TUGAS BAHASA INDONESIA

MEWAWANCARAI TOKOH MASYARAKAT RT. 007 / RW. 05 KELURAHAN BINTARO

DI BUAT OLEH :

Nama Kelas Nis

: TIYAS AYU : 8.3 : 9412

SMPN 178 JAKARTA JL. Mawar no. 6A Bintaro

1|Page4

03-03-1972 : Islam : Kawin : SMA : Wiraswasta : Jl.007 / Rw. Hp : Kardono : Pati. Mawar 3 Rt.05 Kelurahan Bintaro : (081)61350513 Jakarta. 27 juli 2011 FOTO ( KARDONO ) 2|Page4 .IDENTITAS NARASUMBER : Nama TTL Agama Status Pendidikan Pekerjaan Alamat No.

30 wib. maksudnya setiap rumah mendapat giliran satu malam tiap satu minggu Ayu : pada pukul berapa ronda dimulai? Dan sampai pukul berapa ronda selesai? Pak RT : ronda kami mulai dari pukul 21.HASIL WAWANCARA TEMA : KEAMANAN LINGKUNGAN Ayu : Selamat siang Pak? Pak RT : Selamat siang nak. 3|Page4 . Ayu : bagaimana sistem kerja ronda malam? Pak RT : sistem ronda malam kita buat secara bergilir. Ayu : apa fungsi diadakannya ronda malam? Pak RT : untuk mengurangi pencurian dan mengurangi perkumpulan para anak muda yang menjurus kearah negatif serta menjaga silaturahmi sesama warga. Ayu : Baiklah Pak saya mulai wawancaranya sekarang. Ayu : apakah setiap malam diadakan ronda malam? Pak RT : ya tentu saja. Ayu : siapa yang menggaji para hansip? Pak RT : kami menggaji hansib dari uang iyuran bulanan yang diberikan masyarakat. memangnya ada keperluan apa? Ayu : saya mendapat tugas dari sekolah untuk mewawancarai bapak tentang keamanan lingkungan. ada yang bisa bapak bantu? Ayu : iya pak. apakah bapak bersedia diwawancarai? Pak RT : iya saya bersedia nak. Ayu : bagaimana cara bapak dalam menjaga keamanan lingkungan? Pak RT : dengan mengadakan ronda malam bersama warga. bagaimana keadaan di lingkungan kita? Pak RT : keadaan lingkungan kita aman dan baik-baik saja.00 wib sampai dengan 04. bisakah saya minta waktu bapak sebentar? Pak RT : iya bisa nak. Ayu : apakah bapak memerlukan hansip dalam menjaga keamanan lingkungan? Pak RT : itu memang perlu untuk membantu masyarakat karena hansip bukan sekedar untuk menjaga lingkungan tapi juga dapat dijadikan humas (hubungan masyarakat).

Ayu : cukup sekian wawancara ini saya ucapkan banyak-banyak terimakasih. Ayu : apa saran bapak kepada masyarakat sekitar? Pak RT : agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan masing-masing. 4|Page4 . bukan cuma itu para pemuda ini juga mempunyai wadah yang menaungi mereka agar kreatifitas dan bakat mereka sebagai calon pemimpin dituangkan di dalam wadah tersebut yang di kenal dengan KTSU (Karang Taruna Sub Unit). Pak RT : iya nak kembali kasih.Ayu : apakah para pemuda di lingkungan ini turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan? Pak RT : para pemuda dilingkungan harus ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan. agar menjadi yang terbaik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful