REKAM MEDIK PERMENKES 749a/89 UUPK 29/04

DR. HM. CHANIFUDIN

PERMENKES 749a/89 KETENTUAN UMUM    Rekam Medis adalah berkas berisi catatan dan dokumen tentang pasien Berisi identitas. pengobatan. rawat inap baik dikelola pemerintah maupun swasta . pemeriksaan. tindakan medis lain pada sarana pelayanan kesehatan Sarana pelayanan kesehatan untuk rawat jalan.

PERMENKES 749a/89 TATA CARA PENYELENGGARAAN     Setiap sarana kesehatan wajib membuat Rekam Medis Dibuat oleh dokter dan atau tenaga kesehatan lain yang terkait Harus dibuat segera dan dilengkapi setelah pasien menerima pelayanan Harus dibubuhi tandatangan yang memberikan pelayanan .

diberi paraf oleh petugas yangbersangkutan Menghapus tulisan dengan cara apa pun juga tidak diperbolehkan Penyimpanan lima tahun sejak pasien terakhir berobat .PERMENKES 749a/89 TATA CARA PENYELENGGARAAN    Pembetulan kesalahan dilakukan pada tulisan yang salah.

TPERMENKES 749a/89 ATA CARA PENYELENGGARAAN     Dapat dilakukan penyimpanan khusus dan ditempatkan tersendiri Setelah lima tahun dapat dimusnahkan Tata cara pemusnahan ditetapkan oleh Dirjen Rekam medis disimpan oleh petugas khusus yang ditunjuk oleh pempinan sanara kesehatan .

PERMENKES 749a/89 PEMILIKAN DAN PEMANFAATAN     Berkas Rekam Medis milik sarana kesehatan Isi Rekam Medis milik pasien Wajib dijaga kerahasiaannya Pemaparan isi Rekam Medis hanya boleh dilakukan dengan ijin tertulis dari pasien .

berdasarkan peraturan per UUUUan yang berlaku Pmpinan sarana kesehatan bertanggungjawab atas kerusakan. penyalahgunaan oleh orang/badan yang tidak berhak . kehilangan. pemalsuan.PERMENKES 749a/89 PEMILIKAN DAN PEMANFAATAN   Pimpinan sarana kesehatan dapat memaparkan isi Rekam Medis tanpa ijin.

PERMENKES 749a/89 PEMILIKAN DAN PEMANFAATAN KEGUNAAN REKAM MEDIS  Dasar pemeliharaan kesehatan pasien  Bahan pembuktian dalam perkara hukum  Bahan penelitian dan pendidikan  Dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan  Bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan .

persetujuan tindakan medik. riwayat penyakit. anamnense.resume akhir dan evaluasi pengobatan . anamnese. diagnosis dan tindkakan pengobatan RAWAT INAP: identitas. catatan perawat. tindakan/pengobatan. catatan observasi klinis dan hasil pengobatan.PERMENKES 749a/89 ISI REKAM MEDIS   RAWAT JALAN: Identitas. diagnosisi. hasil pemeriksaan laboratorik.

PERMENKES 749a/89 PENGORGANISASIAN     Pengelolaan RM dilaksanakan sesuai dengan tata kerja organisdasi sarana kesehatan Pimpinan wajib membina Pengawasan oleh Dirjen Sanksi teguran sampai dengan pencabutan ijin praktik .

waktu dan ttd . 29/04     Wajib membuat Rekam Medis Sengaja tidak membuat REkam Medis diancam dengan hukuman penjara maks 1 tahun atau denda 50 juta Harus segera dilengapaki Dibubuhan nama.REKAM MEDIS PASAL 46 UUPK NO.

REKAM MEDIS PASAL 46 UUPK NO. 29/04     Berkas milik sarana kesehatan dan isis milik pasien Wajib dijaga kerahasiaannya oleh dokter dan sarana kesehatan Ketentuan mengenai rekam medis akan diatur dengan peraturan menteri Permenkes 749a/89 masih tetap berlaku sebelum dibuat yang baru .

maka keluarga tidak berhak untuk meminta Rekam Medis Apabila sudah menjadi perkara baru dapat diberikan kepada penegak hukum Dasar dari pengaduan dan gugatan pasien maunya melalui RM .PERMASALAHAN    Pasien meninggal dunia.

permasalahan      JIKA PASIEN MENINGGAL DUNIA ? DIMINTA POLISI ? DIMINTA PENGACARA ? DIMINTA ASURANSI ? KAPAN RM BOLEH DIBUKA ? .

PERMASALAHAN    Pasien atau pengacara pasien sulit membaca Rekam Medis. harus dibaca oleh dokter Belum tentu dokter lain juga dapat membaca Rekam Medis dari dokter Dokter menggunakan Rekam medik untuk pembuktian? (Rahasia Pasien?) .

PERMASALAHAN   Rekam Medis lengkap dan tidak lengkap ukurannya apa? Menurut Permenkes 749 a/89 sanksi tidak membuat rekam medik teguran sampai pencabutan ijin praktik. sanksi di UUPK adalah penjara atau denda .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful