GAMBAR BUNGA DAN BAGIANNYA

PENYERBUKAN Penyerbukan atau polinasi merupakan proses awal sebelum terjadinya pembuahan. Pada angiospermae, penyerbukan adalah proses melekatnya serbuk sari di kepala putik, sedangkan pada gymnospermae merupakan peristiwa melekatnya serbuk sari pada bala biji. 1. Macam-macam penyerbukan Macam penyerbukan dapat dibedakan berdasarkan asal serbuk sari dan faktor yang membantu proses penyerbukan. a. Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari Serbuk sari dapat berasal dari beberapa sumber. Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut : 1) Otogami Otogami merupakan proses penyerbukan oleh serbuk sari yang berasal dari bunga yang sama (satu bunga). Pada saat otogami, dapat saja terjadi beberapa gangguan yang menghalangi pertemuan antara serbuk sari dan putik. Berikut ini beberapa istilah atau bentuk gangguan yang menghalangi penyerbukan.
y y y

Protandri, yaitu peristiwa serbuk sari yang matang lebih dulu dari pada putik Protagini, yaitu peristiwa putik yang matang lebih dulu daripada serbuk sari Serbuk sari tidak dapat sampai di kepala putik

2) Kleistogami Kleistogami merupakan bagian dari otogami yang terjadi pada saat bunga belum mekar. 3) Geistonogami Geistonogami merupakan proses penyerbukan oleh serbuk sari yang berasal dari bunga lain, tetapi masih dalam satu individu. Geistonogami disebut juga penyerbukan tetangga. 4) Alogami Alogami atau xenogami merupakan proses penyerbukan oleh serbuk sari yang berasal dari individu lain, namun masih dalam satu jenis. Alogami disebut juga penyerbukan silang.

atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat berbeda. Penyerbukan dengan bantuan air akan terjadi jika tubuh tanarnan terendam dalam air. 3) Zoidiogami Zoidiogami adalah penyerbukan dengan bantuan hewan.5) Penyerbukan bastar (hibridogami) Penyerbukan bastar terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga pada tumbuhan lain yang berbeda jenisnya. Bastar antar jenis (spesies). eceng gondok. serbuk sari kecil. dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin. mahkota bunga berwarna mencolok dengan aroma khas. memiliki kelenjar madu. bunga terletak jauh di atas daun. sangat banyak. kedudukan benang sari bergantungan. mangga. dan kiropterogani (penyerbukan dengan bantuan kelelawar). Contohnya antara mangga golek dengan mangga gadung. Anemogami terjadi pada tumbuhan yang memiliki bunga dengan ciri-ciri: bunga berukuran kecil. penyerbukan dapat dibedakan sebagai berikut: 1) Anemogami Anemogami adalah penyerbukan dengan bantuan angin. tidak mempunyai mahkota bunga atau mahkota bunganya berukuran kecil. dan lebah) Malakogami (penyerbukan dengan bantuan siput/bekicot). tidak mempunyai kelenjar madu. Macam bastar : y y y Bastar antar kultivar (varietas). dan jagung. Penyerbukan berdasarkan faktor penyebab sampainya serbuk sari di kepala putik. Bastar antar mangga (genus). serbuk sari bersifat lengket (mudah melekat). antara lain lalat. 2) Hidrogami Hidrogami adalah penyerbukan dengan bantuan air. Contoh cabai dengan terong. padi. dan pepaya. tangkai bunga panjang. Zoidiogami dibedakan berdasarkan jenis hewan yang membantu penyerbukan. y . Zoidiogami dapat terjadi pada jambu. mahkota bunga tidak berrvarna menarik atau berwarna seperti daun. berbulu. Zoidiogami terjadi pada tumbuhan yang memiliki bunga dengan ciri-ciri: bunga berukuran besar. Hidrogami dapat terjadi pada Hydrilla sp. jeruk. kepala putik besar. serbuk sarinya berhamburan jika digoyang. kumbang. kepala putik menyembul keluar dari bunga sehingga mudah menangkap serbuk sari. Anemogami clapat terjadi pada rumputrumputan. dan teratai. Contoh antara mangga dengan kweni. y Entomogami (penyerbukan dengan bantuan serangga. b. tangkai putik terjulur ke luar.

Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga endosperma(makanan cadangan bagi embrio). Proses penyerbukan dan pembuahan Butir serbuk/serbuk sari menempel pada kepala putik membentuk buluh serbuk (2 inti. Penyebabnya adalah sebagai berikut: a. Penyerbukan ini dapat terjadi pada vanili dan beberapa jenis anggrek. inti vegetatif mati satu inti sperma membuahi sel telur embrio. jagung Putik masak lebih dahulu daripada serbuk sari (protogini). Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab yaitu : a. 2. yang dapat dibedakan atas: 1) Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka. bawang Bombay. inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) inti generatif membelah 2 inti sperma sampai di mikropil. Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan. disebut poliembrioni. maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji. 3) Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus. Penyerbukan ini dilakukan untuk mendapatkan jenis bibit baru yang unggul. Dikogami : Bila waktu masaknya putik dan serbuk sari tidak bersamaan. . Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis). Misalnya : dari sinergid dan antipoda. 2) Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi. 3. yaitu bagian selain kandung lembaga. Contoh : seledri. hal ini disebabkan karena: y y Serbuk sari masak lebih dahulu daripada putiknya (protandri). Penyebab kegagalan dalam penyerbukan Kadang-kadang terjadi kegagalan penyerbukan dan pada beberapa jenis tumbuhan tidak mungkin terjadi autogami. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis) b. Hal ini terjadi karena tidak ada perantara yang membantu penyerbukan. sampainya serbuk sari ke kepala putik dengan bantuan manusia. Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda. jeruk dan mangga.y Penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami).

2. d. Definisi Bunga Bunga Tunggal dan Majemuk Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae. alat kelamin jantan dan betinanya terpisah. Bunga secara sehari-hari juga dipakai untuk menyebut struktur yang secara botani disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. "tumbuhan berbiji tertutup"). Herkogami : Bila bentuk bunga tidak memungkinkan serbuk sari jatuh ke kepala putik. Contohnya salak dan melinjo(Gnetum Arremon) c. Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Contoh : vanili 1. kina dan kaca piring. Contoh : kopi. Heterostili : Bila panjang antara tangkai benang sari dan tangkai putik tidak sama danberbeda jauh. satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret. Bunga majemuk adalah kumpulan bunga-bunga yang terkumpul dalam satu karangan. Didesious : Bila pada satu spesies. Morfologi bunga Bunga Mirabilis jalapa . Dalam konteks ini.b.

Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Bentuk aktinomorf lebih banyak dijumpai. simetri radial) dan zigomorf (simetri cermin).Bunga adalah batang dan daun yang termodifikasi. Organ reproduksi betina adalah daun buah atau carpellum yang pada pangkalnya terdapat bakal buah (ovarium) dengan satu atau sejumlah bakal biji (ovulum. Pada ujung putik terdapat kepala putik atau stigma untuk menerima serbuk sari atau pollen. Ada dua bentuk bunga berdasar simetri bentuknya: aktinomorf ("berbentuk bintang". Sebagai contoh. dua subkelas dari tanaman berbunga dibedakan dari jumlah organ bunganya: tumbuhan dikotil umumnya mempunyai 4 atau 5 organ (atau kelipatan 4 atau 5) sedangkan tumbuhan monokotil memiliki tiga organ atau kelipatannya . (3) Alat kelamin jantan atau androecium (dari bahasa Yunani andros oikia: rumah pria) berupa benang sari. Bunga yang demikian disebut bunga banci atau hermafrodit. Tangkai putik atau stylus berperan sebagai jalan bagi pollen menuju bakal bakal buah. Modifikasi ini digunakan botanis untuk membuat hubungan antara tumbuhan yang satu dengan yang lain. (2) Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warni untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan. Suatu bunga dikatakan bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga. Bagian-bagian Bunga Bagiab-bagian Bunga Empat bagian utama bunga (dari luar ke dalam) adalah sebagai berikut: (1) Kelopak bunga atau calyx. 3. Struktur bunga yang dideskripsikan di atas dikatakan sebagai struktur tumbuhan yang "umum". dan ketersediaan air. spesies tumbuhan menunjukkan modifikasi yang sangat bervariasi. lama pencahayaan. Bunga hampir selalu berbentuk simetris. (4) Alat kelamin betina atau gynoecium (dari bahasa Yunani gynaikos oikia: "rumah wanita") berupa putik. yang sering dapat digunakan sebagai penciri suatu takson. jamak ovula) yang membawa gamet betina) di dalam kantung embrio. Pembentukan bunga dengan ketat dikendalikan secara genetik dan pada banyak jenis diinduksi oleh perubahan lingkungan tertentu. Modifikasi ini disebabkan oleh dihasilkannya sejumlah enzim yang dirangsang oleh sejumlah fitohormon tertentu. seperti suhu rendah.

Manusia sejak lama terpikat oleh bunga. Buah adalah struktur yang membawa biji. juga untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan. Setelah pembuahan. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas. Proses dimulai dengan penyerbukan. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. dan berlanjut dengan pembentukan biji. sedangkan pembuahan adalah meleburnya sel telur dengan sel sperma. khususnya yang berwarna-warni. Pembuahan Beberapa bunga memiliki warna yang cerah yang berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Penyerbukan dan Pembuahan Bunga Penyerbukan Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Fungsi biologi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. yang diikuti dengan pembuahan.4. bunga akan berkembang menjadi buah. .

Mahkota (korola) FUNGSI Melindungi kuncup bunga Menarik perhatian serangga 3. bakal buah (ovarium) di dalam bakal buah terdapat bakal biji (ovule) Sebagai penghasil gamet betina . yaitu a.TABEL BAGIAN-BAGIAN BUNGA BAGIAN BUNGA 1. kepala sari (antera) terdiri atas 4 kantong sari 4. tangkai putik (stilus) b. tangkai sari (filamen) serbuk sari (pollen) b. kepala putik (stigma) c. Putik (pistilus) terdiri atas : a. Kelopak (kalik) 2. Benang sari Sebagai penghasil (stamen) terdiri dari : gamet jantan.

ataupun gula pasir. ..pilihlah produk kopi yna gingin anda nikmati. nah. Prepare a spoon and cup / glass that will we setting for our drinking needs of this morning. and include hot u have prepared earlier . dan masukkan juga air panas yang telah anda persiapkan tadi. or sugar.Choose products yna gingin coffee you enjoy.masak-lah air yang bersih yang akan digunakan untuk campuran teh yang anda buat pagi ini. here may vary> should white sugar.siapkan sendok dan cangkir/gelas yang akan kita setting untuk kebutuhan minum kita pagi ini. bisa anda peroleh di toko2 tedekat di kota anda. you can earn in toko2 tedekat in your city. . . atau gula berjenis lain yang ingin anda pakai. -put a few spoons of sugar.Enter the tea concoctiou have. clean water was to be used for tea mixture that you made this morning. or other type of sugar you want to use. disini boleh bervariasi> boleh gula putih. . well.masukkan racikan teh yabng telah anda miliki. . n yabng yowater that yo. -masukkan beberapa sendok gula.Cook.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful