P. 1
KENAKALAN REMAJA

KENAKALAN REMAJA

|Views: 860|Likes:

More info:

Published by: Muhamad Syahril Mubarok on Jan 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

KENAKALAN REMAJA

BAB I PENDAHULUAN

A. A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Setelah kita memasuki era kehidupan dengan sistem komunikasi global, dengan kemudahan mengakses informasi baik melalui media cetak, TV, internet, komik, media ponsel, dan DVD bajakan yang berkeliaran di masyarakat, tentunya memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Setiap fenomena yang ada dan terjadi di dunia, tentunya akan memberikan nilai positif sekaligus negatif. Sangat tergantung pada pola pikir dan landasan hidup pribadi masing-masing. Setiap teknologi memberikan efek positif dan negatif . Maraknya penggunaan ponsel telah menurunkan interaksi individu secara langsung. Hal ini akan cenderung membuat pola hidup manusia menjadi indivualistis. Dampak negatif ini tentunya dapat dikurangi bahkan dihindari jika saja si pengguna memiliki pemahaman etika dan sikap yang kuat (bijak-positif) untuk memanfaatkan sesuatu secara selektif dan tepat guna.

dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Dari penjalasan diatas tadi membuat penulis merasa penting untuk mengangkat hal ini. Dan Santrock mengatakan bahwa "Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Sedangkan kenakalan adalah perbuatan nakal. etika dan sikap) anak dan remaja kita masih sangat rapuh. perbuatan tidak baik dan bersifat mengganggu ketenangan orang lain . kenakalan dengan kata dasar nakal adalah suka berbuat tidak baik. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok.dan orang tua harus bisa memahami psikologi remaja agar tidak terjadi salah pola asuh.masalah ini muncul karena kurang perhatiannya orang tua terhadap anak. karena hal ini akan berakibat buruk pada saat remaja menginjak masa dewasa. salah satunya adalah Kartono seorang ilmuan sosiologi mengemukakan pendapatnya bahwa Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. jika remaja salah dalam menanggapi setiap info dan pesan yang diperoleh dari media teknologi tersebut karena secara tidak langsung hal itu sudah menjadi bahan pembelajaran bagi remaja. bahwa pengaruh teknologi juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan remaja. oleh karena itu pada masa ini orang tua harus berperan aktif dalam hal menerapkan pola asuh yang baik bagi remaja. Definisi Kenakalan Menurut kamus besar bahasa Indonesia. Narkoba. orang tua (terutama di perkotaan) telah kehilangan daya mendidik dan membangun keluarga bagi anak-anaknya. Seperti yang penulis katakan diatas.sehingga penulis memilih judul “KENAKALAN REMAJA” dan dengan ini penulis berharap paper ini bisa berguna. karena anak akan menjadi anak yang nakal dan akan menjadi pembangkang dalam keluarga. Penyaring internal (pemahamam. tingkah laku yang melanggar norma kehidupan masyarakat. dan suka tidak menurut. Di era kompleksitas arus kehidupan saat ini. mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang". Akibatnya. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. . BAB II LANDASAN TEORI A. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Masa remaja adalah masa dimana mereka mencari identitas diri. Definisi kenakalan remaja menurut para ahli. Freesex. suka mengganggu. Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya.Inilah titik permasalahannya bagi anak dan remaja.

emosi.social.psikis & psikososial. Presepsi umum tentang remaja merupakan kelompok yang biasanya tidak berada dengan kelompok manusia yang lain. Kita dipanggil untuk meninggalkan semua kebiasaan yang dapat memperhamba kita tetap hidup dalam dosa supaya kita dapat hidup dalam kekudusan. Apakah ada dosa-dosa yang membelenggu kita seperti pestapora. Paulus amat memperhatikan perbuatan dan tingkah laku orang Kristen. . Ketika kita percaya Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. semangat patriotisme yang menjadi harapan penerus bangsa Perlu dilakukan pembinaan remaja oleh orang tua dan guru harus memahami kejiwaan dan dunia mereka. ada yang berpendapat bahwa remaja adalah kelompok orang-orang yang sering menyusahkan orang tua. Ia berkata kepada orang-orang Kristen di Korintus demikian: “Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1Kor. usia saat anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang yang lebih tua. ?” (1Kor.B. Paulus menulis kepada umat Tuhan di Korintus dengan memakai gaya bahasa retoris “tidak tahukah kamu” yang mempunyai pengertian bahwa mereka sesungguhnya sudah harus tahu bahwa sebagai orang-orang percaya. C. Mencakup kematangan mental. Remaja awal (13-14 thn) Remaja Tengah (15-17 Thn) Remaja akhir (18-21 Thn) Istilah “Remaja” berasal dari bahasa latin “Adolescere” yang berarti remaja. melainkan berada dalam tingkat yang sama. Bagi remaja dunia. Karena itu kalau kita tetap hidup menuruti hawa nafsu berarti kita mendukakan Roh Kudus. mabuk. kita dimeteraikan oleh Roh Kudus. Bila tidak akan menimbulkan efek yang tidak diharapkan. Kemudian ia berkata lebih lanjut: ”Tidak tahukah kamu bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu. tubuh mereka adalah bait Allah yang hidup di mana Roh Kudus diam di dalam mereka. tubuh adalah alat untuk melampiaskan nafsu tetapi bagi remaja Kristen. Remaja merupakan kelompok manusia yang penuh dengan potensi berdasarakan catatan sejarah remaja Indonesia yang penuh vitalitas. tubuh ialah bait Allah yang kudus sehingga remaja Kristen sepatutnya hidup dalam kekudusan.dan fisik. tubuh kita adalah bait Allah yang hidup. Pandangan Alkitab Terhadap Remaja Alkitab mengajarkan bahwa sebagai remaja Kristen. 3:16). Definisi Remaja Masa remaja adalah masa transisi/ peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan aspek fisik. :secara psikologi masa remaja adalah usia saat individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa. . Pandangan ini diungkapkan oleh Jhon Pieget. 6:19). narkoba? Kita perlu memohon kepada Tuhan agar kuasa Roh Kudus . judi.

Setiap fenomena yang ada dan terjadi di dunia. Tetapi menurut Alkitab semua itu memperbudak kehidupan kita sehingga kita hidup dalam belenggu dosa. tentunya memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita. TV. BAB III KENAKALAN REMAJA A. akibat kurangnya pengetahuan dan sikap sembrono. Maraknya penggunaan ponsel telah menurunkan interaksi individu . Konsumsi narkoba memerlukan biaya yang tidak sedikit. tentunya akan memberikan nilai positif sekaligus negatif. pesta-pora. Sangat berbahaya mengingat hal ini menyangkut jiwa manusia dan kesehatan reproduksinya dimasa mendatang. informasi serta berita aktual. Masalah ini Sangat tergantung pada pola pikir dan landasan hidup pribadi masing-masing. Menurut remaja dunia. komik.memampukan kita untuk lepas dari perbuatan-perbuatan dosa yang memperhamba kita. Karena perilaku yang tidak bertanggung jawab. Maklum. internet. Setelah kita memasuki era kehidupan dengan sistem komunikasi global. dengan kemudahan mengakses informasi baik melalui media cetak. media ponsel. mabuk. Ketidaksadaran akan hal ini sungguh sangat mengkuatirkan. Dan dianggap sebagai ungkapan rasa cinta bila mereka akhirnya bisa tidur bersama. Gaya hidup dengan pergaulan seks yang tidak bertanggung jawab juga mereka lakukan pada pacar sendiri. B. Hal lain yang patut dikuatirkan adalah penggunaan obat terlarang yang marak beredar di pesta-pesta anak muda. dan DVD bajakan yang berkeliaran di masyarakat. PENGARUH TEKNOLOGI BAGI REMAJA Setiap teknologi memberikan efek positif dan negatif Setiap individu dari kita akan merasa senang dengan kehadiran produk atau layanan yang lebih canggih dan praktis. Tidak terkecuali teknologi internet yang telah merobohkan batas dunia dan media televisi yang menyajikan hiburan. PERGAULAN BEBAS REMAJA Perilaku yang penuh dengan kebebasan seringkali mengarah pada kenakalan yang sangat mencemaskan Sangat menyedihkan saat perilaku ini mengakibatkan tingginya angka aborsi dikalangan remaja. judi dan narkoba adalah hal yang normal. Banyak dilihat kasus-kasus narkoba yang mengarah pada sifat suka mencuri atau bahkan merampok. maka seringkali kehamilan terjadi diluar kehendak mereka.

namun saat ini remaja justru salah mempergunakan kecanggihan teknologi tersebut. Pergaulan Dengan Teman Yang Tidak Sebaya. 3. Kasih Sayang orang tua merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan remaja karena dukungan orang tualah yang bisa membuat remaja termotivasi untuk berusaha dan untuk berprestasi tetapi jika orang tua sibuk dengan urusan mereka sendiri dan tidak mempedulikan remaja tersebut. C. Hal ini akan cenderung membuat pola hidup manusia menjadi indivualistis.FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA 1. Tidak Adanya Bimbingan Kepribadian Dari Sekolah. 2. Peran guru di sekolah juga sangat berpengaruh pada sikap dan tingkah laku seorang remaja. Kurangnya Kasih Sayang Orang Tua. etika dan sikap yang kuat (bijak-positif) untuk memanfaatkan sesuatu secara selektif dan tepat guna. Dasar-Dasar Agama Yang Kurang. Hal ini terkadang tidak terlalu diperhatikan oleh orang tua yang sibuk dengan segala usaha dan kegiatan mereka dan juga oleh pihak sekolah terkadang kurang . orang tua yang sibuk dengan segala urusan bisnis membuat anaknya terlantar dan hanya diurusi oleh pembantu. 5. Terkadang guru di sekolah lebih lebih mementingkan intelegensi pelajar dari pada pembinaan terhadap mental dan sikap mereka dan hal ini juga akan berepengaruh pada tingkah laku mereka ada masa depan. dan mereka menyelewengkan fungsi teknologi yang sebenarnya. Peran Dari Perkembangan Iptek Yang Berdampak Negatif Perkembangan iptek memang sangat baik dan penting bagi perkembangan ilmu pengetehuan dan informasi para remaja. Akibat dari kurangnya kasih sayang dan pengawasan dari orang tua anak akan mencari kesenangan di luar dan mereka akan bergaul bebas dengan siapa saja yang mereka inginkan dan terkadang mereka mencari teman yang tidak sebaya.secara langsung. FAKTOR. Dengan begitu mereka akan terpengaruh dangan apa yang dilakukan orang dewasa. ia akan menjadi anak yang kurang kasih sayang dan ia akan mencari kesenangan sendiri yang bisa membuat dia tenang dan tidak memikirkan masalah dirumah. Dampak negatif ini tentunya dapat dikurangi bahkan dihindari jika saja si pengguna memiliki pemahaman/pengetahuan. 4. karena guru juga sangat bertanggung jawab atas murid atau pelajar yang mereka didik. paling banyak kasus dari kenakalan remaja ini Indonesia adalah mereka yang berasal dari golongan atas/ anak dari orang tua yang berlebihan dalam materi. Yang lebih dewasa dari mereka karena mereka merasa dilindungi sehingga mereka mencari teman-teman yang lebih dewasa dari mereka.

ternyata mereka tidak sanggup. 1. sehingga merek merasa bahwa mereka mampu mengatasi masalah itu sendiri. 8.terkadang remaja tidak terbuka pada orang tua.ketika remaja putus cinta terkadang mereka tidak mau menceritakan hal ini kepada orang tua tetapi yang mereka lakukan adalah memendam dan akhirnya mereka sendiri yang depresi dan akhirnya lari ke hal-hal yang tidak baik. Kebebasan Yang Berlebihan Ada orang tua yang dalam mendidik anak mereka menerapkan pola asuh yang demokratis yang berlebihan sehingga anak menjadi yang keras kepala dan sering memaksakan kehendaknya kepada orang tua dan pola asuh seperti ni akan berakibat buruk pada anak. D.mabuk-mabukan merokok. Dan disini penulis akan membahas tentang bagaimana menanggulangi kenakalan remaja. 6.tidak tersedia dan akhirnya yang mereka lakukan adalah mencari kesenangan sendiri dan lebih suka hura-hura daripada duduk tenang dirumah atau belajar.dan masalah kenakalan remaja juga sangat bergantung pada pola asuh yang diterapkan orang tua bagi anak. Masalah Yang Dipendam Masa remaja sering penuh dengan berbagai problem. Dan hal ini harus sudah di mulai sejak dini mungkin sehingga ketika anak memasuki masa remaja mereka tidak salah dalam pergaulan dan mereka menjadi anak yang penurut dan taat kepada orang tua. PENANGGULANGAN TERHADAP KENAKALAN REMAJA Diatas penulis sudah menjelaskan sedikit tentang kenakalan remaja dan faktor-faktor penyebab kenakalan remaja tersebut. 7.memperhatikan hal ini.dl. karena jika remaja tidak mendapat pendidikan agama yang baik mereka akan jauh dari Tuhan dan pasti tingkah laku mereka akan sembarangan. orang tua seharusnya yang berperan aktif dalam memberikan motivasi bagi anak remaja. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan pola asuh maka di sini penulis juga memberikan beberapa contoh pola. a. Contoh masalah berpacaran. Tidak Adanya Media Penyalur Bakat Dan Hobinya Masa remaja merupakan masa dimana mereka mulai menyalurkan berbagai bakat dan potensi yang mereka miliki dan terkadang media atau tempat untuk mereka menyalurkan bakat mereka. ORANG TUA Dalam hal pembinaan terhadap remaja. Pola Asuh Otoriter .

jika pola asuh seprti ini yang diterapkan anak akan menjadi anak yang bijaksana dalam membuat satu keputusan.dan ada juga yang menyimpan akar pahit kepada orang tua. sehingga tidak ada satu pihak yang di rugikan atau satu pihak yang akan mendapat keuntungan. dan masyarakat. maka anak akan menjadi anak yang bebas.tetapi kebebasan yang bersyarat. yang harus dan perlu diperhatikan dalam setiap sistem pola asuh dan setiap tindakan orang tua terhadap anak harus berpedoman pada firman Tuhan agar tidak salah arah dan akan selalu berjalan sesui dengan koridornya. Pola Asuh Permisif Pola asuh permisif adalah pola asuh yang dimana anak yang akan selalu menjadi mendominasi setiap pengambilan keputusan dan orang tua hanya bisa mengikuti setiap apa yang diinginkan anak. dia akan belajar untuk menghargai pendapat orang lain dan juga masukan dari orang yang lebih dewasa daripada dia.dan hal ini yang akan lebih berbahaya. karena apapun yang ia lakukan pasti akan disetujui oleh orang tua. Anak akan tumbuh menjadi seorang anak yang taat dan juga patuh pada orang tua.karena orang tualah yang berkuasa dan anak hanya bisa mengikuti semua aturan dan tidak boleh membantah. Setelah kita melihat beberapa pola asuh diatas. sangat mudah diatasi. karena anak akan menjadi berwatak keras dan susah diatur. dan patuh pada setiap aturan yang berlaku dalam keluarga. dan jika hal ini tidak segera dirubah maka anak akan menindas orang tuanya sendiri. Pola asuh seperti ini juga terkadang ada yang bersifat kekerasan. Pola Asuh Demokratis Pola asuh ini lebih menitik beratkan pada sebuah kebebasan. b. jadi dari penjelasan diatas kita dapat mengatakan bahwa untuk menangulangi kenakalan remaja yang perlu kita lakukan adalah merubah . dan jika anak yang diasuh dengan pola asuh seprti ini membuat satu kenakalan. karena anak akan selalu berada dibawah kekuasaan orang tua. sekolah. c. artinya setiap hal yang ingin di lakukan oleh anak akan dipertimbangkan oleh orang tua dan dalam hal ini biasanya antara orang tua dan anak menjalin kerja sama yang baik dalam membuat sebuah keputusan. pola asuh seperti ini membuat anak menjadi seorang anak yang penakut dan tidak bisa bertanggung jawab terhadap pribadi sendiri.pola asuh sangat penting dan sangat bermanfat bagi pendidikan anak dalam keluarga.Pola asuh seperti ini adalah pola asuh yang salah. anak tidak mandiri dalam membuat sebuah keputusan kelak nanti. mental anak akan menjadi seorang yang anak yang tidak percaya diri dan tidak berani menghadapi tantangan hidup. hal ini terjadi karena orang tua biasanya terlalu berlebihan dalam memanjakan anak dan jika ini yang dilakukan oleh orang tua. karena anak akan beranggapan bahwa semuanya biarlah orang tua yang mengaturnya.

agar pembinaan dari sekolah bisa lebih efektif. dan disini peran gembala sidang dan para pelayan sangat bisa mendukung remaja untuk bisa bertumbuh dalam iman dan kepercayaannya kepada Tuhan. Namun. gereja harus lebih bisa memperhatikan dan mengontrol kegiatan pemuda/I gereja. harus memperhatikan juga kehidupan remaja dan bisa menjadi mentor yang baik bagi anak dalam pertumbuhan iman remaja. yang perlu kita prhatikan juga adalah tentang keadaan keluarga. pengembangan bakat dan minta remaja. karena remaja dan pemuda/i merupakan tulang punggung gereja. apakah kelurga itu sedang dalam keadaan brokenhome. Anak bisa di didik dengan baik.dan membawa mereka untuk lebih dekat kepada Tuhan. 3.pola asuh yag salah selama ini. Dalam hal ini orang tua.perhatian dan kasih sayang sangat penting bagi pertumbuhan kejiwaan. jika mereka tidak hidup berdasarkan dasardasar ajaran agama itu sendiri. GEREJA Gereja sebagai organisasi keagamaan harus juga berperan aktif dalam pembinaan terhadap remaja. mereka adalah masa depan gereja. dalam hal ini kesadaran orang tua akan tanggung jawabnya yang akan membuat semuanya berjalan dengan baik. Dalam hal ini peran guru pendidikan agama Kristen sangat dibutuhkan. kita . kerohanian dan intelektual anak. atau saja orang tua lebih mementingkan diri sendiri dan segala urusan diluar daripada rumah tangga dan pengasuhan anak ditugaskan kepada pembantu. Selain pola asuh yang sudah kita tahu. bagaimana gereja akan bertumbuh?. SEKOLAH Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga harus berperan aktif dalam penanggulangan terhadap kenakalan remaja. ganti dengan pola asuh yang baik dan sesuai dengan Alkitab agar anak bertumbuh menjadi anak yang patuh dan taat. dimana mereka akan menonjolkon segala potensi yang ada pada mereka. dan gereja harus bisa bekerja sama dalam hal. Guru tidak boleh hanya mementingkan pengetahuan anak dibidang ilmu. agar anak tidak salah melangkah dan terlibat dalm pergaulan bebas dan seks pranikah yang selama ini sangat marak terjadi dikalangan remaja 2.dalam hal ini kerja sama antar orang tua dan sekolah juga harus terjalin dengan baik. jadi disini para orang tua harus bisa lebih jeli dalam memperhatikan hal ini agar. sehingga guru PAK bisa menjadi Pembina bagi remaja. Seperti yang tahu bahwa masa remaja adalah masa emas.dan membiarkan mereka begitu saja pasti mereka akan melampiaskan segala aktivitas mereka kearah yang tidak baik.selain itu pendidikan seks dalam keluarga juga perlu ditanamkan sejak dini mungkin agar anak tahu tentang seks itu dan batasan dalam pergaulan. namun jika kita tidak peka dengan hal itu.terutama guru. guru yang merupakan orang tua dari anak ketika ia berada disekolah seharusnya juga bisa memainkan perannya dengan baik. sekolah.

dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita buat agar mereka dapat meyalurkan bakat mereka. Penyebab atau faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan itu yang perlu diperhatikan dan jika belum sesuai dengan apa yang salama ini dilakukan.AIDS. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. parade musik. Bagi sekolah dan guru. karena telah memiliki keinginan bebas untuk menentukan nasib diri sendiri. Gereja juga sangat bertanggung jawab terhadap perkembangan iman remaja Karena remaja merupakan tulang punggung gereja. Disinilah peran penting keluarga dalam membimbing & mengarahkan remaja menuju masa depan yang cerah. Bagi orang tua. BAB IV PENUTUP A. melukis. 3. dan dalam kegiatan-kegiatan yang lakukan itu kita bisa langsung mengkampanyekan tentang bahaya narkoba. tidak ada kata terlambat untuk suatu hal yang akan mendatangkan kebaikan.bisa membuat event-event yang mereka senangi sehingga mereka akan merasa kalau kita mempedulikan mereka dan dengan begitu mereka akan meresponi hal itu dengan baik. KESIMPULAN Remaja adalah masa transisi/ peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan aspek fisik. karena salah satu faktor penyebab kenakalan remaja adalah tidak adanya wadah untuk menyalurkan bakat mereka.dan menurut penulis hal utama yang perlu diperhatikan adalah polah asuh yang baik sejak dini sehingga ketika anak memasuki masa remaja mereka tidak salah jalan. bible champ. didiklah anak menurut kehendak Tuhan (Amsal 22 : 6) 2. harus lebih memperhatikan pelayanan terhadap remaja dan lebih bagus lagi kalau mereka dilibatkan dalam pelayanan gereja. B. miras. . SARAN 1. dianggap sebagai masa topan badai dan stress (storm and stress). dan untuk menanggulangi masalah ini.merokok.psikis & psikososial Masa remaja. dan pergaulan bebas. inilah saatnya untuk merubah semua itu. banyak hal perlu diperhatikan. Jadi gereja harus turut berperan aktif dalam pembinan terhadap remaja. juga demikiaan jangan hanya pengetahuan intelektual yang diperhatikan tetapi pertumbuhan iman juga perlu diperhatikan dan dipelihara dengan baik. contohnya membuat pertandingan bola. Bagi gereja.

Januari 25. 2011 0 komentar Label: PAPER Link ke posting ini http://yuvenmrlapu. Homrig Husen E. Merdiati Marbun.1. H. G Dr dan Enklaan I . DR 3. 1999 2.com/2011_01_23_archive. M. BPK Gunung Mulia. Jay Kesleh Tolong aku punya anak remaja. PAK Remaja Pemuda. Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia. 1997 4.blogspot. Diktat kuliah.Th 6.html . Kamus Bahasa Indonesia 5. Sumbangsi Penulis Diposkan oleh yuvenlapu di Selasa.

tetapi menurut Kristus. Semua usaha mereka adalah kegelapan dan kefanaan." Orang non-Kristen menyangkali fakta perbedaan Pencipta dengan ciptaan dan memalingkan diri dari Allah supaya terlepas dari Allah. Akibatnya. mereka hidup dalam kesia-siaan. Dalam berapologetika. Dua pandangan ini akan disebut filsafat Kristen." (Kol. Mereka berjalan: "Sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap. dan filsafat non-Kristen. Perasaan mereka telah tumpul. 2:8) Dari pengamatan singkat akan karakter manusia. Kita harus berhatihati dalam menafsirkan perkataan Paulus untuk mendapatkan pengertian yang tepat. Paulus menjelaskan keberadaan orang non-Kristen untuk menyatakan bentuk filsafat yang mereka hasilkan. 4:17-19. A. yang berakar pada kemandirian. karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.FILSAFAT KRISTEN DAN NON-KRISTEN FILSAFAT NON-KRISTEN DAN KRISTEN "Hati-hatilah supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia. STRUKTUR FILSAFAT NON-KRISTEN DAN FILSAFAT KRISTEN 1. sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Kedua pandangan ini memengaruhi setiap aspek kehidupan orang-orang yang terlibat di dalamnya. terlepas dari Allah. yang berakar pada ketergantungan secara total pada Allah. dan diri mereka sendiri. Kedua kelompok ini memegang pandangan yang berlawanan mengenai Allah. dunia. Struktur Filsafat Non-Kristen Dalam Ef. . jauh dari hidup persekutuan dengan Allah. sangat penting untuk mengetahui kedua filsafat ini dengan jelas. terlihat fakta adanya dua macam kelompok manusia yang hidup di sekitar kita hari ini.

maka ini sama dengan menganggap bahwa ada otoritas lain yang melebihi Kristus. 2:8) Filsafat orang non-Kristen berdasar pada kemandirian pikiran manusia dan kesetiaan atas "tradisi manusia" serta "prinsip-prinsip dasar dari dunia". Seperti yang dikatakan oleh Rasul Paulus: "Kita tidak menerima roh dunia. tidak ada dasar yang kokoh di bawahnya. kamu telah menjadi sempurna. filsafat manusia harus berdasarkan pada komitmen bahwa Kristus adalah yangMdiwahyukan Allah dalam Alkitab. Tidak ada hakim di atas Dia. maka kita harus menyerahkan diri pada-Nya apabila kita ingin memiliki kebenaran. Hanya Allah yang mengetahui alam semesta ini secara mendalam dan menyeluruh. dan diri kita sendiri dengan tepat dan benar. Karena Kristus adalah Allah. supaya kita tahu. Struktur Filsafat Kristen Filsafat Kristen menunjukkan usaha untuk menghindarkan diri dari kesia-siaan yang berasal dari kemandirian. namun perkataannya yang berikut ini justru membuktikan kesungguhannya: "Hati-hatilah supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia. Oleh karena itu. filsafat non-Kristen dapat diumpamakan sebagai bangunan yang atapnya mendukung fondasinya. "Di dalam Dia.Dalam pernyataan itu." (Kol. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. ia sendiri adalah seorang ahli filsafat. yang akan menghasilkan kehancuran dan kematian kekal. Oleh karena itu. apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. "Dia adalah kepala dari segala pemerintah dan penguasa. tetapi menurut Kristus." Hanya melalui persekutuan dengan Kristus dalam iman. Yang ia lawan adalah filsafat yang mengadopsi kemandirian untuk lepas dari Allah. kita tidak mungkin mendapatkan filsafat yang benar. Paulus menunjukkan karakter filsafat non-Kristen yang dengan tegas menolak Kristus dan bersikeras memertahankan kemandirian mereka. Paulus tidak melawan filsafat secara umum. Orang-orang yang mengambil posisi netral juga telah menolak pernyataan Kristus sebagai Tuhan atas seluruh alam semesta." (1 Kor." Kristus adalah penyataan Allah dalam bentuk fisik. Lepas dari iman pada Kristus sebagai komitmen dasar hidup. tetapi roh yang berasal dari Allah. 2:9-10) Paulus memberikan tiga prinsip yang penting sehubungan dengan filsafat Kristen: "Di dalam Dia. kita dimungkinkan untuk dapat melihat Allah. Mungkin kita berpikir bahwa Paulus terlalu berlebihan dalam mengomentari soal ini. Padahal tidak ada pengadilan yang dapat mengadili Kristus. seluruh kepenuhan ilahi tinggal. 2:12) Paulus selanjutnya menyatakan sifat dari komitmen agamawi yang merupakan dasar dari filsafat Kristen: "Sebab dalam Dialah (Kristus) berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan. dunia." (Kol. hanya Dia yang dapat mengajarkan kebenaran kepada manusia. Tidak ada yang benar bagi mereka selain bisa dibuktikan benar oleh pikiran manusia yang mandiri.Untuk lebih jelasnya." Apabila kita lebih memercayai prinsip yang tidak bergantung secara total pada Allah sebagai dasar pikiran kita. 2. Karena itu. dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. segala sesuatu yang dinyatakan oleh Kristus harus .

sebab Dialah yang memiliki otoritas mutlak/terakhir atas segala sesuatu. dalam bercocok tanam.Kristus. Filsafat Kristen dapat digambarkan sebagai suatu bangunan yang besar dan disangga oleh satu tiang utama -. mereka mengatakan bahwa ketergantungannya pada Allah adalah proses kemandirian orang Kristen yang . lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus. Bapa kita. menaruh gandum jawawut dan jelai kehitam-hitaman dan sekoi di pinggirnya? Mengenai adat kebiasaan ia telah diajari. Dengan kata lain. ia menyerakkan jintan hitam dan menebarkan jintan putih. Tuduhan yang sering kali diberikan kepada orang Kristen adalah bahwa komitmen orang Kristen akan ketergantungan pada Allah merupakan hasil keputusannya yang mandiri. namun hal-hal yang terperinci dipelajari dengan menerapkan prinsip-prinsip sesuai dengan kondisi yang ada. dan hikmatmelebihi burung di udara?" (Ay. 35:11) Orang Kristen berusaha untuk bergantung pada Allah dalam segala sesuatu supaya dapat mengatasi segala sesuatu sesuai dengan prinsip berikut:"Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan.diterima sebagai kebenaran. orang-orang percaya harus menyadari bahwa pengetahuannya adalah berasal dari Allah. 28:25-26) Semua hikmat dan pengetahuan kita berasal dari Allah. Contohnya." (Kol. Padahal. "Bukankah setelah meratakan tanahnya. Tetapi merupakan sebuah konstruksi yang dibangun berdasarkan prinsip firman Tuhan. Misalnya. petunjuk tertentu diberikan melalui wahyu khusus. Karena itu. Allah mengatakan kepada nabi Nuh untuk memplester bahtera itu. 3:17) Kedua. Setiap aspek dari filsafat kristiani harus bersandar pada komitmen ketergantungannya pada Allah. walaupun kedua hal itu paling utama. Yang Allah berikan kepada kita adalah prinsipprinsip sebagai pedoman untuk membangun filsafat kita. "yang memberi kita akal budi melebihi binatang di bumi. komitmen pada Kristus dianggap hanya dilaksanakan apabila berurusan dengan masalah-masalah gerejawi. Orang Kristen juga melihat dunia dan menemukan jawaban atas pertanyaannya setelah secara aktif melakukan pengamatan dan penganalisaan. orang-orang Kristen tidak mendapatkan keseluruhan filsafat mereka hanya dari Alkitab dan berdoa. komitmen ketergantungan pada Allah disalahmengerti secara total dalam pengertian bahwa filsafat Kristen hanya sekadar membaca firman Tuhan dan berdoa. nabi Nuh harus menentukan sendiri jumlah aspal dengan melihat seberapa banyak yang diperlukan untuk menjaga bahtera dari kebocoran. Filsafat Kristen bukan hanya membaca Alkitab dan berdoa. Saat Allah memerintahkan nabi Nuh untuk membangun bahtera. namun jumlah aspal yang akan dipergunakan tidak diberitahukan oleh Allah. sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah. persoalan-persoalan sekuler tidak perlu didasarkan pada komitmen ketergantungan mutlak pada Allah." (Yes. Pandangan ini sangat tidak benar. diberi petunjuk oleh Allahnya. Komitmen orang Kristen akan ketergantungannya pada Allah sering kali disalahmengerti dalam dua hal: Pertama. Komitmen ketergantungan secara mutlak pada Allah harus dilaksanakan dalam setiap aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu. Allah tidak mewahyukan jawaban secara rinci dalam Alkitab atas setiap pertanyaan yang diajukan manusia.

Pembukaan atau upaya menyingkapkan topeng orang tidak percaya dan memerlihatkan dilema ini kepada mereka. Namun. orang non-Kristen memakai topeng yang satu dan memakai topeng yang lain pada saat lain. orang Kristen menyadari bahwa kenyataannya tidak demikian. Sering kali. B. Sesungguhnya.memutuskan bahwa kekristenan merupakan pilihan yang terbaik. maka dia harus mengabaikan secara total kesadarannya akan keterbatasan manusia. "Hal itu tidak bergantung kepada kehendak orang atau usaha orang." (Rom. mereka terpaksa harus memakai dua topeng. ia memakai topeng "keyakinan yang mutlak". pada saat yang sama. Pernyataan ini kelihatannya seperti "kerendahan hati" pada . atau bahwa kita hanya akan sampai kepada "pengetahuan yang berdasarkan pada suatu kemungkinan". Memang. lepas dari kehendaknya sendiri. Suatu analogi dapat kita lihat dalam teater Yunani kuno. ia harus menggunakan topeng "ketidakyakinan yang mutlak". merupakan bagian penting dalam pembelaan (apologetika) alkitabiah. mereka diperhadapkan pada suatu dilema yang tidak dapat dipecahkan di balik topeng itu. di mana kedua-duanya. Namun ketika berpaling dari Allah. mereka menyatakan keyakinannya yang mutlak bahwa fakta perbedaan Pencipta dengan ciptaan-Nya adalah tidak benar. Demikian juga halnya dengan orang non-Kristen yang tidak mengenal kebenaran Allah. manusia dihadapkan pada suatu dilema yang tidak dapat dihindari oleh orang-orang non-Kristen. ia telah diberi anugerah kelahiran baru. Suatu saat. ia dimungkinkan untuk menyerahkan dirinya pada ketergantungan secara total pada Allah. yakin secara mutlak dan tidak yakin secara mutlak. Orang Kristen tidak mendasarkan kemandiriannya saat menyerahkan diri untuk bergantung kepada Allah. Karena itu. keadaan ini diperlihatkan oleh orang non-Kristen sebagai usaha untuk menghindari kesombongan atau membuat dogma (memutlakkan sesuatu). DILEMA ORANG NON-KRISTEN DAN JAWABANNYA Saat manusia menolak fakta perbedaan Pencipta dengan ciptaan dan menyerahkan dirinya kepada kemandirian yang lepas dari Allah. Mereka akan mengatakan bahwa kita tidak yakin akan apa yang kita pikir kita tahu. Oleh karena anugerah Allahlah. Saat berpaling kepada Allah. di mana aktor yang sama sering kali harus memainkan berbagai peran dengan cara menggonta-ganti topengnya. Perbedaan kedua pandangan ini membentuk jurang pemisah yang besar yang hanya bisa dijembatani oleh anugerah kelahiran baru dari Allah. Apabila orang yang non-Kristen bersikeras untuk berpegang pada pandangannya. seakanakan terlihat seperti itu jika dilihat dari sudut pandang orang non-Kristen. Sirkulasi pemikiran orang nonKristen merupakan bukti dari pemikiran yang mandiri dan lepas dari Allah yang berusaha untuk mendukung dirinya sendiri. karena itu. mereka berada pada posisi di mana ia tidak memunyai dasar yang kuat untuk pengetahuan. tetapi kepada kemurahan hati Allah. Terlebih dahulu. 9:16) Sirkulasi pemikiran orang Kristen terdiri dari pengakuan bahwa tidak ada yang lebih tinggi daripada otoritas Allah dan firman-Nya.

maka orang Kristen tidak lagi dihadapkan pada masalah pasti dan tidak pasti yang tidak terpecahkan. keyakinan dan Titik ini akan sangat menolong untuk menggambarkan lebih lanjut bagaimana filsafat orang non-Kristen memerlihatkan dilema "keyakinan yang mutlak bahwa tidak ada keyakinan-keyakinan yang mutlak". bahkan dalam keterbatasan manusia sekalipun. Supaya kita dapat melihat dengan jelas perbedaan antara kepastian dan ketidakpastian antara orang Kristen dan orang non-Kristen. memang ada ketidakpastian dalam diri orang Kristen. Hal-hal ini sangat penting bagi apologetika alkitabiah. dunia di luar manusia. Ketergantungan pada Allah ialah tetap memercayai-Nya dalam hal-hal yang belum dapat kita pahami sepenuhnya sekalipun. Oleh karena itu. Di pihak lain. Contohnya. Penjelasan akan diberikan berdasarkan tiga hal utama dari pemikiran manusia tentang Allah. Manusia akan mengetahuinya dengan benar tanpa disertai rasa takut akan salah. ia percaya bahwa hal itu bukanlah suatu misteri bagi Allah dan hal itu pasti benar karena Allah yang mengatakannya.Penjelasan ini bukan merupakan penjelasan yang mendalam karena kita hanya akan memerlihatkan beberapa contoh untuk mendukung gambaran yang akan diberikan. Ini berkenaan dengan hal-hal yang melampaui akal budinya dan yang belum dinyatakan Allah kepada manusia. namun itu semua ada di bawah bimbingan ke-Tuhanan Kristus. Memang ada kepastian dan ketidakpastian dalam filsafat kristiani. 1. Dapat dikatakan. orang percaya tidak mampu untuk memecahkan misteri ke-Tuhanan dan kemanusiaan Tuhan Yesus. Kristus adalah dasar dari kepastian manusia dan jawaban atas ketidakpastian yang ditemukan. tetapi tetap percaya pada hikmat Allah dan pengertian-Nya yang sempurna. Allah dilihat sebagai sumber dari segala pengetahuan.permukaannya. orang Kristen mengakui ketidakpastiannya. Kepastian orang Kristen tidak dihancurkan oleh apa yang tidak diketahuinya karena Allah mengetahui segala sesuatu secara mendalam dan menyeluruh. Namun. Pemikiran Berkenaan dengan Allah . namun sebenarnya merupakan pernyataan ketidakyakinannya yang mutlak pada waktu bersamaan. Dalam hal-hal seperti itu. berarti menerima secara pasti hal-hal yang telah diwahyukan. Di satu pihak. Ia menyadari bahwa tidak mungkin ia mampu memahami semua pengetahuan. orang Kristen dapat memiliki ketidakpastian yang bergantung pada pengetahuan Allah yang sempurna. Mendasari filsafat kita atas Allah dan wahyuNya. kita akan melihat beberapa gambaran berikut ini. Filsafat Kristen menyediakan jawaban atas dilema orang non-Kristten. dan manusia sendiri. Ia dapat menyediakan pengetahuan yang cukup bagi manusia. orang Kristen memiliki kepastian akan pengetahuan manusia selama ia bergantung pada wahyu Allah.

orang Kristen memiliki ketidakpastian yang bergantung pada Allah karena ia tidak mengetahui segala sesuatu mengenai Allah. Membutuhkan waktu untuk menerapkan pengajaran Alkitab ke dalam setiap aspek dari keseluruhan alam semesta ini. kehadiran dosa menyebabkan orang Kristen mungkin mengabaikan Alkitab sehingga salah mengerti akan dunia. Orang Kristen memiliki kepastian yang bergantung pada Allah mengenai keberadaan dan karakter Allah melalui wahyu Allah dalam Alkitab. Namun.Salah satu keterbatasan filsafat non-Kristen adalah dalam hal pertanyaan akan keberadaan Allah. Alkitab. sehingga ia tidak dapat menghindari ketidakpastian yang mutlak. orang tidak percaya diperhadapkan pada fakta bahwa ia belum dan tidak dapat menyelidiki keseluruhan dari dunia di luar dirinya. dalam pengertian tertentu. Namun. Pemikiran Mengenai Dunia di Luar Diri Manusia Dilema dari filsafat orang non-Kristen dapat dilihat pula dari apa yang dikatakan mengenai lingkungan ciptaan di sekitar mereka. merupakan dunia yang teratur dan dapat dimengerti. Di satu pihak. Pemikiran Mengenai Manusia Bukanlah hal yang mengejutkan apabila orang non-Kristen juga memerlihatkan ketidakkonsistenan pemikiran ketika membicarakan diri mereka sendiri. saat mereka mengatakan bahwa dunia ini. Oleh karena orang non-Kristen belum menyelidiki semua kemungkinan yang membuktikan keberadaan Allah. Untuk berpegang pada pandangan ini. Klaim akan keyakinan yang mutlak telah dikemukakan. sebab Allah memiliki semua pengertian dan pengetahuan akan segala sesuatu. atau kedua-duanya. 3. misalnya. Lebih dari itu. Selain itu. Allah telah berfirman dan menyatakan diri-Nya bahwa Ia dapat dikenali oleh mereka yang menyerahkan dirinya untuk percaya kepada Anak-Nya. Ketidakpastian hadir dalam pandangan kristiani untuk beberapa alasan. Orang Kristen dapat mengerti tentang dunia ini sebab Allah telah menyediakan garis-garis petunjuk dalam Alkitab untuk dapat mengerti dunia ini. Namun demikian. Mereka yakin secara mutlak bahwa keteraturan yang telah benar-benar diamati merupakan suatu realitas dari dunia ini. Dengan . ketidakpastian ini tidak menghancurkan segala sesuatu yang dapat diketahui oleh orang Kristen mengenai Allah. Akibatnya. dosa yang tersisa dalam kehidupan orang percaya menahannya untuk mengetahui apa yang telah diwahyukan sebagaimana seharusnya. 2. ia tidak dapat yakin secara mutlak bahwa Allah tidak ada. Allah merahasiakan sebagian mengenai diri-Nya. orang non-Kristen (mungkin seorang ateis) berpegang pada keyakinan yang mutlak bahwa Allah tidak ada. filsafat Kristen memiliki ketergantungan kepastian dan ketergantungan ketidakpastian dalam memertimbangkan dunia di luar dirinya. orang ateis berusaha untuk mengabaikan fakta keterbatasannya dalam menyelidiki seluruh alam semesta dan mendorongnya menyadari bahwa mereka tidak yakin secara mutlak akan keberadaan Allah. Kepastian yang bergantung pada Allah dapat ditemukan dalam pandangan Kristen yang mengajarkan bahwa Allah telah menciptakan dunia yang teratur ini.

saat orang Kristen berada dalam ketidakpastian yang bergantung pada Allah. Oleh karena itu. . saat itu pula mereka berada dalam kepastian yang bergantung kepada Allah. 12:30) Meskipun terlihat aneh. orang Kristen kembali diperhadapkan pada kepastian dan ketidakpastian dalam ketergantungannya pada Allah. orang non-Kristen sebenarnya membuat klaim yang berpegang pada kepastian yang mutlak dan mengabaikan fakta keterbatasan dari penyelidikan mereka sebagai manusia. Lebih dari itu. banyak orang non-Kristen mengklaim bahwa mereka sulit sekali untuk tiba pada keyakinan mereka setelah melihat dunia dari pandangan yang netral. yang menghargai ilmu pengetahuan." (Mat. namun orang non-Kristen sebenarnya sangat jauh dari keberadaan netral (objektif). Sebagaimana yang dikatakan oleh Tuhan Yesus: "Siapa tidak bersama Aku. Sangatlah penting dalam perkembangan apologetika untuk melihat beberapa hal yang dikatakan atau dianggap sebagai konsep netral dan melihat mengapa mereka sebenarnya sama sekali tidak netral. orang Kristen menyerahkan dirinya pada pengertian bahwa secara menyeluruh. Allah mengerti karakter manusia.pertanyaan yang bersifat rohani/agamawi. Dalam kerangka berpikir abad ke-20. dosa menyebabkan orang Kristen salah mengerti dan kadang menolak kebenaran dari karakter mereka sendiri. MITOS DARI NETRALITAS Setelah kita melihat perbedaan filsafat non-Kristen dan Kristen.beragam cara. ia menceraiberaikan. orang-orang Kristen berusaha mencari titik pertemuan pada dasar yang sama dengan orang non-Kristen di mana di atasnya mereka ingin membangun kredibilitas kristiani. ada juga orang Kristen yang berusaha untuk menemukan tempat netral. Pada dasarnya. Ketika memikirkan dirinya sendiri. Mereka bisa mengatakan tentang manusia seperti yang mereka mau. serta akhirnya mengembalikan diri mereka pada ketidakpastian yang mutlak. tidak ada daerah netral di antara keduanya. "Kejujuran yang netral" yang mereka kemukakan hanyalah bentuk lain dari penyerahan kepada kemandirian yang lepas dari ketergantungan pada Allah. "Saya hanya ingin berhubungan dengan fakta objektif sebagaimana adanya. Bahkan konsep daerah netral di antara orang non-Kristen dan Kristen telah merupakan konsep dasar yang banyak dipakai dalam berapologetika di masa lampau." Walaupun kalimat ini dinyatakan dengan ketulusan. Saya ingin menghindarkan diri dari pertanyaan. Orang Kristen mengetahui bahwa ia merupakan gambar Allah karena Allah mewahyukannya dalam Alkitab. Namun. Hampir tidak pernah satu hari berlalu tanpa kita mendengar seseorang mengatakan. ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku. C. Apa pun masalahnya. Namun. lepas dari ketergantungannya pada Allah. orang non-Kristen menyelewengkan gambaran manusia secara alkitabiah sebagai manusia menurut gambar Allah dan menggantikannya dengan konsep mereka sendiri. maka penting bagi kita untuk tahu bahwa dua filsafat inilah yang menjadi pilihan manusia. ada misteri mengenai diri kita sendiri di mana orang Kristen tidak mampu memahaminya.

Konsisten dalam logika merupakan prinsip yang disuguhkan. di mana orang Kristen dan orang non-Kristen bersepakat. pengertian kristiani akan keterbatasan dan fungsi logika sangat berbeda dengan apa yang dimengerti oleh orang-orang non-Kristen. Dalam pengertian ini. filsafat. keberadaan kita sebagai manusia yang diciptakan menurut gambar Allah. Tidak ada daerah netral untuk berbicara mengenai "fakta-fakta" tanpa pengaruh dari komitmen dasar kita. dan makan makanan yang sama. Fakta-fakta ilmiah pada dasarnya dimengerti secara berlainan oleh orang Kristen dan non-Kristen. Kristus. logika pun tidak ada yang bersifat netral. Pemikiran manusia. walaupun kita setuju akan keharusan berpikir secara logis. yaitu di tempat-tempat yang memiliki persamaan -. sebagai manusia yang diciptakan menurut gambar Allah. teologi. kita dapat berkomunikasi dan benar-benar sampai pada kesepakatan. Roh Kudus membuka hati dan membawa seseorang pada iman pada Kristus. dan penawaran Injil yang bersifat anugerah. manusia yang telah jatuh tetap dapat berargumentasi. dan Alkitab. Jadi pada dasarnya. kita hidup di bumi yang sama. Akibatnya. biologi. merasakan sesuatu. Apabila kita bermaksud untuk memerlihatkan kebenaran kekristenan kepada orang non-Kristen. berpikir. atau paling tidak ke arah itu. bagaimana orang Kristen dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang non-Kristen? Jawaban atas pertanyaan ini terletak pada fakta bahwa meskipun tidak ada netralitas. Pengakuan akan konsep mitos netralitas tidak akan menghancurkan semua pengharapan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang . matematika. Lebih dari itu. Dengan suatu pengharapan bahwa penjelasan berdasarkan logika ini dapat meyakinkan atau memenangkan mereka ke dalam Kerajaan Allah. yang pada dasarnya berbeda.dunia di mana kita hidup. Baik dalam psikologi. dalam bentuk yang paling murni dan yang paling lengkap. Karena perbedaan yang begitu jelas. namun setiap fakta dari ciptaan berbicara kepada mereka tentang Allah. Orang Kristen dan non-Kristen sama-sama hidup di dunia yang sama. Melalui Injil yang diberitakan. Walaupun mereka berusaha untuk menyangkalinya. meskipun hanya secara permukaan saja. sebab perbedaan kita yang radikal tetap ada. kita dapat melakukan fungsi secara mekanis yang sama. orang non-Kristen mengenal Allah dan tuntutan-Nya dalam hati mereka. Bahkan pembicaraan orang Kristen mengenai kesadaran akan Allah akan menyebabkan mereka tidak dapat luput dari kesadarannya akan Allah. Namun. sejarah. sebenarnya tidak ada fakta dari ilmu pengetahuan di mana orang Kristen dan orang non-Kristen memegangnya sebagai satu kesepakatan. tetap tidak lebih dari pemikiran makhluk yang diciptakan Allah dan yang telah dipengaruhi oleh bentuk pemikiran yang subjektif. Juga. belanja di toko yang sama. ada titik temu di antara orang Kristen dan non-Kristen. dan lain-lain. Kita hanya dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang non-Kristen karena kekuatan dan pekerjaan kelahiran baru yang dilakukan Roh Kudus. dan dapat menggunakan bahasa manusia. maka kita dapat memberikan logika dari kepercayaan kita pada Allah. yang selalu ada dan bekerja. Sebagai gambar Allah.

dengan kesadaran bahwa tidak ada netralitas. .non-Kristen. Tanpa pengakuan akan adanya perspektif-perspektif ini. apologetika alkitabiah tidak dapat dikembangkan. kita mulai berkomunikasi dengan orang non-Kristen dengan cara yang relevan dengan kebutuhan mereka akan Kristus. Sebenarnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->