KUNCI JAWABAN NORMA DAN NILAI SOSIAL

Soal 1-25 berasal dari situs http://pelangi-sosiologisma.blogspot.com/2008/09/nilai-dan-normasosial.html dan 26-50 dari buku paket. 1. D. alasannya : Menurut C.Kluckhohn semua nilai kebudayaan alam pada dasarnya ada lima: a)nilai hakikat hidup manusia. b)nilai mengenai hakikat karya manusia. c)nilai hakikat dari kedudukan manusia dalam ruang dan waktu. d)nilai dari hubungan manusia dengan alam sekitar. e)nilai dari hubungan manusia dengan sesamanya. 2. E. Norma Sosial Dilihat dari Sumbernya 1)Norma agama,yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi) 2)Norma kesopanan,ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat 3)Norma kesusilaan,ketentuan yang bersumber pada hati nurani,moral,atau filsafat hidup. 4)Norma hukum,ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara 3. A. Fungsi Norma Sosial a)Sebagai pedoman atau patokan perilaku pada masyarakat b)Merupakan wujud konkret dari nilai yang ada di masyarakat c)Suatu standar atau skala dari berbagai kategori tingkah laku masyarakat 4. C. Kimbali Young .nilai sosial adalah asumsi abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benad dan apa yang penting 5. A. A.W.Green.nilai sosial adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap objek.

yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi) 17. C. A. Norma kesopanan. Adat. Norma merupakan ukuran yang digunakan oleh masyarakat untuk mengukur apakah tindakan yang dilakukan merupakan tindakan yang wajar dan dapat diterima atau tindakan yang tdk menyimpang. Tata Kelakuan. D. C. Norma agama.dikeluarkan dari masyarakat. D.moral.ajaran agama dan ideolagi yang dianut masyarakat. 18. Hukum. B. tata Kebiasaan.merupakan norma yang bersumber kepada filsafat.ketentuan yang bersumber pada hati nurani.misal:membuang sampah pada tempatnya dan penyimpangannya:membuang sembarangan dan mendapat teguran bahkan digunjingkan masyarakat. 15. Tata Cara .6.atau filsafat hidup. D. 7. Norma hukum.nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan. D.merupakan norma yang tidak tertulis namu kuat mengika sehingga anggota masyarakat yang melanggar adat akan menderita karena sanksi keras yang kadang secara tidak langsung seperti pengucilan. 13. D. A. B.ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat 19. E. 16. D. Norma kesusilaan.Misal:aturan memegang garpu dan sendok saat makan dan penyimpangannya:bersendawa saat makan 12.mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar dari tata cara. 11.merupakan norma yang bersifat formal dan berupa aturan tertulis.atau harus memenuhi persyaratan tertentu. Niali social menurut B Simanjuntak adalah : merumuskan suatu ide ide masyarakat tentang sesuatu yang baik 9.kewajiban dan larangan agar tercipta ketertiban dan keadilan. Nilai social menurut pengertian global adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang di anggap baik dan buruk 8.ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara .Tata kelakuan di satu pihak memaksakan suatu perbuatan dan di lain pihak melarang suatu perbuatan sehingga secara langsung ia merupakan alat pengendalian sosial agar anggota masyarakat menyesuaikan tindakan-tindakan itu.Sanksinya tegas dan merupakan suatu rangkaian aturan yang ditujukan kepada anggota masyarakat yang beirsi ketentuan. 14.merupakan cara bertindak yang digemari oleh masyarakan dan dilakukan berulang-ulang.perintah. B. Nilai sosial dibedakan menjadi tiga macam yaitu: 1)Nilai material (berguna untuk jasmani manusia) 2)Nilai vital (berguna untuk aktivitas manusia) 3)Nilai kerohanian (berguna untuk sumber akal.merupakan norma yang menunjuk kepada satu bentuk perbuatan sanksi yang ringan terhadap pelanggarnya. Woods.perasaan dan keagamaan) 10.

dan Nilai sosial mempengaruhi perkembangan pribadi. apabila adat menjadi tertulis ia menjadi hukum adat. Adat (customs). Misalnya mengucapkan salam ketika bertemu. dijadikan milik diri melalui internalisasi dan akan mempengaruhi tindakan-tindakan penganutnya dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tanpa disadari lagi (enkulturasi). berjudi. Nilai sosial memberikan kepuasan kepada penganutnya.20. Kebiasaan (folkways). minum minuman keras.ketentuan yang bersumber pada hati nurani.Tata cara atau usage. Norma Sosial Dilihat dari Sumbernya 1)Norma agama. E.atau filsafat hidup. dst. Berbeda dengan norma-norma yang lain. misalnya aturan memegang garpu atau sendok ketika makan. mencuri. sistem nilai bervariasi antara satu kebudayaan dengan yang lain. cara memegang gelas ketika minum. .ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara 21. membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan kepada orang yang lebih tua. Nilai sosial bukan bawaan lahir. Nilai sosial melibatkan unsur emosi dan kejiwaan. 4)Norma hukum. Tata kelakuan (mores).moral. Setiap nilai memiliki efek yang berbeda terhadap perorangan atau kelompok. Berbagai macam norma dalam masyarakat Dilihat dari tingkat sanksi atau kekuatan mengikatnya terdapat: 22. Tata cara (usage). merupakan norma dengan sanksi yang sangat ringat terhadap pelanggarnya. dst.yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi) 2)Norma kesopanan. penggunaan napza. Nilai sosial bersifat relative. Nilai sosial berkaitan satu dengan yang lain membentuk sistem nilai. Nilai sosial merupakan konstruksi abstrak dalam pikiran orang yang tercipta melalui interaksi sosial. ajaran agama atau ideology yang dianut oleh masyarakat. Kebiasaan (folkways). Contoh: larangan berzina. Tata kelakuan merupakan norma yang bersumber kepada filsafat. D. Adat merupakan norma yang tidak tertulis namun sangat kuat mengikat. ketentuan sanksi terhadap siapa saja yang melanggar dirumuskan secara tegas. merupakan cara-cara bertindak yang digemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang oleh banyak orang. Hukum (law). Pelanggaran atas norma ini hanya dinyatakan tidak sopan. melainkan dipelajari melalui proses sosialisasi. Hukum merupakan norma berupa aturan tertulis. Pelanggarnya disebut jahat. E.ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat 3)Norma kesusilaan.

A. Dengan nilai tertentu Anggota kelompok akan merasa sebagai 1 kesatuan Sebagai alat pengawas /control perilaku manusia dgn daya twkan dan daya mengikat tertentu agarorang mau berperilaku menurut system nilai Dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga social suatu masyarakat sebagai penentu akhir manusia dalam memenuhi peranan peranan social (paket halaman61) 29. (paket halaman69) 33. bilai nilai merupakan sesuatu yang baik diinginkan dan dicita citakan oleh masyarakat maka Norma adalah sebagai wujud perealisasiannya. Salah satu contoh nilai real berapa lama nilai itu dianut dan digunakan.) 30. Salalah satu contoh nilai kebangga dalam kehidupan nyata adalah bangga karena dirinya menyandang gelar sarjana (paket halaman 65) 34.(paket 63. (paket halaman 61) 28. Sementara itu nilai budaya dan nilai social didefinisikan sebagai konsepabstark mengenai masalah dasar yang sangat penting dalam kehidupan manusia (paket halaman 59) 27. A. Nilai vital (berguna untuk aktivitas manusia) 24. : Dapat mengarahkan masyarakat dalam berfikir dan bertingkah laku Sebagai alat solidaritas di kalangan kelompok anggota masyarakat. sehingga memungkinkan pelaksanaan yang tegas. Nilai berfungsi sebagai landasan alasan Dan motivasi dalam segala tingkah laku dan perbuatan manusia. Norma social di bagi menjadi 2 yaitu formal dan Informal. D. nilai yang telah menjadikan kita kebiasaan dan kepribadian sehingga terkdang seseorang melakukannya tanpa berfikir atau pertimbangan lagi disebut internalized value (paket 65) 31. suprapto fungsi nilai dapat di bagi menjadi 5 adalah sbb. Contohnya tradisi tradisi yang ada di Indonesia (paket halaman 65) . C. salah satu perwujudan mengenai banyaknya pengikut nilai domain itu adalah sebagian besar masyarakat menghendaki perubahan ke lebih baik lagi (paket halaman 65) 35. A. B. Menurut Prof Dr. B.pelaksanaan norma hukum didukung oleh adanya aparat. 23. E. Nilai material (berguna untuk jasmani manusia) 26. B. D. C. (paket 69) 32. C. A.perasaan dan keagamaan) 25. Nilai dominan adalah nilai yang lebih penting di bandingkan dengan nilai lainnya. Nilai kerohanian (berguna untuk sumber akal.

3. A. (paket halaman 69) 44. Norma atau kaidah sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengatur hubungan antara anggota masyarakat. B. Norma hanya berlaku di wilayah tertentu (paket halaman 69) 46. D 37. gagasan. . Apabila norma di dalam keluarga tidak dijalankan dengan baik maka akan timbul masalah yang disebut disorganisasi Keluarga (paket halaman 69) 47. SK dll. setiap norma selalu disertai denga sanksi Sebagai hadiah atau wujud pertanggung jawabannya(paket halaman 69) 45. Contoh dari norma formal adalah peraturan yang tertulis : Konstitusi. A. peraturan pusat. Dalam setiap norma selalu ada pelanggaran Dengan berbagai alasan (paket halaman 69) 48. E. system politik dan peraturan peraturan (paket halaman 67) 43. (paket halaman 69) 50. Nilai tidak hanya terkandung dalam sesuatu yang berwujud benda material saja atau yang bersifat konkret tetapi juga ada yang bersifat abstrak (paket halaman 67) 42. Oleh karena itu setiap kali ada norma baru harus diaadakan Penyosialisasian (paket halaman 69) 49. 2. D 39. Jumlah sumber sumber norma informal adalah lebih banyak dari norma formal (paket halaman69) Penjelasannya ada di diagram soal terakhir (paket halaman 65) Ajaran/ideology Immaterial Gagasan Religi Membentuk 1. A. Kepribadian Tingkah laku Martabat intelektual Nilai Kegunaan Material Kenikmatan Menghasilkan sesuatu yang dapat digunakan atau di nikmatin oleh panca indra. D 40. perda. pemikiran . D. Nilai immaterial adalah nilai yang sulit diubah contohnya : ideology. B. D 41. D 38. B.36. B. 4. D.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.