P. 1
PT SOSRO

PT SOSRO

|Views: 3,829|Likes:
Published by mkjkmjh

More info:

Published by: mkjkmjh on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2013

pdf

text

original

Tugas Supply Chain Management PT SOSRO

S1-MTU B STMT TRISAKTI Nama : Vionita Handini Nim : 224110096

.Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat. sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik Makalah ini masih banyak kekurangan Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.

produk jadi dan informasi-informasi lain yang berhubungan dengan titik awal dan titik akhir dari suatu proses produksi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.050. Sinar Sosro merupakan perusahaan industri minuman ringan yang memproduksi produk Fruit Tea Genggam. Strategi logistik dan Supply Chain Management yang tepat merupakan salah satu cara untuk memenangkan persaingan.773. produk ( 2). 3 = 0.00 dan di downstream = 1.44.63. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullwhip effect yang terjadi pada supply chain perusahaan disebabkan oleh distorsi informasi dari downstream ke upstream.P. Logistik memegang peranan strategis dalam suatu organisasi . implementasi dan pengontrolan efisiensi.41.66.08. pada tempat yang tepat.. Fokus penelitian ini adalah melakukan pengukuran besarnya bullwhip effect.500. Pengukuran bullwhip effect berdasarkan produk menghasilkan nilai 1 = 0. 3 = 0.526. Analisis regresi digunakan untuk mencari variabel-variabel yang memberikan kontribusi terhadap bullwhip efffect.62.369. 2 di upstream = 0. Pengukuran bullwhip effect berdasarkan kemasan menghasilkan nilai 1 = 0. Ketidakstabilan permintaan produk mengakibatkan terjadinya bullwhip effect. Dari hasil perhitungan dan analisis untuk periode Januari 2006 ± Desember 2006 apabila terjadi pengurangan bullwhip effect maka diperoleh penghematan biaya persediaan sebesar Rp.79.persaingan yang semakin ketat akibat perubahan-perubahan lingkungan bisnis memaksa pelaku-pelaku industri. Perusahaan harus dapat membuat biaya rendah dengan service level tinggi. dan 4 di upstream = 0. Echelon ( 4). penyimpanan barang dalamm proses. dan 4 di upstream = 1. aliran biaya dan penyimpanan bahan baku.96 serta di dowmstream = 1.08 serta di downstream = 1.68% menjadi 100% sehingga keuntungan akan meningkat karena tidak terjadi stockout cost sebesar Rp. untuk memikirkan cara-cara baru dalam memenangkan persaingan. Agregasi data dilakukan berdasarkan produk/Kantor Penjualan ( 1). Pengukuran bullwhip effect dilakukan berdasarkan jenis produk (9 varian rasa) dan berdasarkan jenis kemasan (kemasan 1 rasa. Kantor Penjualan ( 3).703. Bullwhip effect diukur berdasarkan perbandingan antara koefisien variasi permintaan yang keluar dari suatu channel (Cout) dengan koefisien variasi permintaan yang diterima oleh channel (Cin).dan peningkatan sevice level dari rata-rata 92.1. kemasan 3 rasa). Misi yang ingin dicapai oleh sistem logistik itu sendiri adalah mendapatkan produk/jasa yang tepat. dengan tetap memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan.1.99 dan di downstream = 1.T. 2 di upstream = 1. waktu yang tepat. dan pada kondisi yang diinginkan. mengidentifikasi faktor-faktor penyebab bullwhip effect. Logistik pada dasarnya merupakan suatu proses perancanaan. baik sektor industri maupun jasa.01. dan memberikan usulan solusi agar bullwhip effect menjadi berkurang.

pabrik di Ungaran ini bisa memproduksi 35 ribu teh botol Sosro. dalam satu jam. lingkungan kompetitif yang kian meningkat. botol yang tak layak pakai secara otomatis dibuang. Logistik dan Supply Chain Management dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti aliansi strategis perusahaan. Mengingat lingkungan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan perencanaan strategi. dan faktor internal seperti sistem pendukung keputusan pada perusahaan. gula dan the melalui proses yang steril dan higienis . perputaran sistem logistik.yang selalu ingin ikut ambil bagian dalam perubahan pasar dan integrasi rantai pasokan. dan peningkatan performansi yang diharapkan. Penelitian ini berusaha untuk menyusun kekompleksan yang terjadi dengan mengevaluasi alternatif-alternatif strategi logistik dan manajemen rantai pasokan dengan menggunakan teknik analisis multiatribut yang lebih dikenal dengan Analytical Network Process (ANP). Teh botol Sosro menggunakan bahan baku air. lalu ditutup menggunakan penutup botol yang terlebih dulu disinari dengan ultra violet. Proses Sterilisasi Suhu Tinggi (Ultra High Temperature) Teh Botol Sosro tanpa bahan pengawet. Teh Botol Sosoro ini diinkubasi dulu selama 3 hari. integrasi sistem informasi. Botol kosong Sosro yang akan diisi ulang terlebih dulu disortir lalu dicuci dengan uap panas dengan bahan seperti sabun atau bottle wesher.lalu diperiksa kembali dilaboratorium oleh tenaga ahli. Setelah steril. Biasanya jika botol gesekannya mencapai tiga milimeter. Tak heran jika Tes Botol Sosro bisa awet sekitar setahun karena saat pencampuran air. Tidak sampai disitu saja. Setelah bersih dan steril. Setelah itu. . Sebelumnya. maka pendekatan ANP merupakan pendekatan evaluasi strategi yang digunakan untuk mendapatkan strategi logistik dan manajemen rantai pasokan terbaik yang hendaknya diambil sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. gula industri terbaik dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir. Pengecekan kembali tersebut dengan mengambil contoh beberapa Teh Botol Sosro. Proses pencampuran air gula dan teh didalam tangki pencampur dengan suhu uap mencapai 98 derajat Celsius. The Botol Sosro pun siap dipasarkan dan kita nikmati kesegarannya. perubahan teknologi. Setelah semua proses tersebut lolos. Botol kembali disortir. Proses ini dilakukan tiga kali pengulangan baik sisi dalam maupun luar botol agar benar-benar bersih. Teh Sosro dimasukkan kedalam botol. Menurut Wariso. proses pencucian botol dan crate-nya pun dilakukan berlapis dan berulang ulang dengan suhu 80 derajat celcius (untuk crate atau penyimpan botol) dan suhu 90 hingga 94 derajat celcius (untuk botol bekas). Sebelum dilepas ke pasar. ANP merupakan suatu sistem dengan pendekatan feedback yang digunakan untuk menilai hubungan multiarah yang dinamis antar atribut keputusan. Teh Botol Sosro diprint dengan alat khusus untuk menandakan tanda kedaluwarsa.

teh tidak lagi diseduh langsung di pasar. dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia. tetapi dimasukkan kedalam pancipanci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO. . sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa. Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor. Pada saat memulai bisnisnya.SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Setelah seduhan tersebut siap. Tahun 1940. Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah. teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Cara kedua. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya. Awalnya. Tahun 1953. Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol. Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota Jakarta.

Botol Versi II Dikeluarkan pada tahun 1972 dengan merek TEH CAP BOTOL (dengan penulisan ´CAP´ lebih kecil. SINAR SOSRO yang pertama di daerah Cakung. Botol Versi III Pada tahun 1974. 3. Penulisan Sosrodjojo juga disingkat menjadi SOSRO dalam logo bulat merah. Design botol ke-III ini diperkenalkan seiring dengan didirikannya pabrik PT. terjadi perubahan design botol yang ke-III. Jakarta. Design botolnya tidak seperti botol versi I & II. Botol Versi I Dikeluarkan pada tahun 1970 dengan merek TEHCAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO 2. sehingga orang lebih membaca TEH BOTOL). . dan tulisan TEH BOTOL diganti dengan warna merah putih yang menggambarkan produk asli Indonesia.Model botol untuk kemasan Tehbotol Sosro mengalami tiga kali perubahan yakni : 1. selain itu Penulisan Soft Drink dihilangkan. Dengan bentuk botol yang baru dan perubahan pada penulisan merk TEHBOTOL SOSRO pada kemasannya.

) y Generasi Kedua o Bapak Soemarsono Sosrodjojo (Alm.Bisnis SOSRO sampai dengan saat ini sudah dijalankan oleh tiga Generasi SOSRODJOJO yakni : y Generasi Pertama (Pendiri Grup Sosro) : o Bapak Sosrodjojo (Alm. bisnis ini telah mulai dikelola oleh cucu Bapak Sosrodjojo atau dapat juga disebut dengan Generasi Ketiga y y .) o Bapak Soegiharto Sosrodjojo o Bapak Soetjipto Sosrodjojo o Bapak Surjanto Sosrodjojo Sejak awal tahun 1990.

SINAR SOSRO. PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso) yang berkantor Pusat di : Gedung Graha Rekso Jl. Boulevard Artha Gading Kav A1 Sentra Bisnis Artha Gading ± Kelapa Gading . SINAR SOSRO Berdiri pada tahun 1974. PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Fruit Tea Sosro. perusahaan yang memproduksi Teh Kering Siap Saji. Teh Sadel. Sinar Sosro adalah Niat Baik yang di jabarkan dalam 3K dan RL yakni : y y y y Peduli terhadap KUALITAS Peduli terhadap KEAMANAN Peduli terhadap KESEHATAN Serta RAMAH LINGKUNGAN .Jakarta Utara.Pengembangan bisnis minuman teh selanjutnya dilakukan oleh dua perusahaan : y y PT. Teh Cap Botol. TEBS. GUNUNG SLAMAT. perusahan yang memproduksi Teh Siap Minum Dalam Kemasan. dan Air Minum Prim-A PT. Joy Tea Green Sosro. Produk-produknya adalah Teh Celup Sosro. Produk-produknya adalah Tehbotol Sosro. maka sejak Tanggal 27 November 2004. Dasar atau Filosofi PT. Happy Jus. Teh Terompet. GUNUNG SLAMAT mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Award 2008 untuk kategori Teh Celup Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan. Teh Sepatu dan Teh Berko PT. 14240 PT. Teh Poci.

SINAR SOSRO disuplai oleh PT. gula industri dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir (dikenal dengan teh wangi). Fruit Tea menggunakan bahan baku yakni : air. teh hitam dan konsentrat sari buah asli.Keterangan untuk produk PT. Sinar Sosro berasal dari: y y y y y y y Perkebunan Teh Gunung Rosa di Cianjur Perkebunan Teh Gunung Manik di Cianjur Perkebunan Teh Gunung Cempaka di Cianjur Perkebunan Teh Gunung Satria di Garut Perkebunan Teh Daerah Neglasari di Garut Perkebunan Teh Daerah Cukul di Pangalengan Perkebunan Teh Daerah Sambawa di Tasikmalaya . sedangkan bahan baku teh tersebut dikelolah oleh PT. Joy Tea Green menggunakan bahan baku : air. Bahan baku teh untuk PT. AGRO PANGAN selaku sister company. gula industri. Sinar Sosro : y y y Teh botol Sosro menggunakan bahan baku : air. Bahan baku teh untuk produk-produk PT. gula industri dan teh hijau. GUNUNG SLAMAT.

Kesegaran. Sultan Agung Km. rasa serta higinitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas. 28 Kelurahan Medan Satria Bekasi . SINAR SOSRO berkantor pusat di : Gedung Graha SOSRO Jl. PT.

Penambahan bahan nutrisi juga di lakukan untuk makanan bakteri yaitu pupuk urea atau sumber nitrogen dan pupuk super phosphate (sumber posfat). . pipet. c. Cooling tower Limbah cair yang masuk ke bak equalisasi oleh unit ini didinginkan terlebih dahulu. kertas.kotoran dan padatan. menyeleksi dan membuang kotoran. Ampas teh Ampas teh dari sisa penyeduhan di letakkan pada bak atau tempat khusus yang telah disediakan. sinar sosro palembang adalah berupa ampas teh yang dijadikan pupuk tanaman melalui proses pengolahan secara termofil. Screen press Alat ini digunakan untuk menyaring. Bak equalisasi dan agitator Bak ini adalah tempat menghomogenkan kualitas dan kuantitas air limbah yang masuk ke dalam bak ini serta sebagai tempat untuk prosesasi difikasi melalui fermentasi. Pendinginan Ampas teh yang telah dibiarkan di tanah akan di dinginkan selama satu hari. Proses pengolahan limbah padat ini adalah sebagai berikut: a.tahapan pengolahan awal tersebut: a. Untuk mempercepat homogenisasi maka digunakan agitator. d. seperti sampah pabrik.Pengolahan Limbah Produksi Pabrik PT Sinar Sosro 1. Kompos Setelah pembalikan ampas the di biarkan membusuk selama 1 bulan dan kemudian akan menjadi kompos. Termofil yaitu pengolahan dengan menggunakan jamur dan bakteri termofil. Limbah Padat Limbah padat di PT. d. Limbah Cair Pengolahan preatreatment Preatreatment adalah pengolahan awal limbah cair teh yang baru di buang dari pabrik sebelum memasuki proses tahapan utama. b. Berikut ini adalah tahapan. Sump pit Sump pit adalah bak penampung sementara limbah dari screen press yang memiliki 2 unit pompa (influent pump) yan bertugas memompakan limbah ke bak equalisasi. 2. dan lainnya dari limbah. Penguraian Penguraian dengan penanaman mikroorganisme pada proses ini diberikan mikroorganisme untuk menguraikan ampas the atau zatorganic. c. Pembalikan Setelah melalui proses di atas maka dilanjutkan dengan proses pembalikan dengan waktu seminggu sekali. b. e.

sementara itu. ataupun bila di perlukan disirkulasi kembali ke bak equalisasi. dimana baktteri pengolah materi-materi sisa yang terbiodegradasi pada proses aerobic menjadi CO2 dan sel bakteri baru. Dari proses tersebut dapat terlihat sesuai lampiran bahwa air yang kotor dibuang kembali ke alam dalam keadaan bersih dengan proses pengolahan yang baik. c. Setelah dialirkan ke kolom indikator. Kotoran-kotoran yang melayang tersapu masuk ke bak effluent untuk di buang. Bak Aerasi Limbah yang keluar dari proses anaerobic memiliki kualitas limbah yang begitu baik. Limbah mengalami pengolahan oleh bakteri lumpur aerob. Bahkan menciptakan taman serta kebun karet dan kebun singkong dan kolam Ikan. B. Final clarifier Pada bak ini prosesnya adalah pengendapan dimana Activated ludge dipisahkan dari air limbah yang bersih. Dampak Pengolahan Limbah terhadap Lingkungan Sekitar Adapun peran PT Sinar Sosro peduli terhadap lingkungan merupakan filosofi PT ini sehingga PT Sinar Sosro ramah lingkungan yang mengolah semua limbah menjadi bermanfaat. .Pengolahan Limbah secara aerobic a. air di buang ke saluran pembuangan seperti selokan atau sungai. lumpur aktif yang mengendap disirkulasi ke bak aerasi. air limbah bersih mengalir secara overflow ke kolam indikator. b. Kolam indikator Pada kolam ini diisikan dengan ikan sebagai indikatorkualitas air. sehingga bak ini terjadi proses penyempurnaan.

PT. Persaingan yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Stee. Frestea. Fruit Tea. STRATEGI MARKETING 1. Yang masih kurang dari Teh Botol adalah upaya ± upaya mempertahankan image secara above the line. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol yang beredar di Indonesia. maupun promosi yang akan terus membuat teh botol tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai macam produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya.MARKETING PRODUK Teh Botol Sosro 1. yaitu Teh Botol Sosro.2 Targetting Identifikasi target pasar adalah merupakan langkah awal yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran. event. maka kesuksesan pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk. Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan produk minuman ringan yang tidak hanya dari pesaing lokal. Terkesan Teh Botol merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara intensif. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol membuat perusahaan lebih berhati ± hati dalam merancang strategi pemasarannya. Dalam situasi dimana konsumen menghadapi banyak pilihan. Terciptanya citra baik dalam benak konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa manfaat. karena menganggap lalu ide air teh masuk dalam botol. Tekita. dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. pemain lain terlambat masuk di segmen teh dalam botol. Berdasarkan data pada PT. . Teh Botol Sosro merupakan produk teh siap minum pertama di Indonesia yang di kemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas. Berikutnya Sosro semakin kuat karena jaringan distribusi Teh Botol yang sangat kuat sampai di titik akhir pelosok.1 Segmentasi Produk PT. persis seperti aqua menjadi brand pada air putih. Persis seperti Aqua dengan air putihnya. TEBS. namun juga pesaing asing. Perusahaan akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki citra baik dalam benak konsumen. Keberhasilan Sosro tidak lepas dari brand ³teh botol´ yang didapatkannya. 1. Upaya iklan di media massa.

dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan. y Harga Antara Rp 3000. Sosro juga memiliki keunggulan kompetitif karena merupakan teh siap minum dalam kemasan botol yang dipasarkan pertama kali di Indonesia. Diberikanlah kemasan botol yang praktis dan disediakan di kios ± kios yang ada di pinggir jalan.00.00 hingga Rp 5000. 1. Pada waktu itu. para supir atau pejalan kaki. 2. Sosro memiliki target pasar yang jelas. untuk bersaing dengan competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat. sehingga Sosro dikenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran. Pada waktu pengenalan produk. Jadi jika ada yang haus. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan Sosro membuahkan hasil baik. TAKTIK MARKETING 2. Sosro melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh dalam kemasan botol dan dengan diasajikan dingin. karena teh mengandung anti oksidan. Dalam perkembangannya.1 Selling Teh Botol Sosro didistribusikan ke pelosok ± pelosok daerah. 2. Plus ditempatkan dalam boks es. Konsumen menjadi tidak sulit membeli the botol sosro karena mudah di cari dan harganya terjangkau.2 Marketing Mix y Product Rasa teh asli yang kini bervariasi dengan ditambahkan aroma buah ± buahan dan daun teh melati. Karena pada awal kemunculan produk. minimarket bahkan warung kecil dan gerobak.Target dari teh botol ini adalah yang menyukai rasa asli teh (non fruity) dan praktis. sehingga menjadi dingin. ya tinggal minum sosro. y Place Supermarket.3 Positioning Teh untuk siapa saja. masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan panas. . Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro. strategi promosi yang dilakukan juga baik dengan menetapkan harga tidak lebih dari biaya parker pada waktu itu (mengingat target adalah orang yang sedang melakukan perjalanan).

Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan. Karena Teh Botol minuman untuk semua orang. Kerjasama Negara ± Negara baik bilateral maupun multilateral semakin marak dan terus berkembang dari segala bidang. PT. 3. . Geografis Wilayah pemasaran untuk konsumen adalah seluruh wilayah Indonesia baik di kota ± kota besar maupun daerah ± daerah. VALUE MARKETING 3. Psikografis Orang yang menyukai minuman teh yang mempunyai rasa alami dan berkualitas. 3.2 Proses Dalam era globalisasi ini. Karena produk teh ini merupakan salah satu produk yang menawarkan kualitas produknya dalam menarik minat beli konsumen.2. Teh dalam kemasan botol yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum.3 Karakteristik Konsumen 1. 3. pembangunan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi Negara lain. Demografi y Usia : ² Anak ± anak (usia 9 sampai 12 tahun) ± Remaja (usia 13 sampai 18 tahun) ± Dewasa y y y Jenis Kelamin : Pria dan Wanita Pekerjaan : Semua orang yang mempunyai pekerjaan Pendidikan : Semua golongan masyarakat 2. Deferensiasi : Produk Teh Botol Sosro berbeda dari yang lain karena teh ini di kemas dalam botol dan rasa khas tehnya sangat kuat. PT.1 Brand ³Apapun makannya. Sinar Sosro mengembangkan produk minuman teh rasa asli yaitu Teh Botol Sosro. minumnya teh botol sosro´ di munculkan. karena sebagai minuman teh tanpa bahan pengawet. Ditambah lagi dengan aroma buahbuahan dan melati. Sinar Sosro adalah perusahaan yang mempromosikan minuman ringan dengan ciri khas teh asli.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->