negara maju-berkembang

NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG A.

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi atau negara yang mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan. Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin). Di kawasan Asia terdapat beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru. Tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang sebagai berikut. 1. Pendapatan Perkapita Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Namun demikian, tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara. Meskipun negara itu pendapatan perkapitanya tinggi, namun jika terjadi perang saudara di dalam negara tersebut, maka tidak dapat disebut sebagai negara makmur/sejahtera. Karena dengan adanya peperangan banyak menimbulkan kematian, penderitaan, dan rasa tidak aman. 2. Jumlah Penduduk Miskin Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja.

Hal ini disebabkan penduduk tidak mampu membeli makanan yang bergizi. mampu membeli pelayanan kesehatan dan obatobatan yang memadai. Angka Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Tingkat Pengangguran Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran.3. Angka Melek Huruf . 5. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli makanan yang bergizi. Di negara maju umumnya tingkat penganggurannya rendah. karena pendapatannya rendah. Di negara maju umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. tidak mampu membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai. 4. Sebaliknya di negara berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. Sebaliknya di negara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi.

Timbulnya krisis lingkungan segera diatasi 10. pengeluaran untuk kesehatan dan lainlain.Pendapatan perkapita tinggi 3.Sebagian penduduk tinggal di kota 8. dijual.Tingkat pendidikan tinggi 5. Selain 5 indikator tersebut di atas.Keadaan perekonomian lebih baik 7. Dasar pembedanya antara lain adalah pendapatan rata-rata nasional dan penguasaan teknologi. Suatu negara dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi atau angka buta hurufnya rendah.Angka kematian kecil 4.Ekspornya lebih tinggi daripada impor 1.Fasilitas di segala bidang terpenuhi 9. Indikator tersebut adalah: tingkat pendidikan.Iptek telah di kuasai 6. 2. B.Angka melek huruf menunjukkan jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis. . Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi. usia harapan hidup. Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Negara dapat dikategorikan menjadi negara maju atau berkembang.Sebagian besar pendapatan negara di dapat dari industri 2. masih terdapat beberapa indikator untuk membedakan negara maju dan negara berkembang. diekspor. 1. Ciri-ciri negara maju antara lain sebagai berikut.

hasil minyak mentah dari negara Inggris sangat minim. ataupun memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada sebagai energi alternatif. air. d . a. sehingga dapat dipastikan bahwa > 70% penduduk negara maju tinggal di perkotaan. Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan Hal ini dikarenakan angka pertumbuhan kecil. e. c . 6. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi. Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi Tingginya kualitas penduduk mendorong semakin tingginya produktivitas masyarakat yang bermuara pada semakin tingginya pendapatan perkapita dan pendapatan nasional. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah 9. namun dapat menghasilkan produk olahan sumber daya alam. Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal Pemanfaatan teknologi dan kepemilikan modal membuat masyarakat di negara maju mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal. b . dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia Dijunjung Tinggi Masyarakat di negara maju pada umumnya memiliki disiplin yang tinggi dalam mematuhi hukum. Misalnya. jumlah penduduk pada umumnya tidak terlalu banyak. namun negara tersebut mampu menghasilkan produk olahan minyak bumi dan memasarkannya ke seluruh penjuru dunia. suatu negara maju sangat minim sumber daya alam atau bahkan tidak memiliki sumber daya alam sama sekali. Angka harapan hidup tinggi. 5. atau energi matahari untuk menggantikan fungsi dari energi minyak bumi. kualitas dan produktivitaspenduduk tinggi. Kesetaraan Gender. g. Intensitas mobilitas tinggi. Tidak tergantung pada alam. 8. f. angka beban ketergantungan kecil. Tercukupinya Penyediaan Fasilitas Umum Negara maju memiliki kemampuan berupa sarana dan dana dalam memberikan pelayanan fasilitas umum yang memadai bagi warganya. Kesadaran Hukum. Hal ini juga didukung dengan tingginya tingkat kesadaran warga masyarakatnya dalam memelihara dan memanfaatkan ketersediaan sarana fasilitas umum yang ada. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi. 7. Misalnya pemanfaatan tenaga angin. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat. Jenis kelamin tidak lagi dipermasalahkan dalam .3. 10. Produktivitas Masyarakat Didominasi BarangBarang Hasil Produksi dan Jasa Kegiatan ini tidak memerlukan lingkungan agraris. 4. danpeluang kerja dan kesempatan berusaha terbuka luas. Kebutuhan minyak mentahnya tercukupi dengan cara mengimpor dari negara-negara lain yang umumnya termasuk dalam kategori negara-negara berkembang. Pemerintahan yang berjalan menerapkan prinsip akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan) serta transparansi (terbuka) dalam berbagai tindakan dan pengambilan keputusan. menemukan sumber daya alam baru. Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa Ada kalanya. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi. pendapatan perkapita tinggi.

atau penyandang cacat fisik yang lain diberi fasilitas khusus dan porsi atau kesempatan kerja yang sejajar dengan masyarakat normal. misalnya untuk kaum difabel (different ability) seperti orang tua. Hal tersebut terlihat dari angka partisipasi belajar penduduk negara-negara maju yang sangat tinggi.Teknologi berkembang baik dan memiliki kemajuan pesat. Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kualitas penduduk suatu negara.tingginya tingkat pendidikan.tingginya tingkat pendapatan penduduk ditandai tingginya GNP dan pendapatan per kapita (Sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri.Pengolahan sumber daya alam dilakukan secara maksimal dengan bantuan tenaga ahli dan teknologi modern. . Di negara-negara maju secara umum penduduknya sudah memiliki kesadaran tinggi akan arti penting pendidikan dan penguasaan Iptek. . h.penentuan jabatan. Kondisi demikian membuat penduduk negara maju tidak lagi menggantungkan sektor pertanian sebagai penghasilan utama.Kualitas penduduk tinggi dan bersifat merata. j . namun kemampuanlah yang diperhitungkan. dapat terlihat dari angka kematian penduduk yang rendah dan angka harapan hidup penduduk yang tinggi di negara maju. . Penghasilan penduduk yang tinggi akan berdampak pada pendapatan perkapita yang tinggi pula. ditandai dengan: . Tingginya tingkat pendidikan penduduk di negara maju juga ditunjang oleh sistem pendidikan yang baik dan anggaran pendidikan yang tinggi dari pemerintah. perdagangan. tetapi di sektor industri.Industri menjadi tulang punggung perekonomian dan berkembang dengan pesat. Variasi pekerjaan di berbagai sektor tersebut menjadikan penduduk negara maju memiliki pendapatan rata-rata tinggi.tingginya tingkat kesehatan penduduk ditandai dengan tingginya angka harapan hidup dan rendahnya angka kematian bayi. Tingkat kesehatan penduduk yang sudah baik. . tuna netra. sehingga kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan juga sudah baik. Selain itu pihak pemerintah juga memberikan perhatian yang sangat baik terhadap tingkat kesehatan masyarakat melalui pembangunan berbagai sarana dan prasarana kesehatan yang memadai di berbagai daerah yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. . i . jasa dan perdagangan. Penghormatan terhadap hak asasi manusia dijunjung tinggi. Pendapatan merata dan tingkat pengangguran kecil). Ciri-ciri negara berkembang antara lain sebagai berikut. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga. dan jasa. bahkan untuk golongan minoritas. . . . Tingkat Kesehatan Sudah Baik Rata-rata penduduk negara maju sudah memiliki standar kehidupan yang tinggi.Tingkat pertumbuhan penduduk rendah. Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi Kemajuan tingkat pendidikan serta penguasaan Iptek oleh mayoritas penduduk menjadikan negara maju memiliki potensi SDM yang berkualitas tinggi. 1.

pendidikan. Pendidikan penduduknya rata-rata rendah. 5. dan lain sebagainya. Kualitas Hidup Rendah Akibat rendahnya tingkat penghasilan. Tingkat Produktivitas Rendah Jumlah faktor produksi yang terbatas yang tidak diimbangi dengan jumlah angkatan kerja mengakibatkan lemahnya daya beli sehingga sektor usaha mengalami kesulitan untuk meningkatkan produksinya. 8. 1. dll. Sifat penduduk kurang mandiri. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi 9. oligopoli. Angka harapan hidup rendah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban. Pada umumnya aktivitas masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional. dan lain sebagainya. 7. Informasi di pasar hanya dikuasai oleh sekelompok orang saja 7. Banyak yang kekurangan gizi. Tingkat Pengangguran Tinggi Akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk mengakibatkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi tinggi. masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok. 5. 3.2. 4. monopsoni dan oligopsoni. Pendapatan relatif rendah. tidak bisa baca tulis. 3. Dengan demikian di negara maju penduduk yang berada dalam usia nonproduktif lebih banyak bergantung pada yang masuk angkatan kerja. 8. Ketergantungan Tinggi Pada Perekonomian Eksternal Yang Rentan C. 6. pekerjaan. Pasar & Informasi Tidak Sempurna Kondisi perekonomian negara berkembang kurang berkompetisi sehingga masih dikuasai oleh usaha monopoli. 6. Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi Tingkat pertambahan penduduk di negara berkembang umumnya lebih tinggi dua hingga empat kali lipat dari negara maju. Hal tersebut dapat mengakibatkan banyak masalah di masa depan yang berkaitan dengan makanan. Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang . Intensitas mobilitas rendah. 10. 4. pendidikan. rumah. Tingkat Ketergantungan Pada Angkatan Kerja Tinggi Perbandingan jumlah penduduk yang masuk dalam kategori angkatan kerja dengan penduduk non angkatan kerja di negara sedang berkembang nilainya berbeda dengan dengan di negara maju. kesehatan. 2. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendidikan dan budaya di negara berkembang yang berbeda dengan di negara maju. Jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada kesempatan lapangan kerja yang tersedia dan tungkat pertumbuhan keduanya yang tidak seimbang dari waktu ke waktu. Ketergantungan Pada Sektor Pertanian / Primer Umumnya masyakat adalah bermata pencaharian petani dengan ketergantungan yang tinggi akan hasil sektor pertanian. Sangat tergantung pada alam. rentan terkena penyakit.

Bandingkan data-data kependudukan dan ekonomi antara negara maju dan negara berkembang di bawah ini! 1. Negara Berkembang . Antara negara maju dan negara berkembang terdapat keadaan yang bertolak belakang pada aspek kependudukan dan aspek ekonomi. dapat dilihat dari aspek kependudukan dan ekonomi negara tersebut. Negara Maju 2.Untuk melihat tingkat kemakmuran suatu negara.

.

sedangkan India 1. Misalnya pertumbuhan penduduk Belanda 0.4 % per tahun.3 % per tahun.Dari data-data di atas dapat kita bandingkan antara keadaan kependudukan dan ekonomi negara maju dan negara berkembang. Angka .

5 tahun. Malaysia. Negara maju memiliki pendapatan perkapita relativ lebih tinggi daripada negara berkembang. seperti sebagian besar negara-negara di Afrika dan kawasan Oceania. negara itu termasuk kategori negara ber kembang. Italia.7 tahun.7. Thailand. 2. Swiss. 3) Negara industri tradisional. Singapura. Brasil. Belanda. negara itu dikategorikan sebagai negara berkembang. negara itu dapat dikategorikan sebagai negara maju. a. Pendapatan per kapita di Belanda 36. Angka kematian bayi di Belanda 4. Selain itu kemampuan membeli pelayanan kesehatan. Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja di Bidang Industri Apabila tenaga kerja suatu negara sebagian besar bergerak di bidang industri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maupun diekspor dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Jika suatu negara mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi dengan stabilitas yang tinggi. Tingkat Perkembangan Ekonomi Berdasarkan tingkat perkembangan ekonominya. sedangkan di India 63. b. Solomon. obat-obatan pelayanan pendidikan juga lebih baik daripada yang pendapatan perkapitanya rendah. Jika pertumbuhan ekonominya rendah dan kurang stabil.Harapan hidup di Belanda 78. negara tersebut dapat dikategorikan sebagai negara maju. Jerman. Tingkat Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Berdasarkan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya. a. Tingkat Penggunaan Alat-Alat Hasil Industri terutama Logam dalam Bentuk Barang Jadi . Belgia. Angka kelahiran di Belanda 1. sedangkan di India 720 US$. negara itu dapat dikategorikan sebagai negara maju. dan Caledonia Baru. Struktur Mata Pencarian Penduduk Jika struktur mata pencarian sebagian besar penduduk di suatu negara bermata pencarian di bidang industri dan jasa. Prancis. Jika sebagian besar penduduk di suatu negara di bidang agraris. b. Indonesia. Jepang dan Australia. 620 US$. Implikasi dari pendapatan perkapita yang tinggi adalah kemampuan untuk membeli bahan makanan yang lebih bergizi dan memadai. 2) Negara industri sedang berkembang. Inggris. suatu negara dapat dikategorikan sebagai negara maju atau negara berkembang dengan memperhatikan ciri-ciri sebagai berikut. Swedia. dan negaranegara di kawasan Timur Tengah.6. seperti Amerika Serikat.9. pengelompokkan negara maju atau berkembang dilihat dari beberapa ciri-ciri atau indikator sebagai berikut. sedangkan di India 61. 1. misalnya Fiji.8. Secara garis besar tingkat penguasaan dan kemajuan industri Negara negara di dunia dapat dikelompokan sebagai berikut : 1) Negara industri maju atau modern. sedangkan di India 2. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas hidup penduduk di negara maju seperti Belanda jauh lebih baik daripada kualitas hidup di negara berkembang seperti India. Guam. seperti Taiwan.

antara lain sebagai berikut. 3) Negara berpendapatan menengah tinggi (upper middle income). 1) Tingkat Pertumbuhan Penduduk Negara maju pada umumnya mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk lebih rendah dibandingkan dengan negara berkembang. Perbandingan pendapatan perkapita beberapa negara di dunia. yakni tingkat pengetahuan (knowledge). yaitu nilai yang didapat dari penggabungan tiga unsur.125. Secara teknis.656. 4) Negara berpendapatan tinggi (high income). kesehatan. dan pendapatan per kapita. Abdul Hakim (2002) Adapun Bank Dunia (World Bank) pada 1997 membagi negaranegara di dunia berdasarkan tingkat pendapatan (income) perkapita penduduknya menjadi empat kelompok. 2) Negara berpendapatan menengah (middle income). tingkat melek huruf dan penerapan sistem pendidikan yang modern. yaitu negaranegara yang pendapatan perkapita penduduknya <US$ 785.Sebagian besar penduduk di suatu negara lebih banyak menggunakan perlengkapan atau alat-alat hasil industri sebagai penunjang kehidupannya. negara tersebut dapat dikategorikan sebagai negara maju. ketiga unsur itu di Indonesia dapat diterjemahkan menjadi tingkat pendidikan. Adapun ciri-ciri atau kriteria untuk menentukan kualitas penduduk suatu negara. 1) Negara-negara berpendapatan rendah (low income). Tingkat Kesehatan Penduduk Dicirikan oleh angka harapan hidup dan tingkat kematian bayi. c.655.125 9. harapan hidup (longevity) dan standar hidup (standard of living). b. Tingkat Pendidikan Penduduk di negara maju pada umumnya mempunyai tingkat pendidikan tinggi dibandingkan dengan negara berkembang yang dicirikan dengan tingginya angka lulusan perguruan tinggi. Tingkat Kualitas Penduduk Salah satu kriteria untuk mengukur kualitas penduduk di suatu negara adalah dengan mengetahui tingkatHuman Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Tingkat Pendapatan per Kapita Pendapatan per kapita adalah nilai atau angka yang didapat dari hasil bagi antara jumlah pendapatan nasional (GNP = Gross National Product) dengan jumlah penduduk di suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. yaitu negaranegara yang pendapatan perkapita penduduknya antara US$ 785 3. sebagai berikut. 2) Persentase Persebaran Penduduk . yaitu negara-negara yang pendapatan perkapita penduduknya antara US$ 3. 3. yaitu negara-negara yang pendapatan perkapita penduduknya >US$ 9. a. Indikator lainnya yang berkaitan dengan kualitas kependudukan tetapi mengarah kepada aspek kuantitas kependudukan adalah sebagai berikut.

Tingkat Perkembangan Sarana atau Prasarana Penunjang Kehidupan Semakin banyak dan semakin modern sarana atau prasarana penunjang kehidupan penduduk di berbagai bidang misalnya gedung-gedung sekolah. menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara garis besar negara-negara di dunia dapat dikelompok kan menjadi dua kelompok. semakin memungkinkan negara itu dapat dikategorikan sebagai negara maju. negara itu termasuk kategori negara berkembang. Akan tetapi. seluruh negara di kawasan Australia dan Oceania kecuali Australia. Jerman. Kelompok negara maju (developed country). Bahkan antar Negara maju saling lempar bola. Lingkaran Perseteruan Sikap egois Negara-negara di atas sulit dicari titik temu. seluruh negara di Benua Amerika kecuali Amerika Serikat dan Kanada. Italia. Protokol Kyoto berkekuatan hukum secara internasional. Tepat kiranya dikatakan Protokol Kyoto memasuki masa darurat. Namun kekuatan hukum Protokol Kyoto bakalan mandul. Tahun 2010 di Cancun. dan Australia dan Uni Eropa) menginginkan Negara-negara miskin/berkembang lebih dahulu mengurangi emisi gas. Kelompok negara berkembang (developing country) yakni seluruh negara di benua Afrika. sarana atau prasarana perdagangan. Masing-masing pihak mempertahankan prinsip. antara lain Amerika Serikat. Kanada. Prancis. negara-negara maju (Amerika. Inggris. Jerman. sepertinya telah membentuk lingkaran perseteruan. Jepang. rumah sakit. Ukuran yang pasti dan ideal tentunya jika Anda menggolongkannya dengan menggabungkan empat kriteria. Dari beberapa kriteria tersebut dapat disimpulkan bagaimana penggolongan negara maju dan negara berkembang dapat dilakukan. Protokol Kyoto menjadi semacam pengingat bagi umat manusia untuk mencegah kegilaan perusakan bumi bagi generasi mendatang.walau tanpa diratifikasi Amerika Serikat yang merupakan kontributor emisi terbesar dunia. hal itu sangatlah sulit karena bukan tidak mungkin ada suatu negara yang hanya memenuhi dua atau tiga kriteria saja tetapi sudah dapat dinyatakan sebagai negara maju. karena terjadi perseteruan antar Negara-negara maju dengan Negara-negara miskin/berkembang. serta seluruh negara di Benua Eropa kecuali Inggris. b. Padahal tahun 2012 merupakan akhir tenggat waktu komitmen untuk penerapannya. Pada pertemuan di Bangkok (8/4/11) perseteruan makin meruncing. Kanada. dan peningkatan permukaan laut. Darurat Protokol Kyoto Salah satu sumber Polusi Dunia PADA 16 Februari 2005. sebagai berikut. Belanda. seluruh negara di Asia kecuali Jepang. Perancis. Jika sebagian besar terakumulasi di wilayah perdesaan. Jepang.Apabila sebagian besar penduduk di suatu negara terakumulasi di wilayah perkotaan. Italia dan Australia. perkantoran. transportasi dan komunikasi. . 4. peningkatan temperatur. negara itu termasuk kategori negara maju. dan Belanda. Meksiko. sementara perubahan telah berdampak pada meningkatnya angka emisi gas secara global. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut. a. Indikasi dampak negatif perubahan iklim lebih cepat menyambangi kita.

bahkan bagi Negara-negara maju sekalipun. kewajiban mereka untuk mengurangi emisi lebih besar dibandingkan Negara-negara berkembang yang juga harus terus meningkatkan mutu perekonomian. berbagai regulasi memacu peningkatan investasi (PMA dan PMDN setinggi-tingginya) justeru mengabaikan pertimbangan pelestarian lingkungan. Demikian juga dengan investasi bidang . bidang pertambangan. Selain itu Pemerintah juga berkomitmen menjaga hutan agar dapat berpartisipasi dalam mekanisme perdagangan karbon (REDD). tidak adil jika tekanan untuk mengurangi emisi justeru berbalik pada mereka dengan cara melakukan Mekanisme Pembangunan Bersih (MPB). melindungi kepentingan ekonomi merupakan alasan utama untuk tidak meratifikasi protokol Kyoto. Peningkatan perekonomian berhadapan dengan kepentingan pelestarian fungsi lingkungan. lingkaran perseteruan di atas. melaksanakan Rencana Aksi Nasional Perubahan Iklim (Ran PI). dan membentuk Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) yang diketuai secara langsung oleh Presiden. Sementara. Sementara Negara-negara miskin/berkembang tetap mempertahankan komitmen tersebut. upaya telah dilakukan pemerintah diantaranyamembentuk Komite Nasional Mekanisme Pembangunan Bersih (KOMNAS MPB). Sesungguhnya. Lingkaran perseteruan berbagai kepentingan terjadi. Target investasi bidang ini terus ditingkatkan dengan cara peningkatan target produksi dan penerimaan Negara. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengutamakan kesimbangan dalam aspek ekonomi. misalnya antar institusi pemerintahan. Pada satu sisi Indonesia memiliki regulasi yang berkaitan dengan MPB. bagi Negara-negara berkembang. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia Dalam Protokol Kyoto Indonesia telah meratifikasi Protokol Kyoto melalui UU No. demikian juga dengan Amerika Serikat dan Negara-negara Eropa.Jepang misalnya. niat untuk menurunkan emisi sesuai protokol Kyoto dalam waktu dekat sulit dilaksanakan. Indonesia juga dalam keadaan darurat Protokol Kyoto. Artinya. sementara aktivitas ekonomi Negaranegara maju terus menerus meningkatkan emisi gas tanpa kendali. menegaskan tidak akan meratifikasi jika Negara maju lainnya tidak menyatakan komitmen kuat. Ratifikasi tersebut berarti Indonesia mengadopsi hukum internasional sebagai hukum nasional untuk dijabarkan dalam kerangka peraturan dan kelembagaan. Walaupun telah berkomitmen melalui berbagai persiapan regulasi dan keembagaan. melaksanakan pengurangan emisi gas untuk saat ini akan berdampak buruk pada aktivitas investasi. seperti diberlakukan UU No. Perkebunan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Padahal. Bagi Negara-negara maju. Sebut saja. Kehutanan. Untuk mewujudkan komitmen dalam protokol. Perseteruan ini setidaknya melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian ESDM. Mereka tahu persis. lingkungan dan sosial. Namun di sisi lain. menunjukkan ketidaksiapan Negara-negara melaksanakan protokol Kyoto. 17 Tahun 2004 tentang Pengesahan Kyoto Protocol To The United Nation Framework Convention On Climate Change (Protokol Kyoto Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Perubahan Iklim. Justru. Negara-negara maju menginginkan instrumen baru pasca tahun 2012 yang target penurunan emisinya lebih ringan dan bebas. Karena instrumen pengurangan emisi gas seperti terknologi ramah lingkungan sangat mahal.

776 hektare atau 40 persen dari luas 2. pengerukan sungai Batanghari yang disinyalir untuk mengeruk potensi tambang emas. Kondisi di atas. Jadi luas kawasan hutan yang perlu diselamat di Provinsi Jambi 2. Perlakuan labelling yang berbeda menyebabkan produk Kanada dianggap memiliki kualitas yang buruk membuat sehingga Kanada pun menggugat Prancis ke WTO. celakanya pembangunan kita mengabaikan pertimbangan lingkungan. Mekanisme Pembangunan Bersih yang diamanatkan protokol Kyoto selalu kalah dengan kedok kepentingan ekonomi dan segelintir pemilik modal besar. bangsa Indonesia merasakan dampak negatif dari kontradiksi di atas. Memang kita menghadapi dilema.perkebunan (utamanya kelapa sawit) dengan cara konversi kawasan hutan jutaan hektar. Gugatan yang diajukan Peru ini . bahwa pembangunan harus tetap berjalan. Awalnya Prancis terusmenerus menolak untuk berbicara langsung dengan Kanada mengenai masalah ini. PT Synco Global telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jambi untuk kepentingan pengerukan sungai tersebut dengan nilai investasi Rp 4. namun mengenai sengketa sarden.049 hektare dan di luar kawasan hutan 140. Adigium inilah yang sulit dilaksanakan. Contoh anyar lainnya di Provinsi Jambi. Pemerintah Kabupaten Kerinci mendesak Kementerian Kehutanan untuk memberikan izin prinsip pembukaan jalan dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Di Provinsi Jambi. TNKS berperan sebagai penyeimbang iklim bagi kawasan sekitarnya. tercatat kerusakan hutan di Provinsi Jambi kini sudah mencapai 871. Aktivitas pertambangan menyisakan limbah dan lubang lumpur tanpa reklamasi danaktivitas izin perkebunan hanya untuk memanfaatkan kayu dari kawasan yang dikonversi makin menggerogoti komitmen Kyoto. Pengerukan yang direncanakan akan dilaksanakan oleh PT. Rencana pembukaan jalan yang melewati zona inti jelas akan merusak ekosistem TNKS. Sebagai salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Synco Global (perusahaan bidang pertambangan) dikhawatirkan akan merusakan ekosistem. namun Dispute Settlement Body menunjukkan wewenangnya dengan mendesak Prancis untuk bertatatap muka sehingga pada akhirnya Kanada mampu menunjukkan bahwa Prancis memang melanggar prinsip MFN dalam WTO. Hasilnya. Untuk itu. namun tidak boleh merusak lingkungan. Pertanyaannya. pemerintah dan pemerintah daerah harus melakukan langkah-langkah mitigasi dan adaptasi demi masa depan protokol Kyoto di Indonesia.1 juta hektare (Jambi Ekspres1/6/11). Kasus ini juga diselingi dengan masuknya gugatan dari Peru kepada Perancis.101 hektare. Dalam kasus ini Prancis dianggap melanggar prinsip Most Favoured-Nation (non-diskriminasi) terhadap produk kerang dari Kanada dengan melakukan pembedaan labeling.2 juta hektare. Lahan kritis dalam kawasan hutan 971. Bencana akibat perubahan cuaca yang ektrim telah merugikan masyarakat miskin yang memiliki daya ekonomi yang rendah dalam beradaptasi. apakah kita mampu menyelematkan keadaan darurat protokol Kyoto ditengah godaan investasi dan tekanan Negara-negara maju? Ataukah terus menggugat komitmen Negara-negara maju tersebut. Menurut Warsi. Kelompok tiga mengangkat studi kasus antara Prancis dan Kanada dalam sengketa Scallop (sejenis kerang). jika dibarengi dengan aktivitas penambangan emas. 5 triliun. sampai akhirnya keadaan darurat ini benar-benar menjadi gagal Kyoto? (*) WTO (World Trade Organization) sebagai organisasi multilateral yang memfokuskan diri terhadap masalah ekonomi telah memiliki Dispute Settlement Body yang di dalamnya memiliki fungsi dan wewenang untuk mempertemukan kedua belah pihak atau lebih yang sedang berkonflik. Prancis juga dianggap melakukan praktik pembedaan labeling kepada produk sarden dari Peru. termasuk lahan gambut. jelas menambah daftar panjang masalah yang dihadapi dalam implementasi protokol Kyoto.

Bosnia. Swedia. yang menginginkan negara miskin lebih dahulu mengurangi emisi gas. penasihat soal perubahan iklim dari Oxfam. tekanan negara maju tak adil. ada sebagian dari bantuan itu merupakan pengalihan dari bantuan yang sudah ada sebelumnya menjadi bantuan ke soal penanganan lingkungan. negara maju menekan negara miskin mengurangi polusi. Islandia. tidak ada dana ekstra dari negara maju yang akan mengalir ke negara berkembang. Belanda. kata Huang Huikang. delegasi senior dari China. Selandia Baru. Austria. pada pertemuan itu. Dengan kata lain. Amerika Serikat . lebih dari 70 persen pemanasan global adalah karena emisi gas buang di negara maju. Anggota Uni Eropa. San Marino. Italia. janji bantuan 100 miliar dollar AS itu juga tidak kunjung dikumpulkan. Hong Kong. Luxemburg. Di samping itu. Singapura. Saat itu negara-negara miskin menolak tekanan negara maju. Jumat di Bangkok. Belgia. Spanyol. Swiss. Tidak akan ada kompromi soal itu. Bahkan. Hal lain justru dirasakan oleh Vietnam dimana sengketa pelanggaran prinsip non-diskriminasi produk catfish-nya dengan Amerika Serikat justru mengalami kebuntuan akibat belum terdaftarnya Vietnam sebagai anggota WTO. Taiwan. Perancis. Denmark. Norwegia. Yunani. Pertemuan Cancun mengutamakan janji negara-negara maju soal bantuan 100 miliar dollar AS kepada negara berkembang agar bersedia melestarikan hutan. kata Tim Gore. dimana manfaat WTO yang bisa dirasakan oleh negara berkembang. Finlandia. Cancun adalah kota resor wisata di Meksiko. Bagi negara berkembang. Sedangkan kasus lain diangkat oleh kelompok empat. Jepang. Portugal. Liechtenstein. Jerman. Kasus ini menggambarkan bahwa Ekuador. Kanada. yang kalah dari posisi tawar. Monako. Britania Raya Negara non-UE: Andorra. lokasi pertemuan PBB soal lingkungan pada November 2010. Di sisi lain. Kasus yang diangkat adalah kasus perdagangan pisang atau Common Organization Market of the Market for Bananas (COMB) antara Ekuador dan Uni Eropa. termasuk dengan mempertahankan hutan walau sebagian hutan dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi. melalui Dispute Settlement Body mampu memaksa Uni Eropa untuk merevisi kebijakan tarif yang dibuatnya. Pemandangan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya muncul kembali di Bangkok. Korea Selatan. Vatikan Negara bukan Eropa: Australia. Namun. Irlandia. Libya.menunjukkan pemanfaatan taktik coalition building dengan memanfaatkan momentum yang ada disaat Peru memiliki stance yang sama dengan Kanada untuk melawan Perancis. Penghasil polusi terbesar di dunia adalah negara maju.

BELANDA Status Belanda menjadi anggota Beneluxdan Komunitas Eropa. Korea Selatan. Ada beberapa pulau di Karibia yang berada di bawah pemerintahan Belanda. menurut klasifikasi IMF sebelum April 2004. Drenthe. Tajikistan dan Turkmenistan) dan Mongolia tidak dimasukkan dalam kawasan maju atau berkembang.906. Noord-Holland(Holland Utara). Utrecht. Gelderland. Geografi . Zeeland. Limburg Setiap daerah terbagi atas kota-kota (gemeenten). Afrika Bagian Selatan. namun disebut sebagai "negara transisi". Israel. dan Slovenia.856 dan US$11. Negara pendapatan menengah bawah memiliki PN per kapita antara US$976 dan US$3. Groningen. Kanada dan Amerika Serikat di Amerika Utara. dan Eropa. Negara pendapatan rendah memiliki PN per kapita US$975 atau kurang. dan negaranegara di Eropa Timur dan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (kode 172) di Eropa tidak termasuk dalam wilayah maju ataupun berkembang. Negara pendapatan menengah atas memiliki PN per kapita antara US$3. Flevoland. Noord-Brabant(Brabant Utara).855. Antillen Belanda dan Aruba. Negara pendapatan tinggi memiliki PN per kapita lebih dari US$11. Di sisi lain. Friesland/Fryslân.Ekonomi maju maju) Ekonomi awal dan berkembang (tidak kurang maju) Ekonomi awal dan berkembang (kurang Jepang di Asia. negara yang muncul dari bekas Yugoslavia dianggap sebagai negara berkembang. Australia dan Selandia Baru di Oseania. seluruh negara Eropa Timur (kecuali negara Eropa Tengah yang masih tergabung dalam "Eastern Europe Group" di PBB) juga bekas negara Uni Soviet (USSR) di Asia Tengah (Kazakhstan. Kyrgyzstan. Wilayah Empat Macan Asia asli (Hong Kong. Belanda merupakan negara perintis Uni Eropa saat pendirian organisasi itu pada 1992.905. Malta. Zuid-Holland(Holland Selatan). Overijssel. Uzbekistan. Singapura. dan Taiwan). Siprus. Belanda juga menjadi anggota NATO. mereka sekarang lebih dikenal (dalam laporan internasional) sebagai "negara berkembang". Daerah Belanda dibagi kepada 12 kawasan administrasi yang dinamai provinsi(Provincies).

Belanda melahirkan banyak pelukis andalsepertiRembrandt van Rijn. yang berada 6. Sebagian kawasan di Belanda. Kawasan yang direklamasi itu dipanggil polder. provinsi Limburg. Waal.Belanda juga merupakan tanah air Desiderius Erasmus danBaruch de Spinoza. dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee).dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang sederhana. Panjang daritanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m.gulden. Jan Steendan lain-lain.C.Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. mempunyai ketinggian 321 m. Ekonomi Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka yang mana pemerintahan telah mengurangi peranannyadalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an. Contohnya. dan Maas. setelah Amerika Serikat dan Perancis. Budaya Belanda mempunyai banyak pelukis ternama. misalnya daerahFlevoland. yang berada di provinsi Limburg. padaolimpiade musim panas diSydney(2000). Belanda berada di tempat ke delapan dalam memenangkan piala emas. pada 1 Januari 2002. mesti direklamasi. dan bola voli juga digemari. Negara ini dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine ( Rijn). yang berada di bagian tengara negeri Belanda.Belandamenjadi umum pada14 SM dalamReformasi Bahasa Hoovers van Otton(14 SM-29 Mdalam budayaTradisi BelandakebanyakanBahasa Belanda(92%) Olahraga Secara umum. tenis.Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk dan dinding laut. Salah satu konstruksi yang terkenal ialah "Afsluitdijk" (Penutup Tanggul).Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya. sepeda balap. Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer. orang Belanda menyukai olahraga. Belanda menggantikan mata uang lamanya. dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi. Aktivitas ekonomi utama di Belanda adalah termasuk pemrosesan makanan. Pelukis ternama abad ke-19 dan 20 pula ialahVincent van Goghdan Piet MondriaanselainM. yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana. Walaupun demikian. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel.Sebagai negara perintis Euro. René Descartespula banyak menjalankan pekerjaannya di Belanda. . Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. berenang. bahan kimia.76 dibawah permukaan laut. Selain itu. Ketika abad ke-17. pemrosesan minyak.negara Belanda banyak memenangkan piala di kejuaraan internasional. sedikit berbukit. yang memisahkan danau IJssel(IJsselmeer. Belanda mampu menghasilkankelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Johannes Vermeer . Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg. Escher (ahli seni grafik) dan Han van Meegeren (pemalsu seni)*[1]. Bila dilihat dari jumlah penduduknya yang relatif sedikit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful