P. 1
Definisi Multimedia

Definisi Multimedia

1.0

|Views: 1,043|Likes:
Published by Surya Mahendra

More info:

Published by: Surya Mahendra on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2013

pdf

text

original

Definisi Multimedia

Panduan untuk mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia. Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. 1. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita. 2. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. 3. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. 4. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari definisi diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang offline (tradisional).

sistem-multimedia.blogspot.com/2009/01/definisi-multimedia.html
Subyek: PENGERTIAN MULTIMEDIA Thu Apr 23, 2009 11:06 am

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video. Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) 2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996) 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft. 2001) http://bagusalfiyanto. grafik. animasi.ukdw. 2001) 5. dan berkomunikasi. bukan komputer.com/2010/04/definisi-multimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an. sejak permulaan tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia.com/t49-pengertian-multimedia Multimedia Menurut IBM. grafik.ac. 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data. dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi. audio. grafik. sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). video. animasi. Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch. audio dan video (Robin dan Linda. 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. berkreasi. Definisi Multimedia Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20). Sejarah Multimedia Suyanto (2003 : 19) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater. gambar dan teks (McCormick. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. grafik. teks. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia.html . gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. audio dan gambar video (dalam http://lecturer. dan Fujitsu http://smkn1ktb. multimedia adalah gabungan video. grafik dan gambar (Turban dkk. audio. video.org: Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council". media ini dapat audio (suara. Creative Labs.forumotion. Dell.id/anton/download/multimedia2. Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran. audio dan gambar video (Robin dan Linda.pdf). 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen. Menurut wikipedia. Gateway. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks. animasi.4. yaitu suara. animasi.blogspot. musik).

animasi. 2007) 5. yaitu : (1) Kriteria pertama adalah kemudahan navigasi. dan interaksi (Zeembry. Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran. teks. 2008) Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks. film. (Wahono.Pengertian Multimedia Interaktif Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin. 2008) menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry. animasi. bisnis. sound. 4. audio dan video (Robin dan Linda. sound. audio. grafik dan gambar (Turban dkk. dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya: 1. iklan/promosi. bermacam-macam. Multimedia sebagai perpaduan antara teks. 2007). nouns) yang berarti banyak. Katamedium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone. 2001) pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks. berkreasi. video. medis. gambar (vektor atau bitmap). animasi. dll. dll. grafik. arsitektur. Thorn (2006) mengajukan enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif. video. grafik. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. animasi. militer. video. olahraga. interaksi. 2002) 2. grafik. Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut. animasi. musik). gambar. Media ini dapat berupa audio (suara. game. desain. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: mengkombinasikan teks. maka hal ini disebutmultimedia interaktif. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono. dan berkomunikasi. 2005/2006). audio. 3. grafik. (2) Kriteria kedua adalah kandungan . dan Multimedia merupakan kombinasi dari data text. video. 6. dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi). hobi.

Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. televisi ataupun layar monitor. (3) Kriteria ketiga adalah presentasi informasi. lagu. c. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar diam yaitu foto. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. gambar digital. (4) Kriteria keempat adalah integrasi media. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. sound effect. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D).back sound. b) grafik. Audio Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. gambar bergerak juga memiliki durasi. a. Grafik Grafik adalah suatu medium berbasis visual. dan d) interaktivitas (Green & Brown. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut . Arial. c) audio. maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. d. Comic San MS). ukuran dan wana. Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. video dan film. lukisan. (5) Kriteria kelima adalah artistik dan estetika dan (6) Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan. 2002: 2-6). interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.kognisi. dan poster. b. Semakin besarsize suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut. Interaktivitas Interaktivitas bukanlah medium. Contoh: narasi. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi.

majalah. yaitu: a. = Suara >> fenomena fisik yg dihasilkan oleh getaran suatu benda. Green & Brown (2002: 3) menjelaskan. Hipertext >> text yg memiliki fasilitas linking. cassette recorder). yakni struktur linear dan struktur non linear. animasi dan video. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based). Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna. bermacam-macam Medium : sesuatu yg disampaikan untuk menyampaikan (membawa sesuatu) (alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan sesuatu) multimedia >> penggunaan beberapa media yg berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text. VCR (Video Berbasiskan digital (Digitally-based). e.wordpress. By yoga permana wijaya http://yogapw. d. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atauhuman factor design. Contoh : HTML= bahasa pemrograman untuk membuat suatu tampilan web XML. Berbasis kertas (Paper-based). Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur. terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia. contoh: komputer. contoh: slide shows. transparasi. tape recorder.dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. brosur. film. yg berupa sinyal analog dgn amplitudo yg berubah secara kontinyu thd waktu. audio. c. contoh: televisi. contoh: CD Players. Suara merambat melalui udara. grafik. radio. Berbasis suara (Audio-based). Berbasis cahaya (Light-based).com/2010/01/26/pengertian-multimedia-interaktif/ Multimedia berasal dari kata multi dan medium Multi : banyak. tdk bisa merambat melalui ruang hampa Hal2 yg berkaitan dgn suara: • Frequensi > banyaknya periode dlm 1 detik(Hz) . contoh: buku. b.

Shoftware pemutar file mp3 adalah winamp Macam2 format video digital • Digital video compressed CCIR untuk broadcasting MPEG-4 u/ video online MPEG-2 u/ DVD dan SVCD MPEG-1 u/ VCD • Analog/tape video Betacam u/ broadcast DV & miniDV u/ camcoder • Asf (advanced system format) Audio/video streaming format WMA dan WMV dari microshoft • Mov (quick time) • Mpeg (motion picture expert group) • Avi Animasi frame >> bentuk animasi yg paling sederhana. kemudian kita buka buku tersebut dgn tepian jempol/jari secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. • VCD cutter >> suatu software/Program pemotong VCD/MPG/MP3/ sekaligus sebagai converter movie untuk mengedit film/video. Contoh : kita membuat gambar yg berbeda2 gerakannya pada tepian sebuah buku. Dlm sebuah film serangkaian frame yg bergerak dg cepat minimal 24 frame/detik agar tdk terjadi jitter. .• • Amplitudo > keras lemahnya bunyi / tinggi rendahnya gelombang suara (db) Velocity > kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar (m/s) si MPEG audio layer 3 (mp3) >> • • • • merupakan file dgn lossy compression ukuran filenya lebih kecil daripada ukuran file audio biasa mis wav audio yg dikompresi dilakukan dg menghilangkan bagian2 bunyi yg kurang berguna bagi pendengaran manusia.

grafik. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain itu MULTIMEDIA juga mempunyai karakteristik. animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi. grafis. gambar dan teks (McComick. suara. merekam dan memanipulasi suara (audio) wav. video. 2001 adalah: Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks. 1996) • Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. teks.• Adobe Premier >> suatu software untuk mengedit (memanipulasi) video.ac. berkarya dan berkomunikasi. Image/Photo. 2001) • Multimedia dalam konteks computer Hofstetter.org menjelaskan bahwa Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks.ugm. • Bentuk non linier : Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang . Capture. audio. banner iklan. menyampaikan informasi dalam bentuk teks. audio. animasi. Dari beberapa definisi diatas. MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary. transparency • Swish >> suatu software untuk membuat animasi 3 dimensi berformat Flash movie (swf)digunakan untuk movie/film. banyak MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa. Media ini dapat berupa audio (suara.yaitu ada 2 bentuk: • Bentuk Linier : Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya. 1996) • Kombinasi dari tiga elemen : suara. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya. suara. dan video yang dikirimkan oleh komputer/peralatan elektronik lainnya. Beberapa definisi menurut para ahli : • Kombinasi dari computer dan video (Rosch. grafik. http://eko-pro. berkreasi dan berkomunikasi. Sumber http://wikipedia. navigasi atau presentasi • Sound Forge >> software untuk memotong. Yang berarti : MULTI (Latin noun) bermacam-macam. Selain dari dunia hiburan. gambar. seni. video. berinteraksi. 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.staff. grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan. Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut. dapat disimpulkan MULTIMEDIA adalah Kombinasi dari teks. animasi. animasi. button. dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi.id/myblog/?p=3 Definisi Multimedia Dan Kategori Multimedia Definisi Multimedia Pengertian multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “MULTI” dan “MEDIUM”. musik).

2. Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia. Mengembang Multimedia. 3.ditentukan.html All 9 april 2011 jam 20:10 . Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang harus menggunakan sebuah sistem Authoring/bahasa pemrograman. Istilahistilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia. Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.cc/2010/06/definisi-multimedia-dan-kategori. Ada beberapa istilah.co. Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif. Diposkan oleh Kiki Pradikta di 07:38 • • Label: TIK http://www. membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring. agar kita tidak merasa bingung dan tidak tahu tentang istilahistilah yang mungkin itu dipertanyakan oleh orang yang mungkin belum pernah mendengar.istilah yang sering dipakai dalam MULTIMEDIA.yaitu: • • • Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan Multimedia. 4. Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi.kikipradikta. Banyak diantaranya tapi disini hanya disebutkan beberapa saja yang mungkin itu sangat sering kita dengar dikehidupan kita sehari-hari. Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya yaitu: 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->