P. 1
Lembar Obervasi Observer

Lembar Obervasi Observer

|Views: 39|Likes:
Published by nezh

More info:

Published by: nezh on Jan 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2012

pdf

text

original

FORMAT OBSERVASI AKTIVITAS GURU DAN SISWA KETERLAKSANAAN RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN (DISCOVERY

)
Materi : Gerak Lurus Beraturan

Pertemuan ke : 1 (satu) Petunjuk pengisian : Berilah tanda (¥) pada kolom terlaksana (T) bila dianggap kegiatan terlaksana dan berilah tanda (¥) pada kolom terlaksana (TT) bila dianggap kegiatan tidak terlaksana. Berikan pula kritik, saran dan temuan (jika ada) pada kolom keterangan .
Sintaks Pembelajaran Kegiatan Guru Pendahuluan : 1. Guru mengecek kehadiran siswa dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai. 2. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok Fase I : Mengumpulkan pengalaman siswa 3. Guru menanyakan pengalaman belajar siswa tentang gerak lurus. y y Apa yang kalian ketahui tentang gerak lurus? Besaran apa saja yang digunakan dalam kinematika gerak lurus? y y y Apa saja macam-macam gerak lurus? Dapatkah kalian memberikan contohnya? Tahukah kalian tentang varibel? Apa itu variabel? Menjawab pertanyaanpertanyaan yang diajukan oleh guru T TT Aktivitas Siswa Siswa duduk dengan rapi Berkelompok sesuai instruksi guru T TT Keterangan

7. Apa yang di maksud GLB? Bagaimana karakteristik GLB? T TT Aktivitas Siswa T TT Keterangan Menjawab pertanyaanpertanyaan yang diajukan oleh guru Guru membagikan lembar kerja siswa kepada tiap kelompok Kegiatan Inti: Guru menampilkan video demonstrasi GLB Guru memunculkan masalah dengan membandingkan 2 kejadian GLB dengan kecepatan yang berbeda. y Dari 2 kejadian yang di tampilkan.Sintaks Pembelajaran y Kegiatan Guru Bagaimana saja hubungan antar variebel itu? 4. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan y y 5. dapatkah kalian ceritakan apa yang kalian amati? y Bagaimana kecepatan benda (pada kejadian pertama/kedua) tersebut tiap waktunya? y Dapatkah kalian menentukan jenis gerak benda tersebut? y Dapatkah kalian membuktikannya dengan eksperimen? Menjawab pertanyaanpertanyaan yang diajukan oleh guru Memperhatikan video demonstrasi Fase II : Memuncukan masalah dilandaskan pada gejala fisika 6. . 8. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.

klasifikasikan besaran tersebut kedalam variabel bebas dan variabel terikat. apa sajakah itu? y Menurut kalian besaran apa saja yang kita gunakan untuk menjawab rumusan masalah sebelumnya? 10. y ³Tentu kalian tahu apa itu variabel bebas dan variabel terikat. Guru mengarahkan siswa untuk menentukan variable-variabel percobaan y Kalian tentu sudah tahu besaran-besaran dalam fisika mulai dari besaran pokok sampai besaran turunan. Dari besaran-besaran yang telah kalian tentukan sebelumnya. .´ T TT Aktivitas Siswa T TT Keterangan Siswa mengisi pertanyaan pada lembar kerja siswa (LKS) dengan arahan dari guru FaseI V : Membimbing menyatakan dugaan awal 11. Guru mengarahkan siswa melakukan prediksi hasil percobaan y Apabila variabel bebas nilainya berubah.Sintaks Pembelajaran Fase III : Membimbing Mengklasifikasi kan variabel Kegiatan Guru 9.( membesar/mengecil) apa yang akan terjadi pada variabel terikat? y coba kalian buat dugaan awal (prediksi/hipotesis terhadap )untuk variabel terikat apabila variabel bebas berubah secara teratur. Guru mengarahkan siswa untuk menentukan variabel bebas dan variabel terikat.

Guru mengarahkan siswa untuk menentukan alat dan bahan percobaan y Menurut gambar yang kalian buat. tuliskan alat dan bahan yang kalian butuhkan untuk percobaan kalian 15. Guru mengarahkan siswa merancang sketsa alat percobaan y Untuk menjawab rumusan masalah sebelumnya dan membuktikan dugaan awal kalian. Guru melatihkan siswa tentang keselamatan kerja ketika menggunakan alat dalam melakukan percobaan Siswa mengisi pertanyaan pada lembar kerja siswa (LKS) dengan arahan dari guru Siswa mengambil alat dan bahan yang telah disediakan serta merancangnya Siswa memperhatikan arah guru . 16. Guru memfasilitasi siswa untuk merancang alat percobaan y Berdasarkan alat dan bahan yang kalian tulis pada LKS. cobalah kalian sketsakan (gambarkan) alat percobaan? 14. Guru mengarahkan siswa untuk membuat grafik prediksi hasil T TT Aktivitas Siswa T TT Keterangan Bagaimanakah grafik dari hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat yang telah kalian tentukan? 13.Sintaks Pembelajaran percobaan y Fase V : Melatihkan merancang Percobaan Kegiatan Guru 12. silahkan perwakilan kelompok mengambil alat dan bahan yang sudah disediakan. y Rancanglah alat tersebut sesuai dengan sketsa yang kalian buat.

Guru meminta dan mengarahkan siswa untuk membuat tabel pengamatan y Cobalah kalian buat tabel pengamatan. Guru membimbing siswa dalam melakukan pengambilan data T TT Aktivitas Siswa T TT Keterangan Siswa melakukan pengambilan data sesuai arahan yang diberikan guru Fase VII : Membimbing menafsirkan data 20. adakah perbedaan dari keduanya? Apa yang membuat perbedaan tersebut? Coba uraikanlah Siswa mengisi pertanyaan pada lembar kerja siswa (LKS) dengan arahan dari guru . Guru meminta dan membimbing siswa menganalisis grafik hasil pengamatan terhadap prediksi yang sudah dibuat y Bandingkanlah hasil pengamatan kalian dengan prediksi yang telah kalian buat.Sintaks Pembelajaran Fase VI : Melatihkan mengumpulkan data dengan percobaan Kegiatan Guru 17. 21. y Dari data hasil pengamatan pada tabel hasil pengamatan. Guru meminta dan membimbing siswa perindividu mengolah data hasil temuan dan menafsirkannya dalam bentuk grafik hubungan antara variabel bebas dan terikat yang telah ditentukan. Guru meminta siswa untuk mengkalibrasi alat ukur sebelum melakukan pengambilan data 19. 18. tabel tersebut berisikan variabel bebas dan terikat yang akan kalian amati. tafsirkanlah dalam bentuk grafik.

.Sintaks Pembelajaran Fase VIII: Membimbing menarik kesimpulan Fase IX : Memfasilitasi mendiskusikan dan mempresentasik an hasil temuan Kegiatan Guru 22. ««««««««. T TT Aktivitas Siswa Siswa mengisi pertanyaan pada lembar kerja siswa (LKS) dengan arahan dari guru Siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya Siswa mempresentasikan hasil temuannya T TT Keterangan Siswa memperhatikan guru Bandung. Guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini 27. Guru menutup pembelajaran.2011 OBSERVER ««««««««««««««. Guru mengarahkan siswa untuk berdiskusi kelompok untuk menentukan kesimpulan kelompok y Diskusikan dengan teman sekelompok kalian untuk menentukan kesimpulan kelompok. Guru membimbing siswa untuk mampu menarik kesimpulan secara individu y Buatlah kesimpulan yang kalian dapatkan dari hasil percobaan kalian 23. 26. Guru melakukan refleksi dari seluruh kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. . 24. Guru mempersilahkan siswa (perwakilan dari tiap kelompok) untuk mempresentasikan hasil temuannya Penutup : 25.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->