P. 1
1. perilaku-organisasi-pengantar

1. perilaku-organisasi-pengantar

|Views: 13|Likes:
Published by Nova Puspita

More info:

Published by: Nova Puspita on Jan 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

y Perilaku: sikap dan tindakan (behavior. way of thinking or behaving) y Ilmu Perilaku Organisasi: ilmu tentang perilaku tiap individu dan kelompok. serta pengaruh individu dan kelompok terhadap organisasi. serta kelompok dengan kelompok dalam organisasi demi kemanfaatan suatu organisasi.KONSEP PERILAKU ORGANISASI y Organisasi: sistem kerjasama sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. individu dengan kelompok. maupun perilaku interaksi antara individu dengan individu. .

norma. y Sistem Terbuka: kekuatan yang berupa perasaan. dan sikap berpengaruh terhadap perilaku seseorang dalam organisasi.CARA PANDANG KESISTEMAN y Sistem Tertutup: hasil adalah selalu buah dari suatu usaha. . dan manusia adalah bagian dari mesin organisasi yang kompleks.

y Darwin: teori evolusi y B.RUANG LINGKUP ILMU PERILAKU (Perilaku Manusia dalam Organisasi) rganisasi) y Hart & Scott: para ahli mempunyai anggapan terhadap perilaku manusia. .F. y Machiavelli: lebih baik ditakuti daripada dicintai (autokratis). y Copernicus: matahari sebagai pusat tata surya (heliosentris). Skinner: tindakan manusia dipengaruhi lingkungannya.

TEORI PERILAKU BERDASAR TEORI BIROKRASI MAX WEBER y Spesialisasi y Hierarki y Prosedur atau aturan y Hubungan kerja impersonal y Promosi dan penghasilan .

instansi. organisasi. y Manajemen Berdasar Sasaran: setiap idividu atau kelompok memiliki interest tertentu dalam menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan sasaran organisasi. dan pengawasan (POAC). unit kerja. penggerakan.PERILAKU ORGANISASI DALAM MANAJEMEN y Manajemen Tradisional: Setiap individu memiliki perilaku tertentu dalam perencanaan. Setiap kelompok mempunyai karakteristik tertentu dalam berinteraksi di dalam maupun antar kelompok. .

PERILAKU ORGANISASI DALAM MANAJEMEN y Manajemen Stratejik: Setiap Stratejik: individu atau kelompok memiliki pandangan yang berbeda dalam ang menganalisa lingkungan. strategi. perumusan strategi. maupun strategi. ang . strategi. misi. implementasi strategi. penentuan visi dan misi. penentuan lingkungan. y Manajemen Mutu Terpadu (TQM): (TQM): Setiap individu atau kelompok memiliki tolok ukur mutu yang berbeda dan memiliki ang komitmen mutu yang berbeda pula. pengendalian strategi.

y Sistem Nilai: suatu hierarki yang didasarkan pada suatu peringkat nilai-nilai seorang individu dalam hal intensitasnya. y Hubungan nilai dan perilaku: .1.. pendidikan. PRINSIP DASAR NILAI YANG DIMILIKI SETIAP INDIVIDU y Pengertian nilai: keyakinan dasar bahwa suatu modus perilaku tertentu lebih disukai secara pribadi atau sosial dibandingkan modus perilaku lainya. y Sumber Nilai: orang tua/keluarga.. masyarakat. ..

y Seseorang yang memiliki sistem nilai yang ang ang berbeda akan mempengaruhi pandangan tentang mutu suatu tindakan . rendah.Hubungan Nilai dan Perilaku : y Sistem nilai yang dianut seseorang akan ang berpengaruh terhadap perilaku seseorang karena erh nilai mempengaruhi sikap dan sikap mempengaruhi perilaku. perilaku. y Seseorang yg memiliki sistem nilai lebih tinggi cenderung berperilaku lebih terkendali dibanding seseorang yang memiliki sistem nilai lebih ang rendah.

tertekan. Penyebab tekanan psikologis: ‡ Kurang diterima di lingkungannya ‡ Jenjang hierarki/strata sosial ‡ Kompetisi ‡ Ketidakpastian peranan ‡ Perubahan Bentuk tekanan: ‡ Frustrasi ‡ Cemas ‡ Rendah Diri .2. atau mampu tetapi dengan biaya yang terlalu besar seperti kelelahan kronis. gangguan syaraf atau kehilangan harga diri. gangguan fisik. khawatir. TEKANAN PSIKOLOGIS y Suatu keadaan di mana seseorang tidak mampu memberi jawaban secara wajar dan tepat terhadap rangsangan dari sekitarnya.

 Kondisi kerja yang mendukung.  Melakukan pekerjaan yang secara mental menantang. .  Kesesuaian antara kemampuan dan level kesulitan kerja. KEPUASAN KERJA y Rasa senang dan puas selama dan setelah melakukan suatu pekerjaan y Hal-hal yang menentukan kepuasan kerja :  Imbalan yang pantas.  Kesesuaian antara kepribadian dan jenis pekerjaan.3.

4. b. and c. y Motivation primarily concerned with: a. what direct or channels such behavior. 1991 : 6) . how this behavior is maintained or sustained (steer and porter. MOTIVASI INDIVIDU y Proses pengembangan dan pengarahan perilaku agar individu menghasilkan keluaran (output) yang diharapkan. what energizes human behavior. sesuai dengan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->