P. 1
Tari Adalah Gerak Tubuh Secara Berirama Yang Dilakukan Di Tempat Dan Waktu Tertentu Untuk Keperluan Pergaulan

Tari Adalah Gerak Tubuh Secara Berirama Yang Dilakukan Di Tempat Dan Waktu Tertentu Untuk Keperluan Pergaulan

|Views: 1,412|Likes:
Published by Citraa Pertiwi II

More info:

Published by: Citraa Pertiwi II on Jan 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan

, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi

tari rakyat, Tarian rakyat merujuk kepada sesuatu seni tari yang telah diamalkan selama beberapa keturunan di sesuatu tempat oleh orang kebanyakan atau orang ramai. Tarian rakyat biasanya termasuk ke dalam hak umum (public domain) dan tidak dimiliki oleh sesuatu pihak yang tertentu disebabkan ia melepasi tempoh pendaftaran. Sesuatu tarian rakyat tidak boleh dipatenkan kerana ia bukannya sesuatu yang baru, kecuali sekiranya pengubahsuaian dilakukan padanya. Bagaimanapun, dengan pengubahsuaian tersebut, ia tidak lagi dikelaskan sebagai tarian rakyat kerana tidak menjadi milik umum. Tarian rakyat biasanya mempunyai beberapa ciri penting, antaranya adalah:y y y y

y

Ia biasanya berasal sebelum abad ke-20 atau sesetengahnya sebelum Perang Dunia II, dan dalam kebanyakan kes tidak dipaten atau didaftar hakcipta. Ia biasanya diwarisi secara turun temurun dan bukannya melalui ciptaan langkah baru. Ia ditarikan oleh orang kebanyakan, dan tidak hanya oleh kaum bangsawan. Ia berkembang secara spontan dan tiada badan penyelaras yang mempunyai kata pemutus mengenai apa langkah rasmi dan siapa yang diluluskan bagi mengajarnya. Ia turut bererti tiada orang yang mempunyai kata mutlak mengenai apa takrifan mengenai sesuatu tarian rakyat atau usia minima bagi seseorang penarinya. tarian rakyat biasanya dipentaskan semasa keraian sosial oleh mereka tanpa latihan menari profesional. Penari baru biasanya belajar dengan cara melihat penari lama dan/atau tunjuk ajar rakan sepenari. Tarian rakyat dianggap sebagai aktiviti sosial dan bukannya satu pertandingan, sungguhpun terdapat kumpulan penari rakyat yang profesional atau separuh profesional.

Istilah ras dan tradisional digunakan apabila ia perlu memberi penekanan kepada asal kebudayaan sesuatu tarian. Dari segi ini, hampir kesemua tarian rakyat merupakan berasakan ras. Sekiranya sesuatu tarian merentasi sempadan, perbezaan ras masih cukup penting untuk disebut, contoh polka Czech vs. polka Jerman. Tidak semua tarian ras dianggap tarian rakyat; sebagai contoh, tarian berasal dari sesuatu upacara tidak dianggap tarian rakyat. Tarian sesuatu uapcara biasanya dikenali sebagai tarian keugamaan disebabkan matlamat tariannya.

tari klasik, dan tari kreasi baru

Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari. Epik.Tari Kecak.Sifat tari tunggal menuju ke arah psikologis yang akan menjadikan seseorang sebagai subjek atau objek dalam suatu kegiatan. 1. terutama ajaran agama Islam 2.istilah tunggal hanya menunjukkan jumlah penari saja.Pada dasarnya. seperti kagum atau manja. Tari Merak bia menjadi tari tunggal. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh Tari Seudati. seperti bahagia. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan.Tari Saman Meuseukat. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh. 4. Tari Merak. 2. Contohnya tari Golek ( Jawa Tengah ) Tari berpasangan ( duet/pas de duex). Tari berpasangan adalaah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Jenis tari Berdasarkan Koreografinya y y y Tari tunggal ( Solo ). bisa pula menjadi tari berpasangan atau kelompok. Diberikan secara dinamis dan memikat hati. yaitu tarian yang memusatkan pada subjek atau keadaan diri pribadi.atau haru. berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak. Contohnya tari Topeng (Jawa Barat) Tari kelompok ( Group choreography). Sifat tari tunggal terdiri atas : 1. baik laki-laki maupun perempuan. yaitu sifat tari yang mengarah pada nilai luar diri.atau senang. di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Tari-tarian Daerah Bengkulu . Misalnya . sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa 3. Sementara jenis tarian dapat dimainkan oleh seorang atau lebih penari. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan. Tari-tarian Daerah Bali Tari legong.Tarian-tarian daerah Jawa Barat Tari Topeng Kuncaran. Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang MACAM-MACAM TARIAN DAERAH DI INDONESIA 1. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.Tari tunggal nusantara adalah jenis tari dari Nusantara yang diperagakan oleh seorang penari. Lirik .

Tari Andun. mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). agung dan menawan. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan . Reog Ponorogo. merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan. kepahlawanan. 7. Tari Yopong. tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. 6. 5. sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa. merupakan tari persembahan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta Tart Topeng. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah Tari Serimpi. Sebuah perlambang penumpasan angkara murka. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat Tarri Monong. Tari Blambangan Cakil. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. kejantanan dan kegagahan. merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung. dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati. Tari-tarian Daerah Jambi Tari Sekapur Sirih. adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara. Tari-tarian Daerah JawaTimur Tari Remong. merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi. merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi Tari Zapin Tembung. sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut. 8. Tari Selampir Delapan. Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat 10. 9. Tari Bidadari Teminang Anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari perang. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur Tari Gong. 12. merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga. Tari-tarian Daerah Lampung. di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Tari Malinting. Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang. Tari-tarian Daerah Maluku Tari Lenso. 14. Tari Jangget. Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis. adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. . Tari Cakalele. tarian pengikat persahabatan pada waktu panas Pela kesepakatan kampung untuk membangun.Tari Baksa Kembang. 13. Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. 15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara Tari Perang. di pertunjukan pada upacara tepung tawar. Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat. Tari Balean Dadas. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku. Tari Nahar Ilaa. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung. adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa. Tari Radab rahayu. 11. sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah Tari Tambun dan bungai. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

adalah tari pergaulan muda-mudi. Tari-tarian Daerah Riau Tari Tandak. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes. . dipertunjukkan pada upacara khitanan. 18. Tori Joged Lambak. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya. yang sangat populer dan disenangi 20 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan Kipas. Tari-tarian Daerah Papua Barat danTengah Tari Suanggi. 19. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat Tari Mpaa Lenggogo. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah Tari Lumense. tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur Tari Perang. Tari Perang. sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai. 17. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu. Bosara. Tari Batunganga. dan kegagahan rakyat Papua. Tari Gareng Lameng. tari yang melambangkan kepahlawana. 21.16. tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angiangi (jejadian). tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung. sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu.

22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara Tari Maengket. melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. 23. artinya sang putri yang sedang bermain. 25. . Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan 26. merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung.Tari Peule Cinde. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati. Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk. 24. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan Tari Tanggal. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara Tari Serampang Dua Belas. merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat. termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Tari Putri Bekhusek. sang pria melindungi kepala sang wanita. Tari Tor Tor. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersamasam. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu. sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita. Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Tari Polopalo. merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Tari Dinggu. adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo. Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. Tari rakyat ini berasal dari Buton. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara Tari Balumpa.

alat dan bahan : meliputi kostum penari. sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.penguasaan lighthing terhadap penonton 3.penguasaan music . Tari-tarian Daerah Papua Timur Tari Selamat Datang. persiapan .penguasaan panggung . Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta Tari Serimpi Sangu Pati.alat music.pemilihan penari.lighthing dan properti.klasifikasi ulang pementasan -kekurangan dalam pementasan .komposisi dalam tari. . . merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.pebguasaan gerak . Tari Musyoh.27. 2. tahapan-tahapan dalam penentasan tari 1. pertunjukan . merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai 28. tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.make up. Tari Bedaya.penatnaan music.latihan: meliputi penataan gerak.

Adapun jenis-jenis tari itu adalah : 1. 2. Tari Rakyat Tari Klasik Tari Kreasi Baru dan Modern a. Tari menurut koreografi dapat dibedakan menjadi : a. 3. Jenis tari menurut koreografi Istilah koreografi adalah suatu istilah yang digunakan untuk penyusun tari. JENIS-JENIS TARI DI INDONESIA Kalau kita melihat tari yang ada di Indonesia.rias.C. Tari Rakyat Tari rakyat adalah tari yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu sejak jaman primitif sampai sekarang. Jenis tari menurut koreografi Jenis tari menurut fungsi Jenis tari menurut isi atau temanya 1. b.khususnya Jawa.kita dapat melihat perbedaan jenisjenis tari yang ada.Ciri-ciri tari rakyat adalah : y y y Sederhana ( pakaian.gerak dan ringan ) Tidak mengindahkan norma-norma keindahan Memiliki kekuatan magis Contoh tari rakyat : § Lengger § Tayub § Orek-Orek § Joget § Kubrasiwa . c. Sedang untuk menyebut orang yang menyusun tari adalah koreografer.

Tari Kreasi Baru dan Tari Modern Tari kreasi baru adalah tari-tariklasik yamg dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan diberi nafas Indonesia baru.srimpi. § Contohnya adalah : y y y y y Tari Kupu-Kupu Tari Merak Tari Roro Ngigel Tari Ongkek Manis Tari Manipuri .§ Buncis § Ndulalak § Sintren § Angguk § Rodat b. Contoh tari kreasi baru adalah karya-karya dari Bagong Kusudiarjo dari padepokan Bagong Kusudiarjo dan Untung dari sanggar kembang sore dari Yogyakarta.Tari ini biasanya hidup dilikgkungan keraton. Ciri-ciri tari klasik adalah : y y y Mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi Hidup dikalangan raja-raja Adanya standarisasi Contoh tari klasik adalah bedaya.lawung alit dan juga karya-karya empu tari baik empu tari gaya Yogyakarta dan empu tari gaya Surakarta seperti S.Mariadi dan S. Tari Klasik Tari klasik adalah tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak jaman feudal.lawung ageng.Ngaliman yang sampai sekarang masih bisa dinikmati seperti : y y y y y y y Gathotkaca Gandrung Bondabaya Bandayuda Palguna-palgunadi Retna Tinanding Srikandi Bisma dll c.

Yang termasuk dalam tari pertunjukan adalah tari-tari rakyat. Tari pertunjukan Tari pertunjukan adalah sebuah tari yang menitikberatkan pada segi keindahannya bukan pada segi hiburannya.Yang termasuk tari-tarian upacara adalah sebuah tari yang mempunyai kekuatan magis yang digunakan untuk mempengaruhi alam.y Tari Roro Wilis.debus dan lain-lain.Nusa Tenggara dan Bali.tari pendhet.tari hiburan yang sudah digarap menjadi sebuah tari pertunjukan tentu saja dengan mengindahkan kaidah-kaidah keindahannya. c.Tarian ini banyak terdapat dipedalaman Irian Jaya. b.tari upacara. Contoh tari modern adalah : y y y y Caca Break Dance Penari Latar Samba 2. Tari Upacara Tari Hiburan Tari Pertunjukan a. b.Contohnya adalah : .dll Tari modern adalah sebuah tari yang mengungkapkan emosi manusia secara bebas atau setiap penari bebas dalam mewujudkan ekspresi emosionalnya yang tidak terikat oleh sebuah bentuk yang berstandar.Sulaweswi. Tari Upacara Tari upacara banyak hidup dan berkembang pada masyarakat primitf. Tari Hiburan Tari hiburan adalah sebuah tari yang menitik beratkan pada hiburan bukan pada segi keindahan.tarian hiburan pada umumnya merupakan tarian pergaulan.Contohnya adalah tari rejang. Jenis Tari Menurut Fungsinya Jika dilihat dari fungsinya tari-tarian di Indonesia dapat dibedakan menjadi : a.Kalimantan.Contohnya adalah : y y y y y Joged dari Bali Ronggeng atau Tarub Dari Blora Kethuk Tilu dari Jawa Barat Orek-Orek dari Surakarta Lengger dari Banyumas b.

.Dll.y y y y y Tari Pendhet Tari Rejang Tari Lenggeran Tari Gambyomg Tari Orek-Orek 3. Jenis Tari Menurut Tema Atau Isinya Tari-tari yang berada di Indonesia apabila dilihat dari isi atau temanya dapat dibedakan menjadi : 1. Dll c. 2. Contohnya : y y y y y Tari Tenun Tari Bathik Tari Nelayan Tari Tani Tari Kupu-Kupu. Tari Kepahlawanan Tari kepahlawanan adalah tari yang mengandung usur-unsur heroik atau nilai kepahlawanan. Tari Pantomim Tari Erotik Tari Kepahlawanan Dramatari a. 4.Dll. Contohnya : y y y y y Tari Gatotkaca Gandrung Tari Karonsih Tari Serampang Dua Belas Tari Enggar-Enggar Tari Jalung Mas. Tari Pantomim Tari pantomim adalah sebuah tari yang menirukan obyek diluar diri manusia. Tari Erotik Tari erotik adalah sebuah tari yang mengandung unsur cerita erotik atau percintaan. 3. b. Contahnya adalah : y y y y y Tari Kuda Kepang Tari Seudati Tari Mandau Tari Soreng Taroi Anoman Rahwana.

Tarian ini lebih digarap sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat 4. 2. bersifat kebersamaan dan berulang ulang. . tari sebagai sarana pendidikan tari yang digunakan untuk sarana pendidikan dengan mengajarkan di sekolah sekolah formal. tari sebagai upacara . sebagai sarana memuja dewa. periode sekitar 1300 M sampai 1750 pengaruh Islam masuk. Secara garis besar fungsi tari ada 4 antara lain : 1. yang datang dianggap peserta upacara bukan penonton dan ditarikan oleh penari yang terpilih dan dianggap suci. Ciri ciri tari untuk upacara antara lain diselenggarakan pada tempat dan waktu tertentu. Brandon (1967).c.Contohnya : y y y y y Dramatari Rara Mendhut Pranacitra Drama Tari Ranggalawe Gugur Dramatari Gajah Mada Dramatari Arjuna Wiwaha Dramatari Sang Pambayun.dan dilakukan dengan cara kelompok. Amerika Serikat dan Eropa secara politis dan ekonomis menguasai seluruh Asia Tenggara. fungsi tari sebagai sarana upacara merupakan bagian dari tradisi yang ada dalam suatu kehidupan masyarakat yang sifatnya turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya sampai masa kini yang berfungsi sebagai ritual. Dramatari Dramatari adalah sebuah tari yang dalam penyajiannya menggunakan plot atau alur cerita. dan periode sekitar 1750M sampai akhir Perang Dunia II. dll. membagi empat periode budaya di Asia Tenggara termasuk Indonesia yaitu periode pra-sejarah sekitar 2500 tahun sebelum Masehi sampai 100 Masehi (M). Tari ini lebih mementingkan bentuk estetika dari pada tujuannya. tari sebagai sarana hiburan salah satu bentuk penciptaan tari ditujukan hanya untuk di tonton. James R. bersifat sacral dan magis. maka perkembangan tersebut tidak terlepas dari latar belakang keadaan masyarakat Indonesia pada masa lalu. dilaksanakan di tempat terbuka dan massal. Jika ditinjau sekilas perkembangan Indonesia sebagai negara kesatuan. PENGEMBANGAN TARI Situasi tari di Indonesia sangat terkait dengan perkembangan kehidupan masyarakatnya. ada sesaji.tema. hidup dan berkembang dalam tradisi yang kuat sebagai sarana untuk persembahan. tari sebagai sarana pertunjukkan tari pertunjukkan adalah bentuk momunikasi sehingga ada penyampai pesan dan penerima pesan. periode sekitar 100 M sampai 1000 M masuknya kebudayaan India. salah seorang peneliti seni pertunjukan Asia Tenggara asal Eropa. baik ditinjau dari struktur etnik maupun dalam lingkup negara kesatuan. kecuali Thailand. Tari ini memiliki tujuan hiburan pribadi lebih mementingkan kenikmatan dalam menarikan 3.

Tentu saja masing-masing periode telah menampilkan budaya yang berbeda bagi seni pertunjukan. maka masyarakat sekarang merupakan masyarakat Indonesia dalam lingkup negara kesatuan. maka perkembangan seni pertunjukan tradisional Indonesia secara garis besar terbagi atas periode masa pra pengaruh asing dan masa pengaruh asing. kebudayaan Cina. dan Barat. Maka pengaruh budaya Cina ini berbeda dengan pengaruh asing lainnya terutama pengaruh Hindu. Jika masa pra-Hindu manusia masih merupakan bagian dari kosmosnya. dan di Bali ditambah dengan gerak mata. kehidupan yang terpencil dalam wilayah-wilayah etnik. tahap 5. Jika ditinjau dari aspek gerak. Namun apabila ditinjau dari perkembangan masyarakat Indonesia hingga saat ini.Menurut Soedarsono (1977). yaitu masyarakat adat atau rakyat dan masyarakat bangsawan atau istana. Setiap wilayah etnik di Indonesia belum tentu telah mengalami tahapan tersebut. 1977). Kebudayaan Cina kurang mendapat perhatian oleh para peneliti. Barangkali pula karena nenek moyang yang menghuni Indonesia oleh para pakar kebudayaan dikatakan imigran dari daratan Asia yaitu wilayah Cina bagian Selatan. rumit. tetapi proses akulturasi sangat kuat di Jawa dan Bali (Soedarsono. Posisi tangan dan gerak mata pada tarian India mempunyai arti tertentu yaitu berarti kata . sehingga kurang begitu nyata pada perubahan sistem kemasyarakatannya. maka tahapan perkembangan tari tersebut terkait dengan perubahan struktur masyarakatnya. bahkan dalam wilayah-wilayah tertentu mungkin masih dalam tahapan pertama. masuknya pengaruh-pengaruh luar sebagai unsur asing. tahap 3. maka dalam lingkungan istana tarian mempunyai standar. yaitu percaya kepada roh-roh leluhur. gagasan mengenai perkembangan tari untuk taraf nasional. Ternyata pada masa kerajaan ini tari mencapai tingkat estetis yang tinggi. Jika ditinjau sekilas perkembangan Indonesia sebagai negara kesatuan. Jika dalam lingkungan rakyat tarian bersifat spontan dan sederhana. Hindu-Budha. penembusan secara sengaja atas batas-batas kesukuan [etnik]. Pengaruh kebudayaan India (atau Hindu/Budha) semula berlangsung di Kalimantan dan Sumatra. Islam. Tarian merupakan bagian yang menyertai perkembangan pusat baru ini. Berdasarkan pendapat Soedarsono itu.Cit). karena kehidupan kesenian sangat tergantung pada masyarakat pendukungnya Perkembangan masyarakat dan keseniannya tidak merupakan perkembangan yang terputus satu sama lain. karena kemungkinan dasar kepercayaan yang hampir sama dengan masyarakat pribumi. halus. Islam. tahap 4. Op. maka ketika masuk pengaruh Hindu dan berdirinya kerajaan-kerajaan titik berat pusat orientasi kosmos terletak pada kedudukan sang raja (Umar Kayam. menjelaskan bahwa Åsecara garis besar perkembangan seni pertunjukan Indonesia tradisional sangat dipengaruhi oleh adanya kontak dengan budaya besar dari luar [asing]". dan simbolis. Pengaruh ini sangat nyata pada stratifikasi sosial yang hirarkis yang ditandai dengan adanya sistem kelas sosial. salah seorang budayawan dan peneliti seni pertunjukan Indonesia. maka pengaruh tari India yang terdapat pada tari-tarian istana Jawa terletak pada posisi tangan. Sistem ini cukup langgeng dari awal berdirinya kerajaan-kerajaan pada sekitar abad ke-4 sampai awal abad ke20. melainkan saling berkesinambungan. tahap 2. kedewasaan baru yang ditandai oleh pencarian nilainilai. SEJARAH TARI MASA KERAJAAN Masa kerajaan ini ditandai oleh masuknya pengaruh luar sebagai unsur asing antara lain. Edi Sedyawati (1981: 112-118) menggambarkan secara vertikal perkembangan tari di Indonesia dalam lima tahapan yaitu: tahap 1. dan Barat. Dengan adanya dua kelas sosial ini maka muncul dua wajah tari yang disebut tari rakyat dan tari istana atau tari klasik.

dan Mahabarata yang biasanya dipentaskan dalam pertunjukan wayang kulit. Puncak kemegahan teater tari Wayang Wong di Jawa terjadi pada masa pemerintahan Hamengku Buwono VIII (1939) di Yogyakarta. para penyebar agama telah dipercaya sebagai pengembang kesenian. Ceritera-ceritera yang dibawakan lewat resitasi dan nyanyian selalu menonjolkan warna Islam secara jelas. Dalam teater ini ditampilkan oleh manusia sebagai personifikasi boneka wayang. dan Wayang Topeng sampai Wayang Wong. contohnya Tari Shaman di Aceh. Tarian yang terkenal ciptaan para raja. Patapelan. Malang. Bali. inisiasi atau kedewasaan anak (kasinoman. Jika ditinjau dari latar belakang sejarahnya. khitanan). Raket. khususnya di Jawa. Minangkabau. Jalur perniagaan melalui daerah pantai merupakan wilayah para penyebaran teater wayang topeng. sedangkan bedhaya ketawang berkembang di keraton Surakarta. yang dialognya berupa tembang atau nyanyian berbahasa Jawa. 1990). penghormatan dan penyembahan nenek moyang (ngunjung). Dua tarian ini merupakan pusaka raja Jawa. . Atapukan. kata sifat. Bentuk yang sama adalah Arja di Bali. dan sebagainya. Wisnu". Bedhaya Ketawang adalah tarian yang dicipta oleh raja Mataram ketiga. Sultan Agung (1613-1646) dengan berlatarbelakang mitos percintaan antara raja Mataram pertama (Panembahan Senopati) dengan Kangjeng Ratu Kidul (penguasa laut selatan/Samudra Indonesia) (Soedarsono. Kenyataan ini menunjukkan bahwa di Jawa telah terjadi sinkretis kebudayaan antara unsur-unsur animisme. sehingga teater tari ini akhirnya menjadi seni yang berkembang di sepanjang pantai utara Jawa antara lain. Bali memiliki perkembangan yang khusus. maka tari topeng di Cirebon (Jawa Barat) telah dipergunakan sebagai acara ritual yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan seperti. maka teater tari ini telah hidup sejak abad ke-9 jaman Mataram Kuno. Masuknya pengaruh Islam di Jawa cukup lentur. Tegal. Soedarsono (1990:54) menguraikan dalam hasil penelitiannya.benda. sehingga tari merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan upacara adatnya. Selain itu. dan pertanian. adalah bentuk teater tari seperti wayang wong dan bedhaya ketawang. Namun selanjutnya wayang wong lebih berkembang di keraton Yogyakarta. Di Bali teater ini disebut Gambuh dengan sumber ceritera Panji. Teater tari ini membawakan ceritera Ramayana. muncul teater tari yang disebut Langen Mandra Wanara dan Langen Driyan. dan Madura. bahwa "wayang wong was a state ritual strengthening the legitimation of the Sultan [Haméngkubuwono] as the true ruler of Mataram an the rightful heir of the first legendary king of Java. perkawinan. dengan perbedaan nama seperti Wayang Wang. Tarian ini mengutamakan gerakan dan tepukan tangan pada badan penari yang dilakukan sambil duduk dengan diiringi vokal yang mendendangkan syair keagamaan. Islam. sedangkan posisi tangan dan gerak mata pada tari Jawa dan Bali tampaknya sudah kehilangan makna aslinya. Bentuk teater ini merupakan dramatari Ramayana tertua gaya Yogyakarta yang melandasi perkembangan Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet di Yogyakarta (Soedarsono. tetapi teater ini telah dipergunakan oleh kaum missionari Islam (para wali) pada masa lalu untuk menyebarkan agama dengan cara pentas keliling. pengaruh Islam tampak pula pada tari-tarian di Sumatra Barat. Tarian ini ditampilkan oleh sembilan penari wanita. Di luar istana Jawa pun. Dengan kepercayaan lama yang masih mengendap dalam ketidaksadaran kolektif masyarakat Jawa dan anggapan wali sebagai orang keramat. Pengaruh kebudayaan Islam lebih berkembang di Sumatra. Wayang topeng tidak berkembang lagi di istana Jawa. kebudayaan Hindu. Teater tari ini tersebar di Jawa. Cirebon dan Indramayu. Di daerah pantai Kalimantan terdapat tarian yang menitik beratkan pada langkah kaki seperti tari-tarian Melayu. sedangkan Wayang Topeng adalah teater tari yang penarinya menggunakan penutup muka yang disebut topeng. mungkin hanya untuk kepentingan estetis saja. karena agama Hindu dan kepercayaan kuno masih berperan. Ciri khas tarian di Minangkabau banyak mengolah gerak-gerak beladiri seperti pencak silat. Yang dimaksud Wayang Wong adalah teater tari yang mengambil sumber ceritera wayang seperti Ramayana. 1974:17). kata kerja.

Legong dan Kecak dari Bali. pengaruh Barat ini menyebabkan munculnya tarian di luar konteks adat. Menurut Edi Sedyawati (1981:114). tanjidor.Pengaruh kebudayaan barat dalam bidang tari di istana-istana Jawa berhubungan dengan lepasnya kekuasaan politik raja kepada pihak Barat. Wayang Wong dan Langendriya-Langen Wanara dari Jawa. Bahkan alat musik barat seperti trombon masuk pada ansambel gamelan Jawa yang biasa dipergunakan untuk mengiringi tarian. 1985). langgam jawa. Pertunjukan Wayang Wong masih dipentaskan sangat meriah sesuai dengan fungsinya sebagai ritual kenegaraan. Akan tetapi pengaruh Barat yang terlihat pada tarian terletak pada penggunaan properti tari. Floret dipergunakan pada tari putra Beksan Floret. dangdut. Pengaruh Barat terlihat juga pada busana Topeng Cirebon yaitu pemakaian dasi. 1995). keroncong. . Bentuk musik hasil sinkretis antara musik rakyat Indonesia dengan pengaruh Barat terdapat pada gambang keromong. Senjata berupa pistol dipergunakan sebagai properti tari srimpi. Oleh karena itu berkembang pula ciptaan-ciptaan tari seperti tari srimpi (tarian yang ditampilkan oleh empat orang penari wanita). Di sisi lain. salah satu gagasan teater dari Barat adalah berkembangnya tari dalam konteks non-adat berupa bentuk-bentuk penyajian teater yang memberi tekanan besar pada unsur penceriteraan dalam bentuk total art dimana tari menjadi salah satu unsur kuatnya. contohnya: randai di Minangkabau. sehingga sejak abad ke-18 sampai awal abad ke-20 keraton hanya berperan dalam pengembangan kebudayaan. Kenyataan ini mungkin untuk menjadikan teater lebih berkomunikasi dengan penontonnya melalui bahasa gerak. Kenyataan ini sangat berbeda dengan bidang musik. Di Bali pengaruh Barat terwujud oleh gagasan teater dari Walter Spies (pelukis asal Jerman yang hidup di Bali sejak tahun 1929) untuk tujuan tontonan orang asing. Secara koreografis pengaruh Barat kurang dapat dilihat dalam tarian Indonesia. Gagasan ini teraktualisasikan dalam pertunjukan Barong dan Rangda yang dipadu dengan tari keris serta Cak atau Kecak (Soedarsono. dan sebagainya (Suka Hardjana.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->