PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2006/2007
MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI, TANGGAL : RABU, 16 Mei 2007 WAKTU : 90 MENIT DOSEN : Drs. Agus Purwanto, MSi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. Apakah yang dimaksud dengan postulat Koch ? Apakah kepentingannya dalam mikrobiologi medik ? 2. Bagaimanakah kontribusi Pasteur, Winogradsky, dan Beijerinck terhadap penelitian pengaruh mikrobia pada bahan organik dan anorganik ? 3. Gambarkan sebuah sel bakteri dan berilah keterangan semua struktur yang penting ! 4. Sebutkan 6 (enam) fungsi membran sel bakteri ! 5. Apakah yang dimaksud dengan kemotaksis ? Bagaimanakah bakteri memberikan respon terhadap ”chemoattractants” ? 6. Mengapa endospora Bacillus anthracis sangat tahan terhadap panas ? Jelaskan ! 7. Apakah yang dimaksud dengan nutrien ? Berdasarkan apakah pembagian nutrien menjadi makronutrien dan mikronutrien ? 8. Apakah perbedaan transpor substrat ke dalam sel bakteri melalui difusi pasif, dan difusi terbantu ? 9. Apakah perbedaan komposisi dan struktur dinding sel bakteri gram positif dan gram negatif ? 10. Strtuktur apakah yang digunakan bakteri untuk melekat pada suatu permukaan ? Dan struktur apakah yang digunakan bakteri untuk menyimpan karbon, fosfat, dan substansi yang lain di dalam selnya ? 11. Apakah yang dimaksud dengan faktor tumbuh ? Sebutkan tiga kelompok utama yang merupakan faktor tumbuh ! 12. Bagaimanakah ”siderofor” terlibat dalam transpor besi (Fe) ke dalam sel bakteri ? 13. Jelaskan perbedaan media sintetik, media komplek, media selektif, dan media diferensial ! 14. Apakah yang dimaksud ”kultur / biakan murni ? Sebutkan 3 (tiga) teknik yang dapat digunakan untuk mendapatkan biakan murni ! 15. Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan ? Berikan gambaran ke empat fase dari kurva pertumbuhan dalam sebuah sistim tertutup dan faktor- faktor penyebab terjadinya !

b) saringan bakteri. Mengapa produksi ATP pada respirasi aerobik lebih tinggi dibandingkan pada proses respirasi anaerobik ? Jelaskan ! 11. 1 Agustus 2007 WAKTU : 75 MENIT DOSEN : Drs. Pilihlah 10 (sepuluh) soal dan jawablah dengan singkat dan benar ! 1. MSi. fakultatif anaerob. TANGGAL : RABU. Sebutkan 4 (empat) contoh fermentasi mikrobia secara umum ! 13. Apakah pasteurisasi dapat mensterilkan minuman ? Jelaskan ! 7. Apakah perbedaan antara bakteri obligat aerob. Apakah yang dimaksud dengan respirasi anaerobik ? Sebutkan satu contoh respirasi anaerobik ! 10.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN PERBAIKAN AKHIR SEMESTER GENAP 2006/2007 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. Apakah senyawa antara kunci y ang dihasilkan pada jalur Entner-Doudoroff dalam proses pemecahan gula menjadi piruvat ? 8. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan sterilisasi ! Bagaimanakah cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kondisi steril ? 5. Apakah yang dimaksud rantai transpor elektron dalam proses metabolisme aerobik ? 9. Bagaimanakah strategi yang dilakukan oleh mikroorganisme dalam proses fermentasi untuk menghasilkan ATP ? 12. Mengapa mikroorganisme sulit untuk tumbuh pada nilai aw (aktivitas air) yang rendah ? 3. Apakah perbedaan respirasi aerobik dan respirasi anaerobik ? 15. Bagaimanakah cara mikroorganisme dalam mendegradasi monosakarida dan polisakarida internal dan eksternal ? 14. Sebutkan 6 (enam) faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja agen antimikrobia ! 6. Apakah yang Saudara ketahui tentang : a) bakteriostatik. Agus Purwanto. Apakah yang dimaksud dengan ”compatible solutes” ? Jelaskan ! 2. obligat anaerob ? 4. dan c) fosforilasi tingkat substrat ? .

Apakah yang dimaksud fotosistem I dan fotosistem II dalam proses fotosintesis ? 10. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. Sebutkan substrat tunggal yang digunakan dalam siklus Krebs ! 5. Apakah fungsi katabolik dan anabolik jalur pentosa fosfat ? 4. Apakah perbedaan sterilisasi dengan penggunaan autoklaf dan oven ? Jelaskan ! 3. Sebutkan 6 (enam) kondisi yang mempengaruhi efektivitas kerja agen antimikrobia ! 2. Apakah yang dimaksud denitrifikasi dalam respirasi anaerobik ? 8. TANGGAL : SENIN. Sebutkan 2 (dua) mekanisme pemecahan (katabolisme) disakarida dan polisakarida ! 9. Apakah perbedaan fotofosforilasi siklik dan fotofosforilasi non-siklik ? . 31 Juli 2006 WAKTU : 75 MENIT DOSEN : Drs. Apakah perbedaan antara fermentasi alkoholik dan fermentasi asam laktat ? 6. Agus Purwanto. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan fosforilasi tingkat substrat ! 7.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN PERBAIKAN SEMESTER GENAP 2005/2006 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. MSi.

H.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2007/2008 MATA KULIAH : MMIKROBIOLOGI HARI. Sebutkan 4 (empat) contoh bakteri pembentuk endospora yng penting secara medik ! . Mengapa sejumlah bakteri membutuhkan faktor tumbuh untuk pertumbuhannya ? Jelaskan ! 5. Sebutkan kompleks enzim yang mengkatalisis transpor glukosa ke dalam sel E coli ? 8. sedangkan bakteri aerobik tidak ? Jelaskan ! 9. Jelaskan 2 (dua) mekanisme dasar sintesis ATP ! 3. Buatlah diagram alir blok-blok reaksi yang terlibat dalam oksidasi glukosa menjadi CO2 ? 4. Apakah perbedaan komponen rantai respirasi pada mitokondria dan E coli ? 7. Agus Purwanto. MSi. 12 November 2007 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. TANGGAL : SENIN.N dibutuhkan dalam konsentrasi tinggi (> 10-4 M) dalam proses metabolisme bakteri ? 2.O. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. Mengapa bioelemen mayor C. Mengapa bakteri obligat anaerobik seperti clostridium dan bakteri metanogenik mati apabila terdedah udara. a) Apakah fungsi kapsul pada bakteri ? b) Apakah fungsi membran sitoplasmik mikrobia ? 10. Apakah perbedaan mikroorganisme fototrof dan kemotrof ? Jelaskan ! 6.

Apakah kompleks enzim yang mengkatalisis proses transpor glukosa ke dalam sel E. MSi. Apakah keuntungan ekologik bakteri yang mampu berenang (motil ) ? 6. Buatlah daftar komponen-komponen penting struktur sel bakteri beserta fungsinya ! 4. b) Bacillus anthracis. TANGGAL : SENIN. c) Vibrio chloerae ? 5. Apakah fungsi utama dinding sel bakterial ? 8. b) anaerob obligat. Apakah perbedaan fosforilasi transpor elektron dan fosforilasi tingkat substrat ? 10. Agus Purwanto. Apakah fungsi pili dan fimbriae ? 7. 19 November 2007 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. Apakah bentuk sel-sel bakteri berikut ini : a) Staphylococcus aereus. Bioelemen minor biasanya berfungsi sebagai kofaktor enzim.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2007/2008 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. Enzim-enzim apakah yang diperlukan oleh sel mikrobia dengan adanya oksigen untuk mendetoksifikasi terbentuknya radikal-radikal oksigen ? 3. coli ? . Apakah maksudnya ? 9. c) anaerob fakultatif ? 2. Bagaimanakah respon mikrobia berikut ini terhadap oksigen atmosferik : a) mikroaerofilik.

motil) ? Jelaskan 5 (lima) fungsi kapsul pada bakteri ? Buatlah tabel perbandingan sifat bakteri gram positif dan negatif ! Apakah fungsi membran sitoplasmik bakterial ? Sebutkan 5 (lima) species bakteri pembentuk spora yang penting secara medik ! Apakah fungsi unsur : a) C.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2007/2008 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. b) Fosforilasi tingkat substrat ? . b) Mengapa Apakah yang saudara ketahui tentang : a) ATP sintase. Agus Purwanto. 12 November 2007 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. 6. Apakah keuntungan ekologik bakteri yang mampu bergerak (berenang. 3. Sebutkan 4 (empat) makromolekul yang menyusun bahan seluler (jenis makromolekul. MSi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. dan tempat didapatkan di dalam sel) ! 2.O.H. 5. subunit penyusun. 4. TANGGAL : SENIN. 7.N.

masing satu contoh fungsi katabolik dan anabolik pada jalur pentosa fosfat ! 11. Agus Purwanto. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 8. Sebutkan senyawa antara (“intermediate”) kunci pada jalur Entner-Doudoroff !. Bagaimanakah Escherichia coli melakukan asimilasi ammonia pada konsentrasi yang rendah (< 1mM) ? 4. Agus Purwanto. TANGGAL : SENIN. Sebutkan proses metabolisme yang membutuhkan ATP paling besar ! 2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. b) Sebutkan substrat tunggal dalam siklus TCA (Suklus Krebs) ! 12. 10. MSi. Sebutkan 2 (dua) mekanisme dasar sintesis ATP ! Buatlah diagram alir semua reaksi yang terlibat dalam oksidasi glukosa menjadi CO2 ? Sebutkan masing.UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2005/2006 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. 22 November 2005 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. Sebutkan 4 (empat) senyawa yang berperan sebagai substrat (prekursor metabolik) dalam sintesis asam amino ! 3. b) Fosforilasi tingkat substrat ? PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2005/2006 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. 13. Apakah yang dimaksud dengan rantai transpor elektron ? Apakah yang saudara ketahui tentang : a) ATP sintase. 9. 30 Januari 2006 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. TANGGAL : SELASA. Apakah perbedaan 3 (tiga) mekanisme penyerapan substrat ke dalam sel bakteri (substrate entry to cell) ? . Apakah perbedaan proses transpor substrat glukosa dan fruktosa ke dalam sel yang merupakan tahap awal metabolisme pada Escherichia coli ? 5. MSi.

PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2004/2005 MATA KULIAH HARI. Apakah perbedaan antara fermentasi dan respirasi anaerobic ? Jelaskan ! . Sebutkan 3 (tiga) jalur katabolisme yang dapat dipergunakan oleh mikroorganisme untuk mendegradasi gula menjadi piruvat ! 8. tekanan uap. MSi. 25 JULI 2005 : 90 MENIT : Drs. Sebutkan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri ! 2. dan sanitasi ? 4. Sebutkan kondisi-kondisi yang mempengaruhi keefektifan aktivitas agen antimikrobial ! 5. Agus Purwanto. Apakah substrat tunggal yang dipakai dalam siklus asam trikarboksilat (TCA atau siklus Krebs) ? 9. Apakah yang Saudara ketahui tentang rantai transpor elektron ? 10. Apakah yang dimaksud dengan pasteurisasi ? Apaakah perbedaannya dengan penggunaan UHT (ultrahigh temperature) ? 6. Berapakah temperatur. TANGGAL WAKTU DOSEN Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah : MIKROBIOLOGI : SENIN. dan lama waktu yang diperlukan untuk sterilisasi dengan autoklaf ? 7. ini ! 1. desinfeksi. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan sterilisasi ! Apakah perbedaannya antara sterilisasi. Apakah perbedaan antara bakteri fakultatif anaerob dan obligat anaerob ? 3.

Apakah yang Saudara ketahui tentang : a) denitrifikasi. TANGGAL : SENIN. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ! 1. Berapakah jumlah ATP total yang dihasilkan dari setiap mol glukosa selama respirasi aerobik ? 8. Apakah perbedaan antara asidofil. b) desinfeksi. Apakah substrat awal dan produk akhir yang dihasilkan dalam jalur glikolisis ? 6. c) bakteriostatik ? . Sebutkan 2 (dua) mekanisme proses katabolisme (pemecahan) disakarida menjadi monosakarida ! 10. AGUSTUS 2005 WAKTU : 60 MENIT DOSEN : Drs. Bagaimanakah cara mikroorganisme untuk beradaptasi terhadap lingkungan hipertonik dan hipotonik ? Jelaskan ! 2. dan alkalofil ? 3. Bagaimanakah cara melakukan pasteurisasi air susu ? 4. Sebutkan 2 (dua) agensia kimia yang dapat digunakan untuk pengendalian mikroorganisme ! 5. MSi.PROGRAM STUDI BIOLOGI LINGKUNGAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS WIDYA MANDALA MADIUN UJIAN PERBAIKAN SEMESTER GENAP 2004/2005 MATA KULIAH : MIKROBIOLOGI HARI. Apakah yang dimaksud dengan fermentasi ? Sebutkan salah satu contoh fermentasi miklrobial ? 9. neutrofil. Agus Purwanto. Sebutkan senyawa antara kunci dalam jalur Entner-Doudoroff ! 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful