Pengenalan Sistem Pakar

Ken Ditha Tania

OUTLINE ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Definisi Alasan Pemakai Sistem Pakar Sistem Pakar dan AI Perbedaan dg SPK Ciri Sistem Pakar Keuntungan Aplikasi Sistem Pakar .

dalam suatu domain tertentu.DEFINISI ‡ Suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh seorang pakar (Durkin) ‡ Suatu model dan prosedur yang berkaitan. yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar (Ignizio) ‡ Suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar (Giarratano & Riley) .

.ALASAN DIKEMBANGKANNYA SISTEM PAKAR ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan diberbagai lokasi Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar Seorang Pakar akan pensiun atau pergi Menghadirkan/menggunakan jasa seorang pakar memerlukan biaya yang mahal Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat (hostile environtment) Memperbanyak atau menyebarkan sumber pengetahuan yang semakin langka.

PEMAKAI SISTEM PAKAR ‡ Orang awam yang bukan pakar untuk meningkatkan kemampuan mereka dalammemecahkan masalah Pakar sebagai asisten yang berpengetahuan ‡ .

AREA AI Expert systems Robotics Natural language Neural networks Perceptive systems (vision. hearing) AI hardware Learning Artificial Intelligence .

‡ Hardware AI. memungkinkan pemakai utk berkomunikasi dgn komputer dlm bbgi bahasa & memungkinkan komputer memeriksa ejaan & tata bhs. meliputi semua kgtn yg memingkinkan komputer atau alat lain utk memperoleh pengetahuan sbg tambahan dr apa yg tlh dimasukkan ke dlm memori oleh pembuatnya atau pemrogramnya.AREA AI ‡ jaringan saraf (neural network) spt kemampuan belajar. ‡ Sistem pakar dan jaringan saraf memiliki potensi terbesar utk digunakan dlm memecahkan masalah bisnis. menggunakan citra visual dan sinyal suara utk menginstruksikan komputer atau alat lain misalnya robot. ‡ Robotik. Keduanya mrp contoh sistem berbasis pengetahuan . mencakup alat fisik yg membantu aplikasi AI. dan abstraksi) ‡ Sistem persepsi. ‡ Pemrosesan bahasa alamiah. ‡ Belajar. generalisasi. terdiri dr alat yg dikendalikan komputer yg meniru aktivitas gerak manusia.

PERBEDAAN DENGAN SPK .

PERBEDAAN DENGAN SPK(2) SPK ‡ Bagian dr knowledge management ‡ Digunakan oleh manager ‡ Mempunyai Database .

Berdasarkan pada rule atau kaidah tertentu.CIRI SISTEM PAKAR ‡ ‡ ‡ Terbatas pada bidang yang spesifik Dapat memberikan penalaran untuk datadata yang tidak lengkap atau tidak pasti. Dapat mengemukakan rangkaian alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami. ‡ .

KEUNTUNGAN ‡ Memungkinkan orang awam melakukan pekerjaan seorang ahli ‡ Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar ‡ Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian ‡ Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan ‡ ES tidak bisa lelah atau bosan .

Untuk sistem komputer DEC VAC 11 1780 ± Dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC) dan Carnegie Mellon Universitas (CMU). ‡ XCON (R1) ± SP konfigurasi sistem komputer dasar.APLIKASI SISTEM PAKAR ‡ DELTA ± Didesign & dikembangkan oleh General lectric Company ± SP personal maintenance mesin lokomotif listrik diesel. akhir 70 an ‡ YESMVS ± Didesign oleh IBM awal th 80an ± Membantu operator komputer & mengontrol sistem operasi MVS (multiple virtual storage ‡ SOPHIE : ± Digunakan untuk analisis sirkit elektronik ‡ PROSPECTOR ± Digunakan di dalam geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful