SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP

)
Topik Sub Topik Sasaran Tempat Hari/tanggal Waktu : Perawatan Bayi : Cara Memandikan Bayi : Ibu yang Memiliki Balita :. : :

Tujuan Umum : setelah menerima materi tentang Cara Memandikan Bayi, terjadi peningkatan pengetahuan pada orang tua. TUK Setelah Materi mendapat Metode Media Evaluasi Waktu

materi selama 30 menit tentang Cara Memandikan Bayi, diharapkan tua mampu : Menjelaskan pentingnya memandikan bayi Menjelaskan orang Tujuan memandikan bayi Diskusi ceramah dan Power point Brosur Demonstrasi phantom. Boneka Diskusi ceramah dan Menjelaskan kembali tujuan memandikan bayi. Menjelaskan & kembali cara memandikan bayi. Memperagakan 15 menit. cara memandikan bayi Kesimpulan : 7 menit. 8 menit

cara Cara memandikan bayi

memandikan bayi

Mendemonstrasikan Cara cara bayi memandikan memandikan bayi

menggunakan bayi

1

.Penting bagi pengasuh primer bayi untuk mengetahui teknik memandikan yang benar dan aman bagi bayi. “Iya benar. Program Studi Ilmu Keperawatan. bersih dan nyaman. Pembukaan A. beberapa hal yang ibu sebutkan tadi merupakan manfaat dari memandikan bayi” “ada beberapa tambahan informasi mengenai pentingnya/manfaat dari memandikan bayi selain supaya bayi menjadi segar. tapi sebelumnya apakah bapak dan ibu sudah tahu bagaimana cara memandikan bayi yang benar dan aman?” D. Fakultas Ilmu Kesehatan. BHSP “Perkenalkan kami dari Universitas. apakah bapak dan ibu setuju?” E. sebab setiap perawatan yang dilakukan memiliki manfaat yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. bagaimana kabar ibu hari ini?” B. Kontrak waktu “Kalau begitu kita akan berdiskusi bersama tentang pentingnya mengatahui cara perawatan bayi terutama cara memandikan selama 30 menit. Salam terapeutik “Selamat pagi ibu. “Tahukah bapak dan Ibu mengenai tujuan/manfaat dari perawatan bayi khususnya memandikan bayi?” 2. Saya jono. mereka teman-teman saya joni dan jino sedang praktek belajar dengan memberikan pendidikan kesehatan untuk membantu ibu dan bapak dalam mengenal lebih jauh tentang perawatan bayi terutama cara memandikan bayi” C. Memandikan bayi juga ternayata bisa meningkatkan kualitas tidur bayi. Tujuan pertemuan “Pada pagi hari ini kita akan berdiskusi bersama tentang cara memandikan bayi. Kegiatan belajar mengajar 1. Bayi akan lebih aktif. Skenario pembelajaran pada orang tua: I.…. terlindungi dari infeksi bakteri yang menyerang kulit dan bisa 2 .

tangan. lebih dulu jika si kecil BAB atau BAK. Caranya basahi tangan kemudian usapkan sabun ke seluruh bagian tangan mulai dari telapak tangan. kegiatan memandikan dapat menjadi momen yang baik untuk ibu menunjukan cintanya dengan bercanda gurau dan berkomunikasi dengan kedekatan emosional. satu persatu lepaskan baju. kepala. 4. Pegang bagian punggung dan leher bayi dengan telapak tangan kiri. selimut. Kemudian bilas dan lap dengan handuk/ kain yang bersih.  Kemudian siapkan peralatan mandi : air hangat di dalam baskom kira-kira 270C (dapt diukur dengan thermometer atau dengan siku lengan). bawah. 5. Mulai dari  Handuk.otot bayi yang tegang. muka. Bersihkan Seka dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. terakhir yang paling kotor yaitu lipatan paha. 6. dengan waslap yang ditetesi sabun. sementara ibu jari dan telunjuk menutup telinga kanan dan kiri bayi 3 Sabuni bayi. Tangan kanan memegang tubuhnya untuk dimasukkan ke dalam bak mandi. 3. jari dan sela-sela jari. punggung tangan. Dan yang paling penting lagi.  waslap 2 buah  Sabun dan shampoo bayi Minyak telon/minyak kayu putih dan bedak. kaki. “Selanjutnya saya akan menjelaskan pada ibu dan bapak tentang cara/tahap demi tahap memandikan bayi. mulai dari atas ke . dada. Sebelum menyiapkan peralatan mandi. Beberapa langkah memandikan bayi diantaranya: 1. lalu pegang erat-erat ketiaknya. kuku dan terakhir pergelangan tangan. baju dan popok yang bersih  3. lipatan ketiak. lipatan leher. sebaiknya ibu mencuci tangan sampai bersih. Taruh bayi di atas perlak. 2. Angkat bayi dengan cara menyelipkan tangan kiri di bawah tengkuknya (jika Anda tidak kidal). area kelamin dan pantat. paha.melenturkan otot .

Taburkan bedak pada bagian dada. Untuk membersihkan punggungnya. Evaluasi 4 . Agar kontak batin Ibu dan bayi tetap terjaga.agar tak kemasukan air. 11. balikkan tubuh bayi dengan cara sangga tubuhnya dan pegang erat ketiaknya dengan tangan kiri. perut. agar bayi tak kedinginan. Diharapkan nanti setelah teman saya usai memperagakan. Tangan kanan bisa mulai membilas bagian belakang. 7. perut dan punggung sampai bokong dengan menggunakan spons dan hindarkan penggunaan bedak di kelamin untuk menghindari gumpalan-gumpalan bedak yang dapat masuk ke dalam kelamin terutama pada bayi perempian. “Sejauh ini apakah ada pertanyaan?” 4. senyum. Bilas dengan tangan kanan ketika membasuh seluruh tubuhnya. maka bersihkan tali pusar dengan kapas/ kasa yang telah dibasahi dengan air brsih/alkohol kemudian usap pada tali pusar bayi. 10. Penutup F. punggung sampai bokong. Apakah ibu setuju? Baiklah kita mulai sekarang. Usapkan minyak telon/minyak kayu putih pada bagian dada. II. keaktifan ibu untuk selalu mengajak bayi berkomunikasi dengan gurauan. 1 kapas/kasa untuk 1 kali usap. 8. Kenakan pakaian dan popok yang bersih pada bayi kemudian beri selimut. Jika tidak ada saya akan lanjutkan di sesi yang terakhir. tangan dan kaki bayi untuk kehangatan serta pada lipatan-lipatan paha. kontak mata dan sentuhan yang lembut. Jangan lama-lama. dimulai dari bagian kepala. 9. Gumpalan tersebut juga dapat mengiritasi daerah kelamin. Keringkan tubuh bayi dengan handuk Apabila tali pusar belum lepas. Di saat ini teman saya akan memperagakan bagaimana cara memandikan dengan menggunakan boneka ini. tangan dan leher. Sebaiknya bayi jangan dibedong dulu apabila lukanya belum sembuh sempurna karena akan menimbulkan nyeri pada bayi Yang harus diperhatikan saat memandikan bayi ialah. ibu bisa mempergakan juga apa yang sudah kita pelajari bersama.

 Dapatkah ibu menjelaskan kembali manfaat/tujuan dari memandikan bayi selain yang sudah ibu katakana tadi?  Apa saja langkah-langkah cara memandikan bayi yang sudah kita pelajari tadi?  Tolong ibu beri contoh bagaimana posisi tangan ibu yang benar saat membalikan tubuh bayi!!! G. kita akan akhiri diskusi kita. Kami mohon maaf jika dalam menyampaikan materi ini ada ucap dan laku yang tidak berkenan di hati bapak ibu. Latar Belakang 5 . Terima kasih atas partisipasi dan perhatian dari bapak dan ibu. Hal yang perlu diperhatikan ialah terapan komunikasi saat kegiatan ini dilakukan sehingga akan menambah kedekatan emosional Ibu dan bayi. Salam penutup “Berhubung waktu telah usai. Terima kasih dan selamat siang”. Mohon maaf juga jika dalam penyampaian tadi kami belum dapat menjawab pertanyaan dari bapak dan ibu. Melakukan Perawatan pada Bayi A. sehingga perlu perhatian khusus karena pelaksanaannya memiliki tujuan yang sangat bermanfaat bagi kebersihan. Kesimpulan Memandikan merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi seorang ibu dan bayinya. H. Kegiatan ini pula merupakan bagian dari cara perawatan bayi. kenyamanan dan perkembangan bayi.

Berikut merupakan langkah-langkah memandikan bayi yang diambil dari beberapa sumber. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyak hal seperti tingkat pendidikan. Cara memandikan Bayi Ada berbagai macam referensi tentang langkah-langkah memandikan bayi. perawatan keamanan bayi. Dalam lingkungan masyarakat pemenuhan kebutuhan dan perawatn pada bayi juga seringkali dibayangi dengan mitos. Disinilah peran setiap tenaga kesehatan terkhususnya perawat untuk aktif dalam memberikan pendidikan kesehatan terhadap calon orang tua ataupun orang tua bayi untuk meningkatkan kualitas perawatan bayi dengan prinsip benar dan aman bagi bayi. Perawatan pada bayi meliputi segala aspek kebutuhan bayi seperti kebutuhan dasar bayi. adat budaya dan kebiasaan sehingga ada kebutuhankebutuhan dan perawatn bayi tertentu yang tidak dapat aplikasikan karena bertentangan dengan hal-hal diatas. perawatn nutrisi bayi. jari dan sela-sela jari. namun pada dasarnya prinsipnya sama yaitu memandikan bayi dengan cara yang benar dan aman. B. pola asuh bayi dan tak ketinggalan juga perawatan diri dari ibu. Namun sayangnya. banyak calon ibu maupun ibu ang kurang mengerahui cara merawat bayi dengan benar dan aman. 2. kuku dan terakhir pergelangan tangan. kurang terpapar informasi dan lain sebagainya. Ibu dapat memberikan semua itu melalui perawatan bayi yang benar dan aman bagi bayi. cerdas dan kreatif. Dengan demikian anak Indonesia bisa tumbuh menjadi masyarakat yang sehat. perawatan kebersihan dan kenyamanan bayi. Kemudian bilas dan lap dengan handuk/ kain yang bersih. kuat.Memiliki bayi merupakan pengalaman terindah yang harusnya dirasakan oleh setiap perempuan yang melahirkan. Banyak hal-hal menyenangkan yang dapat dikerjakan dengan bayi seraya menunjukan cinta kasih ibu. sebaiknya ibu mencuci tangan sampai bersih. punggung tangan. budaya.  Kemudian siapkan peralatan mandi : air hangat di dalam baskom kira-kira 270C (dapt diukur dengan thermometer atau dengan siku lengan). 1. Caranya basahi tangan kemudian usapkan sabun ke seluruh bagian tangan mulai dari telapak tangan. Sebelum menyiapkan peralatan mandi.  waslap 2 buah 6 .

Mulai dari kepala. balikkan tubuh bayi dengan cara sangga tubuhnya dan pegang erat ketiaknya dengan tangan kiri. mulai dari atas ke bawah. kaki. muka. Taburkan bedak pada bagian dada. lipatan ketiak. Kenakan pakaian dan popok yang bersih pada bayi kemudian beri selimut. 1 kapas/kasa untuk 1 kali usap. lalu pegang erat-erat ketiaknya. perut. Usapkan minyak telon/minyak kayu putih pada bagian dada. satu persatu lepaskan baju. maka bersihkan tali pusar dengan kapas/ kasa yang telah dibasahi dengan air brsih/alkohol kemudian usap pada tali pusar bayi. baju dan popok yang bersih  3. 7. 5. 4. area kelamin dan pantat. Angkat bayi dengan cara menyelipkan tangan kiri di bawah tengkuknya (jika Anda tidak kidal). Jangan lama-lama. Sabun dan shampoo bayi Minyak telon/minyak kayu putih dan bedak. dengan waslap yang ditetesi sabun. Untuk membersihkan punggungnya. Pegang bagian punggung dan leher bayi dengan telapak tangan kiri. perut dan punggung sampai bokong dengan menggunakan spons dan hindarkan penggunaan bedak di kelamin untuk menghindari gumpalan-gumpalan bedak yang dapat masuk ke dalam kelamin terutama pada bayi perempian. selimut. 6. 8. tangan dan kaki bayi untuk kehangatan serta pada lipatan-lipatan paha. tangan. Tangan kanan bisa mulai membilas bagian belakang. agar bayi tak kedinginan.  Handuk. kecil BAB atau BAK. lipatan leher. Gumpalan tersebut juga dapat mengiritasi daerah kelamin. Bersihkan lebih dulu jika si Seka dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. dada. Sabuni bayi. Sebaiknya bayi jangan dibedong dulu apabila lukanya belum sembuh sempurna karena 7 . dimulai dari bagian kepala. 10. Keringkan tubuh bayi dengan handuk Apabila tali pusar belum lepas. terakhir yang paling kotor yaitu lipatan paha. Bilas dengan tangan kanan ketika membasuh seluruh tubuhnya. Taruh bayi di atas perlak. paha. Tangan kanan memegang tubuhnya untuk dimasukkan ke dalam bak mandi. 11. punggung sampai bokong. tangan dan leher. sementara ibu jari dan telunjuk menutup telinga kanan dan kiri bayi agar tak kemasukan air. 9.

2003.okezone. Wong. 2009.com/index. Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik Ed. Jakarta: EGC. Donna L. Langkah-langkah Menandikan Bayi. Akses internet di (http://lifestyle. 4. Bagian 2. 1993.php/read) Nelson. Cara Pintar Merawat Bayi dan Balita. Klaten. Calbe Book. Ilmu Kesehatan Anak. E. Jakarta : EGC 8 . 2008. N. Salim.akan menimbulkan nyeri pada bayi DAFTAR PUSTAKA Mom n kiddie.