LAPORAN PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TK AL-HIDAYAH I BLITAR

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) S.1-PAUD 2504 Masa Registrasi 2010.1

Oleh: ANWIYAH NIM: 816 889 544 UNIVERSITAS TERBUKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM S1 PAUD UPBJJ-MALANG 2010

LAPORAN PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TK AL-HIDAYAH I BLITAR
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) S.1-PAUD 2504 Masa Registrasi 2010.1

Oleh: ANWIYAH NIM: 816 889 544 UNIVERSITAS TERBUKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM S1 PAUD UPBJJ-MALANG 2010

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN INI DISAHKAN Hari Tanggal : Minggu : 13 juni 2010

Kepala TK Al-Hidayah I

Teman Sejawat

Anwiyah, A.Ma NIM. 816 889 544 Supervisor

Imroatul Mufidah

Siti Kholifah, S.Pd NIP. 19680219 198803 32003 Mengetahui Ka. UPBJJ UT MALANG

Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Se NIP. 19500507 197403 1 002

Selaku kepala TK Al-Hidayah I Margomulyo 4. sistematis. Pd selaku kepala Tk Negeri Pembina Kediri yang telah membantu selama PPL berlangsung. selaku Ketua Penyelenggara UT-UPBJJ Pokjar Kediri. Bpk. Ma. Tidak lupa kami sampaikan kepada : 1.KATA PENGANTAR Dengan mengucap syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT. kemampuan professional optimal guna dalam mengelola kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi keberhasilan anak didik dalam mencapai perkembangan pribadinya. Pd selaku dosen pembimbing. bertahap dan berkesinambungan. Namun penyusun menyadari sepenuhnya meskipun penyusun telah berusaha sebatas kemampuan yang ada. dan atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan laporan ini sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kami. Kediri. Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Disamping itu. SH. 5. 2. Penyusunan laporan ini bertujuan untuk merealisasikan pengetahuan keguruan yang telah kami terima selama menempuh pendidikan di S1 PAUD Universitas Terbuka UPBJJ Malang. Guru-guru TK Negeri Pembina Kediri dan TK Al-Hidayah 1 Margomulyo 6. Namun dengan keterbatasan yang penyusun miliki laporan ini masih jauh dari sempurna. Ibu Siti Kholifah. Kami sadar bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran demi kemajuan dan semoga laporan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Ibu Anwiyah A. M.Hum. Markan Sumaryono. 3. Djoko Purnomo S. Amin. Bapak Drs. 13 Juni 2010 Penyusun . Kami menyadari bahwa sesuai dengan tujuan peningkatan kualitas pendidikan harus dilaksanakan secara terpadu.M. Pd. S.

........... Refleksi.... APKG 2.................Manfaat Mengikuti Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ........................................................................... 1. Temuan-temuan ........ Refleksi...............................3 SKH....Latar Belakang Pembuatan Laporan .................................. Refleksi..........1 Kesimpulan ...................... 1. APKG 1............ APKG 1.... Temuan-temuan ........1 SKH.. 2................... 2.. Temuan-temuan ...........................Tujuan Mengikuti Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ........ APKG 2....................... Refleksi............. APKG 2....................................... APKG 1..........4 SKH................ 2................... 3........................................8 SKH......... 2.2 Saran ............... APKG 1............................. BAB I PENDAHULUAN 1..5 SKH......... BAB II TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE 2................. APKG 2............. LAMPIRAN-LAMPIRAN ........ APKG 2..........1.................................. APKG 1............................... APKG 1................... BAB III ............. 2................ Temuan-temuan ........... Temuan-temuan .............3........................ Refleksi........................ KATA PENGANTAR ................................................................................................. APKG 1..........................7 SKH.......... HALAMAN PENGESAHAN ............................................ Temuan-temuan ........................................2.. Temuan-temuan ................2 SKH.... APKG 2.. 2.. Temuan-temuan ........................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ........................................... APKG 2.........................PENUTUP 3............... 2... Refleksi...................... Refleksi.................. APKG 1. DAFTAR ISI ..... Refleksi................6 SKH........ APKG 2..

BAB I .

sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sesuai kurikulum yang telah ditetapkan. Pemantapan kemampuan mengajar (PKM) merupakan muara dari seluruh program pendidikan di lembaga pendidikaan guru atau keguruan. Peran guru hanya sebagai perencana pelaksana pengembangan kurikulum dan pengajar saja. agar menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan yang profesional yang dapat diandalkan. Program ini merupakan sarana latihan bagi calon guru sebagai tenaga kependidikan untuk mempraktikkan dan merealisasikan ilmu yang dimiliki mahasiswa. sebagai pegangan ataupun untuk modal setelah mahasiswa lulus dari perguruan tinggi. Maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk membentuk guru yang profesional memiliki pengetahuan. fasilitator. dan pelaksana secara langsung dalam proses belajar mengajar. karena semakin tinggi dan semakin beratnya peranan guru dalam proses belajar mengajar. Sejalan dengan asumsi tersebut.PENDAHULUAN A. motivator. ketrampilan dan kepribadian yang tinggi. baik dalam kegiatan belajar mengajar mapunun dalam proses membimbing. Mengingat pentingnya peranan pemantapan kemampuan mengajar (PKM) dirancang secara cermat dan sistematis. mempersiapkan calon-calon guru yang profesional yang mana telah mencanangkan salah satu program pemantapan kemampuan mengajar (PKM). Tetapi juga sebagai pembimbing. dinamisator. LATAR BELAKANG Sekolah berbagai lembaga pendidikan. Sehubungan dengan hal itu. Lebih-lebih bagi pendidikan guru di indonesia. maka pemantapan yang kemampuan mengajar (PKM) dianggap sebagai program mengintegrasikan segala kemampuan yang telah diperoleh mahasiswa . Maka dari universitas terbuka sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi. mempunyai peranan yang besar dalam menjadikan anak didik sebagai anggota masyarakat atau sebagai warga negara yang berguna.

kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Sesuai dengan hakekatnya sebagai arena pembentukan kemampuan-kemampuan keguruan yang langsung dapat ditetapkan di lapangan adalah: latihan-latihan. prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan pendidikan anak usia dini dengan tepat. TUJUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM) Tujuan dari pemantapan kemampuan mengajar (PKM) adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien dengan adanya 1. Misalnya: masalah kurikulum. Dalam kegiatan pemantapan kemampuan mengajar (PKM) tersebut mahasiswa dituntut melaksanakan kegiatan belajar mengajar. penghayatan terhadap berbagai sikap dan nilai yang berkaitan dengan kode etik guru ditetapkan dalam pemantapan kemampuan mengajar (PKM) melalui berbagai tahap. penguasaan terhadap berbagai landasan pendidikan dan teori belajar mengajar. terpenuhinya tenaga guru yang profesional dan memiliki kemampuan yang memadai. 2. Apabila kelak terjun ke lapangan dalam dunia pendidikan. termasuk mengenali Menyususn rencana pembelajaran dengan menerapkan karakteristik dalam kebutuhan belajar peserta didik. B. khususnya para lulusan PGTK yang akan menjadi guru TK. dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemantapan kemampuan mengajar (PKM) adalah program yang membawa calon guru kepada penguasaan tugas-tugas yang nyata dilapangan. pemantapan kemampuan mengajar (PKM) mahasiswa diharapkan: Mempersiapkan pembelajaran.selama dalam perguruan tinggi. Penguasaan terhadap materi belajar yang diperoleh di program S1 PAUD. baik latihan dalam situasi buatan (simulasi) maupun latihan dalam situasi nnyata. . memahami berbagai masalah yang ada. administrasi keuangan. Dengan pengalaman demikian dan mahasiswa dengan akan mendapatkan demi pengatahuan yang sangat berguna. BP3 bimbingan. menganalisa.

6. . 4. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar Memperbaiki tidak penyelenggaraan pembelajaran berikutnya pada rencana pembelajaran yang telah dibuat. Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan pendidikan anak usia dini. 5. dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. melalui refleksi.3.

C. Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah mahasiswa peroleh melalui tindak mengajar yang dipraktekkan mahasiswa dengan demikian akan menjadikan mahasiswa suatu pembelajaran yang dinamis. MANFAAT PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM) Agar tujuan tersebut dapat dikuasai. . 2. tetapi untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam mengajar. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menilai kekuatan dan diri sendiri dalam merancang dan melaksanakan kelemahan pembelajaran serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam mengajar. menarik dan menantang bukan hanya itu mahasiswa sebagai guru. 3. Mahasiswa mengambil keputusan dan dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. di antaranya sebagai berikut: 1. maka mahasiswa diharapkan dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) sehingga dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa.

BAB II .

PERTEMUAN I SKH Kelompok A PPL Mengajar Di Kampus UT Taman Siswa .

Hal ini terjadi karena: Sebelum saya melaksanakan kegiatan pembelajaran saya membuat rencana pembelajaran dengan berpedoman pada kurikulum yang berlaku dan saya sesuaikan dengan sifat-sifat dan karakteristik anak usia TK. Hal ini terjadi karena: Media yang saya gunakan dalam kegiatan pembelajaran berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau dengan kata lain media yang saya gunakan menjadi sarana untuk membantu . 3. 2. Apakah kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang ditentukan? Saya berkesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan sudah sesuai dengan indokator yang ditentukan. Hal ini terjadi karena: Saya telah mempersiapkan materi tersebut sesuai dengan tema dan sub tema yang saya ambilkan dari lingkungan terdekaat. Refleksi Komponen Pembelajaran 1. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Materi yang saya sajikan telah sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Media yang saya gunakan sudah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN Nama Mahasiswa : ANWIYAH NIM Program Studi UPBJJ-UT : 816889544 : S1 PAUD : Malang A.

Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak sangat positif. Refleksi Proses Kegiatan Pembelajaran 1. penataan kegiatan pembelajaran (penguasaan materi. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang saya gunakan bentuk kegiatan yang saya berikan pada anak menjadi sangat diminati oleh anak-anak sehingga proses kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. serta penilaian proses dan hasil belajar). 3. pengelolaan kelas. penggunaan waktu. B. penggunaan media dan sumber kegiatan. Kelemahan saya pada kegiatan pembelajaran kali ini adalah anakanak kurang bisa melaksanakan tugas-tugas yang saya sampaikan. Apakah pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan SKH yang saya susun? Saya berkesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan SKH yang saya susun. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Hal ini terjadi karena: Alat penilaian yang saya gunakan dapat saya gunakan untuk mengukur sampai sejauh mana anak-anak dapat menguasai materi yang saya sampaikan. 2.menyampaikan pesan pembelajarankepada anak dengaan mudah mengerti dan memahami terhadap materi yang saya sampaikan. penggunaan metode pembelajaran. komunikasi dan pendekatan terhadap anak. 4. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? . 5. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan belajar. Hal ini terjadi karena: Saya melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan program harian yang saya susun dalam bentuk SKH.

Bagaimana reaksi anak terhadap penilaian ynag saya berikan? Anak-anak merasa senang dan puas bagi yang mendapatkan nilai bagus. melaksanakan tugas yang saya berikan.. 4... 6... Hal ini terjadi karena: Saya sudah mempersiapkan dan melaksanakan dengan baik sesuai dengan program yang telah saya susun.. 7. Cara saya mengatasi masalah... Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang diberikan? (misalnya akan dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan.. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak.. namun ynag mendapat nilai kurang dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasinya.Penjelasan yang saya sampaikan kurang jelas dan metode pembelajaran yang saya gunakan kurang menarik perhatian anak.... sehingga pada waktu saya . 5. . melaksanakan tugas dengan tepat) Sebagian besar anak-anak dapat menangkap penjelasan dan melaksanakan tugas yang saya berikan. memotivasi anak dan sebagainya). Hal ini terjadi karena: Saya kurang jelas memberi penjelasan bagi anak yang kurang memperhatikan namun untuk anak yang mau memperhatikan penjelasan saya tidak ada masalah.... Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan? Penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan.... Anak-anak merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang saya lakukan karena saya memperlakukan anak-anak sesuai dengan kodratnya yakni dengan kasih sayang dan memberikan materi pembelajaran dalam bentuk penilaian..

penguasaan terhadap materi C. MANFAAT PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM) Agar tujuan tersebut dapat dikuasai. Akan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan. Hal ini terjadi karena: Saya selalu memberi rangkuman dan materi pengayaan kepada anak tentang materi yang saya sampaikan sebelum mereka meninggalkan kelas. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik? Saya merasa sudah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik.8. Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah mahasiswa peroleh . Apakah kegiatan penutup anak saya yang saya lakukan yang dapat saya meningkatkan sampaikan? Kegiatan penutup yang lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang ditetapkan? Iya anak sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan. pulang ke rumah masing-masing. 9. Hal ini terjadi karena: Saya sudah mempelajari tingkat kemampuan baik ciri-ciri atau karakteristik anak sehingga saya bisa mengukur apakah anak belum bisa mencapai indikator yang saya tetapkan. 10. maka mahasiswa diharapkan dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) sehingga dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa. di antaranya sebagai berikut: 1. Hal ini terjadi karena: Pelaksanaan kegiatan yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan.

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam mengajar. mahasiswa sebagai guru. 3. menarik dan menantang bukan hanya itu. 2. Mahasiswa mengambil keputusan dan dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. . tetapi untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam mengajar.melalui tindak mengajar yang dipraktekkan mahasiswa dengan demikian akan menjadikan mahasiswa suatu pembelajaran yang dinamis.

BAB III .

3. Kesimpulan 1.PENUTUP A. Saran adalah: adalah: adalah: . 4. 2. 5. Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan Saya kurang bisa mengorganisasikan kegiatan pembelajaran dengan baik Penggunaan metode kurang berfariasi sehingga sebagian anak kurang tertarik Media dan sumber belajar kurang memadai Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah: Saya kurang bisa menarik perhatian anak Saya kurang bisa menggunakan metode dengan tepat Penggunaan media dan sumber belajarnya kurang sesuai Secara umum kelebihan pembelajarn yang saya lakukan Sebagian besar anak-anak dapat mencapai indikator yang saya tentukan Anak-anak dapat menangkap penjelasan yang saya sampaikan Secara umum penyebab kelebihan itu adalah: Saya berusaha bertanggung jawab terhadap tugas Berusaha menggunakan dan memanfaatkan waktu sebaik-baik mungkin Membantu dan menolong anak untuk mengembangkan semua potensi Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah saya lakukan Menyusun rancangan pembelajaran dengan sebaik-baiknya Memfariasikan metode-metode pembelajaran agar kegiatan pembelajaran lebih menarik Mengorganisasikan kelas agar lebih tertib dan disiplin Saran kami dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada anak usia dini dan peningkatan profesionalisme guru hendaknya guru B.

TK betul-betul memperhatikan masalah-masalah pendidikan dan tetap konsisten terhadap apa yang telah direncanakan dan dilaksanakan agar kita dapat membantu sepenuhnya terhadap perkembangan anak didik serta mengembnagkan seluruh potensi yang dimiliki anak secara maksimal. .

LAMPIRAN-LAMPIRAN .

19680219 198803 32003 .KELENGKAPAN BERKAS PRAKTIK PKM UPBJJ NAMA NIM N o 1. 3.Pd NIP. 816889544 SITI KHOLIFAH. : MALANG : ANWIYAH : 816 889 544 Jenis Berkas Satuan Kegiatan Harian APKG 1 APKG 2 Lembar Refleksi Rata-rata Target 8 8 8 8 POKJAR SEMESTER MASA : KEDIRI :V : 2010.1 Kelengkapan Ya Tidak V V V V Kepala TK Al-Hidayah I Supervisor ANWIYAH NIM. S. 4. 2.

A1 Kel. Mayor Bismo Gang Makam No. A2 Kel. NIP. STATUS PN GT S T √ PT T Tempat. 3 Kediri Jumlah Siswa : 121 Jumlah Rombel : 5 rombel DATA GURU DAN KARYAWAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 NO NAMA . S. √ √ Penjag a .Ma . 1 Joko Purnomo. 12-061974 Kediri. Tanggal Lahir Malang. 16-071975 Kediri.Ma . 19770101 200501 2 016 3 Ita Waranti. 19650611 198103 1 020 2 Emilia Fauziah.Pd. NIP. 19650104 198702 2 001 9 Rinawati . NIP. B2 Kel. 19740612 200501 2 015 7 Ahmadin. 30-071984 Tugas Mengaj ar Kepala Sekola h Kel. NIP. A. 01-011977 √ √ √ √ √ √ √ √ Ponorogo. . 8 Dyah Mujiati. 11-061965 Kediri.Pd . 2412-1975 Tulungagung.DATA KEADAAN LEMBAGA Jenjang : TAMAN KANAK-KANAK Nss : 000100/002056301100 Nama Sekolah : TK Negeri Pembina Kota Kediri Alamat Sekolah : Jl. A2 Kel. NIP. Novita Dwi S. S. 02-06-1984 Blitar. 19770101 200501 2 016 5 Yuwartik Cahyandari . A1 Kel.Pd . 23-071974 Kediri. 22-061984 Kediri.Pd NIP. 4 Sri Hartini .Ma . 04-011965 Kediri. B3 TU TU KE T. 01-031980 Kediri. S. A. 19740723 200801 2 010 1 Wiwik Retno 0 Yuningtyas . 1 Slamet Wahyudi 1 . 6 MM. A. B1 Kel. M.

KELOMPOK A1 A2 B1 B2 B3 JUMLAH JUMLAH L 11 13 12 13 13 63 P 17 16 8 7 9 58 JUMLAH L + P 28 29 20 20 22 121 .1 Sukidi 2 . √ Tulungagung. 12-12-1951 Penjag a DATA MURID TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 No .

NAMA Anwiyah. Tanggal Lahir Tugas Mengaj ar Kepala Sekola 2. Pahlawan Margomulyo Panggungrejo Blitar Jumlah Siswa : 56 Jumlah Rombel : 3 rombel DATA GURU DAN KARYAWAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 NO . KELOMPOK A1 A2 B1 JUMLAH JUMLAH L 10 7 11 28 P 7 10 11 28 JUMLAH L + P 17 17 22 56 √ √ h Guru TK Guru TK KE T. 3. Imroatul Mufidah Ainun Fitrotun Nadhiroh DATA MURID TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 No . 1.Ma STATUS PN GT PT S T T √ Tempat.DATA KEADAAN LEMBAGA Jenjang : TAMAN KANAK-KANAK NSS : 002051509017 Nama Sekolah : TK Al Hidayah 1 Margomulyo Alamat Sekolah : Jl. A. .

A.Ma .LAMPIRAN LAMPIRAN 1 Kepada Yth. Kediri. A.Ma : Jl. Pahlawan Margomulyo Panggungrejo Blitar Asal dari TK : Al Hidayah 1 Margomulyo Dengan ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama Imroatul Mufidah dapat menilai dan memberi masukan pelaksanaan PKM mahasiswa berikut ini: Nama NIM : Anwiyah : 816889544 Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 18 Juni 2010 Kepala TK Al Hidayah 1 Margomulyo ANWIYAH. Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT REKOMENDASI KEPALA TK Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Alamat : Anwiyah.

Kediri. Pahlawan Margomulyo Panggungrejo Blitar Dengan ini menyatakan bersedia menjadi guru teman sejawat yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktek mengajar dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini: Nama Mahasiswa : Anwiyah NIM : 816889544 Demikian Surat Kesediaan menjadi teman sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT KESEDIAAN MENJADI TEMAN SEJAWAT Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Kepala TK Alamat : Imroatul Mufidah : TK Al Hidayah 1 Margomulyo : Jl.LAMPIRAN 2 Kepada Yth. 20 Mei 2010 Teman Sejawat IMROATUL MUFIDAH .

Ma : Jl. A. 18 Juni 2010 Kepala TK Al Hidayah 1 Margomulyo ANWIYAH. Kediri. A.LAMPIRAN 3 Kepada Yth.Ma . Pahlawan Margomulyo Panggungrejo Blitar Asal dari TK : Al Hidayah 1 Margomulyo Dengan ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama Ainun Fitrotun Nadhiroh dapat menilai dan memberi masukan pelaksanaan PKM mahasiswa berikut ini: Nama NIM : Anwiyah : 816889544 Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT REKOMENDASI KEPALA TK Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Alamat : Anwiyah.

Kediri. 20 Mei 2010 Teman Sejawat AINUN FITROTUN NADHIROH . Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT KESEDIAAN MENJADI TEMAN SEJAWAT Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Kepala TK Alamat : Ainun Fitrotun Nadhiroh : TK Al Hidayah 1 Margomulyo : Jl.LAMPIRAN 4 Kepada Yth. Pahlawan Margomulyo Panggungrejo Blitar Dengan ini menyatakan bersedia menjadi guru teman sejawat yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktek mengajar dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini: Nama Mahasiswa : Anwiyah NIM : 816889544 Demikian Surat Kesediaan menjadi teman sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

LAMPIRAN 5 Kepada Yth. A. Kediri. 20 Mei 2010 Teman Sejawat SRI HARTINI. 19630602 198603 2 013 LAMPIRAN 6 .Ma NIP. Mayor Bismo Gg. Makam No. 3 Kota Kediri Dengan ini menyatakan bersedia menjadi guru teman sejawat yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktek mengajar dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini: Nama Mahasiswa : Anwiyah NIM : 816889544 Demikian Surat Kesediaan menjadi teman sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. A.Ma : TK Negeri Pembina : Jl. Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT KESEDIAAN MENJADI TEMAN SEJAWAT Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Kepala TK Alamat : Sri Hartini.

Kepada Yth. 3 Kota Kediri Dengan ini menyatakan bersedia menjadi guru teman sejawat yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktek mengajar dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini: Nama Mahasiswa : Anwiyah NIM : 816889544 Demikian Surat Kesediaan menjadi teman sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. S. 19650104 198702 2 001 .Pd NIP. Mayor Bismo Gg. Kediri.Pd : TK Negeri Pembina : Jl. S. Kepala UPBJJ UT Malang Di tempat SURAT KESEDIAAN MENJADI TEMAN SEJAWAT Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Kepala TK Alamat : Dyah Mujiati. Makam No. 20 Mei 2010 Teman Sejawat DIYAH MUJIATI.

Alhid. 017/TK. Protokol Margomulyo Panggungrejo Blitar SURAT KETERANGAN No. A.Ma . 1 Mei 2010 Kepala TK Al Hidayah 1 Margomulyo ANWIYAH.Ma : 816889544 Orang tersebut di atas telah melaksanakan PPL di Taman Kanak-Kanak AlHidayah I Margomulyo untuk mencari data dalam rangka memenuhi persyaratan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)./VII/2010 Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala TK Al-Hidayah I Margomulyo dengan sesungguhnya bahwa: Nama NIM : Anwiyah. Demikian surat keterangan ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH I MARGOMULYO PANGGUNGREJO Jl. A. Blitar.

PERTEMUAN IV SKH Kelompok A PPL Mengajar Di TK Negeri Pembina Kota Kediri .

PERTEMUAN IV SKH Kelompok B PPL Mengajar Di TK Negeri Pembina Kota Kediri .

PERTEMUAN V SKH Kelompok B PPL Mengajar Di TK Al-Hidayah I Margomulyo Panggungrejo Blitar .

PERTEMUAN VI SKH Kelompok B PPL Mengajar Di TK Al-Hidayah I Margomulyo Panggungrejo Blitar .

PERTEMUAN VII SKH Kelompok B PPL Mengajar Di TK Al-Hidayah I Margomulyo Panggungrejo Blitar .

PERTEMUAN VIII SKH Kelompok B PPL Mengajar Di TK Negeri Pembina Kota Kediri .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful