MAKALAH KELOMPOK I

DENGAN TEMA :

PENGELOLAAN PRODUKSI PERTANIAN

NAMA NAMA KELOMPOK I
FHANDU SUDIRMAN MILAWATI MAMONTO RAHMAT LIHAWA ARTUR MONIGI RAHMAWATI GOBEL GAJALI DAMOPOLII

Kami juga menyadari bahwa dalam pembuatan atau penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. karena atas berkat dan karunianya semata. untuk itu kami sangat mengharapkan bimbingan dan saran dari dosen pembimbing serta teman teman mahasiswa yang sifatnya membangun untuk menyempurnakan makalah ini. kami dapat membuat tugas ini dengan baik. Makalah ini di buat dalam rangka sebagai proses pembelajaran dan juga sebagai menambah wawasan bagi semua mahasiswa yang mempelajari makalah yang kami buat. 1 .Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Pada setiap sub pokok bahasan agar diproses dalam periode waktu yang berurutan. Pada waktu penyajian pelatih diharapkan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin pertukaran pendapat baik antara peserta sendiri maupun antara peserta dan pelatih. Makalah dari setiap sub pokok bahasan dapat diperkaya atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang sedang dan atau yang akan terjadi. karena setiap sub pokok bahasan saling ada keterkaitan dan merupakan satu kesatuan yang utuh pada proses pembelajaran. yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memudahkan setiap mahasiswa untuk menguasai unit pembelajaran secara sistematis dan bertahap. Makalah ini digunakan dengan bimbingan pelatih kepada peserta secara bertahap sesuai urutan atau langkah kegiatan dalam pencapaian tujuan pembelajaran pelatihan. 2 . guna mencapai tujuan pembelajaran.CARA PENGGUNAAN MAKALAH Makalah produksi Pertanian ini memuat kegiatan belajar.

................................. Teknologi Produksi ............. 3... Proses Produksi ...... PENDAHULUAN .................... A....... ......................................... BAB II......................................................................... 4........................................................ Sisitem Produksi Pertanian ..................... Analisa Peluang Usaha Agribisnis ................................................................................................................. 2.............................................. MENENTUKAN PELUANG USAHA YANG PALING MENGUNTUNGKAN ................................................. 1............Daftar Isi BAB I........... Profil Dan Deskripsi Sistem Produksi Pertanian ....................................

000. 3. Namun sebagian kecil saja yang membutuhkan. Produk ini mempunyai manfaat yang besar bagi masyarakat. Selain itu usaha ini tremasuk produk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah menyediakan kredit lunak ( bunga pinjaman 10% per tahun). Produk ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat.000. Usaha E (sirup jambu).3 BAB II. tempe. Tapi usaha ini termasuk produk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah menyediakan kredit lunak (bunga pinjaman 2% per tahun). Produk ini memepunyai manfaat yang besar bagi masyarakat. Selain itu usaha ini termasuk produk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah menyediakan kredit lunak (bunga pinjaman 0% per tahun). Permintaan untuk produk saos. Modal usaha untuk usaha ini tidak besar (Rp.000) dan aspek pengelolaannya yang cukup mudah.2.500. Usaha F (kripik salak). Produk ini mempunyai manfaat yang paling sedikit bagi masyarakat. 5. 7. Usaha A (saos).500. Dan ketersediaan SDM untuk usaha ini sangat tersedia. Namun ketersediaan SDM untuk usaha ini kurang tersedia.000. Produk ini memebutuhkan modal usaha yang cukup besar (Rp. Adapun setiap produk mempunyai keunggulan dan kelemahan.000. 5. 2. Usaha C (sari buah jeruk). Modal untuk usaha ini cukup besar (Rp. Tapi usaha ini termasuk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah menyediakan kredit lunak bunga pinjaman (tingkat bunga untuk usaha 0% per tahun). tempe. 4. 6. dan tepung tapioka mempunyai peluang untuk dikembangkan. 2. Modal usaha untuk usaha ini paling besar (Rp.500. Ketersediaan SDM untuk usaha ini cukup tersedia.5000. Disisi lain ketersediaan SDM untuk usaha ini kurang tersedia. 10. sari buah jeruk. Selain itu usaha ini termasuk produk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah menyediakan kredit lunak (bunga 0% pertahun) dan ketersediaan SDM untuk usaha ini sangat tersedia.000. Permintaan produk kripik salak lebih kecil dari penawaran. Usaha D (tepung tapioka). Namun usaha tersebut bukan usaha yang termasuk produk unggulan nasional sehingga pihak pemerintah tidak menyediakan kredit lunak. Produk ini mempunyai manfaat yang sangat sedikit bagi masyarakat. MENENTUKAN PELUANG USAHA YANG PALING MENGUNTUNGKAN Berdasarkan survey pasar oleh kelompok tani mundur maju didesa suka makmur.000) dan aspek pengelolaannya sangat mudah. ternyata usaha pembuatan saos. Usaha B ( tempe). . Modal untuk usaha ini tidak besar (Rp. Produk ini mempunyai manfaat yang sangat besar.-) dan aspek pengelolaannya sangat mudah. Permintaan produk sirup jambu sama dengan jumlah penawaran. sebagai berikut: 1. Namun dibutuhkan modal usaha yang cukup besar (Rp. Disisi lain ketersediaan SDM untuk usaha ini banyak tersedia.-) dan pengelolaan yang mudah. dan tepung tapoka lebih besar dari penawaran.-) dan aspek pengelolaannya mudah.000) dan aspek pengelolaannya sangat mudah. sari buah jeruk.

000. Dia mempunyai modal Rp.000. 25. salah seorang Anggota kelompok tani ingin mengusahakan salah satu usaha tersebut yang paling menguntungkan.- .Pak Amir.