P. 1
Materi Pelatihan Jurnalisme

Materi Pelatihan Jurnalisme

|Views: 60|Likes:
Published by Ahmar Djalil

More info:

Published by: Ahmar Djalil on Jan 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2012

pdf

text

original

Beberapa Materi Penting dalam Pelatihan Jurnalistik berikut ini adalah bentuk format materi yang harus diberikan

dalam acara pelatihan jurnalistik mahasiswa. Dunia penulisan selalu menarik. Selalu menjadi dunia yang unik dari masa ke masa. Banyak penulis dan pengarang yang muncul dan kemudian menghilang. Banyak penulis sukses (wartawan juga penulis) dan ada pula yang tidak. Mengapa? Ada satu hambatan penyebabnya. Salah satunya kita agak enggan belajar, malas, tidak terus mengasah kemampuan dan lamber. Untuk itu seorang penulis harus rajin membaca buku. Baik itu jurnal, terbitan berkala, kamus, novel, cerita pendek, kitab suci dan seteusnya. Asah dan asah terus. Menulis dan menulis terus. Belajar dan belajar terus. Jangan berhenti! Apa itu Jurnalisme: Jurnalisme memiliki ciri-ciri diantaranya: - skeptis: Tom Friedman dari New York Time mengatakan skeptis adalah sikap untuk selalu mempertanyakan segala sesuatu, meragukan apa yang diterima dan menangapi segala sesuatu kepastian agar tidak mudah ditipu. Seorang yang skeptis akan berkata, ³Saya pikir itu tak benar. Saya akan mengeceknya,´ - bertindak cepat: seorang wartawan atau penulis tak akan menunggu sampai sebuah peristiwa terjadi. Ia akan memprediksi dan menulis lebih awal. Minimal melakukan reportase, riset atau pengamatan dari awal sebelum kejadian itu benar-benar terjadi. - Mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. - Jurnalisme itu seni dan profesi Ada 9 prinsip Jurnalisme: - Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran - Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada masyarakat - Intisari jurnalisme adalah disiplin verifikasi - Praktisi jurnalisme harus menjaga independensi terhadap sumber berita terhadap sumber berita. - Jurnalisme harus menjadi pemantau kekuasaan - Jurnalisme harus menyediakan forum kritik maupun dukungan masyarakat - Jurnalisme harus berupaya keras untuk membuat hal yang penting menarik dan relevan - Jurnalisme harus menyiarkan berita komprehensif dan proporsional - Praktisi jurnalisme harus diperbolehkan mengikuti hati nurani Syarat seorang wartawan: - tahu yang menarik - ingin selalu tahu - mampu observasi - dan lain-lain Berita dan Nilai Ada 6 unsur berita: apa, siapa kapan dimana, bagaimana dan mengapa (5W+H: what, who, when, where, why, how). Saat ini ada satu unsur lagi so what: lalu apa?

jauh dekatnya lokasi peristiwa dari orang yang mengetahui berita Timeliness. besar kecilnya dampak peristiwa pada masyarakat Human interest. memastikan sudut berita 4. baru tidaknya atau penting tidaknya saat peristiwa itu terjadi. menulis berita .Nilai berita ada 5: (CHoPPT) Consequnces. menarik atau tidak dalam segi ragam atau kehidupan manusia Prominence. Seorang wartawan harus mempunyai vitalitas: 1. cek. ketokohan dalam sebuah peristiwa Proximity. menentukan lead atau intro 5. ricek dan tripel cek jalan cerita 3. menemukan peristiwa dan jalan cerita 2.

Beberapa Materi Penting dalam Pelatihan Jurnalistik Materi I : Berita Pengertian berita y y y y y y Jenis-jenis berita berita kisah ( feature) pemahaman dan praktek kelayakan berita nilai dibalik berita analisis fakta dan peristiwa polling dan pengelolaan data Materi II : Penulisan Bentuk : Ceramah dan Diskusi y y y y y y y y y Penulisan berita ( berita langsung dan berita ringan ) penulisan hasil wawancara penulisan berita kisah penulisan artikel penulisan esai penulisan resensi editorial ( tajuk rencana ) penulisan pojok editing naskah Materi III : Peliputan Bentuk : Ceramah dan Diskusi y y y y Teknik wawancara jenis-jenis wawancara Bahan-bahan untuk wawancara Pendistribusian tugas dalam peliputan Materi IV : Artistik bentuk : Ceramah dan Diskusi y y y y y y y Pengenalan visualisasi media cetak proses visualisasi media cetak perwajahan ( rancang grafis media ) ilustrasi foto jurnalistik proses kerja pracetak proses kerja cetak .

y y y filosofi desain visual media karikatur filosofi logo media Materi V : Wawancara dan reportase Bentuk : Praktek reportase Materi VI : Manajemen Bentuk : Ceramah dan Diskusi y y y y y y y pengenalan pengelolaan penerbitan pengenalan fungsi-fungsi dan pembagian kerja dalam penerbitan perencanaan dn pengelolaan penerbitan (tim) proses kerja bidang usaha dalam penerbitan manajemen redaksional dalam penerbitan manajemen personalian dalam pengelolaan penerbitan mahasiswa manajemen usaha dalam penerbitan mahasiswa Materi VII : Jurnalistik Online Bentuk : Ceramah dan Diskusi y y y y y y Pengenalan kemasan berita peliputan penulisan artistik manajemen Materi VIII : Kode Etik Jurnalistik Bentuk : Ceramah dan Diskusi Materi IX : Dunia Kampus Kemahasiswaan y y y y y y Mahasiswa dan institusi pendidikan tinggi mahasiwa dalam transformasi sosial budaya sejarah kemahasiswaan di Indonesia Dinamika mahasisa dalam perspektif kontemporer Perspektif dan prospektif aktivitas kemahasiswaan kebijakan dalam pengembangan mahasiswa di Indonesia Penerbitan Mahasiswa .

y y y y y Penerbitan mahasiswa dari masa kemasa Penerbitan mahasiswa sebagai sarana pengembangan intelektual mahasiswa kebijakan redaksional dalam penerbitan mahasiswa penerbitan mahasiswa dan pengembangan institusional (kampus) pendidikan ini Posisi dan peran penerbitan mahasiswa dalam kehidupan kemahasiswaan di Indonesia Pers Nasional y y y y y y Relevansi penerbitan mahasiswa dan pers nasional peran dan fungsi pers nasional bagi pengembangan institusi perguruan tinggi sejarah pers nasional hukum pers Indonesia jurnalisme presisi filosodi komunikasi massa Materi X : Pembuatan contoh media koran Bentuk : Praktek .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->