Pengertian Tanah Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik Proses

Pembentukan Tanah Pembentukan tanah di bagi menjadi empat tahap 1. Batuan yang tersingkap ke permukaan bumi akan berinteraksi secara langsung dengan atmsosfer dan hidrosfer. Pada tahap ini lingkungan memberi pengaruh terhadap kondisi fisik. Berinteraksinya batuan dengan atmosfer dan hidrosfer memicu terjadinya pelapukan kimiawi.

2. Setelah mengalami pelapukan, bagian batuan yang lapuk akan menjadi lunak. Lalu air masuk ke dalam batuan sehingga terjadi pelapukan lebih mendalam. Pada tahap ini di lapisan permukaan batuan telah ditumbuhi calon makhluk hidup.

3. Pada tahap ke tiga ini batuan mulai ditumbuhi tumbuhan perintis. Akar tumbuhan tersebut membentuk rekahan di lapisan batuan yang ditumbuhinya. Di sini terjadilah pelapukan biologis.

4. Di tahap yang terakhir tanah menjadi subur dan ditumbuhi tanaman yang ralatif besar. Faktor Pembentukan Tanah Ada beberapa faktor pembentukan tanah, diantaranya : 1. Iklim o Suhu Jika suhu semakin tinggi maka makin cepat pula reaksi kimia berlangsung o Curah Hujan Makin tinggi curah hujan, makin tinggi pula tingkat keasaman tanah

4. 5. tumbuhan.2. hewan bahkan manusia. Baik itu jasad renik. Topografi Topografi alam dapat mempercepat atau memparlambat kegiatan iklim. Makhluk Hidup Semua makhluk hidup berpengaruh. Bahan Induk Yang dimaksud bahan induk adalah bahan penyusun tanah itu sendiri yang berupa batuan 3. Misalnya pada topografi miring membuat kecepatan air tinggi dan dapat meyebabkan terjadinya erosi. Waktu Lamanya bahan induk mengalami pelapukan dan perkembangan tanah memainkan peran penting dalam menentukan jenis tanah yang terbentuk. 6. . Organik Bahan organaik berpengaruh dalam pembentukan warna dan zat hara dalam tanah.

batuan : > 2 mm · pasir : 2 mm ± 50 u · debu : 50 u ± 2 u · liat : < 2 u .Tanah tersusun atas 4 bahan utama.Kadar bahan organik pada tanah mineral umumnya < 3%.Hasil penimbunan sisa-sisa tumbuhan dan binatang. Mineral sekunder baru yang terbentuk selama proses pembentukan tanah berlangsung. umumnya dalam fraksi-fraksi pasir dan debu. .Susunan mineral dalam tanah berbeda-beda sesuai susunan mineral batuan induknya (beku. humus : telah diubah dari sifat aslinya secara menyeluruh. Mineral primer adalah mineral yang berasal langsung dari batuan yang dilapuk. berwarna hitam. sebagian telah mengalami pelapukan dan pembentukan kembali menjadi mangsa jasad mikro. . P dan S. sumber utama unsur N. yaitu: bahan mineral.Mineral dapat dibedakan menjadi : mineral primer dan mineral sekunder. 2. jaringan asli (bagian akar dan atas tanaman) dan bagian baru yang telah mengalami pelapukan. malihan dan endapan) . sehingga sifatnya selalu berubah atau tidak mantap. bahan organik. meningkatkan kemampuan tanah dan menahan air dan hara serta sebagai sumber energi bagi jasad mikro.Dalam tanah terdapat dalam ruang pori tanah. b. . kemampuan menahan air dan ion lebih besar dari liat. Bahan Organik . .Komposisi : a. . Air . .Ukuran mineral : · kerikil. 3. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu-per satusecara singkat : 1.Berfungsi sebagai perekat butiran tanah. air dan udara. .Kuat atau tidaknya air ditahan oleh tanah yang mempengaruhi tingkat ketersediaan air tanah bagi tanaman.Berasal dari hasil pelapukan batuan. Bahan Mineral . bersifat kolodial.Air dalam pori besar umumnya tidak tersedia bagi tanaman karena segera hilang merembves ke bawah. kerakal. umumnya dalam fraksi liat.

Larutan tanah mengandung garam-garam larut.Cu.Menempati pori tanah (terutama sedang dan besar) . . 4.Air dalam pori sedang: mudah diserap oleh tanah. Udara .. sebagian besar berupa hara tanaman : · N. Jadi.Jumlahnya berubah-ubah tergantung kondisi air tanah. B. .K Ca.Mn.Susunannya tergantung dari reaksi yang terjadi dalam tanah : · uap air > atmosfer · CO2 > atmosfer O2 < atmosfer (bervariasi dipengaruhi kandungan CO2 dalam tanah . Mg dan S (hara makro) · Fe. Zn dan Cl (hara mikro) . Mo.Terjadi dinamika hara dengan adanya pertukaran antara hara dalam larutan dengan yang terdapat di permukaan tanah. sebagian tetap tinggal dalam tanah.Air dalam pori halus : sulit diambil oleh tanaman. P . tidak semua air dalam tanah tersedia bagi tanaman. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful