Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur

pembangunannya memakan biaya 3. Malaysia yang terletak di Sepang.5 miliar Dolar dengan slogan "Bringing the World to Malaysia and Malaysia to the World" ("Membawa dunia pada Malaysia dan Malaysia pada Dunia"). . negara bagian Selangor dengan kode IATA KUL.PENGERTIAN Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Airport/KLIA) adalah bandara internasional utama Kuala Lumpur.

.

walaupun sistem ini ditunjuk sebagai biang dari beberapa masalah oleh Menteri Perhubungan Ling Liong Sik. bandara ini didesain agar kepadatan penumpang menyebar ke seluruh penjuru bangunan. ‡ Luas landasan dan bangunan dari bandara ini 100 km persegi. dan secara teori dapat menampung 100 pergerakan penerbangan kapan saja. Konsep ini dilakukan dengan kerjasama dari Institut Penelitian Hutan Malaysia. Ada 216 kaunter untuk daftar diri disusun dalam 6 lorong. bahasa Tionghoa. Bahkan fasilitas untuk penyandang cacat pun telah sesuai dengan standar dunia. Keseluruhan hutan hujan ditransplantasikan dari hutan dan diletakkan di tengah-tengah bangunan satelit bandara ini. . Kisho Kurokawa.DESAIN ‡ Desain dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur ini dibuat oleh seorang arsitek asal Jepang. Selain karena ukurannya. hutan di dalam Bandara. yang dikelilingi oleh pohonpohon penghijauan. Bandara ini adalah bandara pertama yang menggunakan Sistem Total Manajemen Bandara (dalam bahasa Inggris disebut Total Airport Management System atau disingkat TAMS). Lokasi bangunan terminal didesain dengan menggunakan konsep Bandar Udara di tengah hutan. bahasa Jepang dan bahasa Arab. ‡ Bandara ini didesain untuk menampung hingga 130 juta penumpang per tahun. bahasa Inggris. dengan tampilan menarik dan tanda-tanda fasilitas yang disediakan dalam bahasa Melayu.

Kedua-dua landasan ini dapat digunakan untuk menangani 120 pergerakan per jam ketika salah satu landasan digunakan untuk lepas landas dan landasan lainnya digunakan untuk mendarat.LANDASAN KLIA mempunyai 2 landasan paralel. Landasan di KLIA sedang dalam proses peningkatan untuk mengakomodasikan pesawat Airbus A380. Perencanaan utama untuk perluasan KLIA termasuk penambahan 2 landasan dan 1 landasan pilihan. . Setiap landasan juga dilengkapi dengan satu jalan taxiway yang lengkap dengan jalur taxiwayi kedua dan Sistem Instrumentasi Pendaratan untuk mengarahkan pendaratan penerbangan dengan aman dalam segala situasi cuaca. yang panjang keduanya adalah 4000 meter dengan lebar 60 meter. Setiap landasan mempunyai 10 jalur tawiway (jalur yang digunakan pesawat sebelum lepas landas) dengan waktu taxiway berkisar antar 2 menit hingga 11 menit.

MENARA PENGENDALI LALU LINTAS UDARA ‡ Ada dua menara pengendali lalu lintas udara di Bandara Internasional Kuala Lumpur: menara pengendali utama dan menara pengendali landasan. . ‡ Menara pengendali landasar bertangung jawab sebagai perbekalan layanan lalu lintas udara kepada penerbangan. pergerakan kendaraan-kendaraan di bagian utara dan selatan dari bangunan terminal selatan dan kawasan landasan kargo. menara ini digunakan sebagai tempat untuk mengendalikan sistem lalu lintas udara dan peralatan radar. Bentuk menara ini seperti obor olimpiade. Tinggi menara pengendali utama adalah 130 meter dan merupakan menara pengendali lalu lintas udara tertinggi kedua di dunia setelah menara pengendali Bandara Internasional Bangkok.

.

.

APRON .

DETAIL NOMER LANDASAN PACU 32R .

DETAIL NOMER LANDASAN PACU 14L .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful