MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI MUSIK

A. STANDAR KOMPETENSINYA ADALAH : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik B.KOMPETENSI DASARNYA ADALAH : Mengaransir lagu manca negara di Asia. C.INDIKATOR YANG INGIN DICAPAI ADALAH : 1. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif 2. Menyusun notasi, Irama, Tempo dan dinamika Lagu 1.2. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif. Untuk membuat sebuah karya musik, diperlukan ide-de atau gagasan yang kreatif. Gagasan yang kreatif dapat diperoleh dari dalam maupun luar dirin pencipta, gagasan tersebut berupa :

gagasan atau ide-ide dalam membuat karya musik tidak akan terwujud apabila tidak disertai dengan kemampuan teknis yang dimiliki oleh pencipta. c. Yang dihasilkan dari proses mendengar.Lanjutan a. berpikir atau secara tiba-tiba muncul. melihat. dirasakan. b. Spontanitas dalam musik bisa disebut Improvisasi : kemampuan mengembangkan sebuah ide dasar secara langsung tanpa di persiapkan terlebih dahulu. Stimulasi : gagasan yang datang dari luar diri pencipta. Inspirasi : gagasan yang muncul dari dalam diri pencipta. .

termasuk juga di Indonesia dapat di bagi menjadi 2 yaitu : . Bakat : Kempampuan musikal yang secara alamiah yang dibawa sejak lahir 2.Lanjutan Kemampuan teknis ditunjang oleh tiga hal : 1. Sensitifitas : Kemampuan musikal yang diperoleh karena kepekaan atau ketajamannya terhadap bunyibunyian yang bersifat musik 3. Karya seni musik khususnya lagu yang berkembang di Asia pada saat ini. Pendidikan : Kemapuan musikal yang diperoleh dari proses belajar musik.

Lagu tradisional : lagu yang lahir dan berkembang dari kebudayaan dan tradisi daerah tertentu dalam suatu negara di Indonesia. . Lagu non tradisional : lagu yang lahir dan bersumber dari pengaruh kebudayaan asing seperti Amerika. Misalkan jenis karya musik tradisional negara Jepang ada yang disebut dengan istilah ´ Sokyoku ´. Eropa dan juga negara ² negara lain yang ada di Asia. istilah lain disebut lagu daerah atau musik daerah b.Lanjutan a. Setiap negara di Asia memimiliki ciri-ciri dan unsur budaya khas yang hanya ditemui pada bangsa tersebut.

di dalam bunyi dan suara tersebut ada aturan ²aturan yang harus digunakan agar bunyi dan suara menjadi indah. metrum atau birama yang digunakan ( panjang pendeknya nada ) . Lagu yang terkenal dalam bentuk modernnya adalah : Kokoronotomo artinya kekasih hati ( Mayumi Itsua ) Musik pada dasarnya bukan hanya sekedar bunyi dan suara saja. unsur nada dalam musik atau lagu dapat dilihat dari melodi yang digunakan b. diantaranya : a. Aturan-aturan di dalam musik disebut unsur-unsur musik.Lanjutan Sokyoku : merupakan jenis musik yang dimainkan dengan instrumen Koto ( alat musik yang sejenis kecapi ). Unsur Waktu. Unsur nada.

Unsur harmoni.c. unsur harmoni di dalam musik dapat dilihat dari perpaduan nada-nada yang digunakan. Tangga nada pentatonis : nada yang disusun dengan menggunakan lima buah nada pokok. Langkah ² langkah /tekhnik mengaransir lagu : 1. Tangga nada diatonis : nada yang disusun dengan menggunakan tujuh buah nada pokok. Penentuan ambitus dan istrumen musik yang akan digunakan 3. 2. Untuk musik tradisional di Indonesia maupun di Mancanegara. Memilih lagu yang akan diaransir & Melodi pokoknya 2. Secara umum tangga nada yang digunakan dalam musik ada dua macam : 1. Membuat bagian iringan yang berupa akor-akor yang cocok untuk lagu tersebut. . Dilengkapi dengan tanda dinamik dan penunjuk tempo.

Tempo dan Dinamik ! 2. Susun Notasi tangga nada diatonis mayor dalam bentuk not balok ! LT 1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang musik ? 2. Jelaskan Pengertian Irama/nada.RENCANA BIAYA KEBUTUHAN SISWA Lanjutan KELAS 9 (SEMBILAN) 1. Sebutkan macam-macam jenis musik yang berkembang di negara kita 3. Jenis musik apa yang berkembang di sekitar lingkungan kita .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful