Pendidikan Kewarganegaraan

Deskripsi Mata Kuliah : Peningkatan kualitas wawasan mengenai kepentingan publik dan kewarganegaraan serta mengerti problematika kontemporer bangsa dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di era global, sehingga para mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan mampu memberikan kontribusi solusi pemecahan masalah, bukan menjadi bagian dari problem itu sendiri. Terbentuknya warganegara yang memeiliki wawasan, sikap dan perilaku yang berparadigma Pancasila, nasionalisme Indonesia yang tepat, berindentitas nasinal, memberikan konstributif bagi pembangunan bangsa dan negara dalam konsep negara bangsa Indonesia. Pemahaman akan sistem politik dan sistem pemerintahan Indonesia yang konstitusional akan mampu memberikan arti penting setiap warganegara dalam kehidupan politik dan bernegara bangsa yang konstitusional. Mata kuliah ini, juga diharapakan mampu membentuk sikap dan perilaku yang mengerti dan mengargai Hak Asasi Manusia, dalam koridor penunai hak dan kewajiban seseorang sebagai warganegara Indonesia sebagai masyarakat madani (civil society) yang demokratis. Mata Kuliah ini, juga memberikan wawasan kewilayahan negara baik historis, yuridis maupun yurisdiksi nasional Indonesia, sekaligus memberikan wawasan geopolitik dan geostrategi upaya pembangunan segala bidang, serta peran Indonesia dalam ikut serta mewujudkan perdamaian dunia atas dasar kemerdekaan. Standar Kompetensi : Mahasiswa memiliki wawasan, sikap dan perilaku yang mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip-prinsip kehidupan kewarganegaraan Indonesia berdasarkan Pancasila dan konsitusi Undang-Undang Dasar 1945 yang demokratis, berjiwa nasionalisme, cinta tanah air, cinta damai dan berkeadaban (taat: nilai, norma, dan hukum) dan keutuhan wilayah (yuridis ± yurisdiksi nasional), partisipatif dalam aktivitas pembangunan masyarakat bangsa dan negara bangsa sesuai geopolitik dan geostragi Indonesia, guna mencapai tujuan dan cita-cita bangsa.

Arti Definisi/Pengertian Negara Dan Fungsi Negara ± Pendidikan Kewarganegaraan PKn
Fri, 01/08/2008 ± 1:06am ² godam64 Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi di mana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain. Pengertian Negara Berdasarkan Pendapat Para Ahli : - Roger F. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. - Georg Jellinek : Negara merupakan organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu.

Negara. 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan Republik Indonesia) b. Djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. Sedangkan penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di indonesai. Selain itu. Fungsi-Fungsi Negara : 1. R. Menegakkan keadilan Negara membentuk lembaga-lembaga peradilan sebagai tempat warganya meminta keadilan di segala bidang kehidupan. Mensejahterakan serta memakmurkan rakyat Negara yang sukses dan maju adalah negara yang bisa membuat masyarakat bahagia secara umum dari sisi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. MAKSUD DAN TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Tujuan umum dari pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya bagaimana menjadikan warga negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara. mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan ini dirancang sejalan dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya Pendidikan Kewarganegaraan harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasyarat kehidupan bersama yang dicitacitakan (great ought). Terminologi a. 3. yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa indonesia asli dan orang ±orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warganegara. Selain itu. Negara merupakan suatu organisasi dari rakyat negara tersebut untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah konstitusi yang dijunjung tinggi oleh warga negara tersebut. Melaksanakan ketertiban Untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang kondusif dan damani diperlukan pemeliharaan ketertiban umum yang didukung penuh oleh masyarakat. Indonesia memiliki Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi cita-cita bangsa secara bersama-sama. 4. wilayah darat. Pertahanan dan keamanan Negara harus bisa memberi rasa aman serta menjaga dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Pemahaman Tentang Warganegara. Berdasarkan (pasal 26 (1) UUD NRI 1945 dan Pasal 2 UU No. laut dan udara yang luas serta terdapat organisasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berkuasa.. Menurut Pasal 26 (1) UUD NRI 1945 dan . Hak dan Kewajiban warga Negara. 2.Pendidikan Kewarganegaraan juga harus menganut pendekatan berbasis nilai (value based approach). Bangsa. Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berbentuk republik yang telah diakui oleh dunia internasional dengan memiliki ratusan juta rakyat.Prof.

Ketiga. bahasa. keturunan. Berbangsa dan bernegara serta bagaimana partisipasi warganegara dalam kehidupan bernegara. antara lain. ikatan dosen kewarganegaraan sulawesi 2002:6) HUBUNGAN NEGARA DGN WARGANEGARA Bentuk hubungan warganegara dan negara : o hubungan yang bersifat emosional wujud hubungan wargangera dengan negara di diperlukan pembekalan berupa nilai-nilai yang memungkinkan tumbuh pada mahasiswa/peserta didik yang antara lain. Harold J laski. 1850) sedangkan Indonesian Adolft Bastian. kturunan. adat. ilmu ketata negaraan. . rela berkorban untuk negara bangsanya. o hubungan yang bersifat formal hubungan di perlukan seperangkat pengetahuan. ikatan dosen kewarganegaraan sulawesi 2002:10) . cinta negara bangsanya. bangsa indonesia adalah sekelompok manuisia yang mempunyai kepentingan sama dengan menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa serta berproses di dalam suatu wilayah diindonesia (nusantara) e. Negara adalah organisasi diantara kelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersamasama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatn sekelompok/ beberapa kelompok. sejarah dan berpemerintahan sendiri. f. Nama indonesia diciptakan oleh James Richardson Logan the ethonolog of India Archipelago. o hubungan yang bersifta fungsional o wujudnya lebih banyak menggambarkan peranan dan fungsi warganegara dalam masyarakat. bangga terhadapnegara bangsanya. Bangsa adalah pertama. administrasi negara dan politik. orang yang bersamaan asal. sejarah perjuangan bangsa. dalam ikatan dosen kewarganegaraan sulawesi 2002:7. Kedua kumpulan manusia yang terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu. d. Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama untuk mencapai terlaksananya keinginan-keinginan mereka bersama. !884 yang memperkenalkan nama INDONESIA.c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful