Motivasi Memilih Jurusan dalam memulai pendidikan di dunia universitas

Shela malik
201110100311184

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Demikian dar i saya semoga tugas makalah ini dapat bermanfaat bagi k it a semua. sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang Alasan Memilih Jurusan dalam memulai pendidikan di dunia universitas untuk memenuhi tugas Psikologi Pendidikan dari Ibu Sit i Fat imah. Wassalamualaikum wr. sehingga tugas makalah ini bisa disusu n dengan baik dan benar. terutama kepada teman ± taman yang bersedia sebagai sumber infor masi atau o bjek observasi untuk penyusunan makalah ini. Terima kasih saya ucapkan kapada Ibu Sit i Fat imah yang sudah membimbing saya dalam menyelesaikan makalah ini . wb .KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr. Ter ima kasih juga kepada pihak ± pihak yang membantu . Wb. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta taufik hidayah-Nya kepada kit a semua .

Metode Observasi D.Manfaat BAB II : Metode Penelit ian A. Saran . Obyek Observasi C.Rumusan Masalah C.Tujuan D.Tempat dan Waktu B. Alasan memilih Universitas B. Kesimpulan B.Latar Belakang B. Alasan memilih jurusan BAB IV : Penutup A.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daft ar Isi BAB I : Pendahuluan A. Analisis data BAB III : Pembahasan A.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan ternyata mereka memiliki pandangan dan alasan yang berbeda ± beda . B.BAB I PENDAHULUAN A. Motivasi sangat pent ing dalam memilih jurusan dalam kegiat an perkuliahan. Tujuan Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Psikologi Pendidikan yaitu untuk mengamat i mot ivasi mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi khususnya dalam memilih Universitas Muhammadiyah Malang dan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebagai study mahasiswa. 1. maka mempelajari bahasa inggris sangat lah pent ing. . Apa dasar dalam memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Inggr is ? C. Mengingat sepert i yang kita ketahui bahwa bahasa inggris adalah bahasa universal atau bahasa internasio nal. mengapa mereka memilih jurusan bahasa inggris d i Universit as Muhammadiyah Malang. mengapa memilih masuk Jurusan Pend idikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Malang. Latar Belakang Makalah ini disusun atas dasar pemenuhan nilai Psikologi Pendidikan tentang observasi dari beberapa mahasiswa. Ru musan Masalah Dalam penyusunan makalah ini masalah yang dikaji akan dirumuskan dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut. Mengapa memilih Universit as Muhammadiyah Malang sebagai study Perguruan Tinggi? 2.

. Dapat memot ivasi mahasiswa dalam berpikir secara opt imal dalam mengasah pengetahuan lebih luas khususnya dalam lingkup teori pendidikan. 2. Sebagai alt ernat ive pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam proses perkuliahan mat akuliah Psikologi Pendidikan. diant aranya : 1. Manfaat Manfaat yang bisa kita ambil dari penulisan makalah ini.D.

Tahap Perencanaan Pada tahap ini peneliti menggunakan 5W dan 1H . . Wawancara dilakukan dengan cara pengisian angket yang telah diberikan kepada obyek observasi. Tindakan tersebut meliputi : a) Peneliti memulai dengan memberikan rumusan masalah yang berhubungan dengan konsep yang telah dimiliki dan sebagai pengantar masuk pada konsep yang selanjutnya akan dipelajari. Dalam observasi. 2. Achmad Hilman 4. pada pukul 11. b) Peneliti melakukan observasi. peneliti menggunakan beberapa tahapan yaitu : 1. Achmad Fachrudin 3. Informasi menginai status gejala yang ada. Obyek Observasi Obyek dalam observasi penyusunan makalah ini adalah mahasiswa dari ikib budi utomo dan universitas muhammadiyah malang. yaitu mengemukakan tindakan dalam observasi. D. Tempat dan Waktu Penyusunan makalah ini dibuat di universitas muhammadiyah malang. Metode Observasi Penyusunan makalah ini menggunakan metode wawancara. Analisis Data Data hasil dari observasi yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis melalui analisis deskriptif untuk mengetahui perubahan yang dilakukan dengan membandingkan tindakan sebelumnya. Observasi dilakukan dengan tatap muka antara peneliti dan obyek observasi. yaitu keadaan gejala menurut ³apa adanya´ pada saat penelitian dilakukan. Informasi data yang terkumpul akan diorganisasikan dengan keriteria yang menjadi tujuan.00 B. Wasis Wisnu 2. Berikut beberapa mahasiswa yang menjadi obyek observasi : 1. Tahap Pelaksanaan Pelaksanaan merupakan suatu implikasi atau penerapan dari isi perencanaan.BAB II METODE PENELITIAN A. Iqbal Alfian C. c) Peneliti mencari referensi yang padu untuk mendukung penyusunan makalah. Aliyudin Jadid 5.

Oleh karena suhu udara yang sejuk tempat wisata juga banyak berdiri di Malang. .Tidak Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri Dari beberapa alasan mengapa mereka memilih Universitas Muhammadiyah Malang.mereka memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris karena mereka memiliki bakat dan minat pada bahasa inggris. Berikut adalah beberapa hal faktor mengapa mereka memilih Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tujuan study mahasiswa : 1. kondisi alam serta suhu udara yang sejuk dan banyak tempat wisata yang menarik menjadi salah faktor dalam memilih Universitas Muhammadiyah Malang. Tidak semua Perguruan Tinggi mempunyai beasiswa Erasmus Mundus. Universitas Muhammadiyah Negeri merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang merupakan Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dan dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi lain. Beasiswa Erasmus Mundus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri. faktor karena tidak diterimanya di Perguruan Tinggi Negeri menjadi salah satu alasan yang paling umum dan hampir semua mahasiswa memilih Universitas Muhammadiyah Malang. Diantara beberapa obyek menyebutkan jika mereka sudah mempunyai bakat dan kemampuan yang baik dalam bahasa inggris. 3. Letak Wilayah dan Kondisi Alam Letak wilayah yang strategis menjadi salah satu alasan mengapa mereka memilih Universitas Muhammadiyah Malang . Malang dikelilingi oleh pegunungan ± pegunungan sehingga Malang mempunyai suhu udara yang sejuk. Diantara beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa. Sehingga mereka memilih Universitas Muhammadiyah Malang sebagai study selanjutnya. Selain bakat mereka juga menyebutkan jika mereka mempunyai minat lebih dalam mempelajari lebih jauh mengenai bahasa inggris atau sebagai tujuan profesi yaitu menjadi guru atau dosen bahkan menjadi duta besar. Salah satu hal yang membuat semangat dalam kuliah adalah beasiswa. Malang juga merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia karena banyak Perguruan Tinggi yang menjadi tujuan study mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Alasan Memilih Jurusan Bahasa Inggris Berikut adalah beberapa alasan atau faktor dalam memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris : 1. Mereka beranggapan letak strategis. Mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang tidak dapat dipungkiri juga mempunyai prospek yang baik kedepannya .BAB III PEMBAHASAN A. B. Alasan Memilih Universitas Muhammadiyah Malang Malang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. 2. Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa aktif. terdapat salah satu beasiswa yaitu reasmus Mundus yang sangat diinginkan oleh semua mahasiswa bahkan oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi lain yang ada di Malang. Disamping itu Universitas Muhammadiyah Malang berdekatan dengan Kota Batu yang merupakan kota wisata di Jawa Timur. . Beasiswa Erasmus Mundus. Faktor Bakat dan Minat Dari beberapa obyek observasi.

Mereka juga beranggapan jika sudah terakreditasi A maka kedepannya lulusan dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mempunyai prospek kerja yang baik. Orang tua memberikan pandangan kepada anaknya dan mengarahkan kemana sang anak akan melanjutkan studi namun dengan tidak memaksakan kehendak. Mereka beranggapan jika suatu jurusan sudah berkreditasi A maka dapat dikatakan jurusan tersebut baik. Akreditasi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Malang telah mendapat akreditasi A. Dengan kata lain orang tua berdiskusi dengan sang anak kemana sebaiknya melanjutkan studi di perguruan Tinggi. 3.Sehingga mereka memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Malang. Faktor Dorongan Dari Orang Tua Pendidikan tidak terlepas dari peran serta orang tua. Beberapa obyek observasi menyebutkan jika dorongan orang tua juga yang menjadi dasar dalam memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. . 2.

KESIMPULAN Dari hasil observasi maka dapat disimpulkan bahwa faktor tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri menjadi faktor yang paling umum dan faktor bakat dan minat yang menjadi faktor mengapa mahasiswa memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. B. SARAN Semoga dengan penyusunan makalah ini dapat lebih memotivasi mahasiswa dalm sungguh ± sungguh menjalani studi karena mahasiswa telah memilih Pendidikan Bahasa Inggris sebagai jurusan mereka.BAB IV PENUTUP KESIMPULAN DAN SARAN A. Sehingga saat lulus dan menjadi sarjana bisa menjadi sarjana yang berguna sesuai dengan apa yang telah didapat selama menempuh S1. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful