P. 1
Konsep dasar antropologi

Konsep dasar antropologi

|Views: 310|Likes:
Published by oegroe

More info:

Published by: oegroe on Jan 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

Konsep dasar antropologi

ANTROPOS : MANUSIA Antropologi LOGOS : ILMU Secara harfiyah antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya. Konsep dasar antropologi Mencakup 5 pokok kajian yaitu : 1) Sejarah terjadi dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis. 2) Sejarah terjadinya aneka warna manusia berdasarkan cirri-ciri tubuh. 3) Persebaran dan terjadinya keseragaman bahasa yang diucapkan manusia. 4) Perkembangan persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia 5) Masalah keragaman budaya suku-suku bangsa seluruh dunia dewasa itu. Pengertian bagan ruang lingkup antropologi · Antropologi fisik adalah ilmu yang mencoba menelaah manusia sebagai makhluk fisik yang tumbuh dan berkembang hingga terjadinya keanekaragaman manusia menurut iri-ciri tubuh atau fenotipe seperti warna kulit, rambut, warna mata, bentuk hidung dan sebagainya. · Paleo antropologi adalah ilmu yang merupakan bagian dari antropologi fisik yang mencoba menelaah tentang asal usul terjadinya dan perkembangan makhluk hidup. · Somatologi adalah bagian ilmu dari antropologi fisik dalam arti khusus, yaitu menelaah tentang variasi atau keanekaragaman. · Ciri fenotipe adalah tubuh manusia secara keseluruhan. o Ex. Warna kulit, rambut, warna mata, bentuk hidung dll.

· Ciri genotype adalah analisis biologi kimiawi.

Negrito (Afrika Tengah. Arabia dan Irania) . · Kajian etnologi meliputi o Pola-pola kelakuan masyarakat o Dinamika kebudayaan · Antroplogi social budaya adalah studi antropologi yang memusatkan perhatiannya pada aspek organisasi social perilaku kehidupan manusia dan kebudayaan. · Antropologi budaya adalah ilmu yang berhubungan dengan kebudayaan manusia. Malaysia dan Filipina) . kajian arkeologi adalah sejarah umat manusia.o Ex.Alpine (Eropa Tengah dan Timur) .African Negroid (benua Afrika) . Caucasoid . · Antropometer adalah merupakan salah satu alat yang digunakan dalam antropometer. sifat anak yang diturunkan oleh orang tua. Table penggolongan manusia menurut AL-KROEBER 1. · Rasisme adalah suatu paham yang membedakan harkat dan martabat manusia seolah-olah ras yang satu lebih unggul/tinggi dari pada ras yang lain. Negroid . Sulawesi Selatan) . Asia Tengah dan Asia Timur) . · Etnologi menelusuri tentang ilmu bagian dari antropologi budaya yang mencoba menelusuri asas-asas manusia.Nordic (Eropa Utara sekitar Laut Baltik) .Mediterranean (sekitar Laut Tengah.Malayan Mongoloid (Asia Tenggara . sebagian Malaysia dan sebagian Filipina) . · Etnolinguistik disebut juga antropologi linguistic adalah bagian dari antropologi yang mengkhususkan penelitiannya terhadap penyebaran bahasa umat manusia diseluruh permukaan bumi. · Antropometri adalah system dan tekhnik untuk mengukur badan manusia atau bagian± bagiannya. · Arkeologi berasal dari kata ARCHAIC artinya KUNO sehingga arkeologi disebut juga sejarah kuno atau sejarah purba. Indonesia .Melanesian (Papua/Irian dan Melanesia ) 4.Bushman (di daerah gurun Kalahari di Afrika Selatan) . Mongoloid . · Basic vocabulary adalah perbendaharaan yang mendasar. Ras-Ras Khusus (yang tidak dapat diklasifikasikan) .Asiatic Mongoloid (Asia Utara.Indic ( India ) 2.American Mongoloid (Orang Eskimo di Amerika Utara sampai penduduk Terra del Fuego di Amerika Selatan) 3.Veddoid (pedalaman Srilangka. Armenia . Afrika Utara .

.Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia ) .Ainu (pulau-pulau Karafuto.Austroloid (penduduk asli Australia ) . Hokkaido di Jepang Utara) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->