maupun perilaku interaksi antara individu dengan individu. individu dengan kelompok. way of thinking or behaving) y Ilmu Perilaku Organisasi: ilmu tentang perilaku tiap individu dan kelompok. . serta kelompok dengan kelompok dalam organisasi demi kemanfaatan suatu organisasi. serta pengaruh individu dan kelompok terhadap organisasi.KONSEP PERILAKU ORGANISASI y Organisasi: sistem kerjasama sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. y Perilaku: sikap dan tindakan (behavior.

norma. dan manusia adalah bagian dari mesin organisasi yang kompleks.CARA PANDANG KESISTEMAN y Sistem Tertutup: hasil adalah selalu buah dari suatu usaha. . y Sistem Terbuka: kekuatan yang berupa perasaan. dan sikap berpengaruh terhadap perilaku seseorang dalam organisasi.

y Machiavelli: lebih baik ditakuti daripada dicintai (autokratis). y Copernicus: matahari sebagai pusat tata surya (heliosentris). y Darwin: teori evolusi y B. . Skinner: tindakan manusia dipengaruhi lingkungannya.RUANG LINGKUP ILMU PERILAKU (Perilaku Manusia dalam Organisasi) rganisasi) y Hart & Scott: para ahli mempunyai anggapan terhadap perilaku manusia.F.

TEORI PERILAKU BERDASAR TEORI BIROKRASI MAX WEBER y Spesialisasi y Hierarki y Prosedur atau aturan y Hubungan kerja impersonal y Promosi dan penghasilan .

Setiap kelompok mempunyai karakteristik tertentu dalam berinteraksi di dalam maupun antar kelompok.PERILAKU ORGANISASI DALAM MANAJEMEN y Manajemen Tradisional: Setiap individu memiliki perilaku tertentu dalam perencanaan. instansi. penggerakan. organisasi. . dan pengawasan (POAC). unit kerja. y Manajemen Berdasar Sasaran: setiap idividu atau kelompok memiliki interest tertentu dalam menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan sasaran organisasi.

maupun strategi. perumusan strategi. y Manajemen Mutu Terpadu (TQM): (TQM): Setiap individu atau kelompok memiliki tolok ukur mutu yang berbeda dan memiliki ang komitmen mutu yang berbeda pula. penentuan lingkungan. strategi. implementasi strategi. strategi. misi. ang . penentuan visi dan misi. pengendalian strategi.PERILAKU ORGANISASI DALAM MANAJEMEN y Manajemen Stratejik: Setiap Stratejik: individu atau kelompok memiliki pandangan yang berbeda dalam ang menganalisa lingkungan.

. y Sumber Nilai: orang tua/keluarga. pendidikan. . PRINSIP DASAR NILAI YANG DIMILIKI SETIAP INDIVIDU y Pengertian nilai: keyakinan dasar bahwa suatu modus perilaku tertentu lebih disukai secara pribadi atau sosial dibandingkan modus perilaku lainya. y Hubungan nilai dan perilaku: . y Sistem Nilai: suatu hierarki yang didasarkan pada suatu peringkat nilai-nilai seorang individu dalam hal intensitasnya..1.. masyarakat.

perilaku. y Seseorang yang memiliki sistem nilai yang ang ang berbeda akan mempengaruhi pandangan tentang mutu suatu tindakan . rendah. y Seseorang yg memiliki sistem nilai lebih tinggi cenderung berperilaku lebih terkendali dibanding seseorang yang memiliki sistem nilai lebih ang rendah.Hubungan Nilai dan Perilaku : y Sistem nilai yang dianut seseorang akan ang berpengaruh terhadap perilaku seseorang karena erh nilai mempengaruhi sikap dan sikap mempengaruhi perilaku.

Penyebab tekanan psikologis: ‡ Kurang diterima di lingkungannya ‡ Jenjang hierarki/strata sosial ‡ Kompetisi ‡ Ketidakpastian peranan ‡ Perubahan Bentuk tekanan: ‡ Frustrasi ‡ Cemas ‡ Rendah Diri . gangguan fisik.2. gangguan syaraf atau kehilangan harga diri. TEKANAN PSIKOLOGIS y Suatu keadaan di mana seseorang tidak mampu memberi jawaban secara wajar dan tepat terhadap rangsangan dari sekitarnya. khawatir. tertekan. atau mampu tetapi dengan biaya yang terlalu besar seperti kelelahan kronis.

3.  Kondisi kerja yang mendukung.  Melakukan pekerjaan yang secara mental menantang. .  Kesesuaian antara kepribadian dan jenis pekerjaan.  Kesesuaian antara kemampuan dan level kesulitan kerja. KEPUASAN KERJA y Rasa senang dan puas selama dan setelah melakukan suatu pekerjaan y Hal-hal yang menentukan kepuasan kerja :  Imbalan yang pantas.

MOTIVASI INDIVIDU y Proses pengembangan dan pengarahan perilaku agar individu menghasilkan keluaran (output) yang diharapkan.4. sesuai dengan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai. y Motivation primarily concerned with: a. b. how this behavior is maintained or sustained (steer and porter. and c. what energizes human behavior. what direct or channels such behavior. 1991 : 6) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful