Indikator 3 : Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga-lembaga Pokok dalam Masyarakat 1. Lembaga Keluarga Fungsi lembaga keluarga :

- Fungsi reproduksi : saluran untuk melanjutkan keturunan (fungsi esensial).

- Fungsi afeksi : kasih sayang. a. Memberikan rasa tentram dan kehangatan bagi anggotanya b. Memperhatikan ketercukupan kebutuhan psikologis dan kasih sayang c. berbagi cerita kepada anggota keluarga d. Berekrasi bersama anggota keluarga - Fungsi sosialisasi : membentuk kepribadian anak.

Contoh : a. Ibu mengajari anak cara berbicara dengan orang yang lebih tua b. Bapak memberi contoh bagaimana bersikap baik kepada orang lain - Fungsi edukatif : memberikan ilmu. - Fungsi proteksi : menjaga anggota keluarga dari gangguan pihak lain. - Fungsi ekonomi : memenuhi kebutuhan keluarga.

Lembaga Ekonomi Fungsi lembaga ekonomi : mengatur kegiatan produksi. Lembaga Politik Tujuan dibentuknya partai politik : menyalurkan aspirasi yang berkembang di masyarakat. .Lembaga sosial yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hidup.mempersatukan komunitas atas dasar keyakinan (fungsi lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat) Fungsi lembaga pendidikan agama bagi kelangsungan hidup masyarakat terkait dengan membangun kepribadian individu yang berakhlak mulia : memberikan dasar moral bagi individu 3. bersifat informal.menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki . Lembaga Agama Fungsi lembaga agama : . (UN 2009) 4. (UN 2010) 2. distribusi. dan berfungsi untuk pewarisan budaya secara alamiah adalah : keluarga. dan konsumsi.Mengatur kebutuhan hidup rakyat .

Lembaga Hukum Ciri lembaga hukum : a. Timbangan sebagai lambang keadilan masyarakat . Lembaga Pendidikan Fungsi lembaga pendidikan : . Memiliki kitab undang-undang sebagai acuan b.5.meningkatkan kedudukan sosial / melakukan mobilitas vertikal 6.

mencapai rohani yang sempurna kesuciannya.Sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok. Contohnya adanya sebuah perkumpulan remaja mesjid yang menyelenggarakan pengajian bulana. Fungsi-fungsi lembaga tersebut terwujud dalam setiap macam lembaga yang ada di masyarakat.Pengatur tata cara hubungan antar manusia. Fungsi lembaga agama antara lain sebagai : a.Macam-macam Lembaga Sosial Lembaga Agama Agama merupakan suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia. . Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah. Anda masih ingat pengertian lembaga sosial ? Yah. lembaga ekonomi dan lembaga agama. Kegiatan itu berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para remaja Islam di daerahnya. Menurut Emile Durkheim. lembaga sosial pada dasarnya adalah sistem norma yang mengatur segala tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dalam hidup bermasyarakat. lembaga pendidikan. Adapun macam-macam lembaga sosial yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. antara lain lembaga keluarga. lembaga politik. dan antara manusia dengan Tuhannya. Lembaga sosial di masyarakat mempunyai beberapa fungsi berupa fungsi laten (fungsi yang tidak disadari manfaatnya) dan fungsi manifest (fungsi yang disadari manfaatnya). b.

Fungsi proteksi Dengan terbentuknya keluarga. Fungsi lembaga Keluarga antara lain. terdapat fungsi proteksi yaitu mendapatkan rasa ketentraman dan keterlindungan baik secara psikologis maupun fisik. Fungsi reproduksi Dalam keluarga. 2.a. berjalan harmonis. ibu dan anak-anaknya. 1. proses-proses sosial di dalam keluarga dapat . anak-anak merupakan wujud dari cinta kasih dan tanggung jawab suami istri meneruskan keturunannya. Lembaga Keluarga Keluarga merupakan unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah. Keluarga mempunyai fungsi reproduksi artinya dari pernikahan diharapkan akan memberikan keturunan. Apabila di dalam keluarga terdapat rasa aman.

7. Fungsi ekonomi Pada umumnya dalam sebuah keluarga. norma hukum dan norma kesusilaa. 6. Namun tidak tertutup kemungkinan ibu juga mencari nafkah untuk membantu perekonomian keluarga. Anak diajak memahami lingkungan yang lebih luas sehingga pada saatnya nanti seorang anak benar-benar siap untuk hidup dalam masyarakat.nilai keindahan dan nilai keagamaan. 4. norma kesopanan. Anak diperkenalkan oleh orang tuanya mengenai norma yang berlaku di masyarakat seperti norma agama. anak mulai dilatih dan diperkenalkan cara-cara hidup bersama dengan orang lain. Kerja sama yang baik antara ayah dan ibu di dalam mengelola pendapatan menjadikan keluarga dapat mengfungsikan ekonomi secara efektif dan efisien. 5. ayah merupakan kepala keluarga serta menjadi tulang punggung keluarga. Fungsi sosialisasi Di dalam lingkungan keluarga. Fungsi afeksi Keluarga diharapkan akan memberikan kehangatan perasaan pada anggota keluarganya seperti seorang bapak yang tetap memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya yang sedang mendapatkan masalah di sekolah. Untuk fungsi sosialisasi lainnya anak diajarkan menjalankan kehidupan yang sesuai dengan nilai dan norma masyarakat. hal ini sebagai rasa tanggung jawab mereka dalam menjaga nama baik keluarga. Contohnya seorang kakak yang mengetahui teman dekat adiknya. Fungsi dari status suami adalah sebagai pemimpin dalam rumah tanggaganya sedangkan . serta nilai – nilai sosial seperti nilai kemanusiaan. Fungsi pemberian status Melalui lembaga perkawinan ini. seseorang akan mendapatkan status atau kedudukan yang baru di masyarakat. Fungsi pengawasan sosial Pada dasarnya dalam keluarga terdapat saling kontrol (mengawasi) antaranggota keluarga biasanya sering dilakukan oleh anggota keluarga yang lebih tua.3. yaitu sebagai suami atau istri.

seorang istri berfungsi sebagai pendamping suami dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangganya. .

pengajaran dan atau latihan bagi peranannya pada masa yang akan datang. lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi nyata atau fungsi manifest. Sekolah merupakan bentuk konkrit dari lembaga pendidikan. Sedangkan fungsi laten (fungsi yang tidak disadari )dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut: Mengurangi pengendalian orang tua.b. Dengan bekal keterampilan yang diperoleh dari lembaga pendidikan seperti sekolah maka seseorang siap untuk bekerja. Lembaga pendidikan mengajarkan beragam kebudayaan dalam masyarakat. Keikutsertaan seorang anak dalam lembaga pendidikan seperti sekolah akan mengurangi pengendalian orang tuanya . yaitu: Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah. Menurut Horton dan Hunt. Lembaga Pendidikan Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Menanamkan ketrampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi. Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat. Melestarikan kebudayaan masyarakat. pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan.

karena yang berperan saat dalam pengajaran dan pendidikan di sekolah adalah para gurunya. Anak yang bersekolah hingga kelas XII akan menikmati masa remajanya berbeda dengan anak yang berhenti sekolah . Adanya jenjang pendidikan secara tidak langsung telah mempertahankan system kelas sosial seperti adanya kelas-kelas dalam lembaga pendidikan (kelas 1 sampai kelas XII ) Memperpanjang masa remaja. salah satunya bertujuan untuk menarik perhatian orang tuanya.maka ada beberapa anak yang ingin mencoba melanggar aturan/membangkang. Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Aturan dalam keluarga atau rumah berbeda dengan aturan di sekolah. Mempertahankan system kelas social.

baik dengan cara persuasif (penyuluhan )maupun cara koersif (kekerasan). 2. Lembaga Politik Lembaga politik adalah keseluruhan tata nilai dan norma yang berkaitan dengan kekuasaan. Misalnya keanggotaan DPR sebagai sarana aspirasi rakyat.c. Memelihara ketertiban di dalam negeri (internal order) Lembaga politik memiliki fungsi untuk memelihara ketertiban didalam masyarakat dengan menggunakan wewenang yang dimilikinya. Menjaga keamanan di luar negeri (eksternal order) . Lembaga politik memiliki beberapa fungsi yaitu: 1.

4.Lembaga politik memiliki fungsi untuk mempertahankan negara dari ancaman atau serangan yang datang dari negara lain melalui jalan diplomasi ataupun dengan perang seperti TNI AL 3.pelayanan sosial serta mengusahakan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat seperti organisasi politik yang melakukan bakti sosial. Mengatur proses politik Lembaga politik memiliki fungsi mengatur proses persaingan untuk memperoleh kekuasaan agar tidak mengancam keutuhan masyarakat (bangsa dan negara) seperti adanya kesepakatan politik dari beberapa partai politik dalam menyikapi kebijakan pemerintah. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare) Lembaga politik memiliki fungsi untuk merencanakan dan melaksanakan pelayanan. .

Memberi pedoman tentang harga jual beli barang. Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan. Untuk kegiatan untuk mendapatkan kebutuhan pokok diperlukan lembaga ekonomi yang disebut pasar. c. Fungsi lembaga ekonomi antara lain . b.d. . Pasar merupakan tempat transaksi jual-beli berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Keberadaan pasar telah memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama bahan pangan. Memberi pedoman untuk melakukan pertukaran barang atau barter. Lembaga Ekonomi Lembaga ekonomi mulai muncul ketika orang mulai membutuhkan produk dari masyarakat atau orang lain yang menyangkut barang-barang kebutuhan pokok. a.

Menurut Emile Durkheim. Lembaga Agama Agama merupakan suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia. Kegiatan itu berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para remaja Islam di daerahnya. b.e. Contohnya adanya sebuah perkumpulan remaja mesjid yang menyelenggarakan pengajian bulana. dan antara manusia dengan Tuhannya. . Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah. Pengatur tata cara hubungan antar manusia. mencapai rohani yang sempurna kesuciannya Fungsi lembaga agama antara lain sebagai : a. Sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok. agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful