Nama NIM Prodi Matkul

: Novi Damai Yantie : 4115115871 : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Non-Reguler) : Pendidikan Karakter

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan karakter, dari mana dan untuk apa? Jawab : Karakter adalah ahklak atau watak. Karakter merupakan sifat khas, kualitas dan kekuatan moral pada seseorang atau kelompok. Karakter berasal dari cara pandang atau pola pikir. Pola pikir akan muncul jika manusia mau memulai berpikir. Pola pikir tersebut akan melahirkan sebuah tindakan/action. Kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi sebuah kebiasaan/habbit. Dari kebiasaan/habbit akan memunculkan karakter/watak seseorang, dan membuat nasib dari manusia itu sendiri.

2. Karakter dapat dibentuk, tetapi sifat hanya menyesuaikan, jelaskan! Jawab : Karakter dari manusia dibentuk sesuai dengan cara berpikir dan tindakan yang berulang-ulang. Karakter adalah

3. Jelaskan bagaimana apa bedanya nilai dan prnsip dan kenapa manusia harus memegang prinsip? Jawab : Prinsip adalah ladasan atau sesuatu yang menjadi dasar bagi seseorang untuk bertindak. Prinsip adalah hukum alam atau kebenaran yang fundamental. Nilai adalah sesuatu yang yang dianggap baik dan buruk, benar dan salah. Perbedaan antara nilai dan prsinsip adalah Prinsip bersifat universal dan abadi, prinsip memberikan hasil yang dapat dipekerjakan, prinsip terbukti dengan sendirinya dan memampukan jika dipahami, prinsip beroperasi dengan atau tanpa pengertian atau penerimaan manusia. Sedangkan nilai bersifat abstrak, tidak dapat diindra, dan normatif. Manusia harus memegang prinsip, seperti prinsip untuk menghargai waktu. Siapa yang tidak punya prinsip dalam waktu, ia akan digilas oleh waktu. Orang yang memiliki prinsip, tidak akan takut pada saat menghadapi masalah. Karena setiap manusia pasti memiliki masalah.

Manusia akan sadar jika ia sudah berada pada titik terendah. dan tidak mengandung prasangka atau dibengkokkan oleh cara berpikir yang menyesatkan. dan kemampuan untuk memilih respon yang sesuai dengan nilai yang sesuai prinsip. Manusia memiliki kuasa atas setiap perbuatannya sendiri. Hati Nurani merupakan perasaan moral dalam manusia. termasuk mengenali perasaan yang ada pada diri seseorang. perasaan. Sedangkan proaktif berarti. inilah yang disebut proses penyadaran diri. Kehendak Bebas merupakan kemampuan atau kebebasan seseorang untuk memilih dalam suatu pilihan. Dalam hal ini kerja akal budi diperlukan oleh kehendak untuk membentuk sebuah keputusan dan merupakan unsur penentu dalam proses kebebasan manusia. Seseorang terikat untuk menaati hati nurani dalam semua perbuatannya. Kesadaran diri merupakan kemampuan membuat jarak dengan diri kita sendiri untuk mengamati proses berlangsungnya pikiran seseorang. yang dengan hati nurani ia memutuskan mana yang baik dan jahat. maka ada empat anugerah manusia yaitu kesadaran diri. membiarkan suasana hati. atau oleh motivasi-motivasi yang tidak murni. keadaan untuk mengatur respon. Oleh karena itu seseorang harus dengan hati-hati menjaga hati nurani dengan dipandu oleh prinsip-prinsip yang benar. dan mana yang menyetujui atau menyalahkan perbuatannya. 5. kekuatan kebebasan. bagaimana dan untuk apa empat anugerah manusia! Jawab : untuk menciptakan proaktivitas. Jelaskan apa. mengingat-ingat kecenderungan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan proaktif dan reaktif! Jawab : Reaktif berarti. hati nurani dan kehendak bebas. . yang bersifat mengajar. Imajinasi merupakan kemampuan membayangkan dibenak seseorang tentang apa-apa yang belum pernah ada atau apa yang belum pernah dialami.4. Kesadaran diri merupakan upaya mencari pemahaman menuju sukses. hal-hal yang bisa direncanakan serta masalah yang dapat dipecahkan. imajinasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful