CONTOH CERAMAH “Mengkomersilkan Jaringan Internet Untuk Berdakwah” Muslim.

Mengkomersilkan Jaringan Internet Untuk Berdakwah Kategori Media Dan Sarana Selasa, 18 Mei 2004 07:57:53 WIB MENGKOMERSILKAN JARINGAN INTERNET UNTUK BERDAKWAH Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin dita : Jaringan internet mrpk salah satu sarana. Apa boleh dikemorsilkan untuk berdakwah ? Kenapa kami lihat ada keterbatasan dari para penuntut ilmu untuk memasuki dunia maya ini ? Kami mohon pencerahan, semoga Allah membalas Syaikh dgn kebaikan. Jawaban Mengajak manusia ke jalan Allah termasuk fardhu kifayah, mencakup penyebaran ilmu, pengungkapan kebaikan-kebaikan agama Islam, penjelasan hukum-hukum syari’at, pengungkapan rincianrincian halal dan haram, anjuran beramal shalih, pengungkapan dalildalil hukum beserta penjelasan segi pendalilannya, pengungkapan janji dan ancaman, balasan pahala dan lain sebagai yg mrpk faktor-faktor untuk memahamkan kaum muslimin dan mengenalkan mereka tentang hukum-hukum agama. Begitulah, krn dgn dakwah dan penyebaran ilmu bisa membuahkan mengetahui orang-orang jahil tentang perkara-perkara yg memang sehrs mereka ketahui, yaitu berupa hak-hak Allah Subhanahu wa Ta’ala dan hak-hak sesama muslim yg bisa mendorong mereka untuk kembali ke jalan Allah dan bertaubat kpdNya dari kemaksiatan, penyelisihan dan bidà ¢â‚¬â„¢ah. Disamping itu, orang yg belum pernah mendengar pun bisa mengetahui kebaikan-kebaikan Islam, mengetahui hakikat dalam gambaran yg menarik sehingga memeluk Islam dgn suka rela. Tidak diragukan lagi, bahwa setiap sarana yg bisa digunakan untuk dakwah, maka kaum muslimin hrs menggnkannya. Dulu, sarana dakwah ha terbatas pada ceramah, tulisan dan diskusi antara juru dakwah dan yg didakwahi, serta halaqah-halaqah ilmiah, sebagai pengamalan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Arti : Serulah (manusia) kpd jalan Rabbmu dgn hikmah dan pelajaran yg baik dan bantahlah mereka dgn cara yg lebih baikà ¢â‚¬Â ン [ An-Nahl : 125]. Disamping sarana-sarana lainnya. ketegori

Adapun zaman sekarang. penerbitan makalah-makalah Islami di Koran-koran dan majalah-majalah yg baik. para ahli bid’ah. para ahli maksiat dan ahli kemunafikan untuk menyebarkan pemikiranpemikiran mereka sehingga mengelabui orang-orang yg menyambangi situs-situs mereka lalu berbaik sangka terhadap mereka. bid’ah. sesatlah orang-orang yg menemukan makalah-makalah tersebut. ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini. Para hadirin yang saya hormati. Kiranya. Akibatnya. baik yg nyata maupun yg tersembunyi. maka mereka bisa mempersempit ruang lingkup para penyebar kerusakan. televisi. krn internet telah ada dan hadir di negeri ini. dan makalahmakalah mereka bisa bermanfaat bagi orang-orang yg menginginkan kebenaran dan bermaksud memanfaatkan dgn beramal shalih dan berilmu yg bermanfaat.or. meyakini saran dari mereka dan kebenaran wejangan mereka. radio. serta teman-teman yang saya cintai. edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini-2. Tapi jika digunakan oleh para ahli ilmu yg benar. termasuk juga sarana internet yg muncul di zaman ini dan telah merambah ke seluruh dunia.php? action=more&article_id=733&bagian=0 CONTOH KATA SAMBUTAN Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. ahli tauhid dan keikhlasan. kaum musyrikin. mengharapkan ilmu dan melaksanakannya. kemaksiatan dan fitnah. seperti . hal 287-28 8 Darul Haq] Sumber : http://almanhaj. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah. yg berisi kekufuran.id/index. maka jangan dibiarkan digunakan oleh kaum Nasrani. bulletin (selebaran ilmiah). para ahli ilmu dan para da’i perlu menempuh jalur ini untuk menyebarkan makalah-makalah dan ceramah-ceramah yg bermanfaat serta wejangan-wejangan yg benar agar bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yg menghendaki kebaikan. Wallahu a’lam [Diucapkan dan didiktekan oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman AlJibrin Hafizhahullah. Yahudi. . 24/7/1420H] [Disalin dari buku Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah Fi Al-Masaà ¢â‚¬â„¢il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram. kita perlu menempuh setiap sarana yg bisa digunakan untuk mengajak kpd Islam. Bapak dan Ibu Guru.

yang dengan sangat baik.“Ada 4 faktor kebahagiaan. maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka. Kemudian jika . sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. yakni mempunyai istri yg sholehah.Selama bersekolah. Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu. ke SMK. Hadits tentang kebahagiaan. saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2. kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Sebab itu maka wanita yang saleh. dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya. oleh karena Allah telah memelihara (mereka). baik ke SMA. Akhir kata. sehingga mereka berusaha untuk menggapainya. atau bahagia seperti apa yg hendak dicapai? Apakah uang yg banyak? Jabatan? Dengan demikian. Juga untuk teman2 semua. Pertanyaannya. dan rejeki (halal) yg diusahakan sendiri. dan pukullah mereka. tidak pernah pilih kasih dalam mendidik. anak yg berbakti. karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini.. bahagia seperti apa yg diinginkan. Berkat jerih payah semua guru. ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada. CONTOH KHOTBAH Khutbah Jum’at – 20080627 Tiap orang ingin hidup bahagia. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua. bahagia adalah sesuatu yg relatif. doa saya menyertai teman2 semua..” Istri Sholehah Sifat-sifat istri sholehah terdapat di An Nisa(4):34.“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita). ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan. kami pun dapat lulus dari SMP ini. teman yg baik. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Bermuka manis (tidak cemberut bila uang belanja kurang) .Menyimpan aib (suami dan keluarga) Anak Berbakti Anak merupakan ‘masalah’ yg mesti dihadapi hari ini dan masa depan. Harapan orang tua terhadap anak adalah si anak menjadi kebanggaan.Tidak pergi tanpa ijin suami . yg berguna bagi masyarakat dan agama. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki. anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami). — atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya).mereka menaatimu. Dengan demikian. jika kamu lihat maka menyenangkanmu wajahnya. maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya.” Dengan demikian. anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.Memelihara silaturahim dengan lingkungan sekitar . anak menjadi anak sholeh. jika kamu minta sesuatu darinya maka memuaskanmu akhlaknya.” Sebaik-baik istri adalah istri (shalehah) yg membahagiakan. Doa-doa untuk mendapatkan anak yg sholeh: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami. sebagaimana disebut dalam hadits.Patuh dan setia (selama perintah suami tidak bertentangan dengan agama) .” Al Furqaan(25):74 “Ya Tuhanku. dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. dan .“Sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri salehah. hartamu & anak2mu.Memelihara amanah dari suami . seorang istri hendaknya: . seorang anak mesti berbakti. jika kamu tak dirumah maka dijaganya dirinya. Oleh karenanya. Orang tua mesti membekali dengan pendidikan dunia dan akhirat. dengan mematuhi perintah orang tua selama tidak bertentangan dengan agama. jika kamu dekat dengannya maka sayang & ridho kamu padanya. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Jadikan anak sebagai anak sholeh dan bermanfaat. agar menjadi tabungan akhirat kelak.” Ash Shaaffaat(37):100 “Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. jika kamu jauh darinya maka rindu kamu padanya.

” Asy Syura(42):49-50 Teman (Lingkungan) yg Baik Masalah peraulan menjadi faktor penentu dalam sosial. . selama kita bergaul dengan orang baik di tempat/lingkungan yg baik pula. dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyakbanyak supaya kamu beruntung. akan membawa kebahagiaan. bahwa meski hidup dalam kondisi yg sederhana. Rasululloh SAW sudah contohkan. Terkait dengan rejeki: .Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. tolong menolong. Rejeki yg Halal Dengan adanya rejeki yg halal. Hal tersebut bisa dilakukan di jaman sekarang. “Apabila telah ditunaikan sembahyang. karena salah satu faktor diteriimanya ibadah adalah makanan kita mesti berasal dari usaha yg baik dan halal.” Al Jumu’ah(62):10 . hiduplah dengan sederhana. maka ibadah akan diterima.Agar hidup dengan tenang. Saling menghormati. tapi kebahagiaan selalu beliau rasakan. jangan berlebihan (qana’ah). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.Islam menyuruh umatnya untuk mencari rejeki yg halal dan baik. maka bertebaranlah kamu di muka bumi.