P. 1
Daur Hidup Beberapa Jenis Hewan

Daur Hidup Beberapa Jenis Hewan

|Views: 895|Likes:
Published by Mukhlashin Tuban

More info:

Published by: Mukhlashin Tuban on Jan 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

DAUR HIDUP BEBERAPA JENIS HEWAN Ada dua macam daur hidup / matarmorfosis pada hewan, yaitu metarmorfosis

tidak sempurna dan metamorfosis sempurna. Pada metamorfosis sempurna bentuk hewan bentuk hewan sebelum dewasa dengan sesudah dewasa sangat berbeda. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu lalat, nyamuk, kumbang, dan kupu-kupu. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna, yaitu apabila bentuk hewan sebelum dewasa dengan sesudah hampir sama. Misalnya pada belalang, ketika belum dewasa belalang tidak bersayap, tetapi setelah dewasa bersayap. Hewan – hewan jenis lain yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, yaitu katak, capung, undur –undur, walang sangit, dan jangkrik . 1. Daur Hidup Kupu- kupu . Kupu – kupu mengalami metamorfosis sempurna. Daur hidupnya di mulai dari telur. Telur kemudian berkembang dan tumbuh menjadi ulat. Ulat biasanya hidup di atas daun dan memakan daun sebagai makanannya. Ulat – ulat kemudian memakan daun tanpa henti. Setelah mengalami pergantian kulit selama 3 sampai 4 kali, ulat kemudian bergerak sangat lambat. Lalu ulat akan membungkus dirinya dengan air liurnya dan melekat pada daun / batang . Bentuk kepompong berlangsung lama beberapa hari dan kemudian akan berubah menjadi kupu - kupu . 2. Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk merupakan hewan yang banyak merugikan manusia, karena dapat menyebabkan penyakit. Daur hidup nyamuk berawal dari telur yang biasanya hidup pada genangan air. Telur kemudian akan menetas menjadi jentik – jentik {tempayak}. Tempayak akan bergerak dalam air dan tumbuh dan berubah menjadi kepompong {pupa}. Setelah berubah menjadi pupa kemudian akan berubah menjadi nyamuk. Nyamuk mengalami metamorfosis sempurna.

3. Daur Hidup Kecoa Kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna. Kecoa dewasa akan bertelur. Telur kecoa kemudian akan menetas menjadi kecoa muda yang tidak bersayap.

beruang. . buaya. dll. ekor berudu akan menyusut. Setelah itu jadilah katak muda yang terus tumbuh sampai dewasa. Semua makhluk hidup akan mengalami dapat dari pertambahan tinggi. 4. Katak tergolong hewan amfibi artinya dapat hidup didua alam / dua kehidupan.Kecoa muda akan berkembang dan tumbuh menjadi kecoa dewasa yang memiliki sayap. berudu mengalami perubahan bentuk dengan munculnya kaki belakang yang kemudian disusul dengan kaki depan. luas dan berat tubuhnya . Daur hidup kecoa tidak mengalami. Telur katak menetas menjadi berudu / kecebong yang bentuknya mirip sekali dengan ikan. Setelah beberapa lama. singa. ada yang memelihara burung berkicau dan ayam pelung / ikan yang dipelihara dalam akuarium . harimau. Disamping itu ada pula hewan – hewan yang dipelihara untuk memenuhi kepentingan hidup manusia. dan akhir hilang. Setelah beberapa hari. Biasanya telur katak terlihat bertumpuk didalam air dan seolah – olah berhubungan 1 dengan yang lain karena adanya lendir. Daur Hidup Pada Hewan Lain Hewan lain yang mengalami metamorfosis ialah katak.masa kepompong (pupa). Anjing dan kucing dijadikan teman bagi manusia. Hewan .hewan yang dapat kamu temukan dikebun binatang antara lain gajah. Semasa kecil katak hidup di air dan setelah dewasa hidup didarat. Katak biasanya bertelur didalam air.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->