P. 1
METODE MENGGAMBAR

METODE MENGGAMBAR

|Views: 707|Likes:
Published by ahyar
referensi
referensi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ahyar on Jan 17, 2012
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved
List Price: $1.00 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/06/2013

$1.00

USD

pdf

METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF

Semua sistem perspektif berpangkal pada dua metode dasar, yaitu gambar bebas tangan (free hand) dan gambar terukur. Gambar perspektif terukur dipakai untuk mengartikan suatu bentuk benda atau objek dengan akurat. Untuk metode ini dipergunakan alat-alat gambar, dan skala-skala ukuran diambil langsung dari gambar rencana. Gambar bebas tangan dipakai untuk memberikan penjelasan (detail) sebuah gambar. Kedudukankedudukan objek didapat dari suatu kombinasi kerja tebak (sistem kira-kira) dan konstruksi dengan perkiraan yang hampir tepat. Di sini tidak dibutuhkan ukuran yang pasti dan tepat. 1. Perspektif Satu Titik Hilang Perspektif satu titik hilang merupakan cara menggambar perspektif yang paling mudah, karena keseluruhan objek pada bidang gambar dapat diukur dengan skala. Walaupun cara ini yang termudah, gambar perspektif satu titik hilang dapat terlihat alami namun juga sangat mudah terdistorsi.

< CENTER> Konstruksi perspektif satu titik hilang didasari oleh kenyataan bahwa garis vertikal digambarkan secara vertikal, garis horisontal digambarkan secara horisontal, dan hanya garis-garis yang menunjukkan kedalaman perspektif yang bertemu pada satu titik hilang (kecuali garis-garis melintang yang memiliki sudut selain 0o dan 90o terhadap garis normal/cakrawala).

Perspektif satu titik hilang menggambarkan sebuah objek dengan satu titik pedoman yang menghubungkan dengan bidang gambar. Metode ini menggunakan hanya satu titik hilang di mana semua garis perspektif tersebut akan tertuju, serta satu titik ukur yang berperan pula sebagai titik diagonal (lihat gambar). Gambar perspektif satu titik hilang sangat membantu dalam proses awal dan pengembangan gagasan sebuah

Berbeda dari garis cakrawala dan elemen-elemen yang terletak di garis cakrawala. Dari titik D1 ditarik garis yang tgak lurus terhadap garis B D dan perpanjangan garis ini memotong garis horison pada titik TU yang berfungsi sebagai titik ukur bagi semua ukuran kedalaman lainnya. Pada perpanjangan garis tanah (ke kiri maupun ke kanan) garis BD diukurkan (dalam gambar = B D1). Akan tetapi metode ini terbatas penggunaannya untuk ruangan geometris sederhana berbentuk kotak dengan arah pandangan harus selalu frontal (tegak lurus) terhadap salah satu bidang dinding datar dalam ruangan Metode ini menggunakan perpanjangan garis tanah sebagai garis ukur untuk menerapkan ukuran-ukuran sebenarnya yang sejajar dengan garis sumbu pandangan. Perspektif Satu Titik Metode Garis Tanah Metode garis tanah banyak digunakan karena relatif paling praktis dan garis-garis konstruksinya sederhana. Bagaimanapun. namun jarang sekali digunakan para desainer untuk presentasi akhir sebuah desain.desain. sudut ruangan atau tepi sebuah objek digambar terlebih dahulu dan dapat digunakan sebagai skala secara horisontal dan vertikal.B1. semua garis yang secara nyata terlihat sejajar horisontal akan terlihat miring menuju ke dua titik hilang.A1 (salah satu dinding ruangan) yang mendasari gambar perspektif ruangan. Perspektif dua titik hilang memberikan kesempatan untuk menggambarkan sudut terdekat atau terjauh dari sebuah objek atau ruangan.B. Bidang A. Perspektif dua titik hilang sangat sulit untuk digambar secara terukur. yaitu garis horisontal dan vertikal pada sudut terdekat atau terjauh dari objek tersebut (dianjurkan menggunakan garis pada sudut terjauh dari objek tersebut). Seperti dalam perspektif satu titik hilang. 2. garis cakrawala digambarkan secara horisontal dan ditentukan oleh tinggi mata pengamat. perspektif dua titik hilang menampilkan gambar yang terlihat lebih alami dengan sedikit distorsi dibanding metode perspektif yang lainnya. Perspektif Dua Titik Hilang Perspektif dua titik hilang menggambarkan objek dengan menggunakan dua titik hilang yang terletak berjauhan di sebelah kanan dan kiri pada garis cakrawala. untuk kemudian ditarik garis dari titik hilang. tidak ada garis horisontal yang ditemukan pada perspektif dua titik hilang kecuali pada objek-objek yang memiliki kemiringan 45o. Hanya ada satu garis horisontal dan vertikal yang digunakan sebagai skala pengukuran. . Dalam perspektif dua titik hilang.

tinggi cakrawala dan letak titik hilang ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.A atau B1. Pada garis A1. Titik L adalah ketinggian langit-langit ruangan. Dari titik M ditarik dua garis lurus yang membentuk sudut siku-siku (saling tegak lurus).A2. Kemudian titik-titik potong yang terjadi dengan garis AB diproyeksikan ke garis tanah dan diteruskan ke titik hilang yang sesuai. pada metode ini letak garis AB. Kedua ukuran ini dan ukuran lain ke arah vertikal dapat diukurkan pada garis B1.B1. Titik potong kedua garis proyeksi ini adalah titik yang dicari dalam gambar perspektif.L. yaitu 60o (lihat gambar). p3 dan p4 pada garis A1-B1 dan menghubungkannya dengan titik ukur yang sesuai (U1 atau U2) maka titik-titik yang diinginkan akan ditemukan dan gambar perspektif ruangan dapat digambarkan dalam kerangka bidang A1. Dengan mengukurkan potongan garis p1.B1.B diukurkan tinggi langit-langit ruangan. Perspektif Dua Titik Hilang Metode Garis Ukur Seperti halnya pada metode titik ukur. sedangkan titik P adalah ketinggian pintu. Bidang A1. sehingga bila ditarik garis berurutan dari ketiga titik hilang tersebut akan membentuk segitiga sama sisi. Titik U1 dan U2 berfungsi sebagai titik ukur. Prinsip metode ini: Dari titik yang ingin ditemukan dalam perspektif ditarik dua garis yang masing-masing sejajar dengan dua dinding ruangan yang tergambar pada denah.L atau garis A1. Perspektif Tiga Titik Hilang Perspektif tiga titik hilang sangat tidak biasa untuk digunakan pada ilustrasi atau presentasi desain interior. p2. yaitu segitiga yang memiliki sudut yang sama. tinggi pintu dan semua ukuran lain ke arah vertikal yang diperlukan. kedua garis memotong garis cakrawala pada dua titik hilang (H3 dan H4) dengan letak yang juga ditentukan sendiri.A2 adalah bidang batas pandangan perspektif terhadap ruangan yang digambar. Titik mata M dan tinggi cakrawala diatas garis tanah juga ditentukan sendiri.TL. Secara umum. 3. Letak dan posisinya ditentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Contoh: lihat konstruksi garis untuk menemukan titik C pada gambar perspektif (=C1).C. .Perspektif Dua Titik Hilang Metode Titik Ukur Garis AB merupakan garis batas pandangan terhadap ruangan yang akan digambar. perspektif tiga titik hilang terbentuk dari dua titik hilang yang terletak di garis cakrawala dan satu titik hilang tambahan yang terletak di atas atau di bawah garis cakrawala. segaris lurus secara vertikal dengan titik diagonal.

com/journal/item/23 ADVER TI SEMENT DUA TITIK HILANG CAKUPAN ISI Pada minggu ini akan dibahas tentang gambar perspektif dengan dua titik hilang. Jurusan Desain. yaitu dengan menggunakan titik diagonal yang berjumlah tiga buah yang terletak di antara ketiga titik hilang (lihat gambar). Program Studi Desain Interior. fungsinya. Ini berarti dalam menggambarkan perspektif tiga titik hilang membutuhkan kemampuan visualisasi yang sangat baik. Institut Teknologi Bandung. Walaupun begitu. Disusun oleh Drs. Diktat untuk Mata Kuliah Gambar Teknik Jilid 1 dan 2. Perspektif tiga titik hilang biasanya digunakan pada benda-benda arsitektural yang berukuran sangat besar.Penggunaan metode tiga titik hilang dapat menyebabkan distorsi yang berlebihan karena hampir semua garis tertuju pada titik hilang-titik hilang. Hasil yang ditampilkan perspektif tiga titik hilang biasa disebut penglihatan mata burung bila titik hilang berada di bawah garis cakrawala. (Diambil dari buku Gambar Teknik. Hary Lubis) referensi by : http://indra15. Fakultas Seni Rupa dan Desain. yang mencakup jenis-jenisnya. metode menggambarnya dan elemen pelengkapnya. seperti gedung-gedung bertingkat. . perspektif tiga titik hilang masih dapat diukur. dan penglihatan mata semut atau penglihatan mata kodok bila titik hilang berada di atas garis cakrawala. 2001 .multiply.

2. 4. 3. KRITERIA PENILAIAN Mengerti dan mampu menggambarkan obyek bangunan dengan menggunakan kaidah gambar perspektif dua titik hilang dengan lengkap dan benar. Pemberian tugas . METODA PENYAMPAIAN DAN PENILAIAN Metoda penyampaian materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang disebutkan diatas adalah: 1.TUJUAN PEMBELAJARAN Dari modul minggu ini. Tanya-jawab 2. mahasiswa diharapkan memahami tentang gambar perspektif dengan dua titik hilang beserta elemennya. Perkuliahan/ceramah Diskusi Visualisasi contoh-contoh Kerja studio Sedangkan metode penilaian yang digunakan adalah: 1.

Format Kertas gambar ukuran A3 dengan garis tepi 1 cm. 2. Waktu Pengerjaan . dan kop standar yang telah ditentukan. . Tujuan Memahami dan dapat menggambarkan bangunan sederhana dengan menggunakan kaidah perspektif 2 titik hilang dengan baik dan benar. 1. 3.Tugas dikumpul seusai perkuliahan.Waktu pengerjaan tugas selama 3 jam. 4. Materi . .Adapun materi penugasan pada perkuliahan di minggu ini adalah gambar obyek bangunan sederhana dengan kaidah perspektif dua titik hilang.Pengerjaan tugas dilakukan setelah pembahasan materi perkuliahan.

Membuat gambar bangunan sederhana (pos jaga) dengan kaidah perspektif 2 titik hilang dengan skala dan ketentuan-ketentuan lain yang telah ditentukan PENGANTAR Seperti telah dibahas sebelumnya. garis-garis sejajar dalam salah satu atau dua dimensinya. gambar perspektif adalah jenis gambar arsitektur yang seperti pada gambar aksonometri merupakan jenis gambar dengan arah pandangan tunggal. Perbedaan dengan gambar aksonometri adalah terletak pada hasil akhirnya yang tidak terdapat distorsi dan pada umumnya lebih cepat dapat dimengerti karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis gambar-gambar lainnya karena menampilkan bentuk benda/bangunan dalam bentuk 3 dimensi. Pada proyeksi ini tidak ada satu garis pun yang ukurannya tepat seperti bendanya. Oleh karena itu. Proyeksi perspektif adalah cara penggambaran pandangan tunggal di mana dalam menggambarkan gambar proyeksinya. . bertemu pads satu titik yang disebut titik hilang. gambar ini disebut jugs sebagai gambar proyeksi titik hilang.

Dalam gambar arsitektur perspektif dengan dua titik hilang biasanya dipergunakan untuk menggambarkan ruang luar (eksterior) suatu bangunan. Pespektif dengan dua titik hilang digunakan untuk menggambar perspektif obyek yang memiliki kelompok garis horizontal yang tidak sejajar dengan bidang gambar. atau dengan kata lain kelompok garis horizontal tersebut selalu membentuk sudut dengan bidang gambar.Jenis gambar perspektif yang lebih lanjut akan dibahas lebih mendalam dalam modul minggu ini adalah gambar perspektif dengan dua titik hilang. .

. UNSUR POKOK DALAM PERSPEKTIF DUA TITIK HILANG Seperti telah pula dijelaskan dalam modul sebelumnya. diperlukan suatu pedoman ukuran karena memang tidak ada satu garis pun yang sejajar sehingga ukurannya tidak ada yang sesuai dengan aslinya. termasuk juga gambar perspektif satu titik hilang.Gambar pespektif dua titik hilang merupakan gambar perspektif yang paling mudah dan banyak digunakan. Pedoman/ patokan ini didapat dengan mengambil salah satu bidang-bidang yang sejajar dengan bidang proyeksi yang kits pakai sebagai pedoman ukuran. Semua garis pads bidang ini berukuran sebanding dan sesuai dengan panjang aslinya. hal ini dikarenakan hasilnya cenderung tidak statis dan tidak simetris sehingga lebih wajar dilihat. bidang ini disebut bidang frontal atau bidang taferil. Dapat digunakan untuk situasi apapun baik interior maupun eksterior bangunan. untuk membuat gambar perspektif.

Di samping itu. Melalui titik mata ini dapat dibuat garis-garis yang sejajar dengan sumbu koordinat benda. Obyek/Benda yang akan digambar . diperlukan pula titik mata atau titik pandang. lihatlah contoh di bawah ini (panjang garis-garis pada bidang yang melalui garis nol ukurannya sesuai aslinya). Diperlukan pula garis lantai/nol/tanah serta garis horizon1cakrawala yang merupakan tempat kedudukan titik-titik hilang sehingga garis vertikal yang melalui T. Unsur-unsur yang mutlak ada dalam penggambaran gambar perspektif adalah: 1. Untuk jelasnya. dan T2 akan memotong garis horizon di kedua titik hilang. yang memotong bidang taferil di titik Ti dan T2 yang merupakan tempat kedudukan dari titik hilang.

Bidang Dasar/Garis Dasar (BD/GD) 6.2. TAHAPAN MENGGAMBAR PERSPEKTIF DENGAN DUA TITIK HILANG Adapun tahapan yang perlu diperhatikan dalam membuat gambar perspektif dengan dua titik hilang adalah: . Bidang Gambar (BG) 7. Kerucut Pandangan 4. Pengamat (P) 3. Garis Horizon/Cakrawala (GH) 5. Titik Lenyap/Titik Hilang (TL/TH) Untuk jelasnya dapat melihat penjabaran pada modul sebelumnya.

tentukan bidang gambar (BG) dan garis horizon (GH). oc. b. Buatlah garis sejajar dari pengamat (P) sejajar dengan garis-garis horizontal obyek di bagian kanan dan kiri sampai memotong GD denah di . d. Gambarkan denah obyek yang akan digambar dan tentukan letak pengamat (P) dan arah pandangannya. Seperti pada 1 titik hilang. Tentukan letak garis dasar (GD) pada gambar denah.a. Obyek harus membentuk sudut dengan GD. Buatlah bidang utama tegak lurus (90o) dengan garis pandangan. proyeksikan GD ke bidang gambar perspektif.

CONTOH-CONTOH GAMBAR PERSPEKTIF DENGAN DUA TITIK HILANG . Seperti pada satu titik lenyap.kanan dan kiri. ukuran panjang. Kedua titik yang berpotongan dengan GH tersebut merupakan titik lenyap (TL). f. Proyeksikan kedua titik perpotongan tersebut ke GD pada BG perspektif. e. lebar dan tinggi obyek pada gambar perspektif menggunakan patokan ukuran dari BG yang diproyeksikan melalui garis-garis yang dihubungkan dengan TL. Tarik garis tegak lurus dari kedua titik tersebut sampai memotong GH. Proyeksikan denah ke bidang gambar perspektif dengan mengarahkan garis-garis horizontal yang sejajar dengan garis pembentuk TL masingmasing ke arah TL masing-masing.

.

.

Martin. Erlangga Suprayono. Grafik Arsitektur.. Institut Teknologi Bandung Burden. Konstruksi Perspektif. Mc. C. Pengantar Arsitektur I. Frank.DAFTAR PUSTAKA       Ching. Entourage A Tracing File. Kanisius Modul Perkuliahan. Mauro Budi. L. Teknik Menggambar Arsitektur. Yohanes. Graw-Hill . Erlangga Jassin. Ernest. Grafik Arsitektur.

Perspektif 3 titik hilang Penggunaan metode tiga titik hilang dapat menyebabkan distorsi yang berlebihan karena hampir semua garis tertuju pada titik hilang-titik hilang. Perspektif Tiga Titik Hilang (three point perspective) Gambar perspektif ini muncul akibat benda/obyek yang diamati jauh di bawah atau ke atas horizon. 2002) Oleh : Danto Sukmajati. yaitu segitiga yang memiliki sudut yang sama. Walaupun begitu. segaris lurus secara vertikal dengan titik diagonal. Ini berarti dalam menggambarkan perspektif tiga titik hilang membutuhkan kemampuan visualisasi yang sangat baik. yaitu 60 derajat. Hasil yang ditampilkan perspektif tiga titik hilang biasa disebut µpenglihatan mata burung¶ bila titik hilang berada di bawah garis cakrawala.   White. yaitu dengan menggunakan titik diagonal yang berjumlah tiga buah yang terletak di antara ketiga titik hilang.. Oleh karenanya sudut pandang mata melebar ke segala arah. Secara umum. ST . Georg. Florida A&M University Schaarwachter. Edwart T. A Graphic Focabulary for Architecture Presentation. seperti gedung-gedung bertingkat. Kembali ke Soal Grafika . Erlangga Danto Sukmajati. Perspektif ini banyak digunakan untuk menggambar arsitektur bangunan yang serba tinggi. dan µpenglihatan mata semut¶ atau µpenglihatan mata kodok¶ bila titik hilang berada di atas garis cakrawala. Perspektif tiga titik hilang sangat tidak biasa untuk digunakan pada ilustrasi atau presentasi desain interior. Perspektif tiga titik hilang biasanya digunakan pada benda-benda arsitektural yang berukuran sangat besar. Perspektif Untuk Para Arsitek. Menggambar Teknik (Modul Perkuliahan UMB. perspektif tiga titik hilang terbentuk dari dua titik hilang yang terletak di garis cakrawala dan satu titik hilang tambahan yang terletak di atas atau di bawah garis cakrawala. perspektif tiga titik hilang masih dapat diukur. sehingga bila ditarik garis berurutan dari ketiga titik hilang tersebut akan membentuk segitiga sama sisi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->