P. 1
SISTEM INFORMASI PENJUALAN sepatu crocs

SISTEM INFORMASI PENJUALAN sepatu crocs

5.0

|Views: 2,587|Likes:

More info:

Published by: Komang Isabella Anasthasia on Jan 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2014

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Masalah Dewasa ini, ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan sangat pesatnya. Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat, dan akurat sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, organisasi maupun bidang lainnya. Kehadiran teknologi komputer di dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan perkantoran sudah tidak asing lagi, baik itu instansi pemerintah maupun swasta. Dengan menggunakan teknologi komputer beban pekerjaan akan terasa semakin ringan. Untuk membangun sebuah sistem informasi tersebut, peranan manusia sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membuat suatu sistem informasi penjualan sepatu CROCS berbasis web. Di dalam site ini akan dijual berbagai jenis sepatu CROCS, dimana semua bagian site akan dijelaskan mendetail pada karya tulis ini. Pada sistem informasi penjualan sepatu CROCS ini, akan dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat satu rumusan masalah, yaitu bagaimana merancang sebuah sistem informasi penjualan sepatu CROCS agar dapat menyajikan informasi yang cepat, efektif, efisien, serta akurat sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. 1.3 Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi penjualan sepatu CROCS sehingga dapat memberikan informasi tentang desain halaman, cara kerja, halaman user dan halaman untuk administrator yang terdapat didalam website CROCS online store kepada pembaca.

1.4

Manfaat Penulisan

Manfaat dari penulisan karya tulis ini adalah untuk menambah wawasan pembaca mengenai CROCS Online Store. Melalui ini diharapkan pembaca mendapat manfaat yang positif.

BAB II PEMBAHASAN

2.1

Pengenalan CROCS Online Store CROCS Online Store merupakan website penjualan sepatu CROCS

online. Sistem informasi penjualan CROCS Online Store dibuat untuk 2 user, yaitu sebagai administrator dan pembeli. CROCS Online Store memiliki structure site sebagai berikut: a. Struktur Site halaman untuk admin: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 2.2 Home (termasuk login admin) Input Barang Update Stock Barang List Barang Edit List Barang Delete List Barang Report Penjualan Logout Home (Termasuk login user dan daftar user) Cara Pemesanan Contact Us Beli Barang Lihat Transaksi Hapus Pembelian Logout Perancangan Database Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar computer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Nama database yang digunakan pada sistem informasi penjualan ini adalah db_uas. Adapun perancangan database

a. Struktur Site halaman untuk pembeli:

mengenai sistem informasi ini diperlukan beberapa tabel database yaitu sebagai berikut :
Tabel 2.1 Tabel Barang (barang)

Field Id_brg Tanggal Barang Ukuran Harga Stock Id

Type Varchar (10) Date Varchar (20) Varchar (12) Int (11) Int (11) Int (11)

Null No Yes No No No No no

Default none Null None None None None none

Extra Primary key

Auto increment

Tabel 2.2 Tabel User (user)

Field Id Nama Alamat Kelamin Telepon Usernam e Password status

Type Int(3) Varchar (50) Varchar (100) Varchar (8) Varchar (20) Varchar (10) Varchar (50) Varchar (50)

Null No no No No No No no no

Default none none None None None None none none

Extra Primary key

Tabel 2.3 Tabel Transaksi (transaksi)

Field Id Id_brg banyak total Tanggal Id_user 2.3

Type Int(11) Varchar (20) Varchar (7) int (10) date Varchar (50)

Null No no No No No No

Default none none None None None None

Extra Auto Increment

Data Flow Diagram Data Flow Diagram (DFD) adalah diagram yang menggunakan notasi-

notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem yang juga dikenal dengan nama diagram arus data. DFD sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika. Adapun DFD dari sistem informasi penjualan CROCS Online Store adalah:

Gambar 2.1 Data Flow Diagram (DFD) 2.4 Halaman Awal

Mula-mula pengguna akan ditujukan menuju halaman index. Pada halaman ini, pengguna dapat login sebagai admin maupun user. Bagi user yang belum memiliki id, dapat mendaftarkan dirinya di halaman ini untuk dapat mengakses halaman berikutnya. Dihalaman ini pengguna hanya berhak melihat halaman utama (index.php), halaman contact us yaitu terdapat contact person dari suatu perusahaan tersebut, dan halaman cara pemesanan yaitu halaman tentang penjelasan cara pemesanan barang.

Gambar 2.2 Halaman Utama (index.php)

Gambar 2.3 Halaman Contact Us (aboutus.php)

Gambar 2.4 Halaman Cara Pemesanan (pesan.php)

2.5

Pengenalan Halaman Admin Untuk mulai menggunakan halaman administrator, pengguna harus login

terlebih dahulu dengan username ’bella’ dan password ’anasthasia’. Apabila login salah maka halaman akan kembali menuju halaman utama index.php dan sistem akan meminta anda untuk login ulang. Pada halaman admin, user hanya dapat melihat halaman input barang, update stok barang, halaman report penjualan, halaman contact us serta halaman list barang. Pada halaman admin, juga terdapat tombol drop down, yang berfungsi mempermudah menuju halaman yang diinginkan. 2.5.1 Halaman Input Barang (master.php) Setelah berhasil melakukan login admin, sistem akan mendirect anda menuju halaman master.php. dihalaman ini merupakan tempat untuk menginput suatu barang yang akan dijual yang kemudian akan disimpan didalam database.

Gambar 2.5 Halaman Input Barang (master.php)

2.5.2

Halaman Validasi Input Barang (Validasi.php) Setelah mengisi form input barang, user akan di direct menuju halaman

validasi input barang. Halaman ini memuat kembali apa yang sudah diinputkan sebelumnya. Apabila terjadi salah penginputan barang, user akan didirect kembali menuju halaman master.php. Apabila user mengklik tombol next, maka barang akan tersimpan di database, dan user akan didirect ke halaman list barang (db_input.php)

Gambar 2.6 Halaman Validasi Input Barang (validasi.php)

2.5.3

Halaman List Barang (db_input.php) Pada halaman ini berisi tentang list barang yang telah diinputkan

sebelumnya di halaman input barang (master.php). Sebelum menuju db_input.php user sebenarnya didirect terlebih dahulu menuju sqltambah.php. Dihalaman tersebut terdapat sql query agar barang yang diinputkan sebelumnya dapat tersimpan di database yang telah disiapkan. User juga dapat mengedit atau menghapus daftar list barang dengan mengklik tulisan edit|delete yang terdapat di kolom action pada tabel list barang.

Untuk mengedit atau menghapus list barang

Gambar 2.7 Halaman List Barang (db_input.php)

Apabila action edit pada daftar list barang di klik, maka akan muncul halaman edit.php seperti berikut:

Gambar 2.8 Halaman Edit List Barang (Edit.php) Pada halaman edit.php, akan ditampilkan kembali nama barang, id, ukuran, stock dan harga barang yang akan di edit, dimana dihalaman edit ini dibatasi hanya untuk mengedit harga suatu barang yang dipilih sebelumnya.

2.5.4

Halaman Laporan Transaksi Hari Ini (today.php) Pada halaman ini merupakan halaman untuk membuat laporan transaksi

yang dilakukan pembeli. Mula-mula user harus memilih tanggal dan kemudian mengklik show untuk menampilkan daftar transaksi yang terjadi pada tanggal tersebut.

Gambar 2.9 Halaman Transaksi Hari Ini (today.php)

2.5.5

Halaman Update Stock Barang (update_stock.php) Untuk menuju halaman ini, user dapat mengover mouse pada dropdown

barang, dan memilih update stock barang. Halaman ini merupakan tempat untuk mengupdate stock barang berdasarkan id yang dimasukkan. Stok barang akan otomatis bertambah saat tombol submit diklik.
Tombol Drop Down

Gambar 2.10 Halaman Update Stock Barang (update_stock.php)

2.5.6

Logout Untuk keluar dari halaman admin, dapat mengklik tulisan logout dipojok

kanan label crocs dibawah tanggal hari ini. Setelah mengklik tulisan logout, session akan otomatis terhapus dan user akan didirect ke halaman utama.

Logout

Nama Admin Gambar 2.11 Logout

2.6

Pengenalan Halaman Pembeli

Untuk mulai menggunakan halaman pembeli, pengguna harus memiliki id user terlebih dahulu. Agar dapat memiliki id user, pengguna harus mendafta di halaman awal. Setelah memiliki id user, pengguna dapat login dengan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Apabila login salah maka halaman akan kembali menuju halaman utama index.php dan sistem akan meminta anda untuk login ulang. Pada halaman pembeli, user hanya dapat melihat halaman pembelian barang, lihat transaksi, halaman contact us, serta halaman cara pemesanan. Pada halaman pembeli, juga terdapat tombol drop down, yang berfungsi mempermudah menuju halaman yang diinginkan. 2.6.1 Halaman Pembelian Barang (tambahbarang.php) Pada halaman ini, user diharuskan menginput form pembelian barang. Pada form pembelian barang terdapat select menu pada kolom nama barang, ukuran dan harga. Select menu tersebut diambil dari database dengan menggunakan sintaks PHP yang terdapat di getukuran.php dan getukuran.php

Gambar 2.12 Halaman Pembelian Barang (tambahbarang.php)

2.6.2

Halaman Transaksi Pembeli (validasi2.php) Setelah berhasil menginputkan data barang yang ingin dibeli, user akan

didirect menuju sqltambahbeli.php. Pada halaman ini terdapat sintaks query untuk menyimpan form pembelian di database yang telah disiapkan. Namun, pada pengimplementasiannya, sqltambahbeli.php tidak diperlihatkan secara langsung, tetapi langsung didirect menuju form transaksi pembelian (validasi2.php). Untuk

melihat form transaksi pembelian secara langsung, dapat juga digunakan dropdown barang-lihat transaksi yang terdapat dibawah header crocs. Di halaman ini juga terdapat button print, dimana apabila kita mengklik button tersebut akan membuka fungsi print.

Gambar 2.13 Halaman Transaksi Pembelian (validasi2.php)

2.6.3

Logout Untuk keluar dari halaman pembelian, dapat mengklik tulisan logout

dipojok kanan label crocs dibawah tanggal hari ini. Setelah mengklik tulisan logout, session akan otomatis terhapus dan user akan didirect ke halaman utama.

Logout

Nama User Aktif Gambar 2.14 Logout User

2.7

Revisi Program

Pada saat demo program yang dilakukan sebelumnya, terdapat beberapa revisi yang sudah dimasukkan ke program yang penulis buat. Adapun revisi yang dimaksud antara lain: a. Kurangnya total pembelian pada form pembelian dan total penjualan pada form laporan penjualan hari ini. b. Kurangnya validasi saat memasukkan jumlah pembelian di form pembelian dimana input negatif dan huruf tidak dapat dilakukan.

BAB III PENUTUP

3.1

Simpulan Dari pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat ditarik beberapa

kesimpulan, yaitu: 1. 2. CROCS Online Store merupakan website penjualan sepatu CROCS online yang dibuat untuk 2 user, yaitu admin dan pembeli. Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar computer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. 3. 4. Terdapat 3 tabel yang digunakan pada website CROCS online store, yaitu tabel barang, user dan tabel transaksi. Struktur Site halaman untuk admin terdiri atas: home (termasuk login admin), input barang, update stock barang, list barang, edit list barang, delete list barang, report penjualan dan logout. 5. Struktur Site halaman untuk pembeli: home (termasuk login user dan daftar user), cara pemesanan, contact us, beli barang, lihat transaksi, hapus pembelian dan logout.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->