MAKALAH

Tentang

KEPERAWATAN

Penyusun : NAMA / NBI : 1. ROFI·I / 311000991

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

dsb dalam kaitan telenursing masih dalam perdebatan dan sulit pemecahannya. penyediyaan asuhan keperawatan dan system pendidikan dan penelitian keperawatan yng menggunakan model informasi kesehatan /berbasis internet. Dalam memberikan asuhan keperawatan secara jarak jauh maka di perlukan kebijakan umum kesehatan ( terintegrasi ) yang mengatur praktek. etik dan profesionalisme keamanan. Kegitan telenursing mesti terintegrasi dengan strategi dan kebijakan pengembangan praktek keperawatan. kerahasiaan pasien dan jaminan informasi yang dberikan. SOP/ standart operasi prosedur.Isu legal Telenirsing akan berkitan dengan isu aspek legal. Isu legal aspek seperti akontabilitas dan malpraktek. peratuaran etik dan lerahasiaan pasien sma seperti teleheath secara keseluruhan. Di banyak Negara dan di beberapa bagian di amirika serikat khususnya praktek telenursing dilarang (perawat yang online sebagai coordinator harus memiliki lisensi d setiap residensi Negara bagian dan pasien yang menerima telecare harus bersifat lokal) guna menghindari mlpraktek perwat antar Negara bagian. .

swasta maupun pemerintah (Depkes RI. keluarga. baik sehat maupun sakit di semua tatanan pelayanan. 2004) juga dinyatakan visi pembangunan kesehatan Indonesia yang baru. dan merawat orang dengan masalah kesehatan. Tujuan praktik keperawatan sesuai yang dicanangkan WHO (1985) hams diupayakan pada pencegahan primer. Yang perlu kita pikirkan di masa mendatang adalah pentingnya bagi kita untuk secara terus-menerus meneliti dan mencari model yang terbaik untuk praktik perawat ini. manajemen sistem kesehatan dan pasien yang membutuhkan perawatan dan pendidikan. kelompok dan masyarakat. penelitian. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Di dalam Sistem Kesehatan Nasional (Depkes RI. peningkatan kesehatan pasien. Keperawatan diberikan untuk meningkatkan kesehatan. Peran utama dari keperawatan juga meliputi advokasi. ikut serta dalam menyusun kebijakan kesehatan. 2004). Keperawatan memandang manusia tidak hanya dari aspek fisik tetapi manusia dipandang sebagai makhluk bio-psikososio-spiritual. baik masyarakat. Praktik perawat dikatagorikan sebagai salah satu bentuk UKP strata pertama. Model ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tentu saja dengan kaidah ilmu keperawatan . yaitu Indonesia Sehat 2010 dengan masih menekankan pendekatan kesehatan primer (primary health care) dan pembangunan kesehatan dinyatakan sebagai bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran. yaitu upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP). 2004) disebutkan dua jenis upaya kesehatan. Pada Bab 4 tentang subsistem upaya kesehatan (SKN Depkes RI. mempunyai kecacatan dan orang yang menghadapi kematian. Pembangunan kesehatan tersebut merupakan upaya seluruh potensi bangsa Indonesia.Pembahasan Fokus utama keperawatan pada beberapa dasawarsa terakhir adalah kesehatan masyarakat dengan target populasi total. mencegah masalah kesehatan. kegiatan promotif untuk menjaga lingkungan yang aman. keluarga dan masyarakat. dan peningkatan kepercayaan diri. International Council of Nurses (ICN) dalam definisinya tentang keperawatan menjelaskan lingkup keperawatan sebagai berikut: keperawatan mencakup pelayanan (care) secara mandiri dan kolaboratif yang ditujukan kepada individu dari berbagai usia. perawatan diri.

penyuluhan kesehatan/konseling. semua nurse-led clinics di Inggris merupakan bagian yang tidak terpisah dan Primary Care Trust Groups dan dibiayai oleh pemerintah (bukan swasta). pengelola. dan kontrasepsi. Sekedar sebagai perbandingan. Misalnya. Kita sepertinya masih harus mencari pola yang tepat bagi praktik keperawatan di Indonesia dan contoh di atas dapat kita pakai sebagai kajian untuk merumuskan praktik keperawatan di masa mendatang. Klinik-klinik yang diprakarsai oleh para perawat ini pada umumnya merupakan klinik dengan pelayanan spesialis tertentu (bukan klinik umum). maupun peneliti keperawatan. Dalam SK Menkes No.dan kecenderungan sistem pelayanan kesehatan dan tidak dipandang sebagai suatu praktik terpisah dari sistem pelayanan kesehatan nasional. pada beberapa tahun terakhir di Inggris sudah banyak klinik-klinik yang dipimpin oleh perawat (nurse-led clinics). Perawat dilarang menulis resep obat. Namun. Di masa mendatang praktik keperawatan akan semakin bervariasi dan kompleks karena praktik ini tidak saja mencakup pemberian pelayanan keperawatan dasar. baik sebagai pemberi asuhan keperawatan. pendidik. Anda tentu setuju. Untuk mengurangi jumlah pasien yang datang ke unit-unit gawat darurat juga telah dibuka praktik kelompok para perawat dalam bentuk walking centres. diare. tetapi juga keperawatan dengan keahlian khusus (spesialis). cedera minor. bahwa para perawat seyogianya hanya melakukan intervensi tertentu bila mereka telah dipersiapkan dalam pendidikannya. kecuali hanya mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan nurse prescribing dan hanya obat yang disebutkan dalam nurse formulary yang dapat diresepkan oleh perawat. Lingkup praktik keperawatan pada dasarnya sangat berkaitan dengan kompetisi lulusan pendidikan profesional keperawatan yang diharapkan mampu berperan atau mengemban fungsi perawat profesional. Pada prinsipnya perawat yang bekerja di walking centres diberi kewenangan untuk menangani permasalahan ringan. . 674/Menkes/SK/IV/2000 telah disebutkan bahwa perawat dapat menjalankan praktik perorangan atau kelompok dan juga disebutkan sejauh mana perawat dibolehkan melakukan intervensi medis.

Kesederhanaan ³MAKALAH´ yang serba ringkas ini adalah pertada kenisbian penyusun yang awam dan fana . Penutup Segala puja-puji keagungan dan rasa syukur yang hikmad dipersembahkan kehadirat ALLAH. sehingga disana-sini disadari bahwa tidak mustahil terdapat kelemahan-kelemahannya. TUHAN SERU ALAM SEMESTA ALAM atas segala limpahan ni¶mat. . hidayah dan barokah-NYA sehingga karnalah ³ MAKALAH dengan judul ARTIS dan NARKOBA ´ yang serba ringkas dan seserhana ini telah dapat kami sajikan kepada ANAK MUDA sebagai generasi penerus bangsa dan mudah-mudahan dengan adanya ³MAKALAH´ ini menjadi masukan bagi generasi muda. rahmat.V.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful