cara partisi harddisk secara aman tanpa software di windows 7

FRIDAY, JUNE 18, 2010 SYAHIDACOMPUTER 119 COMMENTS

Ini adalah merupakan salah satu kelebihan dari windows 7 ketimbang windows xp, yaitu bisa membuat partisi harddisk secara aman tanpa menggunakan software. Pada windows xp untuk mempartisi harddiskdilakukan dengan menggunakan software semacam Norton partition magic, ranish partition manager, Eazeus Partition Manager dan masih ada yang lainnya. Mempartisi harddisk merupakan hal yang lebih baik dilakukan pada sebuah computer. Dengan adanya beberapa partisi harddisk, maka kita akan bisa mengatur letak atau lokasi drive untuk system, dan drive untuk penyimpanan data. Dengan demikian jika suata saat windows mengalami crash, atau rusak, dan perlu untuk diinstall ulang, maka data yang disimpan akan tetap terjamin keamanannya. Selain hal tersebut, dengan mempartisi harddisk kita akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan defragmentasi, daripada harddisk yang tanpa partisi akan lebih mamakan waktu yang cukup lama. Partisi ini bisa juga bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisasi adanya bad sector pada harddisk. Oleh karenanya saya tetap menyarankan agar harddisk yang hanya terdapat 1 partisi, lebih baik di partisi menjadi beberapa partisi. Bagi sahabat yang menggunakan windows 7, jika ingin mempartisi harddisk menjadi beberapa partisi tanpa menggunakan software, bisa diikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Klik kanan [computer] > pilih [manage] 2. Pada jendela “computer management”, pilih [storage] kemudian pilih [disk management].

3. Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemuian klik kanan pada harddisk yang
mau dipartisi. ( Kalau baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar dibawah” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang

Muncul “querying shrink space” dan tunggu sebentar. Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan. Isikan saja berapa volume sesuai dengan yang shobat rencanakan. Muncul jendela shrink. Setelah itu klik [Shrink].mau di partisi lagi ) kemudian pilih [Shrink Volume]. Disini shobat diminta untuk menentukan volume partisi yang mau dibuat. 4. Maka akan muncullah partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengangambar hijau ). 5. 6. .

muncul jendela [completing the new simple volume wizard]. Kalau belum sesuai dengan keinginan shobat. klik [back]. kalau sudah sesuai silahkan klik [finish] . kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”. 8. Muncul jendela [format partition]. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Pada file system pilih saja NTFS. Muncul jendela [specify volume size] > klik [next] lagi 10. Muncul [New simple volume wizard] > klik [next]. Untuk memformat partisi agar bisa digunakan. klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih[new simple volume]. 12.7. 11. kemudian klik [next]. 9. Muncul jendela [assign drive letter or path] > klik [next] lagi.

Bila prosesnya telah benar maka akan muncul partisi baru sesuai dengan label yang telah shobat buat tadi. Untuk mengecek partisi yang baru.13. . Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan. mudah bukan ??!! Ternyata fitur-fitur yang ada pada windows 7 lebih memudahkan kita dalam mengatur konfigurasi dikomputer. cobalah buka windows explorer. Bagaimana. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat semua.

binus. Setelah proses persiapan selesai. silahkan download di http://www. Buka folder Partition Magic Pro 8. silahkan install terlebih dahulu. silahkan anda cari file Setup. Cara membuat partisi harddisk : . Silahkan pilih Next 4. Di sini saya mengambil contoh denganmenggunakan Partition Magic Pro 8.web.msg754. Kemudian pilih Next ( 3 kali ) sampai proses installasi berjalan secara automatis 7.0 : 1.php/topic.0. 6. lalu pilihFinish Sekarang komputer anda telah terinstall PartitionMagic 8. maka akan tampil window PartitionMagic 8.187. tapi apa sih maksud dari partisi harddsik itu? Secara umum partisi harddisk ialah proses memberi bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. maka jika kita membuka windows explorer maka akan terbaca sebagai Local Disk (C:) namun terkadang kita melihat di komputer lain dengan besar harddisk yang sama tetapi terbaca 2 bagian yaitu Local Disk (C:) dan Local Disk (D:). kadang sering kita dengar kata itu.0.html#msg754 Setelah anda mendownload software tersebut. Setelah itu pilih Yes untuk memberi persetujuan terhadap Licence Agreement yang tampil. sekarang mari kita mencoba membuatnya dengan bantuan software Partition Magic keluaran PowerQuest(R).0. Company Name dan Serial Number yang anda miliki ( Untuk user name dan company name bebas ). Cara menginstall Partition Magic Pro 8.Partisi harddisk. jika kita mempunyai harddisk sebesar 40 GB yangbelum di partisi. Buanglah 2 kotak yang ter-ceklist / tercentang pada window yang tampil.id/index. Setelah kita mengetahui apa itu partisi harddisk. kemudian pilih Next 5.0 Setup.exe 2. untuk langkah selanjutnya mari kita membuat partisi harddisk dengan bantuan software tersebut. inilah yang dimaksudharddisk di partisi menjadi 2 bagian yang besarnya masing-masing bagian itu bisa kita sesuaikan. Contoh. Setelah proses installasi selesai. Isikan User Name. maka akan ditanyakan apakah anda ingin membuatRescue Disket ? untuk contoh ini kita abaikan saja penawaran itu dengan memilih No 8. Tunggu sampai proses persiapan installasi selesai 3. Jika anda belum memiliki software ini.

setelah itu pilih Next 8. Pilih harddisk yang akan kita paritisi. . Setelah kita menentukan besarnya partisi.0 ) pilih Create an new partition 4. Jika sudah yakin dengan besarnya partisi harddisk anda silahkan pilih Finish 9. Kemudian silahkan pilih lokasi partisi. klik nama harddisk anda ( Disk 1 ) pada bagian sebelah kanan atas window PartitionMagic 8. untuk menghindari gagalnya proses partisi tersebut.0 2. maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang anda masukkan tadi.0. silahkan anda pilih Yes atau OK. silahkan anda tunggu proses tersebut hingga selesai. lalu Next 6. Silahkan anda aktifkan software PartitionMagic 8. Jika tampil window konfirmasi. Sekarang silahkan anda klik tombol Apply yang ada di bagian kiri bawah window PartitionMagic 8.0 10. Sekarang tentukanlah besarnya partisi yang diinginkan di bagian size dengan berpedoman pada informasi di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size ). untuk contoh ini silahkan pilih After C: (Recommended) 7. Note : Jangan menekan tombol apapun setelah komputer anda restart.1. Semoga bermanfaat. untuk memulai proses mempartisi harddisk Setelah 10 langkah di atas anda jalankan maka windows akan restarts untuk memulai proses mempartisi harddisk anda.0 3. Pada bagian pick a task… ( lihat sebelah kiri atas window PartitionMagic 8. Silahkan pilih Next untuk melanjutkan 5. Setelah tampil window PartitionMagic 8.

bisa jadi anda kehilangan data-data yang penting. memecah. menghapus partisi dan lain-lain yang ditujukan untuk mengutak-atik hardisk.1 dan FireWire ® external drives • Supports FAT.html#ixzz1ZLDK237Z . Caranya ? Bukalah program Partition Magic melalui klik [ start ][ All programs ][ PowerQuest PartitionMagic 8. FAT32. Namun anda perlu berhati-hati terhadap tangan yang usil. Dan yang paling dahsyat akibatnya.0 ] [ Partition Magic 8. Sekarang coba anda keluar dari program Partition Magic dan buka kembali. atau gabungan yang diperlukan partisi tanpa kehilangan data • How-to Wizards memandu Anda langkah demi langkah melalui proses partisi • Windows intuitif berbasis browser memungkinkan Anda menemukan. NTFS. mengubah ukuran. FAT32. Semoga berhasil ! Fasilatasnya : • Membagi sebuah harddisk menjadi dua atau lebih partisi • Anda aman menjalankan beberapa sistem operasi pada PC yang sama • BootMagic memudahkan untuk beralih di antara berbagai sistem operasi • Memungkinkan Anda untuk menyalin. bisa dapat dengan mudah membuka program Partition Magic dan merusak partisi hardisk anda.0 ]. Seseorang yang meminjam computer anda. Lalu klik [OK]. copy dan paste file di kedua Windows dan Linux ® partitions • Memungkinkan Anda untuk membuat dan mengubah partisi hingga 300 GB • Mendukung USB 2. • Kemudian anda buka jendela Set Password dengan cara klik [ General ][ Set Password…]. merubah ukuran partisi. sekarang anda bisa sedikit tenang karena Partition Magic menyediakan pasilitas untuk memberikan password untuk mengunci gerbang menuju aplikasi tersebut dan anda tinggal memanfaatkannya. ext3 dan file sistem • Mengkonversi antara partisi FAT.0. dan NTFS tanpa kehilangan data • Memungkinkan Anda untuk memperbesar sebuah partisi NTFS tanpa restart komputer Anda • NTFS Resizes sistem kelompok yang paling efektif untuk ukuran System Requirements: OS Support: Windows 98/Me/NT/2000/XP Windows® XP Home Edition/Professional 233MHz or higher processor 128 MB of RAM Windows 2000 Professional 150MHz or higher processor 64 MB of RAM Windows NT WS/Me/98/98SE150 MHz or higher processor 32 MB of RAM REQUIRED FOR ALL INSTALLATIONS: 55 MB of available hard disk space DVD or CD-ROM drive Password : SIAFACEH • Source : http://siaf-aceh. • Isikan password pada kolom New Password dan tulis ulang pada kolom Confirm New Password. Anda pasti diminta untuk memasukkan password sebelum program PartitionMagic dijalankan. membackup partisi. Ext2. Dengan begitu sekarang hardisk anda aman dari tangan-tangan yang usil. Nah. USB 1.Partition Magic merupakan salah satu aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa saja dan menawarkan fitur-fitur menarik yang berguna untuk mengorganisir hardisk anda.com/article/474/download-partition-magic-80. memindahkan. PartitionMagic bisa menciptakan partisi yang baru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful