P. 1
LINGKUNGAN KERJA

LINGKUNGAN KERJA

|Views: 28|Likes:
Published by Bakier de Gunz

More info:

Published by: Bakier de Gunz on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2012

pdf

text

original

lingkungan sekitarnya di mana seseorang bekerja. serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok . .PENGERTIAN LINGKUNGAN KERJA Beberapa ahli mendifinisikan lingkungan kerja antara lain sebagai berikut : Menurut Alex S Nitisemito (2000:183) : Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang diembankan . Menurut Sedarmayati (2001:1) : Lingkungan kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi. metode kerjanya.

PELAYANAN 1. dengan memperhatikan : ‡ Memperhatikan personal hygiene bagi pramusaji ‡ Penyediaan air mengalir dan sabun cair ‡ Lantai tetap terpelihara ‡ Penyediaan makanan yang sehat dan bergizi seimbang ‡ Penyediaan bak sampah yang tertutup. . Makanan Perusahaan seharusnya menyediakan tempat makan atau kantin untuk para karyawannya.

.. Kesehatan Perusahaan memberikan pelayanan kesehatan dengan cara : ‡ Memberikan jaminan asuransi kesehatan ‡ Menyediakan fasilitas olah raga ditempat kerja ‡ Perusahaan menggalakan olah raga bersama seminggu sekali.. 2.LANJUTAN... misalnya olah raga diselenggarakan setiap hari jumat ..

3. seperti : ‡ Disediakan tempat cuci tangan dan sabun cair ‡ Penyediaan bak sampah yang tertutup ‡ Membuat petunjuk-petunjuk mengenai penggunaan closet duduk.. larangan berupa gambar dan lain-lain ‡ Lantai kamar mandi diusahakan tidak licin .. Kamar Mandi dan Kamar Kecil Perusahaan menyediakan beberapa peralatan dan perlengkapan di kamar mandi dan kamar kecil yang ada di perusahaan...LANJUTAN...

banyak mengalami kesalahan. sehingga pekerjaan akan lambat.PENERANGAN Cahaya atau penerangan sangat besar manfaatnya bagi karyawan guna mendapat keselamatan dan kelancaran kerja. dan pada skhirnya menyebabkan kurang efisien dalam melaksanakan pekerjaan. sehingga tujuan organisasi sulit dicapai. Oleh sebab itu perlu diperhatikan adanya penerangan (cahaya) yang terang tetapi tidak menyilaukan. Cahaya yang kurang jelas. .

Tubuh manusia selalu berusaha untuk mempertahankan keadaan normal. tiap anggota tubuh manusia mempunyai temperatur berbeda. dari keadaan normal tubuh. dengan suatu sistem tubuh yang sempurna sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di luar tubuh. yaitu bahwa tubuh manusia masih dapat menyesuaikan dirinya dengan temperatur luar jika perubahan temperatur luar tubuh tidak lebih dari 20% untuk kondisi panas dan 35% untuk kondisi dingin. .SUHU UDARA Dalam keadaan normal. Tetapi kemampuan untuk menyesuaikan diri tersebut ada batasnya.

kebisingan yang serius bisa menyebabkan kematian. merusak pendengaran. bahkan menurut penelitian. Tidak dikehendaki. dan menimbulkan kesalahan komunikasi. Karena pekerjaan membutuhkan konsentrasi. diantaranya pendengaran dapat makin berkurang. yaitu bunyi atau suara yang tidak dikehendaki oleh telinga. Semakin lama telinga mendengar kebisingan. karena terutama dalam jangka panjang bunyi tersebut dapat mengganggu ketenangan bekerja. akan semakin buruk akibatnya.SUARA Salah satu polusi yang cukup menyibukkan para pakar untuk mengatasinya adalah kebisingan. . maka suara bising hendaknya dihindarkan agar pelaksanaan pekerjaan dapat dilakukan dengan efisien sehingga produktivitas kerja meningkat.

Hal ini dapat dimaklumi karena warna mempunyai pengaruh besar terhadap perasaan. dan lain-lain. sedih. Pada kenyataannya tata warna tidak dapat dipisahkan dengan penataan dekorasi. . Sifat dan pengaruh warna kadangkadang menimbulkan rasa senang.WARNA Menata warna di tempat kerja perlu dipelajari dan direncanakan dengan sebaikbaiknya. karena dalam sifat warna dapat merangsang perasaan manusia.

. Salah satu upaya untuk menjaga keamanan di tempat kerja.KEAMANAN KERJA Guna menjaga tempat dan kondisi lingkungan kerja tetap dalam keadaan aman maka perlu diperhatikan adanya keberadaannya. dapat memanfaatkan tenaga Satuan Petugas Keamanan (SATPAM).

sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik dan begitu juga sebaliknya jika ruang gerak terlalu lebar akan mengakibatkan pemborosan biaya. Padatnya tempat sama ruang gerak yang sempit dapat mengurangi semangat kerja karyawan dalam melakukan aktivitanya.RUANG GERAK Dalam suatu perusahaan hendaknya karyawan yang bekerja mendapat tempat yang cukup untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas. . Seseorang tidak mungkin dapat bekerja dengan tenang jika tempat yang tersedia tidak dapat memberikan kenyamanan. Dengan demikian ruang gerak di dalam melaksanakan pekerjaan perlu diperhatikan.

SEKIAN TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->