HOTEL MENURUT FASILITAS PERSYARATAN KESEHATAN LINGKUNGAN DAN BANGUNAN HOTEL Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola

oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Sedangkan pengertian yang dimuat oleh Grolier Electronic Publishing Inc.(1995) yang menyebutkan bahwa : Hotel adalah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan, dan pelayanan-pelayanan lain untuk umum. Selanjutnya dijelaskan oleh United State Lodging Industri bahwa, yang utama hotel terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : Transient Hotel, adalah hotel yang letak / lokasinya ditengah kota dengan jenis tamu yang menginap sebagian besar adalah untuk urusan bisnis dan turis. y Residential Hotel, adalah hotel yang pada dasarnya merupakan rumah-rumah berbentuk apartemen dengan kamar-kamarnya dan disewakan secara bulanan atau tahunan. Residential Hotel juga menyediakan kemudahan-kemudahan, seperti : layaknya hotel, seperti : restoran, pelayanan makanan yang diantar ke kamar, dan pelayanan kebersihan kamar. y Resort Hotel, adalah hotel yang pada umumnya berlokasi dan juga ruang serta fasilitas konfrensi untuk tamu-tamunya. 1. Persyaratan Kesehatan Lingkungan dan Bangunan Hotel y Umum 1. Lingkungan dan bangunan hotel harus selalu dalam keadaan bersih. 2. Lingkungan dan konstruksi bangunan hotel tidak memungkinkan sebagai tempat bersarang dan tempat berkembang biaknya serangga dan binatang pengerat. 3. Bangunan hotel harus kuat, utuh dan dapat mencegah penularan penyakit serta kecelakaan. 4. Tata ruang y Pembagian ruang hotel harus ditata dan dipergunakan sesuai dengan fungsinya dan memenuhi persyaratan kesehatan. y Konstruksi  Lantai

Terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, permukaan rata, tidak licin dan mudah dibersihkan.

Persyaratan Kesehatan Kamar / Ruang Hotel 1) Umum a) b) c) d) y y y y y Setiap kamar / ruang di hotel harus selalu dalam keadaan bersih. y Atap Tidak bocor dan tidak memungkinkan terjadinya genangan air. y Pencahayaan Di dalam lingkungan hotel dan setiap kamar / ruang tersedia sarana pencahayaan dengan intesitas berdasarkan fungsinya. Tersedia tempat sampah yang cukup. Tidak berdebu atau berasap (kadar debu kurang dari 0. Mempunyai suhu 18 280C. .50 meter dari lantai. tinggi minimal 2. Udara dalam kamar / ruang memnuhi persyaratan sebagai berikut : Tidak berbau (terutama untuk H2S dan amoniak). y Langit ± langit Mudah dibersihkan. tikus dan binatang pengganggu lainnya.Bila ventilasi alam tidak memenuhi persyaratan harus dilengkapi dengan ventilasi mekanis.Pemukaan dinding yang selalu terkena percikan air harus terbuat dari bahan yang kuat dan kedap air. y Pintu Dapat mencegah masuknya serangga.26 mg/m3). 2. y Ventilasi Ventilasi dapat menjamin peredaran udara di dalam kamar / ruang dengan baik. Bebas dari serangga dan tikus. Tidak terdapat kuman alpha stretococus haemoliticus dan kuman pathogen. Mempunyai kelembaban 40 ± 70 %.y Dinding Permukaan dinding sebelah dalam harus mudah dibersihkan.

Gudang untuk penyimpanan bahan makanan dan bahan berbahaya harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundnd-undangan yang berlaku. alat kantor. e) Ruang cuci Tidak memungkinkan tercampurnya lena bersih dan kotor. y . f) y y Gudang Gudang untuk penyimpanan bahan makanan dan bahan berbahaya. Dilengkapi dengan kamar mandi. jamban dan peturasan yang terpisah antara pria dan wanita.y Kadar gas beracun tidak melebihi nilai ambang batas. Dilengkapi rak-rak dengan tinggi minimal 20 cm dari lantai dan tangga serta peralatan lain sesuai kebutuhan. Perbandingan dengan jumlah tempat tidur ´single´ (untuk satu orang) dengan luas lantai kamar tidur. Ruang pengelolaan makanan dan minuman. Tersedia locker (lemari) yang aman untuk penyimpanan pakaian karyawan sesuai kebutuhan. 2) Khusus a) Kamar mandi dinding. alat rumah tangga dan lain-lain harus terpisah. c) Harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. d) Kamar lena Harus tersedia lemari tertutup untuk penyimpanan lena. pintu dan jendela kamar tidur yang tembus pandang harus dilengkapi dengan tirai yang tidak tembus sinar dari luar. b) y y y Ruang istirahat karyawan Ruang karyawan wanita harus terpisah dengan ruang karyawan pria.