Bab

2
Sumber: www.3dnworld.com

Bangun Ruang Sisi Lengkung
Pada bab ini, kamu akan diajak untuk memahami sifat­sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya dengan cara mengidentifikasi unsur­unsur tabung, kerucut, dan bola, menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola, serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola.

Di Kelas VIII, kamu telah mempelajari bangun ruang sisi datar, yaitu balok, kubus, prisma tegak, dan limas tegak. Pada bab ini, konsep yang telah kamu pelajari tersebut akan digunakan untuk memahami bangun ruang sisi lengkung, yaitu tabung, kerucut, dan bola. Konsep bangun ruang sisi lengkung banyak diguna­ kan untuk menyelesaikan permasalah seperti pada uraian berikut. Bumi yang kita diami mempunyai bentuk yang hampir menyerupai bola. Jika diketahui jari­jari Bumi 6.370 km dan
p = 22 , dapatkah kamu mencari volume Bumi?
Jika kamu menguasai konsep volume bola, tentu kamu akan dapat menjawabnya dengan mudah. Oleh karena itu, pelajarilah
7

A. Unsur-Unsur dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung B. Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung

bab ini dengan baik.

31

Diagram Alur

Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)
membahas

Unsur-unsur dan Luas BRSL
misalnya

Volume BRSL
misalnya

Tabung
unsur-unsurnya

Kerucut
unsurunsurnya

Bola
unsurnya

Tabung
rumus volume

Kerucut
rumus volume

Bola
rumus volume

• Sisi alas tabung • Sisi atas tabung • Selimut tabung
rumus luas permukaannya

• •

Bidang alas kerucut Selimut kerucut
rumus luas permukaannya

Selimut bola
rumus luas permukaannya

V = pr2t

V=

1 2 pr t 3

V=

4 3 pr 3

L = 2pr (t + r)

L = pr (s + r)

L = 4pr2

Tes Apersepsi Awal
Sebelum mempelajari materi bab ini, kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu. 1. Jika diketahui luas alas dan tingginya, tentukan: a. Volume prisma tegak; b. Volume limas tegak. Diketahui lingkaran dengan jari-jari 7 cm. Tentukan keliling dan luas daerah lingkaran tersebut. Tentukan luas permukaan balok yang berukuran panjang 8 cm, lebar 2 cm, dan tinggi 2 cm. 4. Tentukan luas juring lingkaran pada gambar berikut.
80° r = 14 cm

2. 3.

5.

Tentukan volume dan luas permukaan kubus yang panjang rusuknya 10 cm.

32

Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX

Sebutkanlah jari­jari bidang atas tabung.2. Dinamakan sisi apakah lingkaran T2? b. Tinggi tabung disebut juga sumbu simetri putar tabung. Titik T1 dan T2 masing­masing dinamakan pusat lingkaran (pusat sisi alas dan sisi atas tabung). Adapun bentuk geometri dari benda­ benda tersebut berturut­turut tampak pada Gambar 2. sedangkan titik C dan D pada lingkaran atas. c. Ruas garis T1A dan T1B dinamakan jari­jari lingkaran (jari­jari bidang alas tabung). nasi tumpeng.A. Unsur­unsur tabung tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. a. Tabung Kaleng Sarden Nasi Tumpeng Bola Takraw Gambar 2. Jari­jari lingkaran merupakan jarak pusat lingkaran ke titik pada lingkaran. d. Bangun ruang seperti ini dinamakan tabung. Pusat lingkaran merupakan titik tertentu yang mempunyai jarak yang sama terhadap semua titik pada lingkaran itu. Bangun tersebut dibatasi oleh dua sisi yang sejajar dan kongruen berbentuk lingkaran (ditunjukkan oleh daerah yang diarsir) serta sisi lengkung (daerah yang tidak diarsir).4 Bangun Ruang Sisi Lengkung 33 .2? 1. Titik A dan B pada lingkaran alas tabung.3 C T2 D Amatilah Gambar 2. a. biasa dinotasikan dengan t. Ruas garis yang menghubungkan titik T1 dan T2 dinamakan tinggi tabung. Unsur-Unsur Tabung Gambar 2.2 Amati Gambar 2.1 Gambar 2. Diameter lingkaran merupakan ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran.3. t A T1 B Gambar 2. Bangun­bangun pada Gambar 2. Sebutkanlah diameter bidang atas tabung. dan bola takraw. Unsur-Unsur dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kamu tentu pernah menjumpai bangun­bangun seperti kaleng sarden.1 merupakan bangun ruang sisi lengkung. Sisi yang diarsir (lingkaran T1) dinamakan sisi alas tabung. Ruas garis AB dinamakan diameter atau garis tengah lingkaran (diameter bidang alas).4. Dapatkah kamu menyebutkan nama­nama bangun ruang pada Gambar 2. e.

2. Penyelesaian: Diketahui r = 10 cm. yaitu sisi yang tidak diarsir dinamakan selimut tabung.14. Jika harga 1 m2 seng adalah Rp12. Dengan demikian. 7 Amati kembali Gambar 2. Tinggi tabung. Diketahui luas selimut tabung 1. hitunglah luas permukaannya. 14.4 direbahkan dengan cara memotong sepanjang ruas garis AC. Tinggi dan diameter tabung yang akan dibuat berturut-turut 20 cm dan 15 cm serta p = 3.256 cm2. Sebuah tabung berjari­jari 10 cm.14. untuk memudahkan pembahasan. seperti pada Gambar 2. r C1 C2 Sisi lengkung tabung.4 dengan saksama. Adapun garis­garis pada sisi lengkung yang sejajar dengan sumbu tabung (ruas garis T1T2) dinamakan garis pelukis tabung.5 berbentuk persegipanjang dengan ukuran sebagai berikut. Daerah yang tidak diarsir (selimut tabung) pada Gambar 2.f. Jika tabung pada Gambar 2. berapa rupiah uang yang harus disediakan pengrajin untuk membuat seluruh kaleng? 1.14 atau p p 22 . nilai p adalah 3. dan jari­jari alas tabung 10 cm.14 r = 10 cm 34 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX .00. t = 30 cm. b.1 Siapa Berani? Seorang pengrajin akan membuat 100 kaleng berbentuk tabung yang terbuat dari seng.14 atau 22 . luas permukaan tabung merupakan nilai hampiran. Panjang = keliling alas tabung = 2pr Lebar = tinggi tabung = t sehingga luas selimut tabung = panjang × lebar = 2pr × t = 2prt Luas permukaan tabung sama dengan luas jaring­ jaringnya. keliling alas.512 Jadi.256 cm2 p = 3.000. luas permukaannya adalah 2. diperoleh L = 2pr (t + r) = 2 × 3. Jika tingginya 30 cm dan p = 3. Jika p = 3.5. Selanjutnya. yaitu L = luas selimut tabung + 2 × luas alas. t b. Luas permukaan tabung. Luas Permukaan Tabung A1 r A2 Gambar 2. biasanya p p 3. dan keliling atasnya ditempatkan pada bidang datar maka diperoleh jaring­jaring tabung.14 × 10 × (30 + 10) = 2. dan p = 3. Akibatnya. luas permukaan tabung adalah L = 2prt + 2pr2 = 2pr (t + r) Contoh 2. Tanda p me7 nyatakan nilai hampiran. tentukan: a.14.512 cm2.5 Catatan Oleh karena p tidak dapat dinyatakan secara tepat dalam bentuk desimal maupun pecahan. Penyelesaian: luas selimut tabung = 2prt = 1.

f. Bangun ruang tersebut dinamakan kerucut. Adapun ruas­ruas garis pada selimut kerucut yang meng­ hubungkan titik puncak T dan titik­titik pada lingkaran (misalnya TA) dinamakan garis pelukis kerucut (s). Bangun Ruang Sisi Lengkung 35 . tinggi tabung tersebut adalah 20 cm.256 + 628 = 1. Sisi yang diarsir dinamakan bidang alas kerucut. Unsur-Unsur Kerucut A O B A O B Amati kerucut pada Gambar 2. Ruas garis AB dinamakan diameter bidang alas kerucut.8(b). e. luas permukaan tabung tersebut adalah 1. sedangkan titik T dinamakan puncak kerucut.884 cm2.7. b. Ruas garis yang menghubungkan titik T dan O dinama­ kan tinggi kerucut (t).7 B Gambar 2. Ruas garis BC dinamakan tali busur bidang alas kerucut. Sebutkan jari­jari bidang alas kerucut lainnya. g.256 p 62. Unsur­unsur kerucut dapat diuraikan sebagai berikut. Sisi yang tidak diarsir dinamakan selimut kerucut. diperoleh bangun ruang seperti pada Gambar 2.256 + 2 (3.256 p 2 (3. d. Kerucut Amati Gambar 2. seperti pada Gambar 2. a. Titik O dinamakan pusat lingkaran (pusat bidang alas kerucut).6 T b s t A O C Gambar 2. L = 2prt + 2pr2 = 1.6(a). 2. c. serta diletakan pada bidang datar maka diperoleh jaring­jaring kerucut.6 dengan saksama. b.14) × 10 × t = 1.256 p t = 20 Jadi.2prt = 1.8 t = 1. Jika kerucut itu kamu potong sepanjang ruas garis TB dan seputar lingkaran alasnya. Jika pATB diputar pada sumbu OT.884 Jadi. Ruas garis OA dinamakan jari-jari bidang alas kerucut. Sebutkan tali busur bidang alas kerucut lainnya.14) × 102 = 1. a. b. memperlihatkan segitiga samakaki ATB dengan alas AB dan tinggi OT. Luas Permukaan Kerucut T T a Gambar 2.8(a) menunjukkan kerucut dengan titik puncak T dan jari­jari bidang alasnya adalah r.6(b). Gambar 2. a.

panjang garis pelukisnya 10 cm.04 cm2. Luas permukaan kerucut. Oleh karena luas juring TB1B2 = panjang busur B1B2 luas lingkaran keliling lingkaran maka luas juring TB1B2 = 2 r × ps2 = prs.44 Jadi. Luas alas kerucut L2 = pr2 = 3. b. Luas selimut kerucut L1 = prs = 3.8 Contoh 2.14 × 62= 113.4 cm2. Luas alasnya.04 Jadi. luas selimut kerucut adalah prs. luas permukaannya adalah 301. Dapatkah kamu membantunya untuk menghitung perbandingan jari-jari kedua kerucut itu? Sebuah kerucut berdiameter 12 cm. luas permukaan kerucut adalah L = luas selimut kerucut + luas alas kerucut L = prs + pr2 = pr(s + r) Jadi. Jika tingginya 8 cm dan p = 3. ia kebingungan menentukan panjang jari-jari kedua kerucut itu.14 × 6 × 10 = 188.8(b). 2 s b B1 B2 r Jadi. Daerah yang diarsir merupakan alas kerucut (berbentuk lingkaran). Dengan demikian.4 Jadi. luas alas kerucut adalah 113. 36 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . Keliling lingkaran yang berjari­jari s adalah 2ps. luas selimutnya 188. Berapakah luas juring TB1B2? Untuk menjawabnya. Adapun daerah yang tidak diarsir merupakan selimut kerucut yang berbentuk juring lingkaran. Luas permukaan kerucut kesatu dua kali luas permukaan kerucut yang kedua. hitunglah: a.14. c. pelajarilah uraian berikut. Panjang busur B1B2 = keliling alas kerucut = 2pr. Uji Kecerdikan Azis akan membuat dua buah kerucut dari bahan karton. b.04 = 301. Luas selimutnya. Luas permukaan kerucut L = L1 + L2 = 188. 6 6 r = 6 cm dan t = 8 cm s = r 2 + t 2 = 62 + 82 = 100 = 10 Jadi.4 + 113.2 1. Akan tetapi. rumus luas permukaan kerucut adalah L = pr (s+r) Gambar 2. Luas lingkaran yang berjari­jari s adalah ps2. s c.44 cm2. a.T a s s t s s A r B C T s s D Amati Gambar 2. 8 Penyelesaian: Amati gambar berikut. Adapun panjang garis pelukis kerucut yang kesatu juga dua kali panjang garis pelukis yang kedua.

Diketahui r1 = 7 cm. Gambar berikut memperlihatkan skema tutup lampu. luas kain = luas selimut kerucut besar – luas selimut kerucut kecil = 2.com/2006/09/ geometry_11. blogspot.9. dan digunakan untuk membuat tutup lampu r2 tersebut? Penyelesaian: Langkah 1 Lengkapi gambar pada soal sehingga membentuk bangun kerucut. tentukan jari­jari. dan tinggi kerucut yang mungkin. Luas selimutnya = pr2 (s1 + s') = 22 × 14 (30 + 30) 7 Langkah 4 Menghitung luas kain yang dibutuhkan.980 cm2 = 0. Langkah 2 Menentukan nilai s1 dengan menggunakan perbandingan.14. 3. Pak Buyung akan membuat model kerucut dari selembar aluminium seperti pada Gambar 2. kemudian tentukan variabel­variabelnya. s' = 30 cm. Luas selimutnya = pr1s1 • Amati kerucut yang besar.2. 198 m2 Jadi. kain yang dibutuhkan seluas 1. 7 Gambar 2. • Amati kerucut yang kecil. Gambar kerucut dari permasalahan ini diperlihatkan pada Gambar 2.10. r1 Jika r1 = 7 cm.640 cm2 – 660 cm2 = 1.36 cm2 dan p = 3. t P r s Gambar 2. Jika luas permukaan model kerucut itu 75. r2 = 14 cm.9 Tugas untukmu Coba kamu selidiki konsep geometri apakah yang digunakan dalam perbandingan r1 r2 = s1 s1 + s ' = 22 × 7 × 30 = 660 cm2 .980 cm2.10 Bangun Ruang Sisi Lengkung 37 . panjang garis pelukis.html p = 22 . r1 s s1 = 1 p 7 = r2 s1 + s ' 14 s1 + 30 s1 1 p = 2 s1 + 30 InfoNet s’ Kamu dapat menambah wawasanmu tentang materi dalam bab ini dari internet dengan mengunjungi alamat: learning-with-me. berapa meter persegi kain yang 7 s1 r1 s' r2 p s1 = 30 Langkah 3 Menghitung luas selimut kerucut. = 2.640 cm 2 Jelaskan hasil penyelidikanmu di depan kelas. caranya sebagai berikut. r2 = 14 cm. dan s' = 30 cm Untuk menentukan s1.

36 cm2 dan p = 3. dan tinggi kerucut yang mungkin.. b. panjang garis pelukis.36 p 75. jawablah pertanyaan berikut.36 = pr (s + r) p 75. Ditanyakan: Panjang jari­jari. Adakah cara menentukan model kerucut yang lainnya? Jelaskan alasannya.. Bola C D C o B D B a b Gambar 2. dan tinggi kerucut yang mungkin dengan menggunakan persamaan (*) pada langkah ke­2 sebagai berikut.11(a) memperlihatkan lingkaran dengan diameter AB atau CD. jika jari­jari model kerucut 2 cm maka panjang garis pelukis dan tinggi kerucut berturut­turut adalah 10 cm dan 4 6 cm. Berapa panjang diameter kerucut yang mungkin? Penyelesaian: Langkah 1 Menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal. a.36 = 3.Siapa Berani? Sebuah model kerucut akan dibuat dari aluminium. Selidiki apakah mungkin diameter alas model kerucut itu panjangnya 40 cm? Jelaskan hasil penyelidikanmu. Jadi. diperoleh bangun ruang seperti pada Gambar 2. Diketahui: Luas permukaan kerucut. jika jari­jari model kerucut 1 cm maka panjang garis pelukis dan tinggi kerucut berturut­turut adalah 23 cm dan 528 cm. jika jari­jari model kerucut 3 cm maka panjang garis pelukis dan tingginya berturut­turut adalah 5 cm dan 4 cm. Kemungkinan ke-2 Untuk r = 2 maka 2(s + 2) = 24 p s = 10 t = s 2 r 2 = 102 22 = 96 = 4 6 Jadi. Bangun ruang seperti ini dinamakan bola. Langkah 2 Masukkan nilai­nilai yang diketahui ke dalam rumus luas permukaan kerucut sebagai berikut.11(a) diputar terhadap titik O (AOB sebagai sumbu putar). L = 75.14.11 Gambar 2. A A 3. panjang garis pelukis. Kemungkinan ke-3 Untuk r = 3 maka s = 5 dan t = 4. Jika luas permukaan model kerucut itu 360p cm2. 38 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . (*) Langkah 3 Menghitung panjang jari­jari. Kemungkinan ke-1 Untuk r = 1 maka 1(s + 1) = 24 p s = 23 t = s 2 r 2 = 232 12 = 528 Jadi. L = 75.11(b). Jika lingkaran pada Gambar 2.14r (s + r) p 24 = r (s + r) .

a. 2 Bangun Ruang Sisi Lengkung 39 . b. jika bola dan tabung memiliki jari-jari yang sama dan tinggi tabung sama dengan diameter bola. Tujuan: Menentukan nilai hampiran luas permukaan bola.1 InfoMatika Menurut Archimedes. AB dapat pula disebut tinggi bola. Sebutkan jari­ jari bola lainnya. ruas garis AB juga merupakan diameter bola. Letakkan bola plastik seperti pada gambar (a). 6) Ruas­ruas garis pada selimut bola yaitu ACBDA dinamakan garis pelukis bola. dan dua buku tebal. Menghitung luas jaring­jaring bangun tersebut. Sebutkan tali busur bola lainnya. Untuk menentukan nilai hampiran luas permukaan bola. Membuat jaring­jaring bangun tersebut. Luas Permukaan Bola Amati kembali bahasan mengenai luas permukaan tabung dan kerucut. b. Akan tetapi.11(b). Kemudian. Unsur­unsur bola dapat diuraikan sebagai berikut. kamu dapat melihat cara mencari luas permukaan bangun ruang yang secara umum adalah sebagai berikut. 2) Ruas garis OA dinamakan jari-jari bola. Amati kembali Gambar 2. lakukan aktivitas berikut. gunting. 2. 1) Titik O dinamakan titik pusat bola. ukurlah jarak antarbuku. c. Sediakan bola plastik kecil. luas permukaan bola sama dengan luas selimut tabung. penggaris. Luas permukaan bangun sama dengan luas jaring­ jaringnya. Sisi tersebut dinamakan selimut atau kulit bola. karton. 3) Ruas garis CD dinamakan diameter bola. Dari pembahasan tersebut. 1. Jika kamu amati. Panjang jari­jari bola tersebut adalah 1 kali jarak antarbuku. cara seperti itu tidak dapat diterapkan pada bola karena kamu tidak bisa membuat jaring­jaring dari sebuah bola. Aktivitas 2. 4) Sisi bola adalah kumpulan titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik O. 5) Ruas garis ACB dinamakan tali busur bola.a. Unsur-Unsur Bola Bola adalah bangun ruang yang hanya memiliki satu sisi dan tidak memiliki rusuk.

a. a 4r Misalkan.12(a) adalah bola plastik berjari­jari r. potongan­potongan bola plastik itu diletakkan pada model persegipanjang itu.bola 3. Kemudian. 4. Gambar 2. 40 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . 6. Berapa cm2 luas model persegipanjang itu? Potong­potong bola plastik sehingga menjadi potongan­ potongan yang sangat kecil. Jika bola plastik dikuliti.14 kali panjang jari­jari bola seperti gambar (b). b 7. hitunglah luas permukaan bola itu.5r c. Buatlah model persegipanjang dari karton dengan panjang 4 kali panjang jari­jari bola (4r) dan lebar 3. panjang 4r dan lebar 3. buku buku a 4r 3. panjang 4r dan lebar 2r Perkirakan berapa cm2 luas permukaan bola plastik itu. Jika p = 3.5r b. 8.14r 5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini? Presentasikan hasil kegiatanmu di depan kelas.12(b) adalah sehelai kertas berbentuk persegipanjang dengan luas daerah 4pr2. Sebuah bola diketahui jari­jarinya 10 cm. sedangkan Gambar 2. Penyelesaian: Diketahui: jari­jari bola r =10 cm dan p = 3.14 atau p = 22 Contoh 2. Hal tersebut menggambarkan bahwa rumus luas permukaan bola adalah L = 4pr2 pr b Gambar 2. Petunjuk: Kedua buku diletakkan vertikal dan sejajar.12 dengan L = luas permukaan bola r = jari­jari bola p = 3. panjang 4r dan lebar 2.14.3 7 1. kemudian kulitnya diletakkan pada sehelai kertas yang berbentuk persegipanjang dengan luas 4pr2 (seperti Gambar 2.12(b)) maka kulit bola itu akan persis menutupi seluruh permukaan kertas itu. Apakah seluruh kulit bola itu persis menutupi seluruh permukaan model persegipanjang tersebut? Ulangi langkah ke­3 sampai dengan langkah ke­5 dengan membuat model persegipanjang dengan ukuran sebagai berikut.14.

Jadi. yaitu L = 4pr2.000.00. isolasi yang diperlukan adalah seluas permukaan bola. Jika monumen itu akan dicat dan setiap m2 memerlukan biaya Rp35.00 = Rp1. Langkah 3 Menentukan panjang jari­jari tangki.256 cm2.13 Siapa Berani? Gambar berikut memperlihatkan sebuah monumen yang dibentuk dari sebuah kerucut dan setengah bola. Berapa m2 isolasi yang diperlukan? b.155.000. Jari­jari r = 1 1 d = × 70 = 35 m 2 2 22 × (35)2 = 15. a.14) Bangun Ruang Sisi Lengkung 41 .400 2 L = 4 pr = 4 × 7 Catatan Bukti dari rumus L = 4pr2 tidak diberikan di buku ini.000.256.000.400 × Rp75.00.14 × 102 = 1. Sumber: The World Book Encyclopedia Volume 8.00 sehingga biaya seluruhnya adalah 15. 1996 Gambar 2. Biaya per meter persegi adalah Rp75.Ditanyakan: Luas permukaan bola L? L = 4pr2 = 4 × 3. Jadi.00. Diketahui: Diameter tangki. berapa rupiah biaya pengecatan tugu tersebut? (ambil p = 3. lapisan luar tangki tersebut diisolasi. Supaya tangki itu dapat menyimpan gas alam cair sampai –160°C tanpa membeku.400 m2. berapa besar biaya yang diperlukan untuk mengisolasi tangki tersebut? Penyelesaian: Langkah 1 Menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal. Berapa besar biaya yang diperlukan untuk mengisolasi tangki itu? Langkah 2 Menentukan rumus yang digunakan untuk menjawab soal. tanah Monumen tersebut menempel pada tanah seluas 1 m2. yaitu 15. Berapa meter persegi isolasi yang diperlukan untuk melapisi tangki itu? b. kemudian menghitung luas permukaan tangki. yaitu sebagai berikut.000.155.000. biaya untuk mengisolasi tangki tersebut adalah Rp1.000. d = 70 m Biaya isolasi per meter persegi = Rp75. sebagai berikut.000. Langkah 4 Menghitung biaya untuk mengisolasi tangki. luas permukaan bola adalah 1. 2.00. 8m 6m Jadi. Pembuktian rumus tersebut akan kamu pelajari di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Jika biaya isolasi per meter persegi adalah Rp75.00 Ditanyakan: a. Tangki penyimpanan gas alam cair berbentuk bola dengan diameter 70 m.000. Rumus yang digunakan adalah luas permukaan bola.

14. Diameter 80 cm dan p = 3. c.024 cm2 Hitunglah luas permukaan bola yang memiliki ketentuan berikut. 7 Sumber: Majalah Orbit. 5.1 Kerjakan soal-soal berikut dalam buku latihanmu. Kubah sebuah gedung berbentuk setengah bola. 1.14 hitunglah: 10. luas selimutnya. berikut. d. 4.Tes Kompetensi 2.000. hitunglah tinggi tabung itu. Luas alas kerucut. 6 cm 1. hitunglah: a. luas permukaan kerucut.14. Sebuah tabung diketahui luas permukaan­ nya 4. Bulan hampir menyerupai bola dengan diameter 3.5 cm 8. a. Hitunglah luas permukaan bangun ruang a. b. a. 1. Jika permukaan kubah bagian dalam akan dicat dan setiap meter persegi memerlukan biaya sebesar Rp40. Kubah tersebut mempunyai diameter 16 m. 12 cm 22 . Hitunglah luas b. 3.476 km. b. Jari­jari 45 cm dan p = 22 . Jika tingginya 15 cm dan p = 3.396 cm2. b.14.96 cm2 b. Jika diameter tabung 8 dan tinggi tabung 20 cm. Luas permukaan kerucut. Luas selimut kerucut. a. luas alasnya. Hitunglah diameter bola jika p = 3.16 cm2 c. Sebuah kerucut berdiameter 10 cm.00. berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengecat kubah itu? 7 2. 100 cm 7. 7 18 cm 10 cm 42 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . permukaan bulan jika p = 22 .14 dan luas permukaannya: a. Jika tingginya 12 cm dan p = 3. 452. 200. Gambar berikut merupakan tabung dengan bagian atas dan bawah berupa setengah bola. Sebuah kerucut jari­jari alasnya 10 cm. Hitunglah luas permukaan bangun ruang berikut. tentukanlah luas permukaan bangun tersebut = 2 cm 5 6. c. 12 cm 9 cm P c.256 cm2 d. 5. Tinggi kerucut. Jika panjang garis pelukisnya 24 cm dan p = 3. 2002 9.

Sebuah penampung minyak berbentuk tabung dengan keliling alasnya 50. berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengecat penampung minyak itu? 12. Ukuran garis pelukis kerucut lebih panjang 15 cm daripada panjang jari­jari alasnya. Tenda yang akan dibuat memiliki diameter 20 m dan panjang garis pelukis 5 m. jawablah pertanyaan berikut. Sebuah bola plastik dimasukkan ke dalam tabung sehingga bola itu menyinggung sisi alas.00. Jika untuk mengecat 1 m2 memerlukan biaya Rp30.000. antara tabung dan prisma tegak mempunyai kesamaan. Sebuah pabrik akan membuat tenda ber­ bentuk kerucut tanpa alas dari kain parasut. seperti gambar berikut. 8 cm 11. artinya apabila drum itu diisi minyak sampai penuh maka dapat menampung 100 liter minyak. Sebuah model kerucut akan dibuat dari aluminium.198 cm2 dan p = 3.14 dengan saksama. volume sebuah drum adalah 100 liter. 1. Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Volume bangun ruang menyatakan ukuran atau kemampuan menampung suatu benda cair.b. 24 cm 7 cm c. 14. Misalnya. dan sisi lengkung tabung. hitunglah: a.14 (a) tabung (b) prisma tegak F b Bangun Ruang Sisi Lengkung 43 . yaitu mempunyai dua sisi (bidang) sejajar dan kongruen (bidang atas kongruen a Gambar 2. Jika luas selimut kerucut adalah 2. a. 7 Tentukanlah luas kulit bola itu. Jika biaya pembuatan tenda tiap m2 adalah 16. panjang jari­jari dan panjang garis pelukis kerucut dan b. Berapa panjang diameter kerucut yang mungkin? B. berapa biaya yang harus disediakan untuk membuat sebuah tenda? 13. 5 cm 16 cm Rp80. Volume Tabung C T2 D K L J A T1 E B P T2 O N M I T1 H G Amatilah Gambar 2. b. Mungkinkah diameter model kerucut tersebut 30 cm? Jelaskan jawabanmu.000. Jika luas permukaannya 200 cm2.14(a) dan (b)).24 m dan tingginya 10 m. sisi atas. Diketahui luas permukaan tabung 924 cm2 dan p = 22 .00. luas permukaan kerucut.14. Sisi atas dan sisi lengkung­ nya akan dicat. Apabila kamu amati dengan teliti (Gambar 2.

Jadi. Dengan mengevaluasi Contoh 2. sedangkan jari-jarinya tetap. rumus volume tabung adalah V = luas alas × tinggi = pr2t Dalam hal ini. Hitunglah volume tabung tersebut. cobalah kamu terka suatu ketentuan umum mengenai rumus perubahan volume tabung jika tingginya berubah. 2. V = luas lingkaran × tinggi Kamu juga telah mengetahui rumus luas lingkaran. tingginya menjadi 2 kali lebih panjang dari tinggi semula (jari­jari tetap). dan seterusnya hingga prisma segi­n. Jika alas prisma berbentuk segitiga.Tugas untukmu Kerjakan tugas ini secara berkelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang (disesuaikan dengan kondisi di kelas). yaitu V = luas alas × tinggi dalam hal ini. Tentukan volume tabung pada soal nomor 1. Jadi. 1. V = volume tabung p = 3. Hal tersebut menggambarkan kesamaan dalam cara mencari volumenya. dan p = Penyelesaian: V = pr2t = 22 . Bagaimana jika alas prisma berbentuk lingkaran? Prisma yang alasnya berbentuk lingkaran disebut tabung.14 atau p = r = jari­jari alas tabung t = tinggi tabung Contoh 2. dengan bidang alas). cara menentukan volume tabung sama dengan cara menentukan volume prisma. 44 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . Akibatnya. sedangkan tingginya tetap. Nyatakan ketentuanketentuan tersebut dengan kata-katamu sendiri. Dengan mengevaluasi Contoh 2. kamu telah mengetahui bahwa volume prisma bergantung pada bentuk alasnya. tingginya 7 cm. jika a. Sebuah tabung diketahui jari­jarinya 6 cm. volume prisma segitiga adalah 1 ( × alas × tinggi) × tinggi.4 nomor 2a. 7 22 × 62 × 7 = 792 7 2. 2 Hal tersebut berlaku pula pada prisma segiempat. yaitu pr2. Di Kelas VIII. (Petunjuk: misalkan. volume tabung mulamula adalah V = pr2t dan volume tabung setelah perubahan n kali adalah Vn). yaitu luas alas × tinggi. cobalah kamu terka suatu ketentuan umum mengenai perubahan volume tabung jika jari-jarinya berubah. jari­jarinya menjadi 3 kali lebih panjang dari jari­jari semula (tinggi tetap).4 nomor 2b. volumenya 792 cm3. prisma segilima.4 22 7 1. b.

t1 = 2t = 2 × 7 cm V1 = p r2t1 = InfoMatika 22 2 6 7 7 = 2 × 792 = 1. volume sebuah tabung adalah V. r2 = 3r = 3 × 6 cm 7 22 2 6 7 22 × 62 × 2 × 7 = 2 × 7 22 V2 = pr22t = 22 × (3 × 6)2 × 7 = × 32 × 62 × 7 7 =3 × 2 7 = 3 × 792 = 9 × 792 = 7. Archimedes (Yunani. Uraian tersebut memperjelas ketentuan berikut. luas selimut tangki. volumenya menjadi n kali volume semula (Vn = n × V). Jika tingginya menjadi n kali lebih panjang dari tinggi semula (jari­jari tetap).584 Jadi. • Selidikilah penyelesaian Contoh 2. Contoh 2. ia hanya mempunyai 2 tabung berukuran 5 liter dan 3 liter.5 Matematika Ria Seseorang akan mengukur 4 liter air secara tepat. hitunglah: a. volumenya menjadi n2 kali volume semula (Vn = n2 × V).570 liter. Archimedes juga dikenal sebagai matematikawan yang sangat hebat. Akan tetapi.Penyelesaian: a.128 cm3. Jika jari­jarinya menjadi n kali lebih panjang daripada jari­jari semula (tinggi tetap). luas alas tangki tersebut. Misalnya.128 2 Jadi. Uraian tersebut memperjelas ketentuan berikut. 1998 Misalnya. Kemudian.4. Bangun Ruang Sisi Lengkung 45 . b.584 cm3. Tabung tersebut dapat menampung air sampai penuh sebanyak 1. Bagaimana orang tersebut harus mengukurnya? Diketahui sebuah tangki air berbentuk tabung yang tingginya 200 cm. 287–212 SM) Archimedes lebih dikenal karena ide sainsnya mengenai teori mengambang dan tenggelam. mengukur berapa banyak air yang didorong oleh benda tersebut. Jika p = 3. Ia menemukan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang.14. panjang jari­jari alasnya. b. Untuk soal nomor 2a: Jika tinggi tabung menjadi 2 kali lebih panjang daripada tinggi semula (t1 = 2t) maka V1 = pr2t1 = pr2 (2t) = 2(pr2t) = 2V. yang artinya "Saya berhasil menemukannya!". • Untuk soal nomor 2b: Jika jari­jari tabung menjadi 3 kali lebih panjang daripada jari­jari semula (r2 = 3r) maka V2 = pr22t = p(3r)2t = 32(pr2t) = 32V. Menurut cerita. Sumber: Ensiklopedia Matematika. Ia berhasil menemukan cara mengetahui volume suatu benda dengan memasukkannya ke dalam air. volumenya 1. suatu hari ia pernah berlari tanpa busana dari kamar mandinya sambil berteriak "Eureka!". volumenya 7. volume sebuah tabung adalah V. c.

800 Jadi. limas segilima. pelajarilah uraian berikut dengan saksama. yaitu V = 1 × luas alas × tinggi dalam hal ini. Tinggi tangki = 200 cm.16 di samping.000 = luas alas × 200 p luas alas = 1. 200 2. dan t = tinggi kerucut.14) × 50 × 200 = 62. panjang jari­jari alas tangki adalah 50 cm. Setiap bangunannya berbentuk kerucut.570 dm3 = 1. luas alasnya 7. Bagaimana jika alas limas berbentuk lingkaran? Limas yang alasnya berbentuk lingkaran disebut kerucut.850 = 3. hitunglah volume kerucut tersebut.850 cm2. Volume Kerucut Tugas untukmu Nyatakanlah volume kerucut dalam p. Untuk mengetahui rumus volume kerucut. cara menentukan volume kerucut sama dengan cara menentukan limas.570. 2002 Museum Purna Bakti Pertiwi yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah memiliki bentuk bangunan yang unik. Luas selimut tangki = 2prt = 2 (3. L = pr2 p 7. Jadi. kamu telah mengetahui cara menentukan volume limas tegak. dan seterusnya. p = 3.14r2 p r2 = 2. Akibatnya. Volume tangki = 1.14. 3 3 Sumber: Majalah Orbit. V = 1 × luas lingkaran × tinggi Di Kelas VIII. V = luas alas × tinggi tangki p 1. d. dan t.16 (a) limas tegak (b) kerucut Jadi. yaitu pr2. 3 Uji Kecerdikan amatilah Gambar 2. yaitu 1 × luas alas × tinggi. volume kerucut adalah V = 1 × pr2 × t 3 46 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . c. Sekarang.570 liter = 1.500 p r = 50 Jadi.850 t t r a b Gambar 2. volume limas bergantung pada bentuk alasnya. kamu juga telah mengetahui rumus luas lingkaran. Jika luas alasnya berbentuk segitiga maka volume limas segitiga adalah 1 × ( 1 alas × tinggi) × tinggi 3 2 Demikian pula dengan limas segiempat. b. luas selimutnya 62.000 cm3. Di Kelas VIII. Jika jari-jari kerucut yang besar adalah 14 m dan tinggi 20 m.Penyelesaian: a.800 cm2.570.000 = 7.570. d = diameter alas kerucut. Jika kamu amati dengan baik. Dalam hal ini.

2. hitunglah volume kerucut itu setelah perubahan. kali. sedangkan tingginya tetap. Amati kembali Contoh 2. volume kerucut setelah perubahan = V2. Jadi. Jika tinggi kerucut pada soal itu menjadi kali.14. 7 Bangun Ruang Sisi Lengkung 47 .Dalam hal ini. berapa volume kerucut itu setelah perubahan? Penyelesaian: Misalkan. volume kerucut setelah mengalami perubahan adalah dua kali volume semula.6 = volume kerucut = jari­jari alas kerucut = tinggi kerucut = 3. sedangkan jari-jarinya tetap. 4 kali. Tumpukan garam tersebut akan diangkut oleh truk yang kapasitas angkutnya 70 meter kubik. Garam halus ditumpuk sehingga membentuk kerucut seperti Gambar 2. dan 5 kali tinggi semula (jari-jari tetap). Jika p = 3. 3 kali. Jika panjang jari-jari kerucut pada soal itu menjadi 2 kali.14 atau 22 7 Tugas untukmu Kerjakan tugas ini secara berkelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang (disesuaikan dengan kondisi di kelas). Tinggi tumpukan garam itu 15 m dan diameter alasnya 56 m. Diketahui sebuah kerucut berdiameter 12 cm dan tingginya 8 cm. tinggi kerucut semula = t1.6 nomor 2. dan tinggi kerucut setelah perubahan = t2 maka t2 = 2t1. hitunglah volume kerucut itu setelah perubahan. hitunglah volume kerucut tersebut. Penyelesaian: Diameter kerucut d = 12 cm sehingga jari­jarinya 1 p 12 cm = 6 cm 2 1 1 V = pr2t = p 3. volumenya adalah 301. dan 4 kali semula (tinggi tetap).44 3 3 r= 2. 2 3 1 kali. yaitu 1.17. 3 kali. Tentukan berapa truk yang diperlukan untuk mengangkut =2 tumpukan garam itu (ambil p = 22 ). V1 = p 1 2 pr t1 = 594 3 1 1 V2 = pr2t2= pr2 (2t1) 3 3 1 2 pr t1 3 3. 1. Volume sebuah kerucut adalah 594 cm3.188 cm3. V r t p Contoh 2.188 Jadi. 1 2 3 1.14 p 62 p 8 = 301.6 nomor 2.44 cm3. 1 2 r t1 = 2 p V1 3 = 2 p 594 = 1. Jika tinggi kerucut itu menjadi 2 kali tinggi semula (jari­jari tetap). volume kerucut semula = V1. Coba kamu terka suatu ketentuan umum mengenai rumus perubahan volume kerucut jika panjang jari-jarinya berubah. Coba kamu terka suatu ketentuan umum mengenai rumus perubahan volume kerucut jika tingginya berubah. Amatilah Contoh 2. 1 1 kali.

320 Jadi. volume tumpukan garam itu adalah 12.320 = 176. Dengan demikian. Diketahui: Tinggi t = 15 m. 70 3. Banyak truk yang diperlukan adalah 12. Diameter d = 56 m. yaitu sebagai berikut. 3 = 28 m V = Hal Penting Istilah-istilah penting yang kamu temui pada bab ini adalah • sisi alas • selimut • garis pelukis • luas permukaan • volume 1 2 pr t 3 1 = p 22 p (28)2 p 15 3 7 = 12. yaitu V= Langkah 3 Menentukan panjang jari­jari alas tumpukan garam. 1995 Gambar 2. Volume Bola Untuk menentukan nilai hampiran volume bola. Jari­jari alasnya r = 1 d 2 = 1 p 56 2 1 2 pr t . Ditanyakan: Banyak truk yang diperlukan untuk mengangkut tumpukan garam. Rumus yang digunakan adalah rumus volume kerucut. kemudian menghitung volume tumpukan garam tersebut.Sumber: The World Book Encyclopedia Volume 17. Langkah 4 Menentukan berapa truk yang diperlukan untuk mengangkut garam adalah sebagai berikut.17 Penyelesaian: Langkah 1 Menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal. diperlukan 176 truk untuk mengangkut tumpukan garam tersebut.320 m3. 48 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . lakukanlah aktivitas berikut. Langkah 2 Menentukan rumus apa yang digunakan untuk menjawab soal. Daya angkut truk = 70 m3.

4. 2. Peragaan tersebut menggambarkan bahwa volume bola = 4 p volume kerucut = 4 p Ukuran tinggi kerucut sama dengan ukuran jari­jari bola sehingga t = r. Berapa kali kamu dapat mengisi bola plastik sehingga bola itu penuh berisi air? 5. 3 Catatan Pembuktian dari rumus V= di buku ini. r P r r a b Gambar 2. kemudian seluruh air dalam kerucut itu dituangkan ke dalam bola pada Gambar 2. Gambar 2.18 dengan saksama. Kemudian dengan menggunakan corong. 1. Lakukan langkah ke­2 beberapa kali sampai bola plastik penuh berisi air. Dari aktivitas ini. Pembuktian rumus tersebut akan kamu pelajari di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Sediakan corong bola plastik yang dilubangi. 3 3 Jadi.18 Jika kerucut pada Gambar 2. Isilah model kerucut dengan air sampai penuh.18(a) menunjukkan sebuah kerucut dengan ukuran jari­jari dan tingginya sama dengan ukuran jari­jari bola pada Gambar 2. tuangkan seluruh air dalam model kerucut itu ke dalam bola plastik.18(b) maka akan didapat bahwa volume bola sama dengan empat kali volume kerucut. tentukan volume bola itu setelah perubahan. 2 kali. kali semula. Jika panjang jari-jari bola menjadi 1 kali. volume sebuah bola V. Dengan demikian. 3. volume bola = 4 p pr2 p r = pr3. 4 3 pr tidak diberikan 3 Bangun Ruang Sisi Lengkung 49 .18(b).Aktivitas 1. rumus volume bola adalah V = 4 pr3 3 1 4 1 2 pr t. Misalkan. apa yang dapat kamu simpulkan? Buatlah laporannya.18(a) diisi air sampai penuh. (Alat ini disediakan oleh sekolah sebagai alat peraga).1 Tugas untukmu Kerjakan tugas ini secara berkelompok terdiri atas 4 atau 5 orang (disesuaikan dengan kondisi di kelas). dan model kerucut dari seng atau plastik dengan ukuran jari­jari dan tinggi kerucut sama dengan ukuran jari­jari bola. dan 3 2 Tujuan: Menentukan nilai hampiran volume bola. Coba kamu terka suatu ketentuan umum mengenai rumus perubahan volume bola jika panjang jari-jarinya berubah? Amati Gambar 2.

Penyelesaian: Diketahui V = 1. 7 tentukanlah volume bola itu.5 cm.808 cm3.437 1 3 3 1 p 1. Jika volume kerucut sama dengan 1 1 kali volume setengah bola. Sebuah wadah berbentuk kerucut diisi es krim.36 cm.7 7 1.36 100 p r22t = Jadi. jari­jari bola r1 = 3 cm dan jari­jari tabung r2 = 10 cm maka volume bola = 4 pr13. panjang jari­jari bola itu adalah 7 cm. Jika semua ruang wadah itu terisi es krim.437 3 1 dan p = 22 . V = volume bola r = jari­jari bola p = 3. Volume sebuah bola adalah 1. Sebuah bola besi berjari­jari 3 cm.437 cm3. s t 2. tentukan: a. Volume air yang naik = volume bola pr22t = 4 pr13 3 t Gambar 2. 4 3 4 22 4 22 pr = p p 213 = p p 9. Jika jari­jari alas tabung 10 cm. Jika p = 22 . 3 7 4 22 = p p r3 3 7 = 88 r3 21 Diketahui jari-jari kerucut panjangnya 3. tinggi kerucut.437 V= 4 3 pr p 1. tinggi air yang naik adalah 0. 13 cm Diketahui jari­jari sebuah bola adalah 21 cm. p r3 = 343 p r3 = 73 p r = 7 Jadi. Misalkan.808 3 3 7 3 7 1 22 Es krim bagian atas membentuk setengah bola. berapa mL es krim yang ditampung wadah itu? Petunjuk:1 cm3 = 1 mL 2.19. Jika p = . b.261 = 38. volume bandul. dimasukkan ke dalam tabung berisi air sehingga permukaan air dalam tabung naik. Gambar berikut memperlihatkan sebuah bandul yang dibentuk dari sebuah kerucut dan setengah bola. Penyelesaian: V= Jadi. 5 cm Dalam hal ini. 50 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . berapa sentimeter kenaikan air dalam tabung tersebut? Penyelesaian: Amati Gambar 2.Siapa Berani? 1.19 4 3 r 3 1 4 p 102t = (3)3 3 p t = 36 = 0.14 atau p = 22 Contoh 2. seperti gambar berikut. 5 3. 3 Bentuk air yang naik mengikuti bentuk tabung sehingga volume air yang naik = pr22t. tentu­ 3 7 kanlah panjang jari­jarinya. volume bola itu adalah 38.

yaitu 7 cm. Jika tabung pada gambar (b) mem­ punyai volume yang sama dengan mangkuk.Tes Kompetensi 2.14 dan diameter tabung 10 cm. b. Jika kerucut tanpa alas itu diisi air sampai penuh. Hitunglah panjang diameternya jika p = 3. Sebuah drum berbentuk tabung. a. Jika drum itu dipotong 8 dm (seperti gambar di atas). 9.04 liter.704 cm3. Untuk soal ini. hitunglah: a. luas selimutnya.14. tentukan ukuran jari­jari dan tinggi tabung yang membuat luas permukaan tabung paling kecil. hitunglah volumenya. Jika p = 3. Volume sebuah tabung 88. a. P Jika diameter alas kerucut adalah 30 cm dan p = . 3. 4. Bangun Ruang Sisi Lengkung 51 . Lembaran seng tersebut akan dibuat kerucut tanpa alas. hitunglah nilai h. 8. Berapa cm kedalaman oli dalam tabung? Sebuah kerucut dimasukkan tepat ke dalam sebuah tabung yang mempunyai Diketahui sebuah mangkuk berbentuk setengah bola dengan jari­jari 10 cm seperti pada gambar (a). berapa mL air yang dapat ditampung? 10. Volume sebuah bola 113. Amati gambar berikut. hitunglah perbandingan volume bola dan tabung itu. Hitunglah volume mangkuk tersebut. 11. panjang garis pelukis kerucut. tentukan volume kerucut 7 tersebut. di­ ketahui volumenya 3.14. Dari hasil yang kamu peroleh pada soal nomor 10.850 cm3 sehingga diameter kerucut sama dengan diameter tabung. Selembar seng berbentuk juring lingkaran. Hitunglah panjang jari­jari dan tinggi kerucut. 1. hitunglah: a. seperti gambar berikut. 2. 25 cm volume 7.388 liter dan diameternya 14 dm. gunakan p = 3. Jika p = 3. Diameter bola sama dengan diameter tabung. volume kerucut dan b.14. 6. dipotong 8 dm 22 150° 10 cm 5. Sebuah tabung diketahui mempunyai panjang diameter 20 cm dan tinggi 50 cm.2 Kerjakan soal-soal berikut dalam buku latihanmu. berapa literkah volume drum setelah dipotong? Sebanyak 165 liter oli dituangkan ke dalam tangki berbentuk tabung ber­ diameter 60 cm. Jika tinggi tabung 7 cm. Jika tingginya 36 cm. panjang jari­jari tabung dan b. 7 cm 10 cm h cm a b 7. b.

4 m dapat menampung air hujan dengan tinggi air 68 cm seperti terlihat pada gambar. dan bejana. 14. Jika volume air semula adalah Hitunglah: a. yaitu 4 cm. berapakah volume air setelah bola dimasukkan ke dalam bejana? 15. Sebuah pipa dengan diameter 84 cm dan panjang 2. 2.12. Sebuah bola besi dimasukkan ke dalam bejana berbentuk tabung yang berisi air. Tentukan panjang jari­jari dan tinggi tabung yang mungkin. Kemudian.14. 1. 13. 300 mL 200 mL 100 mL 300 mL 200 mL 100 mL kubus 300 mL 200 mL 100 mL bola besi Tentukan volume kubus dan bola besi. 1 volume 3 Ringkasan Berikut ini contoh rangkuman dari sebagian materi pada bab ini. Diketahui jari­jari bola dan jari­jari alas bejana sama panjang. Tabung 3. Bola Luas permukaan: L = 2pr (t + r) r t Volume: V = pr2t r 2. 52 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . dan p = 3.600 cm3. Kerucut t P r s Luas permukaan: L = 4pr2 Volume: V= 4 3 pr 3 Luas permukaan: L = pr (s + r) Volume: V= 1 2 pr t 3 Coba kamu buat rangkuman dari materi yang telah kamu pelajari pada bab ini dengan kata­ katamu sendiri. volume air dalam pipa (dalam satuan liter). Diketahui volume tabung adalah 3. Amati gambar berikut dengan saksama. Tuliskan rangkuman tersebut pada buku latihanmu. luas seluruh permukaan pipa yang berisi air.4 m 68 cm 84 cm b. tentukan jari­jari bola dan rusuk kubus. tinggi bejana 10 cm.

. 2. dan satu titik sudut adalah . Tes Kompetensi Bab 2 Kerjakanlah pada buku tugasmu. Bangun ruang yang mempunyai sisi lebih dari empat adalah .992 cm2 7 6. Sebuah tangki berbentuk tabung ter­ tutup mempunyai volume 2. tabung d. bola b. a. Sebuah tabung terbuka terbuat dari seng dengan jari­jari alasnya 14 cm..232 cm2 b.696 cm2 d. limas 5. tabung c.496 cm2 c.. 2. tabung c. Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 sampai dengan 8 orang atau disesuaikan dengan kondisi kelasmu.. kerucut d. Jika panjang tangki 14 cm dan p = 22 maka luas permukaan tangki tersebut adalah ... a. 1.Refleksi 1. 776 cm2 Ebtanas 2000 Ebtanas 1997 7 Bangun Ruang Sisi Lengkung 53 . a... luas seng yang diperlukan untuk membuat tabung itu adalah . a.. kubus c..156 cm3. kemudian presentasikan di depan kelas bergantian dengan kelompok lain. kerucut b. yang memiliki dua sisi. tinggi 20 cm. Bangun ruang berikut yang tidak mempunyai titik sudut adalah .. Di antara bangun ruang berikut.760 cm2 d. a. 1. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat... limas segi empat 3. 3. bola d. 924 cm2 c. prisma tegak 2. Setiap anggota kelompok menceritakan tentang materi­materi yang sudah dan yang belum dipahami pada bab ini. 1.. 4. bola d. 1.. kerucut b. kerucut b. Jika p = 22 . a.312 cm2 b. Bangun ruang berikut yang tidak mempunyai sisi lengkung adalah . prisma tegak 4. 3.... Tuliskan hasilnya. tabung c.

Gambar berikut memperlihatkan se­ potong pipa berbentuk tabung ber­ lubang.000... 3.. Bola pingpong tersebut berdiameter 4 cm (p = 3. d.00. Sebuah corong berbentuk kerucut yang penuh berisi pasir diameternya 6 m dan tingginya 3 m. Rp1. dan p = 3. jari­jarinya 6 cm. 13...260 liter. Jika diketahui p = 22 .970 cm2 Ebtanas 1999 11.000. 60.. Luas permukaan bola yang berdiameter 21 cm dengan p = 22 adalah .395 cm3 c.7..500. a.. d.00 10.860 cm3 b. 2 cm 1. 2 cm 2 cm 14 cm Ebtanas 2001 9. Pak guru akan membuat satu model kerucut dari karton..14) dan memerlukan biaya produksi se­ besar Rp18.195 cm2 25. Gambar berikut menunjukkan sebuah bandul padat yang terdiri atas belahan bola dan kerucut..88 cm2 8...00 c..840.14. sisa karton yang tidak terpakai adalah . 7 a. 54 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX .930 cm3 d.000.465 cm3 7 Ebtanas 2001 Alas kerucut berimpit dengan belahan bola. volume kerucut tersebut adalah . a. 63. a. Rp1. 294 cm3 c. 339.. Sebuah pabrik akan memproduksi 250 buah bola pingpong.5 cm Jika p = 22 .. b.793 cm2 32. sedangkan karton yang tersedia 400 cm2. 400 cm2 d... volume pipa tersebut adalah .386 cm2 4. 268 cm3 b. 528 cm3 12.00 d.. Rp2.12 cm2 c.14. Jika p = 3.00 b. luas permukaan bandul adalah . Jika panjang garis pelukisnya 12 cm. b. 21. 6. 13.. 264 cm2 462 cm2 1. 352 cm3 d.50 cm2 b.. c. a. c. 10. Rp2. Jika pasir tersebut dipindahkan ke dalam se­ buah wadah berbentuk kubus dan pasir yang tersisa 1.500. panjang rusuk kubus adalah . harga bahan bola pingpong tersebut per cm2­nya adalah ..814 cm2 7 a. Sebuah kerucut memiliki tinggi 30 cm dan keliling alasnya 66 cm.905 cm2 31.

a.523.000 cm3 c.408 m3 17. 0..160 cm3 19. 4 22 cm2 dan π = .0704 m3 b. Sebuah tabung yang mempunyai volume 9. Sebuah bola besi dimasukkan ke dalam air. 3 liter c..33 cm3 15.. 15 cm d. a. 0. 2 liter b.1408 m3 d. 10 cm c.. 5 cm b.704 m3 c..000 cm3 serta panjang jari­jari bola 5 cm. a... panjang diameter 7 7 1 22 Jika jari­jari dan tinggi kerucut sama dengan panjang jari­jari dan tinggi tabung maka sisa air dalam tabung adalah ... 1 22 kg dan π = maka banyak cat 7 4 Bangun Ruang Sisi Lengkung 55 . Jika luas permukaan sebuah bola 78 bola tersebut adalah . 2 m d. Sebatang pipa berbentuk tabung dengan panjang 14 m. volume air sekarang adalah .. Jika keliling alasnya 25 m dan π = . 476. 5 m b. Jika setiap m2 memerlukan cat sebanyak yang diperlukan adalah . a. volume 7 7 pipa tersebut adalah . a.. Jika volume air 1. Ke dalam tabung tersebut dimasukkan kerucut pejal. 7m 14 m 7m Gambar tersebut memperlihatkan sebuah tugu berbentuk tabung dan setengah bola yang akan dicat. 1.67 cm3 b. 7 m 14. 3 m c. 523. 4. 6. 1. 0.080 cm3 c... 2... sisa volume setengah bola (pada gambar yang ditunjukkan oleh daerah yang diarsir) adalah .620 cm3 d.. 5 liter 16. Jika volume kerucut tersebut 4 liter..310 cm3 b. 4 liter d.240 cm3 penuh berisi air. Sebuah kerucut berada di dalam setengah bola. a. 20 cm 18. 1. Amati gambar berikut.. seperti tampak pada gambar. 3.33 cm3 d.

a. Sebuah benda berbentuk kerucut pejal keliling alasnya 18.72 cm3 56 Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX . panjang garis pelukisnya 5 cm.84 cm.24 cm3 c.. 37. a..04 cm3 d. 462 kg d.14 maka volume benda pejal tersebut adalah . 50. 231 kg c.. t P r 5 cm Jika π = 3. 113. 154 kg b. 150. 539 kg 20.68 cm3 b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful