(Bab.

I) Pertemuan 1-2(Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap) MENGENAL PROGRAM APLIKASI GRAFIS Istilah grafik atau grafis terkait dengan gambar ataupun tulisan. Apa sajakah yang disebut grafik? Gambar apa saja, foto, lukisan, bahkan tulisan dapat digolongkan sebagai grafik? Namun, grafik dalam istilah yang berhubungan dengan komputer merupakan gambar digital yang bisa dimanipulasi. Dalam pembahasan grafis komputer, anda akan mengenal beberapa tipe grafik dan beberapa perangkat lunak aplikasi pengolahnya. Mengingat banyaknya program aplikasi grafis yang beredar di pasaran, anda perlu mengetahui jenis jenisnya serta kelebihan dan kekurangannya agar tidak salah memilih. Adanya kamajuan teknologi komputer yang didukung oleh perkembangan perangkat lunak atau Software makin memudahkan kita melakukan aktifitas dalam pekerjaan kita. Contohnya dalam pembuatan brosur (brochure), selebaran (leaflet), ataupun pamflet. Tahukah anda dengan program aplikasi apa brosure dan selebaran dibuat? Ada banyak kemungkinan jawaban, bisa menggunakan program pengolah kata biasa ataupun menggunakam program aplkasi khusus grafis. Pertanyaan yang lebih tepat adalah: software apakah yang cocok untuk membuat brosure dan selebaran itu? Mengingat brosure dan selebaran yang menarik biasanya menyertakan gambar dan huruf-huruf yang cukup atraktif, software yang cocok digunakan tentu saja software aplikasi grafik komputer atau kita sebut software aplikasi grafis. Software aplikasi grafis apakah yang cukup praktis dan mudah kita gunakan? Untuk menentukan software aplikasi grafis yang tepat, kita perlu menentukan dulu tipe grafik (graphics) yang akan kita buat. Apa sajakah tipe-tipe grafik yang bisa kita buat dan apa kelebihan serta kekurangannya? Silahkan anda pelajari bab ini untuk dapat menjawab pertanyan-pertanyan itu. A. TIPE-TIPE GRAFIK KOMPUTER Sebelum membahas lebih lanjut, anda perlu memahami dulu bahwa istilah grafik disini berbeda dengan istilah grafik pada frase grafik xy, grafik batang, ataupun grafik kelulusan siswa. Grafik dalam hal ini merupakan kata lain dari citra visual (image), atau secara umum kita sebut sebagai gambar . Dalam dunia kmoputer terutama dibidang desain dan grafika dikenal dua tipe grafik yaitu grafik vektor dan grafik bitmap. 1. Grafik Bertipe Vektor Grafik dengan tipe (atau format) vector merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koor dinat geometris gambar tersebut. Objek vector banyak digunakan dalam pembuatan desain teks dan logo.

Oleh karena itu format bitmap paling tepat digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit seperti foto dan lukisan digital.jpeg.png.tif. sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya. pelajari table perbandingan keduanya berikut ini.wmf (windows metafile) atau sesuai dengan software aplikasi grafis pembentuknya. Untuuk gambar-gambar sederhana seperti bangun geometri yang tidak terlalu rumit pewarnaannya. Dalam bentuk file. 3.jpg. Grafik Bertipe Bitmap Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Perbandingan antara grafik vektor dan grafik bitmap Mana yang harus dipilih ketika kita akan membuat suatu gambar grafis. Namun.eps (encapsulated postscript). anda disarankan emnggunakan tipe vektor. Citra atau grafik vector merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan gambar-gambar yang harus bisa dipertahankan ketajaman serta kehalusannya ketika ukurannya siubah-ubah (diperbesar ataupun diperkecil). Citra bitmap menggunakan titiktitik bewarna yang disebut pixel (picture element). citra bitmap biasanya memiliki format *. Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Grafik Bitmap Grafik Vektor Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna Terdiri atas kurva dan garis berdasarkan rumus tertentu matematis Resolution Dependent Resolution Independent Memerlukan ruang penyimpanan yang relatif Memerlukan ruanga penyimpanan yang relative . *. Grafik vektor juga hanya memerlukan ruang penyimpanan yang relatif kecil (hemat) sehingga media penyimpanan di Komputer anda tidak cepat penuh. ataupun *. yaitu gambar vector bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada tingkat resolusi gambar sebesar apapun tampa kehilangan kahalusan dan ketajamannya. *. Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan gambar.bmp. *. tipe vektor ataukah tipe bitmap? Untuk membantu menentukan pilihan. Akibatnya gambar bisa kehilangan deatail dan juga terlihat kotak-kotak (jagged) jika ukurannya diperbesar atau resolusinya diperkecil dari resolusi aslinya citra dengan format bitmap ini memrlukan ruang penyimpanan data yang relative besar. citra vektor biasanya memiliki format *. format bitmap mempunyai kelemahan dimana setiap tampilan sangat tergantung pada pada resolusi gambar (istilahnya: resolution dependent) artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti (tetap). gambar yang dihasilkan oleh kamera digital ataupun scanner anda akan ditransfer kekomputer dalam bentuk citra bitmap. Dalam bentuk file.Kualitas hasil tampilan vector tidak tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution independent). *. 2.

lebih besar lebih kecil Cocok untuk gambar yang detail dengan gradasi Cocok untuk gambar dengan warna sederhana warna yang rumit. Bagaimanakah cara menghasilkan file grafik dengan tipe-tipe tertentu? Kita memerlukan suatu program aplikasi grafis tertentu pula. . 4.blue) dan mode CMYK (cyan. Resolusi dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah pixel seperti misalnya 800 X 600 atau 1024 X 768. Ada tipe-tipe file gambar yang terkompresi. a. seperti file gambar yang berektensi jpg dan jpeg.1 Apakah yang dimaksud dengan citra grafis Komputer? Apakah yang dimaksud resolusi citra grafis? Jelaskan perbedaan antara grafis bitmap dan grafis vektor? Apakah perbedaan antara mode warna CMYK dan RGB? 1. 2. Pixel merupakan ciri suatu citra bitmap sehingga resolusi dapat menjelaskan kualitas suatu citra bitmap. Masing-masing tipe file memiliki sifat karakteristik tertentu. resolusi dan tipe file. jika dilakukan konversi suatu citra vektor ke citra bitmap (istiahnya: resterize). Mode RGB biasanya bagus digunakan untuk visualisasi dimonitor computer. Tipe File Ada beberapa tipe file gambar grafis komputer. yang bearti makin halus gambarnya. c. Ada beberapa mode pewarnaan citra. atribut resolusi tidak dimiliki oleh citra ini. makin tinggi resolusi suatu citra. File-file gambar bertipe jpg dan jpeg tersebuut cukup menghemat ruang penyimpanan dikomputer anda karena ukurannya yang relative kecil. Warna grafik suatu citra dapat memilik warna lengkap (color) atau hanya memiliki warna hitam putih saja (BW: black-white atau grayscale). Jika merupakan atribut asli (belum diproses). dan file bertipe eps untuk citra vektor. green. citra vektor dapat diberi atribut resolusi tertentu. Resolusi dapat juga dinyatakan dalam satuan dpi dot per inch) atau ppi (pixel per inch) atau pun pixel per cm. balck).yellow. diantaranya adalah mode RGB (red. Atribut-atribut pada citra grafis komputer Yang dimaksud dengan atribut pada citra grafis komputer meliputi warna. (tidak rumit) 4. LATIHAN SATU 1. Untuk standar dipercetakan atau penerbitan biasanya digunakan file bertipe tiff atau tif untuk citra bitmap. Namun. Resolusi Grafik Resolusi merupakan jumlah pixel yang dimiliki suatu citra. makin tinggi kualitasnya. 3. b. oleh karena suatu citra vektor bersifat resolution independent. magenta. sedangkan mode CMYK biasanya digunakan untuk pencetakan dengan separasi warna.

Desainer rumah (arsitek) dan desainer mobil. kenyataannya. Salah satu program penolah grafis 3D yang banyak digunkaan adaalah Autocad. apakah foto yang ditransfer dari kamera digital kekomputer anda merupakan citra 2D atau 3D? jika anda dapat melihat gamabar keseluruh tubuh anda di layar komputer. CAD=computer aided desaign.dintara program-program aplikasi yang disebutkan diatas. bearti citra tersebut merupakan citra 3D. seperti apakah citra 3D? jika gamabr yang ada dikomputer (misalnya gamabar orang) dapat dilihat dari sisi samping. yang termasuk program aplikasi grafis bitmap adalah: windows paint. Namun jka tertarik pada bidang teknik .arsitektur)banyak yang memanfaatkan software ini. autocad. Macromedia Freehand. bearti gambar tersebut merupakan citra 3d. Selain dikelompokkan berdasarkan tipe citra (bitmap ataukah vektor) yang dihasilkannya. sesuai dengan namanya. sebagian diantaranya adalah. program aplikasi tersebut dapat juga dikelompokkan berdasarkan cara mengolah citra. Ada banyak sekali program aplikasi grafis yang beredar di pasaran. windows paint. Maya 3D.5. adobe photoshop. Apakah yang dimaksud dengan istilah rasterize? Pertemuan 3-4(Menunjukkan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap) B. Sekarang anda akan mempelajari beberapa program (software) aplikasi grafis yang digunakan untuk membuatnya.anda seperti melihat sebuah patung nyata. Namun dalam kenyataannya software aplikasi ini agak sulit dipelajari dan memakan waktu relative lama terutama bagi pemula sehingga jarang diajarkan pada siswa sekolah. Corel photopaint dan adobe Ilustrator. yaitu dikelompokkan menjadi program aplikasi grafis 2 dimensi (2d) dan program tiga dimensi (3D). mesin. PROGRAM APLIKASI PENGOLAH GRAFIK Anda sudah mengenal tipe-tipe citra grafik dan beberapa karakteristiknya. Software autocad banyak digunakan untuk desain 3D dimensi. atas maupun bawah. gambar atau poto anda di omputer merupakan citra 2d. atau mahsiswa teknik (sipil. jadi. Adobe Photoshop. Sedangkan sisanya adalah program aplikasi grafis berbasis vektor. Corel photopaint. yaitu: program aplikasi grafis berbasis bitmap dan program aplikasi berbasis vektor. Program alikasi grafis tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua golongan besar. belakang. swift 3d. Hampir semua aplikasi pogram grafis 3D adalah pengolah vektor. coreldraw.

dibandingkan dengan grafik bitmap. MEMILIH PROGRAM APLIKASI GRAFIS Program aplikasi grafis apakah yang cocok anda gunakan? Anda sudah dibekali pengetahuan tentang tipe-tipe citra grafis seta atribut-atributnya. ranking grafik vektor lebih c. bitmap d.dan desain grafis anda bisa mempelajarinya secara mandiri sedikit demi sedikit sehingga jika nanti anda menjadi mahasiswa. Untuk program aplikasi grafis berbasis vektor.2 1. file b. visual e. anda sudah mahir menggunakannya. audio d. Jelaskan arti istilah CAD? C. supported e. sebaiknya anda memilih program aplikasi yang sederhana dan relatif mudah dipahami. vektor b. Ada lagi satu pengetahuan yang cukup penting bagi anda. carver a. terang deretan titik dengan warna tertentu c. program aplikasi grafsi yang tersedia menawarkan fasilitas yang beragam. Grafik vektor bersifat resolution c. Untuk program aplikasi grafis berbasis bitmap. Istilah grafik komputer berhubungan a. besar e. gelap 3. gradation 2. LATIHAN 1. Soal pilihan ganda 1. anda bisa memilih macromedia freehand yang cukup mudah dan praktis atau Corel draw yang lebih lengkap fasilitasnya. Ada yyang sekedar member fasilitas pembuatan gambar (image creator) ada pula yang menawarkan fasilitas pengolahan citra (image processing) yang lengkap. untuk memulai belajar (sebagai pemula). kecil d. numeric a.ada banyak pilihan namun. Grafik komputer yang terdiri dari atas b. detail disebut grafik . raster e. reduction iinformasi c. Digital e. Sebutkan (minimal 3) program aplikasi grafis berbasis vektor? 2. Analog d. statistik a.3 1. anda bisa memilih windows paint yang sederhana atau adobe Photoshop yang lebih fleksibel serta lengkap fasilitasnya. metafisika c. pixel dengan tipe data b. independent a. Sebutkan (minimal 3) program aplikasi grafis berbasis bitmap? 3. ranking 7. dependent d. sebuah grafik komputer mengandung b. statistik 8.

vektor c. picture 10.tif. pie diproses menggunakan program aplikasi c. software manakah yang lebih anda pilih untuk mengedit foto digital anda. dpi e. batang 9. *. grafik computer yang tersusun dari elemen kurvaa atau garis (stroke). Apakah yang dimaksud dengan resolusi grafik? 3. kelompokkan tipe-tipe file berikut berdasarkan jenis grafiknya (bitmap atau vector) *. pie b.eps. deretan titik-titik pada grafik raster dikenal a. image creator. bitmap e. Jelaskan istilah-istilah berikut ini: jagged. jagged c. jika perlu anda bisa mencari informasi di internet ataupun majalah komputer. pixel c. *. *.jpeg. bitmap d. angka b. dan isinya (fill) dikenal dengan nama grafik Soal essay 1. sebuah foto dari kamera digital yang akan dicetak dalam sebuah majalah sebaiknya b. vektor grafis pengolah 4. raster d. *. pic grafik bertipe 5. 2. kata dengan sebutan b.a. mapping e. windows paint ataukah adobe photosop? Jelaskan alasan anda? . image processor? 4. Istilah lain dari grafik bitmap adalah a. dot d. *.tiff ? 5.jpg. bantang a.4 1.wmf. vektor d. bitmap d. render e. Buatlah table berisi pembagian kategori program aplikasi grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap? Tulis sebanyak mungkin program aplikasi yang anda ketahui. file berektensi eps biasanya merupakan c. mapping e. suara a. vector 6. pixel b.

dan help.seperti pada bagian menu toolbox rectangle tool diklik kanan maka akan muncul ellips tool. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca di Photoshop-bab2. secara umum menu-menu yang terdapat dalam photoshop terdiri atas pulldown menu dan toolbar menu atau toolbox. Manipulasi gambar digital merupakan proses menjadikan tampilan berbeda dengan sebelumnya dengan penambahan element dari citra lain atau dengan menggunakan fasilitas filter dan efek dari program aplikasi grafis seperti photoshop ini. rectangle tool (untuk menggambar bentuk segi empat).line tool. dan lain-lain. Setelah terdapat dikomputer anda program photoshop dapat diaktifkan melalui star menu ataupun doble klik ikon shortcut-nya didekstop.pdf . zoom tool (untuk memperbesar tampilan gambar).layer. seperti: mengatur bentuk objek (shape tool).image. klik menu file+new. Kemudian tentukan Width (lebar) dan height (tinggi). efesiensi dan kemudahan dalam penggunaan. sedangkan menu toolbox yaitu memuat beberapa menu editing gambar. Kelengkapan yang diberikan adobe photoshop dimaksudkan untuk memberikan fleksibelitas. setelah terbuka/aktif anda akan menenmui tampilan lingkungan kerja photoshop tanpa kanvas.windows. Gaombar atau citra yang dapat dimanipulasi menggunakan komputer adalah gambar digital. untuk memunculkan canvas baru atau ingin membuat file baru.filter.II) MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Adobe photoshop merupakan salah satu aplikasi desaign grafis yang banyak digemari dikalangan desainer grafis dan pengolahan citra foto (image processing).polygon tool. Bagian menu inilah yang disebut / dikenal densebagai Flyout. Pulldown menu teridiri dari: file. Microsoft exel (pengolah angka) dan yang lainnya.edit. Dalam beberapa menu toolbox terdapat menu-menu lagi dibawahnya dikenal sebagai Flyout. Menu dan icon yang terdapat pada aplikasi photoshop.(Bab.view.select. custom shape tool. sehingga kita dapat menyunting image dengan kualitas yang baik. Untuk mengaktifkan program potoshop sama halnya dengan cara kita mengaktifkan program-program aplikasi seperti Microsoft word (pengolah kata). rounded rectangle tool. Adobe photoshop terus diperbaiki performa dan toolnya untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan professional image editing dan processing. untuk pemula yang lain biarkan aja seperti adanya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful