Kata Pengantar

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Berkat rahmat dan hidayahNya penulis dapat diberikan ilham untuk menyusun makalah ini. Terima kasih atas semua partisipasi semua pihak dalam membantu menyelesaikan makalah ini.Makalah ini merupakan hasil penelitian penelitian tentang µ¶Perang Ideologi dalam Suatu Negara.¶¶ Makalah ini bertujuan untuk membangkitkan kembali rasa idealisme dan mengetahui pentingnya ideologi dalam suatu negara. Dewasa ini, banyak perang ideologi yang terjadi secara langsung dan tidak langsung terjadi di dunia. Perang ideologi dapat menimbulkan ketaksaan antara pihak yang benar dan yang salah dalam arti yang sangat luas. Perang ideolgi sangat mempengaruhi pola pikir pemerintahan dalam suatu negara. Sebagai calon pakar bidang hukum, kita harus mengetahui permasalahan yang terjadi di dunia akibat dari perbedaan ideologi. Penulis sengaja menyusun makalah ini untuk membahas sekilas tentang pengertian dan contoh ideology yang berlaku dalam suatu negara. Penulis berharap agar kehadiran makalah ini dapat berguna dalam pembelajaran dan dapat memberikan konstribusi yang berarti dalam dunia pendidikan, khususnya dalam perkuliahan. Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan karena pasti aka nada kesalahan yang tidak penulis sadari. Terima kasih atas semua partisipasi semua pihak dalam membantu menyelesaikan makalah ini. Semoga kedepan penulis dapat menyusun makalah yang lebih sempurna dan lebih menarik lagi, baik dari segi isi maupun dari segi penyusunannya.

Wasssalam, Penulis

tapi perang ideologi lebih berbahaya dari pada perang fisik. Perbedaan ideologi yang mencolok dapat mengakibatkan perang fisik antar kelompok atau antar negara tertentu. Kehadiran makalah ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui contohcontoh perang ideologi yang ada di tingkat nasional dan internasional guna meningkatkan pemahaman pembaca tentang makna yang terkandung dalam ideologi. . Hal tersebut mempengaruhi pemerintahan dan pola hidup masyarakat dalam negara tersebut. Latar Belakang Dewasa ini banyak ideologi yang berkembang di dunia. Walaupun perang ideologi bukan berbentuk perang fisik. 3) Mengetahui penyebab perang ideologi 4) Mengetahui contoh-contoh perang ideology 5) Mampu memberi solusi untuk menghindari perang ideologi. 2. Tujuan Penelitian 1) Mampu memahami makna ideologi.Bab I PENDAHULUAN 1. munculnya beragam ideologi yang berbeda juga menimbulkan pertentangan antar penganut paham ideologi yang berbeda tersebut yang kemudian dikenal dengan perang ideologi. Bukan hanya itu. 2) Mampu menganalisis perbedaan ideologi dalam suatu negara.

yang artinya gagasan. Menurut Tracy ideologi yaitu µscience of ideas¶. Kata kerja Yunani oida = mengetahui. science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Gunawan Setiardjo mengemukakan bahwa ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup. Pengertian Ideologi Ideologi berasal dari kata idea (Inggris).Bab II PEMBAHASAN 1. Ideologi secara fungsional diartikan seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik. Dalam perkembangannya terdapat pengertian Ideologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. apabila ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi tersebut tidak dirumuskan secara sistematis dan terinci. Istilah Ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destutt de Tracy seorang Perancis pada tahun 1796. dan pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh aparat partai atau aparat pemerintah. Ideologi yang doktriner bilamana ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi itu dirumuskan secara sistematis. Sedangkan Ideologi yang pragmatis. Sebagai contohnya adalah komunisme. Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan gagasan. suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat Perancis. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kaelan µidea¶ disamakan artinya dengan citacita. namun . pengetahuan tentang ide-ide. Kata ³logi´ yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan. melihat dengan budi. pengertian. Ideologi secara fungsional ini digolongkan menjadi dua tipe. Ramlan Surbakti mengemukakan ada dua pengertian Ideologi yaitu Ideologi secara fungsional dan Ideologi secara struktural. yaitu Ideologi yang doktriner dan Ideologi yang pragmatis. Karl Marx mengartikan Ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepenti-ngan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi.

gagasan. dan Ideologi itu disosialisasikan secara fungsional melalui kehidupan keluarga. Ideologi merupakan cerminan cara berfikir orang atau masyarakat yang sekaligus membentuk orang atau masyarakat itu menuju citacitanya. bahwa Ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi dasar bagi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerokhanian yang antara lain memiliki ciri: 1) Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. pedoman hidup. 2) Mewujudkan suatu asas kerokhanian. keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis. baik dala kehidupan pribadi ataupun masyarakat. diamalkan. maka akan semakin tinggi pula komitmennya untuk melaksanakannya. dikembangkan. Ideologi merupakan suatu pilihan yang jelas membawa komitmen (keterikatan) untuk mewujudkannya. ide-ide.Ideologi merupakan sesuatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan. Ideologi secara struktural diartikan sebagai sistem pembenaran. dilestarikan kepada generasi berikutnya. Pelaksanaan Ideologi yang pragmatis tidak diawasi oleh aparat partai atau aparat pemerintah melainkan dengan pengaturan pelembagaan (internalization). seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa. Ideologi berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam . pegangan hidup yang dipelihara. Notonegoro sebagaimana dikutip oleh Kaelan mengemukakan. yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia. pandangan dunia.dirumuskan secara umum hanya prinsip-prinsipnya. Dengan demikian secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa Ideologi adalah kumpulan gagasan. contohnya individualisme atau liberalisme. system ekonomi. yang harus ditaati dalam kehidupannya. sistem pendidikan. kehidupan agama dan sistem politik. Semakin mendalam kesadaran ideologis seseorang. diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. Komitmen itu tercermin dalam sikap seseorang yang meyakini ideologinya sebagai ketentuan yang mengikat.

sedangkan Ideologi Islam juga menolak ideoligi liberalis dan sosialis. Ideologi Liberal memandang Ideologi Sosialis dan Ideologi Islam sebagai ideologi terlarang. maka liberalis dan Islam adalah teroris. yaitu masyarakat bangsa. Jika yg berkuasa adalah ber-Ideologi Sosialis.Ideologi selalu menolak ideologi tertentu yang ingin menggerogotinya sehingga ideologi di luarnya dianggap haram. Melalui rangkaian nilai itu mereka mengetahui bagaimana cara yang paling baik. Tapi perang yang satu ini berbeda dengan perang-perang lainnya. Makna Perang Ideologi Perang merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan. Dari sumber lainnya juga dikatakan bahwa Ideologi itu Tertutup. Disinilah letak keanehan ideologi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dan sempat diagung-agungkan pada 32 tahun Orde baru dan akhirnya terpaksa Tumbang karena terlalu terbuka 2. maka Liberalis dan Sosialis-lah yang teroris. Jika yang berkuasa adalah orang-orang Liberalis. pun begitu juga ideologi Sosialis menganggap ideologi liberalis dan ideologi Islam sebagai ideologi terlarang. Di dunia Satu-satunya Ideologi yang terbuka adalah Pancasila. membangun kehidupan duniawi bersama dengan berbagai dimensinya. dalam bersikap dan bertingkah laku untuk memelihara. Pengertian yang demikian itu juga dapat dikembangkan untuk masyarakat yang lebih luas. Dalam memaksakan tujuannya perang ideologi lebih . Selain itu perang juga identik dengan kekerasan fisik. yang lebih menonjolkan kekuatan fisik. namun jika yg berkuasa ber-Ideologi Islam.yang dimiliki dan dipegang oleh seseorang atau suatu masyarakat sebagai wawasan atau pandangan hidup mereka. Semua bergantung siapa yang berkuasa. Jika yg berkuasa memiliki pemikiran liberalis. Perang ini adalah Perang Ideologi. yaitu secara moral atau normatif dianggap benar dan adil. maka Pancasila menjadi beraroma liberalis. mempertahankan. maka yang disebut teroris adalah mereka penggerogot kekuasaan yaitu kalangan Sosialis dan Islam akan disebut teroris. jika yang berkuasa memiliki pemikiran sosialis maka jadilah beraroma sosialis begitupun juga Islam.

Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif. Jadi. . Di Indonesia sendiri hal ini sudah mulai tampak. Karena perang ideologi adalah perang pemikiran maka. Inilah masalah pelik yang sedang dialami oleh negara-negara yang mulai beranjak setelah sekian lama tertidur. Perang ideologi lebih mengacu pada upaya pemecah belahan suatu negara melalui rakyat. serta tentang apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan ±di samping hubungannya dengan sebelum dan sesudah alam kehidupan. Inilah salah satu hal yang membuat Indonesia kaya dimata dunia. dari negara itu sendiri. Hal ini juga sedang dialami oleh Negara kita Tercinta Indonesia. yakni: 1. dampaknya pun tidak langsung terasa. Di sini akidah ialah pemikiran menyeluruh tentang alam semesta. antar suku. dengan kata lain perang ideologi berarti upaya pemecah belahan bangsa. mulai dari antar pelajar. kepada seluruh anggota Dari definisi di atas. bahkan yang lebih memalukan lagi Antar Anggota Dewan!!! Kalau ini terus berlanjut. Ide yang meliputi aqidah µaqliyah dan aqidah naqliyah yang keduanya memberi jalan dan aturan bagi kehidupan dan masalah kehidupan. gak menutup kemungkinan bahwa di masa depan nanti bangsa kita akan terpecah belah. Ideologi juga dapat didefinisikan sebagai aqidah µaqliyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) plus aqidah naqliyah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan. contohnya adalah timbulnya beragam konflik.mengarah kepada perang pemikiran. akal sehat dan beberapa kecenderungan filosofis. sesuatu bisa disebut ideologi jika memiliki dua syarat. dan hidup. Padahal negara ini mempunyai beragam suku bangsa dengan berbagai budayanya. Kata tersebut diciptakan Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan µ¶sains tentang ide´. Dari Kamus Wikipedia. atau serangkaian ide yang dikemukakan kelas masyarakat dominan ±walaupun minoritas± masyarakat yang mayoritas. ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. manusia. cara memandang segala sesuatu. antar masyarakat.

Menurut definisi kedua tersebut. 3. jika tidak dikatakan menderita kekalahan. perang terhadap sistem keyakinan. apabila sesuatu tidak memiliki dua hal di atas. ideologi harus khas karena harus disebarluaskan ke luar wilayah lahirnya ideologi itu. dan menawarkan ringkasan order masyarakat tertentu. dan sistem kehidupan. Jadi. ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seharusnya masyarakat bekerja. suatu ideologi bukan semata berupa pemikiran teoretis seperti filsafat. termasuk di dalamnya aktor-aktor individu yang ada di Indonesia. penjagaan.ideologi harus unik karena harus bisa memecahkan problematika kehidupan. Jadi. Ide ini diciptakan pasca Perang Salib dimana pertempuran yang berlangsung selama tiga abad tidak pernah menghasilkan satupun kemenangan di pihak Eropa. Hakikat ´perang ideologi´ dalam konteks ´perang melawan terorisme´ seperti dimaksud AS dan sekutunya. dan penyebarluasan ideologi. melainkan dapat dijelmakan secara operasional dalam kehidupan. . Metode yang meliputi metode penerapan. perang terhadap pelaksanan dan penyebarluasan dari kosep-konsep pemikiran yang bersumber dari sistem keyakinan hidup. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur kekuasaan dan bagaimana seharusnya dilaksanakan. Makna perang ideologi menurut Islam Menurut Islam perang ideologi atau Ghazwul Fikri merupakan salah satu metode yang diciptakan oleh dunia Barat untuk menghancurkan umat Islam. 2. dapat diartikan menjadi tiga hal yaitu: 1. 3. 2. melainkan sekedar paham. jalan hidup. ´pemusnahan´ terhadap kelompok/individu yang melaksanakan dan memiliki pemikiran/ideologi yang bertentangan dengan ideologi dan kepentingan AS dan sekutunya. maka tidak bisa disebut ideologi. Dalam ilmu sosial.

Ketika Alfonso de Albuquerque dari Portugal menganeksasi Malaka pada abad ke 16. bahwa cara yang paling efektif untuk menghancurkan dan menyerang umat Islam adalah dengan menjauhkan umat dari Al-Qur¶an dan Islam itu sendiri. para sarjana dan pemikir Barat menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kemenangan kaum muslimin. Namun. . ia berkata: ³Kami sekarang dapat memotong Islam dari Barat dengan menghancurkan Andalusia dan dari Timur dengan menghancurkan pemerintahan Islam di Malaka. serta mengalami kebangkrutan sosial. Eropa memperoleh sisi positif dengan membawa kembali berbagai ilmu pengetahuan dan budaya baru untuk negara mereka. Oleh karenanya. jika tidak dikatakan kehancuran total. kami jamin bahwa Islam tidak akan bisa bergerak lagi karena kita telah menjepitnya dari Barat dan Timur. Hasilnya adalah. energi dan dana. Seluruh Eropa secara konstan kekurangan laki-laki. Sedangkan sejarawan lain menyatakan bahwa perang tersebut sebenarnya masih berlanjut sampai hari ini. berkat keuletan dari umat Islam.Pasca Perang Salib. Perang Salib berakhir pada akhir abad ke-13. untuk umat Islam sama sekali tidak ada sisi positif yang bisa diambil dari kedatangan pasukan Tentara Salib selain penderitaan dan pengetahuan bahwa kaum Frank (tentara Salib) adalah orang yang sangat biadab. Islam Ditengah Perang Ideologi Menurut beberapa sejarawan. para orientalis (spesialis Barat di dunia Timur / Islam) merumuskan ide. Orang-orang Kristen mencoba untuk menyerang kaum muslimin dalam gelombang penyerangan selama hampir tiga ratus tahun sampai akhirnya. Seorang penulis Barat menulis : ³Perang Salib merupakan bagian dari sejarah yang terlalu gila dalam peradaban kemanusiaan. 4. mereka menghadapi kekalahan akibat kelelahan dan putus asa. Sementara itu. kedekatan umat Islam terhadap Al-Qur¶an menjadi kekuatan besar bagi umat Islam yang tidak pernah surut melakukan perlawanan terhadap kaum penjajah. ³ Perang Salib membawa penderitaan dan kerugian bagi kedua belah pihak. Berdasarkan hal ini.

Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa secara umum pasukan Tentara Salib itu terdiri dari para lelaki jahat pengangguran dan perampok. ³Tidak ada hal yang baik pada Tentara Salib yang dapat dipelajari oleh kaum muslim. propaganda. Hubungan ini telah membuka jalan menuju masa ³Renaissance´ yang pada gilirannya adalah menghidupkan perkembangan budaya Eropa. perebutan pengaruh ideologi. kemampuan AS memanipulasi negara-negara Islam dan kelompok-kelompok Islam di dunia untuk berada di . serta pelanggaran kehormatan. pergerakan diplomatik. penyakit dan segala macam bencana berkecamuk membayangi wajah malu pasukan Tentara Salib. sedangkan bahaya kelaparan. serta menyembelih keduanya tanpa belas kasihan. 5. Tidak ada yang bisa diharapkan dari pasukan Tentara Salib kecuali penjarahan dan pembunuhan orang-orang tak bersalah. Mereka menghancurkan baik teman maupun musuh. Mereka bermoral bejat. Dunia Kristen Barat pada waktu itu nyata-nyata didorong ke arah fanatisme buta beragama oleh Peter The Hermit dan para pengikutnya untuk tujuan merebut tanah Palestina dari tangan kaum muslimin. ³ Bahwa menurut Gustav Lebon. Michael Hart dalam bukunya ³100 Figures´. Pada era ini.Kepentingan ekonomi-politik Setelah Perang Dunia II berakhir. mengatakan: Namun demikian. Sejarah Perang ideologi yang dilakukan oleh Amerika serikat 1. ³ Sementara itu. ada perlombaan persenjataan. dunia memasuki era Perang Dingin antara Uni Soviet dan AS. dan bahkan pembunuhan. Pada era Perang Dingin ini. perlu untuk disebutkan bahwa Perang Salib membawa Eropa dan Bizantium lebih dekat dengan budaya Islam yang pada waktu itu lebih maju dibandingkan dengan budaya Eropa.Jutaan orang tewas dalam medan perang. dan peningkatan fungsi spionase (mata-mata/intrik intelijen) tanpa ada perang konvensional terbuka. Upaya lain yang tak kalah pentingnya adalah melalui tekanan ekonomi.

Filsafat ekonomi-politik neoliberalisme memandang manusia beserta seluruh aspeknya semata-mata sebagai homo economicus dan menetapkannya sebagai satu-satunya model yang mendasari tindakan relasi manusia. Di antara propaganda mereka adalah senjata pemusnah massal yang dapat membahayakan dunia. Lusinan artikel ditulis militer dan Departemen Pertahanan AS yang kemudian ´dipaksakan´ dimuat di koran-koran Irak sebagaimana diungkap Los Angeles Time seperti dilansir Sydney Morning Herald. Kepandaian kaum kapitalis pimpinan AS dalam membaca dan mempengaruhi berbagai aliran dan kelompok Islam ±yang secara tegas dan nyata menentang ideologi komunis± memberikan keleluasaan kepada kaum kapitalis liberal untuk memperalat umat Islam dan negara-negara Islam sebagai ujung tombak melawan kaum komunis. Setelah Irak takluk.pihak mereka ±dengan masuk dan menyusup serta memberikan simpati-simpati palsu yang pada dasarnya hanya menguntungkan kepentingan negara mereka sendiri± pada akhirnya mampu mengalahkan ideologi komunis Uni Soviet dan kroninya. dunia bipolar berubah menjadi unipolar. Setelah berakhirnya era Perang Dingin. Propaganda yang akhir-akhir ini sering didengungkan AS dan kroninya adalah terorisme. sebenarnya tersembunyi ketakutan besar yaitu . Dengan alasan itu AS menginvasi Irak. Kerajaan ekonomi dunia yang dikuasai oleh AS tetap eksis dan bertahan dengan segala keterbatasan sumber daya alam yang mereka miliki. Maka metode yang efektif dan efisien untuk memenangkan dominasi ini adalah jalan propaganda. Berbagai bentuk keterbatasan AS membuat mereka memutar otak untuk dapat mempengaruhi dan memenangkan dominasi atas dunia. Dibalik isu itu. Pada masa ini terjadi transformasi radikal dalam tata hubungan Timur-Barat dan Barat-Islam. AS melakukan propaganda lanjutan dengan cara membayar dan menyogok koran-koran Irak melalui perusahaan Lincoln Group agar memberitakan bahwa pihaknya yang telah menjatuhkan kelompok-kelompok perlawan di Irak dan keberhasilan AS membangun kembali Irak.

diktator.bangkitnya kekuatan khilafah Islam dan kekuatan ekonomi Cina dan India. fundamentalis dan sebagainya.´Amerika harus memperlambat proses demokrasi untuk mencegah pemerintahan Islam berkuasa di negara-negara Arab. dan pengikut setan.Corporatocracy Dalam soal demokrasi ini ada fakta menarik yang perlu kita lihat sebagai contoh hipokrasi AS. Propaganda untuk menghambat bahkan menutupi perjuangan umat Islam semakin tampak jelas. AS lebih memilih . Juga menempatkan ideologi selain kapitalisme liberal sebagai sebuah sistem yang jahat. Daniel Pipes. Yang pertama adalah menempatkan bahwa seolah-olah kaum kapitalis liberal beserta seluruh ideologinya adalah yang benar dan membawa misi Tuhan serta wajib disebarluaskan. tidak berperikemanusiaan. Kelompok-kelompok Islam yang mendukung dan mengusung ideologi kapitalis liberal dimunculkan sebagai µIslam yang benar¶. Islam yang sesungguhnya. salah seorang arsitek perang Irak dan juru kampanye baru tentang demokrasi di Timur Tengah.´ AS khawatir jalan demokrasi akan membawa kemenangan bagi partai-partai Islam dan kekuatan Islam di Timur Tengah. Hal itulah yang menjelaskan mengapa AS selalu memasukkan Irak dan Afghanistan ±sebelum diinvasi± dan Iran ke dalam ´poros setan´.´Modus operandi yang kedua adalah dengan memecah belah umat Islam sehingga muncullah kelompok-kelompok Islam dengan julukan moderat. Ideologi Islam pun selalu dipertentangkan dengan berbagai pemikiran kapitalis liberal mereka. mengatakan. Berbagai pemikiran tentang konsep Barat terhadap pandangan-pandangan Islam muncul. radikal. Karena itu. Hal ini pula yang menjawab mengapa George Walker Bush mengatakan ´Tuhan berbisik dan menyuruhnya berperang di Afghanistan dan Irak untuk mengakhiri tirani dan kediktatoran. dan Islam demokratis. kultural. 2. kejam. Modus operandi ideologi yang digunakan untuk melemahkan lawan ideologi AS dan sekutunya adalah unifikasi dan fragmentasi. liberal.

regional dan global. The Almanak adalah ³sumber daya komprehensif yang dirancang untuk melacak kenaikan atau penurunan Islam radikal di tingkat nasional. liberalisme pemikiran dan berkeyakinan. jangan harap AS menganggap sebuah sistem sebagai sistem demokratis.menghentikan laju demokrasi yang akan memberikan kemenangan partai-partai Islam daripada ´menghormati´ demokrasi yang mereka agung-agungkan. 5/5/2011). John Perkins dalam bukunya Confession of an Economic Hit Man menyebut dengan tepat istilahnya sebagai corporatocracy. 6. dan kapitalisme. yang dikembangkan oleh American Foreign Policy Council di Washington. Menurutnya Islamisme mengancam Amerika karena ideologi Islam bertentangan dengan nilai-nilai liberal Barat seperti pemerintah demokrasi. hidup berdampingan secara . yang ingin menerapkan syariah Islam secara total dalam aspek kehidupan.´ Ini adalah sumber online informasi bagi pengambil kebijakan. Islamisme merupakan sebutan yang sering digunakan untuk Islam politik yang memperjuangkan ideologi Islam. perang pemikiran. dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat. Inilah menurutnya yang terjadi saat ini antara Islam dan Barat. Di luar itu. ´ ujar Tom Ridge ketika merespon kematian Osama bin Ladin (The Washington Times. World Almanac Islamisme. menurut Ridge tidak bisa damai. cendekiawan dan siapapun yang tertarik dengan perkembangan gerakan Islam . Tom Ridge bukanlah orang sembarangan. demokrasi bagi AS adalah demokrasi yang mendukung keberadaan sistem kapitalisme-liberal mereka. Way of life (pandangan hidup) Islam dan Amerika . Perang ideologi antara Amerika serikat dengan negara ± negara Islam ³We killed the man but not the ideology (kita membunuh orang namun bukan ideologinya). Rupanya. Yaitu demokrasi yang menjadi penopang kekuasaan perusahaan-perusahaan AS untuk menghisap kekayaan negara-negara seperti Indonesia dan menindas mayoritas umat. Ridge berbicara tentang itu pada pada saat peluncuran sebuah inisiatif baru.

tapi juga gerakan Islam politik yang ingin menerapkan syariah Islam dan Khilafah. yang menyatakan Islam tidak mengatur masalah politik. Mereka juga secara terang-terangan menyatakan Ideologi dan nilainilai Barat yang sekuler dan liberal bertentangan dengan Islam dan tidak bisa hidup berdampingan. khawatir terhadap Islam. Tidak mengherankan kalau Barat tidak akan pernah bernegoisasi dan mentoleransi pendirian Khilafah dan syariah.Pernyataan tentang perang pemikiran (ideologi) antara Islam dan Barat. membebaskan umat dari belenggu nasionalisme yang melemahkan umat. politisi senior Amerika dan mantan asisten Presiden AS untuk urusan Keamanan Nasional 1969-1975 pada 2004 di Koran Hindustan Times menyatakan³«apa yang dinamakan terorisme di Amerika. Mereka paham . seperti ini bukanlah pertama kali disampaikan oleh elit-elit politik maupun cendikiawan Barat. tapi sebenarnya adalah kebangkitan Islam radikal terhadap dunia sekular dan terhadap dunia yang demokratis. Sebaliknya. dan sekaligus merupakan negara yang ideologis yang disebut Khilafah. yang disebut-sebut intelektual dan ulama dari umat Islam sendiri. yang menjadi musuh utama bukanlah fundamentalisme Islam. bukan hanya gerakangerakan jihadis . masih ada . atas nama pendirian kembali semacam Kekhalifahan´ Yang menarik. There can be no . para politisi dan cendikiawan Barat . Karena akan mempersatukan umat Islam diseluruh dunia. karena mereka benar-benar menyadari. Islam bukanlah ideologi. Karena itu yang menjadi musuh bagi peradaban Barat . menghentikan penjajahan Barat. bahwa Islam bukanlah sekedar agama ritual tapi juga politik. tapi Islam itu sendiri. seperti yang dinyatakan Charles Clarke saat menjadi menteri dalam negeri Inggris (6/10/2005) di Heritage Foundation: ³« there can be no negotiation about the recreation of the Caliphate. Bahkan tegaknya syariah dan Khilafah-lah yang paling ditakuti oleh Barat. ajaran Islam meliputi segala aspek kehidupan. Dalam The Clash of Civilization (1996) Huntington menyatakan. atau menyatakan tidak ada negara dalam Islam.´ Senada dengan itu Henry Kissinger. ³Bagi Barat.

bukan disebabkan penerapan syariah Islam itu sendiri. Mereka menafsirkan ajaran Islam dengan pradigma liberal agar tunduk kepada kepentingan penjajahan Barat. depresi sosial. menyiksa. Suharto (Indonesia). para aktifis Islam yang memperjuangkan syariah Islam. Meskipun tidak ada bukti sama sekali tentang itu.khilafah dan jihad. Mereka lakukan dengan cara mengambil beberapa peristiwa kelam dalam sejarah.negotiation about the imposition of Shariah law «´ Berbagai carapun mereka lakukan untuk menghentikan tegaknya Khilafah dan syariah . Seperti yang dilakukan para tiran seperti Husni Mubarak (Mesir). Menutup mata akan berbagai persoalan dunia seperti kemiskinan. memenjarakan. kesenjangan antara negara maju dan dunia ketiga. Membunuh . atau pun rezim keji Assad di Suriah. yang muncul akibat penerapan ideologi Kapitalisme. meskipun Hizbut Tahrir merupakan gerakan yang tidak menempuh jalan kekerasaan (non violance) untuk menegakkan Khilafah. untuk melakukan proyek deradikalisasi dengan tujuan menyesatkan atau mengaburkan ajaran Islam yang mulia terutama ide syariah. Seperti yang mereka tuduhkan kepada Hizbut Tahrir. Barat juga menggunakan penguasa-pengusa negeri Islam yang menjadi boneka mereka untuk menghalangi tegaknya syariah Islam. penuh darah. Mereka juga pura-pura tidak tahu atau tidak mau tahu. Zainal Abidin bin Ali (Tunisia). beberapa sejarah kelam khilafah merupakan penyimpangan dari syariah Islam . Sembari menutup mata akan peradaban kapitalisme yang rusak saat ini. Seperti membangun citra negatif dengan mengkaitkan perjuangan khilafah dengan terorisme. Khilafah juga dicitrakan sebagai sistem yang buruk. dengan pembantaian masal yang dilakukan Amerika dan sekutu Baratnya atas nama menegakkan demokrasi dan memerangi terorisme. krisis spritual. zaman batu. Untuk itu Barat mengeluarkan dana yang besar untuk membayar pemikir-pemikir liberal yang mereka didik dan mereka besarkan . . nyaris tidak disinggung. Sementara sejarah peradaban emas Khilafah yang diakui dunia selama 13 abad yang panjang .

Firman Allah SWT : ³«Telah nyata kebencian dari mulut mereka. Karena perang ideologi tersebut telah secara jelas menempatkan para pejabat dan sebagian kelompok elite di Indonesia menjadi ´sekutu AS´.karena ketakutan yang sangat besar terhadap tegaknya syariah dan Khilafah. apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi´ (Ali Imron: 118) Dalam konteks perang ideologi dan memapankan kepentingan ekonomi politik AS ini pula. tapi surga-Nya Allah SWT. Para pejuang yang tidak menginginkan harta dan kedudukan dunia . dan menolak ajaran Allah SWT. rela berkorban apa saja bahkan nyawa sekalipun untuk tegaknya syariah Islam. tatkala mereka tidak lagi bermanfaat sebagai boneka. menjadi hal yang patut diwaspadai. Hal ini dilakukan agar setiap kegiatan umat Islam dapat dibatasi.Meski bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan HAM yang mereka usung. Barat Penjajah kafir dan antek-anteknya para penguasa dunia Islam yang bengis lupa. Bahkan tindakan keji mereka itu akan menjadi api yang membakar gelora perjuangan lebih besar dan lebih besar lagi. Mereka pun pura-pura menjatuhkan penguasa bengis ini dan menendangnya . Karena bertentangan dengan akal sehat. bahwa mereka berhadapan dengan ideologi shohih yang berasal dari Allah SWT yang Maha Kuasa. Penghembusan isu teroris ini selalu mendominasi seluruh kegiatan umat Islam. segera mencari penguasa boneka baru dengan tugas yang sama. Lantas. tidak akan pernah menghentikan perjuangan umat Islam.nilai-nilai kemanusian sejati. sehingga prinsip . tetap saja penguasa-penguasa bengis ini mereka dukung . Mereka juga berhadapan dengan para aktifis Islam yang ikhlas. upaya untuk mengubah kurikulum pesantren yang didanai AS sebesar 157 juta dolar AS. baik secara sukarela maupun karena ´terpaksa´. Di sisi lain peradaban Barat semakin terburuk dan menjelang ajal kematiannya. tegaknya syariah dan Khilafah tidak akan bisa dibendung oleh siapapun. Akan tetapi kebangkitan Islam. Tindakan keji apapun yang dilakukan oleh Barat dan sekutu-sekutunya .

Dengan demikian. Bukankah sistem jahiliyah dan zalim menghendaki kita terjebak dalam kesesatan sehingga gampang digiring ke jurang kehancuran dan ladang pembantaian? Perlawanan terhadap sistem jahiliyah dan zalim harus dilakukan melalui pemikiran yang konsepsional dan melalui tindakan yang strategis. dengan mudah AS menguasai umat Islam terutama di Indonesia. agar tidak menjatuhkan korban sia-sia dan mubazir. AS dengan mudah mempertahankan ´kerajaan ekonomi´-nya yang menggunakan sistem jahiliyah dan zalim. Karena tidak adanya kontrol secara sistematis dari para pemuka agama Islam. Melakukan perlawanan terhadap sistem yang jahil dan zalim secara membabi buta dengan menebar bom di mana-mana tidak menyelesaikan masalah. .kapitalisme dan liberalisme yang dianut AS dapat semakin leluasa merasuk ke negara-negara Islam. malah justru merugikan umat dan negara-negara ketiga secara keseluruhan.

4) 5) Perang ideology menyebabkan perang fisik yang berkelanjutan. Saran 1) Sebagai generasi muda seharusnya kita memahami makna ideology secara mendalam agar ideology kita tetap terjaga dan tidak dipengaruhi oleh ideology yang bertentangan dengan Pancasila. 2. Kesimpulan 1) Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan gagasan. . 2) 3) Perang ideologi adalah pertentangan antar ideologi yang berbeda. pengetahuan tentang ide-ide. science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. 2) Ideologi perlu ditanamkan sejak dini dalam pola pikir pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Perbedaan ideologi dapat menimbulkan kekacauan dalam segala bidang. Ideologi yang berlaku di Indonesia adalah ideologi Pancasila. 6) 7) Peperangan pada dasarnya didasari oleh perbedaan ideologi.BAB III PENUTUP 1. 3) Perbedaan ideology harus diketahui semenjak dini guna mengantisipasi masuknya ideology yang bertentangan dengan Pancasila. Perang ideologi lebih mengarah kepada perang pemikiran dan bukan perang fisik.

20.Daftar Pustaka http//:google.33 WIB http//:Mediaumat.20.30 WIB http//:dakwahummmat.com/Arti perang ideology.3 oktober 2011.blogspot.03 WIB .4 oktober 2011.20.Download senin 3 oktober 2011.com/perang ideology dalam suatu negara.com/contoh sejarah perang ideology.Download selasa.dowload senin.download senin 3 oktober 2011.Dowload senin 3 oktober 2011.com/Perang ideologi menurut Islam.11.28 WIB http//:Wikipedia.20.23 WIB http//:Wikipedia.com/Islam ditengah perang ideology.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful