P. 1
MAKALAH EKONOMI 2

MAKALAH EKONOMI 2

|Views: 1,287|Likes:

More info:

Published by: Putra Pandawa Togell on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini tepat pada waktunya yang berjudul ³ Pengaruh pajak dan subsidi pada keseimbangan pasar´. Makalah ini berisikan tentang informasi tentang pengaruh pajak dan subsidi pada keseimbangan pasar. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan yang maha esa senantiasa berserta kita ( Amin ).

Ketapang,28 November 2011

Madianto

1

Pengaruh subsidi pada keseimbangan pasar«««««««««««««««««...1 Daftar Isi««««««««««««««««««««««««««««««««««..3 Bab II«««««««««««««««««««««««««««««««««««..3 Pendahuluan«««««««««««««««««««««««««««««««««.DAFTAR ISI Kata Pengantar««««««««««««««««««««««««««««««««.4 C.9 2 .4 B.. Latar Belakang«««««««««««««««««««««««««««««...6 Penutup«««««««««««««««««««««««««««««««««««8 Daftar perpustaka««««««««««««««««««««««««««««««..3 A.....2 Bab I««««««««««««««««««««««««««««««««««««. Pengaruh pajak pada keseimbangan pasar««««««««««««««««««.

bahkan merupakan sumber pendapatan utama.BAB I PENDAHULUAN A. Dengan ini lah pemerintah menjalan kan roda kegiatannya sehari-hari.distributor dan konsumen bahkan masyarakat dalam bidang tertentu. sebagai hasil dari operasi yang tidak menguntungkan terus-menerus atau kenaikan harga produknya atau hanya untuk mendorong untuk memperkerjakan tenaga kerja yang lebih seperti dalam kasus subsidi upah.pembangunan jembatan. membangun prasarana publik seperti jalan. Contohnya adalah subsidi ekspor untuk mendorong penjualan ekspor. Oleh karena itu.dll. Misalnya untuk mencegah penurunan dari industri misalnya. Subsidi adalah sebuah pembayaran oleh pemerintah untuk produsen. Latar belakang Penerimaan pajak merupakan salah satu sumber pendapatan pemerintah.subsidi harga bahan bakar minyak. Subsidi pada beberapa bahan makanan untuk menekan biaya hidup. dan subsidi pertanian untuk mendorong perluasan produksi pertanian dan mencapai kemandirian dalam produksi pangan 3 . dalam pembahasan ini penulis merasa perlu mengangkat permasalahan tentang pengaruh pajak pada keseimbangan pasar.membayar cicilan hutang Negara.

PENGARUH PAJAK PADA KESEIMBANGAN PASAR y y Dalam Pasar Bersaing Sempurna. 1. produsen akan menyesuaikan harga barangnya pada setiap tingkat produksi. PKB [Pajak Kendaraan Bermotor]. 1. Perubahan Fn dan KP [Keseimbangan Pasar]: y y y y Fungsi Permintaan Fungsi Penawaran Titik KP Mula-mula D: p = f (q) S: p = g (q) D=S.e. 1. Fn & Kurva S [supply/penawaran] akan berubah dan terjadi pergeseran dari Kurva S. Jika ada pajak atau subsidi. Analisis Grafik Dan Formulasi grafik 1. Pajak langsung.b. misalnya: PPh [Pajak Penghasilan]. Pajak per unit [t]. dan kurva S bergeser ke St] Pemerintah y Penerimaan pemerintah dari setoran pajak: 4 . permintaan konsumen hanya tergantung pada harga barang.c. Mekanisme: y t => pajak oleh produsen dimasukkan ke dalam komponen biaya produksi.a. Oleh karena itu Fn [fungsi] & Kurva D [demand/permintaan] tidak berubah dan terjadi pergerakan sepanjang Kurva D.e. 1.BAB II B. PPn [Pajak Penjualan]. Pajak menurut cara pemungutannya: y y 1. [kurva D tetap. 1. Pajak t: pajak yang dikenakan oleh pemerintah terhadap wajib pajak yang membeli barang tertentu dengan nilai nominal yang tetap & tidak dipengaruhi oleh harga barang yang bersangkutan. Pajak tidak langsung. PPN [Pajak Pertambahan Nilai]. pe) Setelah t Dt: p = f (q) St: p = g (q) + t Dt=St. pt) 1. Et (qt. E (qe. misalnya: PBB [Pajak Bumi dan atau Bangunan]. Dengan demikian. 2.d.

e.t=1 . 4. c. maka Fn Penawaran setelah subsidi adalah Ss: q = f (p + s). 5.y y ~ per unit: t ~ total: T = t.qs 1. Nilai sk dan Sk. e.t=2 . d Nilai sp dan Sp. Diketahui Fn D: p = 32 ± ½q² dan Fn S: p = 2q + 2.f.s=3 B. Jika ada s = 2: a. Jika ada t = 3: a. d Nilai tp dan Tp.s=1 .qs Produsen y y y Proodusen menerima subsidi: ~ per unit: sp ~ total: Sp = sp. Tentukan hal-hal berikut ini: 1. TKP mula-mula! 2. Dari Fn S barang tertentu di bawah ini. c. p = ½q + 3 p = q² ± 5q + 6 p = 15/(10 ± q) q = 2p ± 4 q = p² + 2p + 1 q = 2p² ± 4 . 3. Nilai T. Jika Fn S dinyatakan sebagai Fn Invers [q = f(p)]. tentukan bentuk Fn S yang baru setelah ada t atau s! 1. Gambar pengaruh t. Contoh soal A. Nilai S. TKP setelah s.t=2 .s=3 . 3. b. b. TKP setelah t. 5 . Nilai tk dan Tk.qt Konsumen y y y Konsumen menerima subsidi: ~ per unit: sk ~ total: Sk = sk. Gambar pengaruh s. 6. 2.

C. Permintaan akan suatu komoditas dicerminkan oleh Q = 12 ± 2P sedangkan penawarannya Q = -4 + 2P pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp. berapakah jumlah dan harga keseimbangan sesudah subsidi ? c.setiap unit barang. berapa bagian dari subsidi untuk konsumen dan produsen ? d. berapa subsidi yang diberikan pemerintah ? Jawab . a. 2. Fungsi penawaran setelah subsidi adalah F ( Q ) = P + S atau P = F ( Q ) ± S S0 P1 P2 S1 Q1 Q2 D Contoh Soal . a.PENGARUH SUBSIDI PADA KESEIMBANGAN PASAR Subsidi ( s ) adalah bantuan yang diberikan pemerintah kepada produsen terhadap produk yang dihasilkan atau dipasarkan. sehingga harga yang berlaku dipasar lebih rendah sesuai dengan keinginan pemerintah dan daya beli masyarakat meningkat.) Qd = Qs 6 Q = 12 ± 2P .. berapakah jumlah dan harga keseimbangan sebelum subsidi ? b.

12.. 4 ) b. s = 6 .6 = 6 ( Besar subsidi untuk produsen Rp.) SK = ( Po ± Ps ) Qs = (4±3)6 SK = 6 SG = Qs .12 ± 2P = -4 + 2P 4P P = 16 = 4 = 12 ± 8 = 4 ( Keseimbangan pasar sebelum subsidi So ( 4. Qs = ( 2 . 6 )= 12 7 .. 3 ) c.) d. 2 = 12 SP = S ± (( Po ± Ps ) Qs) = 12 ± (( 4 ± 3 ) 6 ) = 12 . 6.) Subsidi yang diberikan pemerintah SG = s .) Qd = 12 ± 2P Qs = -4 + 2P => => P = ½ Qd + 6 P = ½ Qs + 2 Pd = Pss -½Q+6 = ½Q Q P = ½Q P = 3 = 6 Pss = ½ Q + 2 ± 2 Pss = ½ Q ( Keseimbangan pasar setelah subsidi Ss ( 6.) ( Besar subsidi untuk konsumen = Rp.

kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. 8 . Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman susi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya..PENUTUP Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya.

DAFTAR PERPUSTAKAAN http://www.shvoong.com/2011/05/26/pengaruh-pajak-subsidi-terhadapkeseimbangan-pasar 9 .com/doc/26209351/kata-pengantar http://id.com/social-sciences/2099370-pengertian-subsidi http://arekpinter.scribd.wordpress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->