P. 1
BUMI

BUMI

|Views: 69|Likes:

More info:

Published by: Martinus Fitriansyah Putra Vhenoechal on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2012

pdf

text

original

Kelompok 1 : 1. Tri Sulistiono (06111413001) 2.

Parida (06111413003)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR««««««««««««««««.. DAFTAR ISI«««««««««««««««««««««. PENUTUP««««««««««««««««««.PENDAHULUAN««««««««««««««.PEMBAHASAN«««««««««««««««. y y Kesimpulan Daftar pustaka . BAB 2. BAB 1. y y y y y Apa yang membedakan bumi dengan planet lain Rotasi bumi Revolusi bumi Bagaimana proses terbentuknya bumi Inti bumi BAB 3.

C. walaupun Nampak besar. Wilayah daratan atau benua menutupi kurang dari sepertiganya. PENDAHULIAN BUMI A. Amat kecil jika dibandingkan dengan matahari.tetapi dari angkasa luar. apabila dengan manusia yang tidak diketahui batas-batasnya.bumi termasuk benda angkasa yang berukuran kecil. . seluruhnya dapat dipotret dari angkasa luar dari jarak 100. Lapisan udara diatas permukaan bumi memang tipis tapi memungkinkan kehidupan. Bumi tempat bermukim makhluk hidup diliputi oleh udara dan susunan gas yang utama terdiri dari oksigen (zat asam) dan nitrogen (zat masam).BAB 1.jenis gas yang lain tidak begitu besar olumenya. Udara berguna untuk melindungi bumi Dari ruang angkasa. bumi sebagian besar tanpak berwarna biru. Bumi itu bulat.000 km. B.warna ini disebabkan oleh lautan yang menutupi lebih dari dua pertiga permukaan bumi.

PEMBAHASAN  Apa yang membedakan bumi dengan planet lain Ada banyak hal yang membuat bumi berbeda dengan planet lain.oksigen dan bumi satu-satunya planet dalam tata surya yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. matahari seolah-olah bergerak.  Rotasi bumi Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi.maka waktunya dikurangi. Jika letak bujur standar disebelah barat bujur nol.sehingga tiap jam berbeda bujur sebesar 360 0 = 15 0 daerah-daerah yang garis 24 bujurnya sama mempunyai waktu yang sama pula.lama-kelamaan bergerak dan tenggelam di sebelah barat b. Waktu di daerah bujur timur adalah waktu Greenwich ditambah selisi jam. Karena diselimuti air laut yang sangat luas dan atmosfernya juga berfungsi seperti selimut yang menahan cukup panas sehingga temperature bumi tetap nyaman karena air.rotasi bumi juga menyebabkan adanya gerakan semu matahari. Rotasi bumi menyebabkan hal-hal berikut: a.adapun jika letak bujur standar di sebelah timur bujur nol. Terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu Kala rotasi bumi lebih kurang 24 jam. Matahari terbit di sebelah timur. Gerak semu harian matahari Sepanjang pagi hingga petang hari.maka waktunya ditambaH.BAB 2.sehingga waktu di belahan timur di rumuskan: T ! GMT  BT 15 .satu kali rotasi bumi selama 24 jam.

sedangakan dibelahan bumi selatan.  Revolusi bumi Peredaran bumi mengelilingi matahari revolusi bumi. sedangakan di belahan bumi utara angin membelok ke kanan.arus laut membelok berlawanan arah jarum jam. angin membelok ke kiri.diameter bumi di daerah kutub sebesar 12.714 km.dengan : GMT = bujur nol BT = bujur timur Waktu didaerah bujur barat adalah waktu Greenwich + selisih jam.sedangkan didaerah khatulistiwa 12. Akibat rotasi bumi.bentuk bumi tidak bulat sempurna.waktu yang dibutuhkan untuk satu kali revolusi ialah 365 hari atau satu tahun.757 km. Pembelokan arah angin Pembelokan arah angin berdasarkan hokum Buys Ballton yang berbunyi: 1) Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ketempat bertekanan rendah 2) Di dalam bumi selatan. . d.arus laut membelok searah jarum jam. sehingga waktu dibelahan barat dirumuskan: T ! GMT  BB 15 Dengan : BB =bujur barat c.arus laut memang disebabkan oleh angin.di belahan bumi utara. Pembelokan arah arus laut Gerak pembelokan arah angin dan arus laut disebut efek coriolis.revolusi bumi menyebabkan adanya pergantian musim.tetapi agak lonjong(elies).

sedangkan belahan bumi utara mengalami siang lebih pendek dibandingkan malam hari.pada saat matahari berada di GBS maka belahan bumi selatan mengalami siang hari lebih lama dibandingkan malam hari.kecuali dikutub mempunyai waktu siang dan malam yang sama yaitu 12 jam Pada saat matahari berada di GBU maka belahan bumi utara mengalami siang lebih lama dibandingkan malam hari. Terjadi gerak semu tahunan matahari Matahari tidak setiap saat berbeda di khatulistiwa b. .Revolusi bumi menyebabkan: a. Terjadi perbedaan lamanya siang dan malam Adanya kemiringan sumbu bumi 23.5 0 mengakibatkan kecondongan arah sumbu bumi berubah-ubah sehingga mengakibatkan juga terjadinya pergantian musim.5 0 menyebabkan perbedaan lama siang dan malam. c. Pergantian musim Adany a kemiringan sumbu bumi 23.pada saat matahari berada di khatulistiwa (21 maret dan 23 september) semua tempat dibumi.sedangkan belahan bumi selatan mengalami siang lebih pendek dibandingkan malam hari.

000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. Tahap-tahap terbentuknya bumi 1.tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam.bumi menjadi dunia kita sekarang ini 4. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2. Secara bertahap.tebal selimut bumi mencapai 2. Lambat laun. KERAK BUMI (CROSH) Kerak bumi adalah kulit bumi bagian luar (permukaan bumi).nikel (8%)dan lain yang terdapat pada kedalaman 2900-5200 km Lapisan inti bumi dibedakan menjadi 2: a. Yang tersusun atas batuan  LAPISAN BUMI 1. Awalnya bumi adalah bola besar cair 2. suhu dibagian bawah selimut bumi mencapai 3.dengan penyusun utama logam besi (90%).000 0 C 3.100 0 c lapisan kerak bumi dan bagian dibawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. INTI BUMI (CORE) Terdiri dari material cair.200 0 C .6 milyar tahun yang lalu saat material-material diangkasa menyatu. 2. Suhu dibagian bawah kerak bumi mencapai 1.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. Bagaimana proses terbentuknya bumi Bumi terbentuk pada waktu sekita 4. SELIMUT atau SELUBUNG (MANTEL) Selimut atau selubung adalah lapisan yang terletak dibawah lapisan kerak bumi.bumi menjadi dingin sampai akhirnya terbentuk atmosfer dan lautan 3.

inti dalam terdiri ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. Bagian cair (hidrosfer) c. Bagian padat (litosfer) b. . Bagian udara (atmosfer) d.b. Bagian yang di tempati oleh berbagai jenis organism (biosfer) Ke 4 komponen tersebut berinteraksi secara aktif satu sama lain.500 0 C  Berdasarkan susunan kimianya.700 km.terbentuk bola dengan diameter sekitar 2.bumi dapat dibagi menjadi 4 yaitu: a. Inti dalam merupakan pusat bumi. proses transfer panas dan perpindahan materi padat.misalnya dalam siklus biokimia dari berbagai unsur kimia yang berada di bumi.

pada dasarnya bumi berotasi pada porosnya yang mengakibatkan pergantian siang dan malam .BAB 3.PENUTUP KESIMPULAN Bumi adalah tempat tinggal makhluk hidup baik manusia.hewan maupun tumbuhan.

semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.rahmat dan karunia-NYA lah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Palembang September 2011 Penulis .maka dari itu kami senantiasa menharapkan masukan dari pembaca. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa atas berkat. Kami menyadari makalah ini masih terdapat kekurangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->