ANALISA REVOLUSI JEPANG (THE PATRIOT) Modernisasi pada zaman Meiji ditinjau dari segi pencerahan pemikiran adalah

kesadaran akan adanya serba keterbelakangan akibat terkungkungnya kebebasan berpikir, bertindak, dan berpendapat sebagian besar lapisan masyarakat sebagai akibat ketatnya aturan-aturan yang bersifat diskriminatif. Kehidupan diskriminatif yang disebabkan oleh stuktur kelas sosial yang ketat, struktur politik yang monolitik dan monopolitik melahirkan kelompok-kelompok sosial dan elite politik yang menginginkan perubahan. Bagi elite kelas samurai, tidak berkutiknya Bakufu menghadapi todongan meriam empat buah Kapal Hitam (Kurofune) menyadarkan mereka bahwa Jepang kalah dan amat tertinggal dalam perkembangan ilmu dan teknologi, dibandingkan dengan negaranegara Barat yang telah mengadakan revolusi industri pengetahuan dan industri. Hal ini merupakan ancaman bagi Jepang.

Hal ini melahirkan kelompok shishi, atau ³orang yang bersemangat tinggi´. Mereka menganggap bahwa Bakufu telah gagal dalam menjalankan fungsinya sebagai penguasa. Bakufu telah mengadakan perjanjian-perjanjian dengan negara-negara Barat yang dinilai tidak adil dan sudah merendahkan martabat rakyat Jepang karena isi dan cara tuntutan-tuntutan yang dikemukakan.

Untuk membalas penghinaan itu, para elite samurai berpendapat bahwa senjata Barat harus dilawan dengan senjata Barat, hukum-hukum Barat harus dipatahkan dengan hukum-hukum Barat, dan kekuasaan negeri Jepang harus dikembalikan kepada penguasa Jepang yang sesungguhnya, Tenno. Mutsuhito Meiji yang masih muda baru saja naik tahta; berhasil dibujuk untuk memberikan persetujuan atas rencana pengggulingan kekuasaan Tokugawa. Dini hari tanggal 3 Januari 1868, pintu-pintu istana raja berhasil direbut dari tangan Tokugawa.. Sebuah dewan dibentuk, anggota-anggotanya dipilih dengan saksama; sebuah dekrit disepakati, yang mencabut jabatan Shogun dan menyita semua tanah miliknya; dan tanggung jawab langsung atas pemerintah nasional diletakkan kembali atas pundak Tenno. Dalam arti yang sebenarnya, inilah Pemulihan Meiji (ôsei-fukko), suatu pengukuhan kembali hak-hak istimewa keluarga penguasa dari zaman kuno itu. MEIJI ISHIN Setelah kekuasaan kembali ke Tenno, Tenno segera mengeluarkan perintah untuk mengadakan pembaharuan dalam segala bidang. Perintah/aba-aba ini disebut Meiji Ishin. Pada tahun 1868 dikeluarkan sebuah dekrit yang disebut Gokajo No Go Seimon. Yang isinya: 1. Segala sesuatu dibicarakan secara musyawarah, dan keputusan ditetapkan atas hasil musyawarah bersama.

Anak-anak dari usia enam tahun akan bersekolah selama 16 bulan. Mengambil segala ilmu dari seluruh dunia. melaksanakan pemerintahan dan pendapat yang obyektif. sama-sama mempunyai hak untuk dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan menurut kemampuan masingmasing dan menghapuskan perasan tidak senang dan putus asa pada seluruh rakyat. # Bulan September. 1873 # Bulan Januari. 1885 Bulan Desember. Rancangan Undang-undang Dasar diajukan pada Dewan Penasihat. 1872 Sekolah Guru didirikan. dibubarkan. dan berbakti untuk kemuliaan dan kebesaran Tenno. 5. Dibentuk Dewan Penasihat. 4. Golongan atas dan bawah harus bekerja sama. selain pasukan yang setia pada Tenno. akan dipanggil untuk mempertahankan negara selama 3 tahun. 1889 11 Febuari. diikuti kemudian dengan tugas sebagai prajurit cadangan selama 4 tahun. istana raja dipindahkan dari Kyoto ke Edo. # Pengadilan Wilayah dibentuk. Kebiasaan-kebiasaan yang buruk dari dulu sampai sekarang harus dihapus dan segala sesuatu harus berjjalan berdasarkan kebenaran secara nasional. Baik pegawai negeri maupun militer dan seluruh rakyat. yaitu Fukoku Kyokei (memperkaya dan memperkuat negara) dan Bunmei Kaika (memajukan peradaban). # Bulan Mei. Yaitu. dan diberi nama baru Tokyo (ibu kota Timur). Daimyo kemudian diangkat sebagai gubernur (Kenchô) untuk wilayah yang diserahkannya. Bidang pendidikan 1872 Undang-undang Pendidikan diumumkan.2. warga laki-laki berusia 20 tahun. Mereka diberi tahu bahwa semua wilayah akan dibagi menjadi perfektur (Ken). 1871 # Bulan Agustus. telepas dari asal usul sosial. . 3. Para penguasa Feodal diperintahan untuk menyerahkan tanah (Han) dan rakyat mereka pada Tenno. menggantikan Dewan Negara. Kurikulumnya sebagian besar kurikulum Barat. undang-undang wajib militer diberlakukan. dan dikendalikan dari pusat menurut gaya pemerintahan Cina. # Bulan Juli. Menggunakan buku-buku pelajaran Barat terjemahan. HANSEKI HOKKAN Untuk mencapai tujuan slogan Pemulihan Meiji. dan disitu benteng Shogun menjadi istana Raja. maka Kaisar Meiji melakukan usaha-usaha sebagai berikut: Bidang politik dan keamanan 1869 # Bulan Maret. Semua bekas Daimyo diundang untuk menghadap Tenno. Undang-undang Dasar Negara Jepang diumumkan Oleh Tenno di Istana. Dibentuk kabinet gaya Barat. Semua pasukan. 1888 # Bulan April. # Bulan Juli. undang-undang pajak tanah diumumkan. yang terdiri dari pejabat-pejabat senior yang saat itu tidak memangku jabatan. dan dapat dimintai pendapat oleh Tenno mengenai persoalan-persoalan hukum dan Konstitusi. Dan semua mantan samurai tetap mendapat tunjangan. 1875 Pengadilan Tinggi dibentuk.

1881 Sekolah Menengah didirikan 1886 # Masa pendidikan wajib menjadi 4 tahun. Sukses segera diperolehnya. yang disebut sebagai peristiwa Jingo atau peristiwa Seoul. Cina harus membayar ganti rugi hasil rampasan perang dalam bentuk emas. 1890 Dikeluarkan Dekrit Pendidikan. Golongan progresif meminta bantuan Jepang. Fukuoka. tetapi kemudian pengaruh Jepang terhadap Korea makin bertambah. Didalam negeri Korea terdapat dua golongan yang bertentangan. 3. di Korea terjadi pemberontakan para petani menuntut perubahan di Korea. Nagoya. Tahun 1882. Bidang industri 1871 # Didirikan kantor pos di Tokyo dan Osaka # Dibuat jaringan telepon pertama antara Tokyo dan Osaka 1872 Didirikan pabrik pemintalan. golongan ini didukung oleh Jepang. tetapi juga ketika berhadapan dengan pasukan Cina. plus hormat kepada undang-undang dasar dan hukum. dan Cina meminta damai. yang isinya. Dilaksanakan dengan pengawasan dan sangsi yang ketat # Sekolah Menengah Atas didirikan ( Tahun 1894. meliputi: 1. Tahun 1894. Sendai. pabrik alat perang. dirombak menjadi Universitas Kerajaan Tokyo. Yang mendesak agar kesetiaan dan hormat kepada orang tua. Sebuah pasukan dikirim dan mendarat di Korea. Tahun 1884 golongan progresif mengadakan kudeta yang dibantu oleh Jepang. Dalam waktu kurang dari setahun Korea diduduki. # Masa Pendidikan Dasar menjadi 8 tahun. Pemerintah Korea meminta bantuan Cina. maka diadakan perjanjian Shimonoseki pada bulan April 1895. 3. dibangun rel kereta api antara Shibashi dan Yokohama sejauh 18 mil. Cina harus mencabut semua kekuasaannya atas wilayah Korea. 1903 Didirikan universitas di Kyoto. Cina harus menyerahkan Taiwan dan semenanjung Liaotung kepada Jepang . yaitu golongan Progresif yang menghendaki diadakannya modernisasi. digabung menjadi universitas. namanya berubah menjadi Sekolah Atas) # Akademi Konfusius dan lembaga kajian Barat yang didirikan Bakufu. namun gerakan ini gagal. Syarat-syarat yang diajukan Jepang kepada Cina sangat keras. Kemudian diadakan perjanjian Tienshin. 4. dengan 4 tahun merupakan pendidikan wajib. baik Cina maupun Jepang harus menarik tentaranya dari Korea. sebanyak 300 juta Yen. Sudah sejak lama Korea bergantung pada Cina. golongan konservatif mengadakan pemberontakan. Setelah Cina mengalami kekalahan. 2. 2. NISHIN SENSO (Perang Jepang ± Cina 1894-1895) Sebab-sebabnya : 1. dan golongan Konservatif yang berpihak pada Cina yang ingin mempertahankan kebiasaan tradisional. tidak saja ketika melawan pasukan Korea. dijadikan inti dari sistem pendidikan. 1889 # Sekolah Atas untuk anak perempuan didirikan.

Timbul perusahaan-perusahaan besar seperti Mitsubishi. Sumimoto. Setelah perang Jepang ± Cina. maka Jepang mempunyai pasaran yang luas. Tokyo memutuskan untuk mengambil langkah perang dengan Rusia. bersama hak Rusia atas pertambangan di wilayah itu dan kereta api yang menghubungkan Port Arthur ke Harbin 3. Dengan Jepang sebagai pemenangnya. lalu besi dan senjata. maka kedudukan Jepang di mata internasional makin tinggi. hingga dapat menguasai pasaran dunia. menuntut agar semenanjung itu dikembalikan kepada Cina. terutama ke Korea dan Cina. Bulan Agustus 1905. Bulan Febuari 1904 bala tentara Jepang mendarat di Korea. Kekuasaan Jepang di Korea diakui. Sejak itulah perindustrian Jepang makin maju. Pulau Sakhalin (Kuril) diserahkan kembali kepada Jepang Jepang sebagai negara imperialis Dengan kemenangan Jepang atas Rusia ini. Sebagai akibat dari perang Jepang ± Cina ini. dan mengepung Port Arthur dan Wladiwostok. Dalam waktu beberapa pekan saja Rusia. didukung oleh Jerman dan Perancis. Ini kesempatan yang baik bagi Jepang . New Hampshire. Bulan Januari 1902. menyeberangi Sungai Yulu. maka ekspornya terhenti. Mula-mula Jepang memusatkan industrinya pada industri tekstil. Perang Jepang-Rusia (1904 ± 1905) Rusia. Mitsui. yang isinya untuk saling membantu bila salah satu negara mengadakan perang dengan negara lain. Golongan ini tidak hanya menguasai perekonomian. dengan alasan bahwa bila semenanjung itu berada di tangan Jepang. mendapat konsesi pertambangan di Manchuria. melalui Amerika Serikat sebagai penengah. setelah mengambil alih hak sewa Liaotung pada tahun 1898. dan Rusia masuk ke Manchuria untuk melindungi kepentingan Rusia. Setelah pemberontakan Boxer pada tahun 1899 di Cina. tetapi juga politik dan keamanan. yang menempatkan Jepang pada jajaran yang sama dengan negara-negara Barat dalam perdagangan luar negeri Cina. diadakan perundingan perdamaian di Portsmouth. Pertempuran hebat terjadi selama setahun. yang disebut perusahaan Zeibatsu (konglomerat). memasuki Liaotung.bergerak cepat ke utara. Namun ternyata pasal mengenai Liaotung tidak bisa dilaksanakan.4. maka Jepang mulai mengarah ke kapitalisme. Karena negara-negara Eropa sedang mengalami perang. Jepang mengirimkan tentaranya ke Cina untuk melindungi perwakilannya di Shantung. Karena perindustrian makin maju dan banyak pengusahapengusaha yang makin besar. Jepang khawatir dengan pemusatan kekuasaan Rusia di Manchuria akan mengancam kekuaasaan Jepang atas Korea. dan hak membangun jalan kereta api yang menghubungkan Wladiwostok dan Liaotung ke jalan kereta api Trans-Siberia. Yang isinya: 1. Hak sewa Liaotung dialihkan pada Jepang. akan mengganggu keseimbangan kekuatan di wilayah itu. maka Jepang diakui oleh negara-negara Barat sebagai negara kuat. 2. Cina harus menandatangani perjanjian perdagangan. Jepang sebagai negara industri. Jepang menandatangani perjanjian persekutuan dengan Inggris.

. Jepang mendesak agar segala kepentingan Jerman di semenanjung Shantung dioperkan kepada Jepang. Dua Puluh satu tuntutan ini sama saja dengan menjadikan Cina sebagai Proteokrat Jepang. Penghidupan bertambah baik. Jepang memperluas hak-hak khusus mengenai kereta api di Manchuria dan Mongolia. Jepang menyatakan perang melawan Jerman. Hal ini ternyata membuahkan hasil dengan direbutnya kepulauan Caroline dan Tsiangtao dari tangan Jerman.untuk menguasai pasaran di Asia. Jepang mengajukan tuntutan 21 pasal (twenty one demands) kepada Cina. bersama dengan tuntutan-tuntutan lain yang banyak menimbulkan selisih paham dan permusuhan dari rakyat Cina kepada Jepang. sehingga Jepang menjadi negara yang mempunyai Man Power yang tinggi. Pemerintah Jepang mengerahkan pasukan untuk mengambil alih wilayah pengaruh Jerman di Shantung. Pada tahun 1915. Cina diwajibkan untuk ³tidak menyerahkan atau menyewakan kepada kekuasaan manapun pelabuhan atau teluk atau pulau di sepanjang pantai Cina´. Saat Perang Dunia I pecah tahun 1914. maka pertambahan penduduk sangat cepat. Jepang menempatkan penasihat di ibu kota Cina (yang tidak lebih dari hak untuk turut campur dalam politik dalam negeri Cina). sejalan dengan persekutuan Jepang ± Inggris. Dalam tuntutan ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful