Bergerak (mobile phone) atau biasa disebut handphone. telepon selular (cellular phone) atau ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. GSM beroperasi pada frekuensi 900 ± 1800 MHz Sedangkan CDMA (Code Division Multiple Access) bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi paket-paket kecil dan masuk ke saluran frekuensi yang terpisahpisah. Kemudian paket-paket data yang kecil tersebut dikirimkan setelah ditambahkan kode yang unik dan hanya dapat diterima oleh penerima yang mempunyai data yang sesuai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful