P. 1
Taenia Saginata (Kel 1) Stikes WHS

Taenia Saginata (Kel 1) Stikes WHS

|Views: 43|Likes:
Published by Dwie DeeCuppu Blue

More info:

Published by: Dwie DeeCuppu Blue on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2012

pdf

text

original

TAENIA SAGINATA

Cacing pita dari sapi, telah dikenal sejak dahulu, akan tetapi identifikasi cacing tersebut baru menjadi jelas setelah tahun 1782, karena karya Goeze dan Leuckart. Sejak itu, diketahui adanya hubungan antara infeksi cacing Taenia Saginata dengan larva sistiserkus bovis, yang ditemukan pada daging sapi. Bila seekor anak sapi diberi makan proglotid gravid cacing Taenia saginata, maka pada dagingnya akan ditemukan

sistiserkus bovis (Sutanto, 2008).

Hospes difinitif Hospes perantara, Nama Penyakitnya

manusia sapi kerbau. Taeniasis saginata

Penyebaran cacing adalah kosmopolit, didapatkan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia,Amerika Utara, Amerika Latin, Rusia dan juga Indonesia yaitu Bali dan Jakarta (Sutanto,2008). Penyakit ini relatif umum di Afrika , beberapa bagian Eropa Timur ,Filipina ,dan Amerika Latin. Manusia terinfeksi ketika mereka makan daging sapi yang tidak dimasak sepenuhnya (Anonim, 2011). Parasit ini ditemukan di mana saja di mana daging sapi dimakan, bahkan di negara- negara seperti Amerika Serikat di mana ada kebijakan yang ketat sanitasi federal. Di AS kejadian terinfeksi rendah, bagaimanapun, 25% dari sapi yang terinfeksi masih dijual (Anonim, 2011).

Klasifikasi
Kingdom : Animalia Phylum : Platyhelminthes Class : Cestoda Ordo : Cyclophyllidea Family : Taeniidae Genus : Taenia Species :Taenia saginata (Purnomo, 1987)

TELUR
Ukuran : 30-40 µm Kulit sangat tebal, halus, dengan garis-garis silang. Warna kulit kuning gelap coklat. Isi kuning terang abu-abu. Berisi masa bulat bergranula yang di liputi dengan membran yang halus dengan tiga pasang kail berbentuk lanset yang membias, kadangkadang telur berada mengambang didalam Kantung yang transparan.

-

-

Berwarna putih tembus cahaya. Panjangnya 4 ² 12m, dan juga dapat mencapai 24 meter .

€

Skoleks berbentuk segi empat dengan diameter 1-2mm.

€ €

Mempunyai 4 alat isap. Dan tidak mempunyai rosttelum maupun kait.

€ €

Bentuk leher sempit, memanjang. Lebarnya 0.5 mm.

€ € € € € € € € € €

Sakit ulu hati Perut merasa tidak enak Mual Muntah Diare Pusing Anoreksia Penurunan berat badan Sembelit gangguan pencernaan kronis

€

Taenia

saginata

tersebar

diseluruh

dunia

(Kosmopolit). dinegara yang

Cacing ini sering ditemukan penduduknya mengkonsumsi

daging sapi atau kerbau.
€

Cacing ini bisa terinfeksi oleh manusia karena mengkonsumsi daging yang kurang matang saat pengolahannya.

€ Kuinakrin, € Amodiakuin, € Niklosamid € Prazikuantel € Albendazol

(Sutanto, 2008).

Diagnosis yang ditemukannya

ditegakkan yang

dengan aktif

proglotid

bergerak dalam tinja, atau keluar spontan juga dengan ditemukannya telur dalam tinja atau usap anus. Proglotid kemudian diidentifikasi dengan merendamnya dalam cairan laktofenol sampai jernih. Setelah uterus dengan cabang-cabangnya terlihat jelas, jumlah cabang-cabang dapat dihitung (Sutanto, 2008).

€ €

Tindakan pencegahan terdiri atas: Menghilangkan infeksi dengan mengobati orang yang mengandung parasit ini dan mencegah kontaminasi tanah dengan tinja manusia.

€ € € €

Pemeriksaan daging sapi akan adanya sistiserkus. Pendinginan daging sapi pada suhu -10o C selama 5 hari. Memasak daging sapi sampai matang diatas suhu 57o C Mengasinkan didalam larutan garam 25% selama 5 hari dapat membunuh sistiserkus (Anonim, 2011).

Walaupun tak pernah akur kami mencoba untuk berteman dan berjabat tangan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->