Standar Kompetensi 4

:

MENGEVALUASI DAMPAK GLOBALISASI

Kompetensi Dasar : 1. MENDESKRIPSIKAN PROSES. ASPEK DAN DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA o Menjelaskan pengertian globalisasi o Menjelaskan proses globalisasi o Menjelaskan aspek globalisasi o Mengemukakan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara .

masyarakat global. . globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini terinkorforasi (tergabung) ke dalam masyarakat dunia tinggal. . globalisasi adalah suatu rposes dengan mana kejadian. globalisasi adalah terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.John Huckle.Marthin Albrow.PENGERTIAN GLOBALISASI .Selo Soemarjan. dan kegiatan adalah satu bagian dunia menjadi suatu konsekwensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah jauh . terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. pariwisata dan komunikasi. Globalisasi merupakan kecenderungan masyarakat di kota-kota untuk menyatu dengan dunia. keputusan.

pembagian kerja internasional yang baru. karakteristik globalisasi adalah kecebderungan menyatunya internasionalisasi produksi.Robert Cox. globalisasi adalah jaringan kerjasama global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan yang saling menguntungkan dan persatuan dunia . membuat negara sebagai agen globalisasi baru ..Emmanuel Richter. perpindahan penduduk dari selatan ke utara lingkungan kompetitif baru yang mempercepat proses itu dan internasionalisasi negara.

perubahan dari sentralisasi ke desentralisasi 6. perubahan dari bantuan institusional ke bantuan diri sendiri 7. Proses globalisasi ditandai dengan cepat dan pesatnya teknologi informasi dan komunikasi. perubahan dari pilihan satu diantara dua menjadi banyak pilihan . perubahan dari teknologi yang mengandalkan tenaga (forced technology) ke teknologi canggih (hight technology) 3. perubahan dari jangka pendek ke jangka panjang 5.Sepuluh perubahan dalam proses globalisasi menurut John Naisbitt dan Patricia Aburdene. .Proses globalisasi disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. yaitu : 1. perubahan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi 2. perubahan dari sistem hierarki ke jaringan kerjasama (network) 9. perubahan dari wilayah utara ke wilayah selatan 10. perubahan dari demokrasi refresentatif/perwakilan ke demokrasi partisipatif 8.PROSES GLOBALISASI . perubahan dari ekonomi nasional ke ekonomi dunia 4.

transportasi dan komunikasi yang diperkuat oleh tatanan dan manajemen yang tangguh 2. Didukung kecepatan informasi. Pendidikan merupakan bagian dari globalisasi . teknologi canggih. Telah melampaui batas tradisional geopolitik 3.CIRI-CIRI GLOBALISASI ( Hamijoyo ) 1. Mempertemukan tatanan yang sebelumnya sulit dipertemukan 4. Adanya ketergantungan antar negara 5.

diantaranya : o Bidang Politik o Bidang Ekonomi o Bidang Sosial Budaya .ASPEK-ASPEK GLOBALISASI Secara umum proses globalisasi mencakup semua aspek kehidupan manusia.

DAMPAK POSITIF GLOBALISASI  Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi  Munculnya masyarakat yang mega kompettitif  Keinginan melakukan sesuatu dengan kualitas yang terbaik  Terjadinya peninglkatan kualitas hidup  Masyarakat menjadi lebih dinamis. aktif dan kreatif .

DAMPAK NEGATIF GLOBALISASI  Beralihnya masyarakat agraris menjadi masyarakat industri  Menimbulkan keguncangan. ketimpangan dan pergeseran nilai budaya  Perubahan prinsip kehidupan bersama menjadi individualis  Rendahnya kualitas sumber daya manusia akan terseret arus globalisasi  Bergesernya jati diri bangsa ke arah liberalisasi .

Kompetensi Dasar : 2. MENGEVALUASI PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA INDONESIA o Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia o Menunjukkan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi .

antara lain :  Makin menguatnya paham liberalisme  Melemahnya ideologi komunis dalam kehidupan sosial politik  Menguatnya sistem pemerintahan demokrasi  Menguatnya jaminan dan tuntutan penegakan HAM .PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA Di bidang politik.

antara lain : o Mempercepat pertumbuhan ekonomi o Munculnya pasar global. antara lain : o Terjadinya perubahan pola kehidupan suatu bangsa o Terjadinya pergeseran nilai sosial budaya dalam kehidupan bangsa .Di bidang ekonomi. seperti AFTA dan AFLA o Adanya persaingan pasar yang cukup tinggi Di bidang sosial budaya.

PENGARUH NEGARA LAIN TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA SEBAGAI DAMPAK GLOBALISASI o Berkembangnya faham liberalisme O Penerapan teknologi komunikasi dan informatika O Gaya hidup bebas .

Kompetensi Dasar : 3. MENENTUKAN SIKAP TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA INDONESIA o Menentukan posisi terhadap implikasi pengaruh globalisasi dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia o Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi .

POSISI SIKAP BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPLIKLASI GLOBALISASI O Menyadari bahwa kita merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat global O Kita tidak bisa menutup diri dan harus bersikap terbuka terhadap pengaruh global .

SIKAP SELEKTIF TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI o Menerima pengaruh global sepanjang tidak bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia o Mempertahankan nasionalisme Indonesia o berpegang teguh pada norma-norma yang berlaku dan senantiasa berusaha menerapkannya dalam kehidupan .

Kompetensi Dasar : 4. MEMPRESENTASIKAN TULISAN TENTANG PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA o Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia o Mempresentasikan karya tulis tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia .

‡ Buatlah Karya Tulis secara kelompok dengan anggota 3 atau 4 orang. sistematikanya : Bab I Pendahuluan Bab II Permasalahan Bab III Pembahasan Masalah Bab IV Kesimpulan dan Saran ‡ Presentasikan .

Berhati-hatilah terhadap pengaruh negatif globalisasi ! Pelihara dan pertahankan jati diri bangsa kita ! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful