Materi Pokok/ Pembelajaran 1.

1 Menganalisis Pertumbuhan y pentingnya dan pertumbuhan dan Perkembangan perkembangan pada makhluk hidup y Kompetensi Dasar

Kegiatan pembelajaran Melakukan studi pustaka y untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan. Mencari informasi melalui nara sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, y petani, peternak) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Mengamati melalui gambar y atau video proses metamorfosis dan metagenesis.

Indikator

Penilaian Bentuk Teknik Instrumen Contoh Instrumen Tes uraian Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Tes uraian Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Tes isian Tes tertulis Pergiliran keturunan antara fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup disebut ....

Alokasi Sumber Belajar Waktu 4 × 40¶ Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 1-21, carta metamorfosis dan metagenesis

Menyebutkan faktorTes faktor yang tertulis mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Tes Menyimpulkan tertulis perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

y

Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.

1.2 Pertumbuhan y Melihat gambar dan/ atau Mendeskripsikan dan tayangan perkembangan tahapan Perkembangan manusia. perkembangan pada Manusia manusia y Mengkaji pustaka tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia. 1.3 Sistem Gerak y Mengidentifikasi macam Mendeskripsikan organ penyusun sistem sistem gerak gerak pada manusia.

y

y

y

Mendeskripsikan tahapan Tes Tes isian Setelah terjadi pembuahan perkembangan manusia tertulis ovum oleh sperma, zigot mulai dari bayi, anakakan tumbuh menjadi .... anak, remaja, dan dewasa. Tes uraian Jelaskan ciri-ciri seks Membedakan ciri anakTes sekunder pada remaja anak dan remaja. tertulis perempuan yang mengalami masa pubertas. Membandingkan macam Tes Tes PG Tulang rusuk melayang organ penyusun sistem tertulis berjumlah.... gerak pada manusia. a. dua pasang

2 × 40¶

Buku IPA Biologi 2 Esis hlm.22-34, carta

4 × 40¶

Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 35-62.

lima pasang Alokasi Sumber Belajar Waktu rangka tubuh manusia y Studi pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang.. dan sendi gerakan bebas disebut.. Membedakan antara Tes tulis Tes PG saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem Bahan makanan yang mengandung lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh .. otot. dan contohnya. y Membedakan fungsi Tes isian Hubungan antartulang tulang rawan.. y y y Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot. kerja arah gerakan.Kompetensi Dasar pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian Bentuk Teknik Instrumen Contoh Instrumen b. atau internet. alat dan bahan praktikum uji makanan 1. kehidupan sehari-hari Berilah keterangan atau dan upaya mengatasinya.. tulang Tes tertulis yang dapat menimbulkan keras.4 MendesSistem kripsikan sistem Pencernaan pencernaan pada pada manusia manusia dan dan y Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pencernaan pada manusia y . Tes Isilah tabel berikut yang Mengidentifikasi macam Tes unjuk identifikasi memuat macam sendi. empat pasang d.. kemudian kumpulkan ke guru. sebagai penyusun rangka tubuh. sendi dan fungsinya. komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. otot. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel dari majalah... tiga pasang c. 4 x 40¶ Buku siswa. Mendata contoh kelainan Tugas dan penyakit yang Penugasan rumah Buatlah kliping yang berkaitan dengan tulang menarik mengenai dan otot yang biasa berbagai kelainan dan dijumpai dalam penyakit pada tulang.. koran. dan sendi.

. Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia adalah .. Tes tulis Tes lisan Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video y Menyebutkan contoh tentang kelainan dan kelainan dan penyakit penyakit yang berkaitan pada sistem pencernaan dengan sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan seharihari dan upaya mengatasinya Mengidentifikasi macam y Membandingkan macam Tes Tes PG organ penyusun sistem organ penyusun sistem tertulis pernapasan pada manusia.Kompetensi Dasar hubungannya dengan kesehatan Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator pencernaan pada manusia Penilaian Bentuk Teknik Instrumen Contoh Instrumen a. trakea d. bronkus b. usus Alokasi Sumber Belajar Waktu y Studi pustaka tentang jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya y y y 1. a... pernapasan pada manusia.. lambung b.. pulmo Buku IPA Biologi 2 Esis hlm.5 Sistem Mendeskripsikan Pernapasan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya y Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya Tes unjuk Uji petik Melakukan percobaan kerja kerja tentang kandungan zat yang y Melakukan dan membuat prosedur ada di dalamnya (Uji laporan hasil percobaan makanan) uji makanan Tes tulis Studi kepustakaan untuk Tes isian merumuskan pengertian y Membandingkan pencernaan mekanik dan pencernaan mekanik dan kimia kimiawi. carta. pangkreas Tes tulis Tes uraian c. hati d. alat dan bahan praktikum y Melihat gambar dan/ atau Tes uraian Buatlah tabel yang . 99-118. alveolus c. y Sebutkan 3 contoh jenis makanan yang kandungan zatnya berupa karbohidrat! Lakukan tes uji amilum dan buatlah kesimpulan hasil percobaan. Berikan dua contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernakan! Bagaimana cara mengatasi diare karena infeksi kuman! Pertukaran udara secara 4 × 40¶ difusi dilakukan pada .

Buatlah sebuah artikel mading berwarna tentang flu burung dengan 3 orang teman kalian. . Tugas Mendata contoh kelainan rumah dan penyakit pada sistem Penugasan pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.Kompetensi Dasar dengan kesehatan Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan pembelajaran video tentang proses y ekspirasi dan inspirasi pada proses pernapasan. Jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyakit tersebut Alokasi Sumber Belajar Waktu y Membandingkan proses Tes inspirasi dan ekspirasi tertulis pada proses pernapasan. Studi pustaka dan/ atau y melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Indikator Penilaian Bentuk Teknik Instrumen Contoh Instrumen menjelaskan perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.