P. 1
Contoh Seni Rupa Terapan

Contoh Seni Rupa Terapan

3.0

|Views: 25,879|Likes:
Published by Eka Syahputra

More info:

Published by: Eka Syahputra on Jan 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

CONTOH SENI RUPA TERAPAN

1. BATIK

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

2. ORNAMEN RUMAH ADAT

banyu-tetes. 4. 3. . misalnya gunungan.Dalam sebuah bangunan Jawa biasanya dapat dijumpai banyak kayu yang diukir. Ornamen ukir ini sarat mengandung makna simbolis. Ide awal fungsi keris adalah untuk senjata tusuk yang pada mulanya dipergunakan dalam pertarungan jarak dekat. bilah keris juga mendapat tambahan makna berturut-turut yang memperkaya gagasan pembuatan keris dalam kebudayaan Jawa.banaspati dan sebagainya. Bentuk dan makna ornamen yang akan dibahas disini dibatasi hanya pada beberapa ornamen yang umum dipakai. GERABAH Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan. KERIS Dikatakan. Ornamen ini bermacam ragamnya. tlacapan. sebagai produk budaya. Sementara seiring perkembangan jaman. keris tersusun atas unsur ideofak. sosiofak dan teknofak. ayam jago. ular naga.

Baik pelindung dari terik maupun dari dingin yang mencekam.5. Namun pada pakaian adat tradisional disamping fungsi umum seperti tersebut diatas. . Contohnya: tas. adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak. kulit mentah atau kulit sintetis. 6. SENI KERAJINAN KULIT. PAKAIAN ADAT Pakaian secara universal adalah pelindung tubuh. sepatu. yang berkaitan pula dengan aspek-aspek lain dari kehidupan berkebudayaan. wayang dan lain-lain. terdapat pula fungsi-fungsi menurut pesan-pesan nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Karenanya secara umum dapat dikatakan fungsinnya sebagai pengaman jasmaniah.

waru. Contohnya mebel. dan lain-lain. merupakan seni kerajinan logam. SENI KERAJINAN LOGAM. 8. sawo. Contohnya pisau. Ukiran merupakan seni kerajinan ukir kayu.7. Aksesoris. tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. perak. barang aksesoris. ialah kerajinan yang menggunakan bahan logam seperti besi. SENI UKIR KAYU. ukir. nangka dan lain-lain. mahoni. perunggu. . Kayu yang biasanya digunakan adalah: kayu jati. yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. emas. Sedangkan teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor. relief dan lain-lain.

merupakan seni kerajinan anyaman. dll. SENI KERAJINAN ANYAMAN. daun pandan. bambu. serat pohon.9. 10. daun lontar. Contohnya: topi. Anyaman. pohon pisang. keranjang dan lain-lain. tas. kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan. LAMPU HIAS Lampu hias untuk penerangan dengan menambah keindahan dan kenyamanan ruangan. enceng gondok. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->